Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir Arab

jumanto.com – Tulisan Arab hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir. Salah satu Ayat di dalam Al Quran menyebutkan dzikir ini, hasbunallah wa nikmal wakil, dan dzikir ini pun sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Saya sendiri lebih cenderung untuk mentranslate dari tulisan arab ke tulisan latin menggunakan: hasbunallah wa ni’mal wakil, menggunakan tanda ‘ sebagai ganti huruf ع mati.

Huruf ‘ain mati lebih enak untuk dituliskan dengan tanda ‘ dibandingkan dengan k, karena bisa membedakan dengan huruf kaf (ك).

Namun, terlepas dari semua itu, yang paling utama adalah pengucapannya harus tepat sesuai dengan makharijul huruf.

Adapun transliterasi ke dalam bahasa Indonesia atau tulisan latin sendiri memang sering dituliskan dalam berbagai versi, ada yang wa nikma dan ada yang wa ni’ma.

Baca juga: Tulisan Arab Syahadat.

Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil Dan Artinya Lengkap

Jika dituliskan dalam tulisan arab, Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil akan dituliskan sebagai berikut:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Dalam tulisan latin biasa dituliskan: hasbunallah wani’mal wakil.

Di dzikir tersebut, terdapat 6 kalimat.

Gambar Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil dan Artinya Lengkap
Gambar Tulisan Arab Hasbunallah Wanikmal Wakil dan Artinya Lengkap

Berikut ini arti terjemahan hasbunallah wanikmal wakil per kalimat:

  • حَسْبُ artinya cukup.
  • نَا artinya kami.
  • اللهُ artinya Allah.
  • وَ artinya dan.
  • نِعْمَ artinya sebaik-baiknya.
  • الْوَكِيْلُ artinya pelindung.

Jadi, jika diterjemahkan, hasbunallah wanikmal wakil arab artinya “Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baik pelindung“.

Baca juga: Tulisan Arab In Syaa Allah.

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir Surat Apa di Dalam Al Quran?

Selain dzikir hasbunallah wa ni’mal wakil, sering juga digunakan dzikir hasbunallah wani’mal wakil, ni’mal maula wani’man nashir.

Dzikir ini merupakan gabungan dari dua dzikir yang terdapat di dua ayat yang berbeda.

Hasbunallah wa ni’mal wakil terdapat di Surat Ali Imran ayat 173 (3:173)

Berikut ini bunyi ayat Lengkapnya:

ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَٱخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَٰنًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ 

Yang arti terjemahannya kurang lebih:

(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.

Tafsir Kemenag Surat Ali Imran ayat 173:

Berikut ini saya copy paste dari Tafsir Kemenag.

Turunnya ayat ini berhubungan dengan Abu Sufyan panglima perang kaum musyrikin Mekah dan tentaranya, yang sudah kembali dari Perang Uhud.

Mereka setelah sampai di suatu tempat bernama Ruha, mereka menyesal dan bermaksud akan kembali lagi untuk melanjutkan perang.

Berita ini sampai kepada Rasulullah, maka beliau memanggil kembali pasukan Muslimin untuk menghadapi Abu Sufyan dan tentaranya.

Kata Rasulullah saw, “Jangan ada yang ikut perang hari ini kecuali mereka yang telah ikut kemarin, sedang tentara Islam pada waktu itu telah banyak yang luka-luka.”

Tapi akhirnya Allah swt menurunkan rasa takut pada hati kaum musyrikin dan selanjutnya mereka pulang kembali.

Para mujahidin ditakut-takuti oleh sebagian musuh (munafik), dengan menyatakan bahwa musuh telah menghimpun kekuatan baru guna menghadapi mereka.

Tetapi para mujahidin tidak merasa gentar karena berita itu, bahkan bertambah imannya dan bertambah tinggi semangatnya untuk menghadapi musuh Allah itu dengan ucapan, “Allah tetap akan melindungi kami dan kepada Allah kami bertawakal.”

Sementara Ni’mal Maula Wa Ni’man Nashir terdapat pada Quran surat Al Anfal 8:40 dan Al Hajj 22: 78

An Anfal ayat 40:

وَإِن تَوَلَّوْا فَٱعْلَمُوا أَنَّ الـلَّـهَ مَوْلَىٰكُمْ نِعْمَ ٱلْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ ٱلنَّصِيرُ

Yang artinya:

“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.”

 

Al Hajj Ayat 78

وَجَٰهِدُوا فِى الـلَّـهِ حَقَّ جِهَادِهِۦ هُوَ ٱجْتَبَىٰكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى ٱلدِّينِ مِنْ حَرَجٍ مِّلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَٰهِيمَ هُوَ سَمَّىٰكُمُ ٱلْمُسْلِمِينَ مِن قَبْلُ وَفِى هَٰذَا لِيَكُونَ ٱلرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى ٱلنَّاسِ فَأَقِيمُوا ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا ٱلزَّكَوٰةَ وَٱعْتَصِمُوا بِالـلَّـهِ هُوَ مَوْلَىٰكُمْ فَنِعْمَ ٱلْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ ٱلنَّصِيرُ

Yang artinya:

Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu, dan Dia tidak menjadikan kesukaran untukmu dalam agama. (Ikutilah) agama nenek moyangmu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamakan kamu orang-orang muslim sejak dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur’an) ini, agar Rasul (Muhammad) itu menjadi saksi atas dirimu dan agar kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. Maka laksanakanlah salat; tunaikanlah zakat, dan berpegangteguhlah kepada Allah. Dialah Pelindungmu; Dia sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.”

Makna Hasbunallah Wani’mal Wakil Ni’mal Maula Wani’man Nasir

Setelah membaca ayat-ayat di atas, maka dapat kita simpulkan hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wanikman nasir artinya kurang lebih:

Cukuplah bagi kami Allah sebagai penolong, dan Dia adalah sebaik-baik pelindung. Dia sebaik-baik pelindung dan Sebaik-baik penolong

Dari sini, kita diajarkan beberapa hal:

1. Jangan pernah khawatir menghadapi kehidupan

Umat Islam semestinya tidak perlu khawatir dalam menjalani kehidupan, karena sesulit apa pun, dia bisa minta tolong kepada sebaik-baik penolong, yaitu Allah Subhanahu Wata’ala.

Tidak ada penolong yang lebih baik dari Allah.

Dia adalah yang paling baik dalam menolong hambaNya.

2. Jangan takut dengan musuh atau orang yang membenci dan menyerang kita

Di dalam kehidupan, tidak semua perbuatan baik kita disukai orang. Kadang, ada yang membenci juga perbuatan baik kita.

Terkadang juga, mereka menyerang kita baik dengan perkataan, siksaan, ancaman, dan sebagainya.

Menerima hal seperti ini, selama kita berada pada jalan yang benar, tidak perlu takut, karena Allah adalah sebaik-baik pelindung.

Allah akan melindungi hambaNya yang berbuat baik, yakin.

Baca juga: Doa menghadapi kesulitan hidup.

3. Khasiat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir, memberikan kekuatan kepada kaum Muslim

Dzikir ini memberikan kekuatan kepada kita sebagai umat Muslim, bagi kita yang punya keyakinan kuat.

La haula Wala Quwwata Illa Billah. Semua daya dan kekuatan itu hanya milik Allah, dan Allah yang akan menolong dan melindungi kita.

Beban hidup seberat apa pun, masih ada Allah, sebaik-baik penolong.

Oleh karena itu, ada juga amalan hasbunallah wanimal wakil 450x dari para ulama dengan berbagai faidahnya.

Demikian tadi uraian mengenai tulisan arab Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir beserta arti, makna, dan penjelasannya. Baca juga: Tulisan Arab Innalillahi.