Taqabbalallahu Minna Waminkum Tulisan Arab, Jawaban, dan Artinya

By | May 25, 2019

jumanto.com – Salah satu doa yang biasa diucapkan saat kita mengucapkan selamat idul fitri kepada orang lain adalah Taqabbalallahu minna wa minkum dan ada yang menjawabnya dengan minna waminkum taqabbal ya kariim. Doa ini memiliki arti dan harapan agar amal ibadah kita bisa diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Nah, untuk memfasihkan pelafalan taqoballahu minna waminkum, maka akan lebih pas jika kita melihat langsung seperti apa tulisan arabnya.

Membaca doa adalah sesuatu yang baik, termasuk mendoakan orang lain setelah usai bulan Ramadhan. Mengucapkan doa taqobbalallohu minna wa minkum pun merupakan doa yang baik dan artinya tidak menyalahi Quran dan Sunnah sama sekali.

Jadi, tak perlu takut disebut masuk neraka hanya gara-gara mendoakan orang lain selepas idul fitri menggunakan redaksi doa yang mungkin tidak pernah dicontohkan Rasul.

Lafadz doa sendiri tidak pernah dibatasi oleh Rasul. Selama doa itu baik, tidak dilarang. Justru yang dilarang itu adalah saling hujat, saling menghina, dan sikap bermusuhan antara sesama muslim hanya karena perbedaan masalah furu’iyah.

Dalil Kebolehan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dengan Doa Taqobbalallohu Minna Waminkum

Mengucapkan selamat idul fitri dan kemudian membaca doa dengan redaksi di atas merupakan tradisi yang dicontohkan oleh sahabat Nabi.

Seperti yang tertuang di dalam kita Fathul Bari Juz II Halaman 446 sebagai berikut:

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Ibnu Hajar Al Asqalani (pengarang kitab Fathul Bari) berkata, “Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia (Jubair bin Nufair) berkata: “Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: “Taqabbalallahu minnaa wa minka”.

Jadi, hal tersebut merupakan kebiasaan baik, mendoakan sesama muslim. Doa sendiri adalah ibadah dan hal yang disukai oleh Allah.

Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Dengan Berbagai Versi Panjang dan Pendeknya Beserta Artinya

Lafadz doa sendiri tidak dibatasi, asalkan doa itu baik maka baik. Bahkan berdoa menggunakan bahasa selain bahasa Arab pun tidak masalah, misal menggunakan Bahasa Indonesia.

Misalkan kita mengucapkan selamat idul fitri ke teman seperti ini: Selamat Hari Raya Idul Fitri ya, mudah-mudahan Allah mengampuni dosa kita dan menerima amal ibadah kita.

Doa tersebut isinya baik, dan insya Allah dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Adapun jika ingin mengucapkan selamat idul fitri menggunakan doa dalam bahasa Arab, berikut ini beberapa teks lafadznya:

gambar Taqabbalallahu Minna Waminkum Tulisan Arab, Jawaban, dan Artinya
Gambar Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Waminkum

1. Taqabbalallahu minna wa minkum arab pendek

Versi yang pertama adalah yang paling mudah untuk diucapkan karena pendek dan sudah familiar kita dengar saat lebaran atau saat ada orang membaca doa tahlilan.

Berikut ini tulisan taqabbalallahu minna waminkum dalam bahasa arab:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

Arti dari taqabbalallahu minna waminkum: “mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian“.

Karena diucapkan selepas Ramadhan, tentu saja maksudnya berharap agar amal ibadah kita dan orang yang kita ajak bicara selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah.

2. Versi doa selamat idul fitri yang agak panjang

Untuk versi yang agak panjang, ada juga yang menambahkan dengan mengucapkan doa lengkap berikut: taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

artinya kurang lebih: “mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia“.

3. Versi ucapan selamat idul fitri yang panjang

Ada juga yang menggunakan lafadz doa lebih panjang lagi yaitu:

taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ

Atau versi yang paling panjang sebagai berikut:

taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Artinya kurang lebih“semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

Selain itu ada juga yang menggunakan versi lain, yaitu taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum kullu aam wa antum bikhair.

Jawaban Ucapan Taqabbalallahu Minna Waminkum

Jika ada yang memberikan doa taqabbalallahu minna wa minkum kepada kita, kita bisa menjawabnya dengan “minna waminkum taqobbal ya karim”.

Arti kalimat tersebut kurang lebih “Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amal kami dan kamu”.

Jadi dua-duanya sama-sama mendoakan dan insya Allah Maqbul. Aamiin ya Robbal ‘Alamiin.

Demikian artikel tentang Taqabbalallahu Minna Waminkum Tulisan Arab, Jawaban, dan Artinya mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Tulisan Arab Fabiayyi Alai Robbikuma Tukadzdziban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *