Taman Pingit Kembar Panusupan Purbalingga dan Air Terjunnya

jumanto.com – Salah satu detinasi wisata di Desa Wisata Panusupan adalah Taman Pingit Kembar dengan keberadaan air terjun mininya. Tempat wisata di Purbalingga ini mengusung konsep wisata air dan wisata keluarga.

Taman Pingit Kembar Purbalingga menjadi destinasi saya selanjutnya setelah mengunjungi obyek wisata Jembatan Cinta.

Taman Pingit Kembar Purbalingga

Setelah jalan-jalan ke Jembatan Cinta Purbalingga di Desa Panusupan, terlalu sayang kalau gak jalan-jalan ke lokasi wisata lain di Desa Wisata Panusupan.

taman pingit kembar panusupan
foto air terjun di taman pingit kembar Purbalingga

Desa Panusupan memang punya banyak sekali lokasi wisata yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

Nah, karena saya jalan-jalan bareng dua krucil, jadinya gak bisa mencoba menikmati keindahan Rumah Pohon Igir Wringin, Jembatan Selfie Puncak Sendaren, atau Puncak Batur.

Namun, ada dua lokasi wisata yang mudah untuk dijangkau bagi anak-anak selain Jembatan Cinta Pringwulung, yaitu Wanatirta dan Taman Pingit Kembar.

Dari dua pilihan tersebut, kita memilih berkunjung ke Taman Pingit Kembar, karena Wanatirta saat itu sedang tutup, sedang ada pengembangan.

Lokasi Taman Pingit Kembar Desa Panusupan Purbalingga

Taman Pingit Kembar terletak di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Keberadaan Taman Pingit Kembar melengkapi aneka tempat wisata lainnya yang sudah ada terlebih dahulu.

Taman Pingit Kembar ini sangat mudah dijangkau, karena tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk mendaki.

Untuk menuju Taman Pingit Kembar Desa Panusupan, dari Jembatan Cinta Pringwulung, kita ambil jalan lurus ke depan, melewati pinggiran sungai, lalu ketemu simpang, kalau ke kiri menuju Desa Tunjung Muli, kalau kanan menuju Igir Wringin, Balai Desa, dan tempat wisata lainnya.

Kita ambil ke kanan, ke arah balai desa.

Tepat sampai di balai desa, kita ambil arah ke kiri, menuju Igir Wringin dan Puncak Batur. Nanti akan ada penunjuk arah di sepanjang jalan, tinggal ikuti penunjuk arah saja, dan mudah banget ditemukan.

Harga Tiket Masuk Taman Pingit Kembar Purbalingga

Harga tiket masuk Taman Pingit Kembar per orangnya cuma 5 ribu rupiah saja. Sama dengan harga tiket masuk Jembatan Cinta Pringwulung.

Jadi tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk liburan melepas kepenatan di Desa Wisata Panusupan ini. Recommended deh untuk dikunjungi Desa Wisata Panusupan ini.

Fasilitas dan Wahana Taman Pingit Kembar Panusupan Kabupaten Purbalingga

Tempat paling menarik menurut saya di Taman Pingit Kembar ini adalah kali dengan airnya yang super duper jernihnya, serta keberadaan air terjun mini yang ada di atasnya.

Jernihnya air membuat siapa saja ingin nyebur dan mendinginkan badan di kali ini.

Saran saya buat yang mau datang ke Taman Pingit Kembar ini, jangan lupa bawa baju ganti ya, supaya bisa sekalian mandi di kali dan di air terjunnya.

Tenang saja, di Taman Pingit Kembar ini sudah disediakan toilet yang bisa digunakan sebagai ruang ganti setelah seru-seru mandi di sungai dan air terjun.

mandi di taman pingit kembar
lihat gak, foto dua anak lagi mandi? hehehe tes mata Anda

Saya nyesel banget, pas dateng ke tempat ini gak bawa baju ganti, jadi cuma bisa menyaksikan Alya sama Fiqih mandi serta beberapa anak-anak penduduk setempat yang ceria banget menikmati jernihnya air kali.

main di taman pingit kembar
Alya sama Fiqih asyik mandi

Foto-foto Di Taman Pingit Kembar Rembang Purbalingga

Kali di Taman Pingit Kembar ini memang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi serta menambang pasir. Beberapa wanita saya lihat sedang mengumpulkan pasir dari kali ini.

Selain itu, ada beberapa pengunjung juga yang sedang pacaran, duduk-duduk di gazebo di atas batu yang disediakan oleh pengelola Taman Pingit Kembar.

gazebo taman pingit kembar
foto Gubug Batu di Taman Pingit Kembar

Taman Pingit Kembar dipenuhi dengan batu-batu besar, dan di atas batu-batu besar ini dibuatkan beberapa gubug kecil untuk duduk-duduk pengunjung.

Kali yang ada di Taman Pingit Kembar juga penuh dengan batu-batu dengan berbagai ukuran. Untuk lokasi air terjunnya, ada di bagian atas. Silakan lihat foto di bawah ini, lokasi air terjun ada di paling atas.

lokasi air terjun pingit kembar
gambar curug pingit kembar ada di paling atas

Nah, demikian cerita singkat saya saat jalan-jalan bersama mama dan Alya serta Fiqih ke Taman Pingit Kembar Desa Panusupan Purbalingga.

Masih perlu banyak pembenahan agar Taman Pingit Kembar ini semakin menarik. Selamat berkunjung juga bagi Anda yang mau jalan-jalan ke sini, jangan lupa bawa baju ganti dan buang sampah pada tempatnya ya hehehe.

Mudah-mudahan Taman Pingit Kembar Purbalingga bisa terus barjaya :D. Kunjungi juga: Owabong Purbalingga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *