Taman Kambang Iwak Palembang Atau Ki Park, Wisata Alam Ramai Di Minggu Pagi

By | February 5, 2019

jumanto.com – Taman Kambang Iwak Palembang atau disebut juga dengan Ki Park, singkatan dari Kambang Iwak Park, merupakan salah satu tourist spot in Palembang yang menjadi destinasi liburan masyarakat di akhir pekan. Tempat wisata gratis di Palembang ini memiliki danau di tengah-tengahnya, plus fasilitas olah raga serta trek jogging mengelilingi danau.

Pertama kali melihat Taman Kambang Iwak Palembang di internet, saya langsung jatuh cinta dengan kesejukan alamnya, plus ada danau di tengah-tengahnya.

Karena saya suka banget sama tempat wisata alam yang sejuk-sejuk, saya pun langsung memasukkan Kambang Iwak Park Palembang ini dalam list itirerary wisata saya selama liburan di Palembang.

Tak perlu pikir panjang, beberapa destinasi wisata alam di Palembang langsung ada dalam list, karena dekat dengan alam memberikan ketenangan tersendiri, dibandingkan cuma jalan-jalan di mall saja atau menghabiskan waktu di spot-spot foto kekinian ala anak muda maca G’Art Studio dan D’Matto Millenial Art.

Saya lihat saat melewati  taman Ki Park di malam hari, danau di Kambang Iwak Park dilengkapi lampu warna-warni yang membuat pemandangan danau jadi lebih cantik.

Kelihatannya, asyik juga dijadikan tempat nongkrong di malam hari.

Sayangnya, saat itu gerimis datang sehingga saya cuma lewat saja, dan hari berikutnya, di hari Minggu, barulah kami mampir ke sini, sekalian jalan-jalan ke Taman Punti Kayu Palembang serta G Art Gramedia Studio.

foto taman kambang iwak palembang
foto taman kambang iwak palembang

Alamat dan Lokasi Taman Kambang Iwak Palembang Sumatera Selatan

Alamat Taman Kambang Iwak Park berada di Jalan Tasik, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Lokasinya berada tidak terlalu jauh dari kantor Walikota Palembang dan berada di pinggir jalan raya persis, menjadikan taman ini mudah ditemukan.

Letak KI Park Palembang juga sudah ditag di Google Maps sehingga kalian bisa menemukan peta rute jalan menuju ke sini dengan mudah lewat peta Google Maps.

Saat ke sini, saya mengambil rute lewat Hotel S One – Tugu Monpera, jalan ke arah Kantor Walikota – Sekanak Besolek – Kantor Walikota – Jalan lurus terus sampai ketemu Kambang Iwak Park di sebelah kanan jalan.

Di seberang Kambang Iwak Park Besak ini, ada toko oleh-oleh jika kalian ingin membeli oleh-oleh khas Palembang.

Saya memarkir motor di depan Toko oleh-oleh ini, bayar parkir dua ribu rupiah saja.

Oh ya, sebelum sampai ke Taman Kambang Iwak, untuk kalian yang membawa kendaraan pribadi, ada pom bensin di sebelah kiri jalan.

Saya isi bensin di sini kemarin, siapa tahu kalian mau isi bensin juga hehehe.

lokasi taman kambang iwak palembang
lokasi taman kambang iwak palembang

Jam Buka Taman Kambang Iwak Park Palembang

Kambang Iwak Park merupakan taman terbuka, tidak ada pintu gerbangnya, sehingga taman ini bisa diakses selama 24 jam.

Kalian bisa datang kapan saja ke sini, dari pagi, siang, sore, hingga malam hari, yang penting selalu jaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya.

Meskipun ada petugas kebersihan yang selalu membersihkan taman ini, namun kesadaran masyarakat tetap diperlukan karena kebersihan tempat wisata sejatinya merupakan tanggung jawab bersama.

gambar sejuknya kambang iwak park palembang
gambar sejuknya kambang iwak park palembang

Harga Tiket Masuk Ki Park Palembang

Biaya tiket masuk Kambang Iwak Family Park gratis, setiap  orang bebas menikmati wisata alam di pusat kota Palembang ini.

Namun, jika  kalian membawa kendaraan pribadi, ada biaya parkir yang harus kalian bayar.

Nah, dengan tiket masuknya yang gratis, sayang banget dong kalau lagi jalan-jalan ke Palembang gak mampir ke tempat wisata gratis di Palembang ini.

Meskipun gratis, tapi pemandangan di sini cukup cantik, dan tentunya buat foto-foto instagramable, biar makin eksis di medsos hehehe.

Fasilitas dan Wahana Taman Kambang Iwak Family Park Palembang

fasilitas kambang iwak park palembang
fasilitas kambang iwak park palembang

Kambang Iwak Park sekarang tentunya makin lengkap, dibandingkan dengan Kambang Iwak Park tempo dulu.

Taman Kambang Iwak Palembang memiliki fasilitas:

  • jogging track
  • jembatan menyeberangi danau
  • toilet
  • alat olah raga
  • tempat parkir
  • tempat duduk-duduk
  • tempat foto-foto
  • air minum kran (entah masih bisa dipakai atau tidak)

Sayangnya, fasilitas olah raga yang ada di sana banyak yang rusak tidak terawat. Fasilitas umum di Indonesia memang jarang yang awet, karena yang makai kurang merasa memiliki.

wahana permainan taman kambang iwak palembang
wahana permainan taman kambang iwak palembang

Sedangkan wahana wisata yang ada di Kambang Iwak Park di antaranya ada:

  • berbagai wahana permainan anak seperti menggambar, mancing ikan kecil di bak, perosotan dan sejenisnya, meskipun saya jumpai banyak yang rusak juga.
  • ada sepeda air atau bebek-bebekan, tapi entah apakah masih operasi atau tidak, karena saat ke sini tidak ada yang bermain sepeda air.
  • sewa raket untuk main bulutangkis.
  • sewa mobil-mobilan dan sepeda motor dari bakan bakar aki untuk bermain anak.
  • dan sebagainya.

Kunjungi Juga: Danau Jakabaring, tempat nongkrong asyik di Palembang.

Kambang Iwak Minggu Pagi, Ramai Orang Berolah Raga dan Wisata Anak

Salah satu waktu paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata di Palembang ini adalah saat minggu pagi, di mana ramai orang berolah raga dan juga membawa keluarga jalan-jalan di sini.

Jogging di sini asyik banget, selain pohonnya yang rindang dan sejuk, trek joggingnya juga friendly banget buat pejalan kaki.

Memiliki jalur jogging khusus, dilengkapi papan arah jalan yang benar, Kambang Iwak memang didesain untuk tempat olah raga masyarakat Palembang.

Tak cuma asyik buat olah raga, beberapa pedagang menggelar lapak di sini, terutama masyarakat setempat yang menyewakan berbagai wahana permainan anak.

Alya sesampai di sini langsung kami temani mewarnai gambar menggunakan sejenis pasir warna-warni buatan gitu, dengan biaya cuma 5 ribu untuk gambar kecil, dan 10 ribu untuk gambar besar.

aktivitas wisata di kambang iwak park palembang minggu pagi
aktivitas wisata di kambang iwak park palembang minggu pagi

Anak cukup betah bermain di sini, mewarnai di bawah rindangnya pepohonan.

Untuk anak laki-laki tentunya naik mobil-mobilan jadi pilihan favorit.

Alhasil, Kambang Iwak Park adalah salah satu tempat wisata keluarga paling recommended untuk dikunjungi, terutama saat minggu pagi.

Kunjungi Juga: Kolam Renang Opi Waterfun yang Friendly Banget Buat Anak-anak.

Spot Foto di Taman Kambang Iwak Palembang

Bagus tidaknya foto tergantung kreasi kalian saat mengambil gambar. Di Kambang Iwak Park ini, saya paling suka foto di trek joggingnya, dengan lantai  yang bersih, background danau dan jalan raya, plus pepohonan rindang tentunya.

spot foto di kang iwak family park
spot foto di kang iwak family park

Beberapa orang lebih memilih foto-foto di jembatan yang ada di tengah danau.

Jika kalian datang ke sini, silakan siapkan kamera terbaik dan jangan lewatkan untuk foto-foto guna membuktikan kalau kalian pernah datang ke sini hehehe.

Ok kiranya itu saja tulisan singkat saya mengenai Kambang Iwak Park Palembang Sumsel.

Kesimpulannya: Saya suka banget sama tempat wisata alam di Palembang yang satu ini, tempatnya cukup bersih, meskipun masih banyak pengunjung yang buang sampah sembarangan.

Gimana, pengin main ke Taman Kambang Iwak Palembang juga? Kunjungi juga: 30 Tempat Wisata Hits di Palembang Terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *