Asyiknya Ngasih Makan Monyet di Taman Hutan Kera Bandar Lampung

By | August 12, 2019

Jumanto.Com – Taman Hutan kera di Bandar Lampung menjadi salah satu wahana bermain anak yang asyik di pagi dan sore hari. Tempat wisata yang penuh sejarah dan legenda ini, berada tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung.

Dengan harga tiket masuk gratis, dan tentunya cukup menghibur untuk anak-anak, Taman Hutan Kera Lampung bisa menjadi destinasi kalian yang mau jalan-jalan di minggu pagi atau nongkrong di sore hari.

Jika mau berkunjung ke kawasan hutan kera bandar lampung, jangan lupa untuk membawa buah-buahan sebagai makanan satwa yang ada di sana.

Liburan ke Taman Hutan Kera Bandar Lampung

Taman Hutan Kera Lampung, Belum Pada Tahu Kan?

Di tengah-tengah keramaian kota Bandar Lampung, tidak jauh dari kantor Walikota, ternyata ada sebuah hutan yang menjadi habitat tempat tinggal para kera.

Tempat ini biasa dikenal sebagai Taman Hutan Kera, atau Taman Monyet Hartono, atau Hutan Kera Tirtosari.

taman hutan kera bandar lampung
ngasih makan monyet

Apa pun itu namanya, keberadaan Taman Hutan Kera Bandar Lampung ini patut kita jaga, harus kita lestarikan, agar keberadaan ekosistem dan juga tempat bersejarah di tempat ini dapat terus lestari.

Tempat bersejarah?

Yap, Taman Hutan Kera Bandar Lampung tidak hanya menyimpan kekayaan berupa satwa ekor panjang berupa kera.

Di Taman Monyet Hartono ini, kita juga akan mendapati bangunan sejarah peninggalan Jepang.

Alamat dan Lokasi Taman Hutan Kera Lampung

Alamat Taman Kera Lampung berada di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Sumur Batu, Teluk Betung Utara, Sumur Batu, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung 35212.

Lokasinya dekat dengan Hotel Hartono Bandar Lampung.

Rute Menuju Taman Hutan Kera Bandar Lampung

Taman Hutan Kera Tirtosari ini terletak persis di samping Hotel Hartono, tidak jauh dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kantor Walikota, Inspektorat Provinsi Lampung, dan Kantor BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini dijuluki juga dengan Taman Monyet Hartono, atau Hutan Monyet Hartono, karena letaknya berada persis di samping Hotel Hartono.

2 Rute menuju Taman Hutan Kera Bandar Lampung:

pertama, lewat Jalan Kesehatan atau lewat Pertigaan Sarijo, yang ada tulisannya arah menuju SMA Teksas/SMA 4 Bandar Lampung.

Rute paling mudah adalah rute pertama, karena jalannya bagus, dekat dari pinggir jalan raya, tidak terlalu jauh bila ingin jalan kaki.

Rute pertama ini, dari Jalan Dr. Susilo, persis di samping Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, ada jalan masuk. Namanya Jalan Kesehatan.

Jalan lurus saja masuk ke dalam mengikuti Jalan Kesehatan sampai mentok, dan sampai lah di tempat kera-kera biasa dikasih makan.

taman wisata hutan kera
Foto Taman Hutan Kera Bandar Lampung: Di sinilah pengunjung biasa ngasih makan kera

Kita cukup jalan beberapa ratus meter saja dari jalan ini, sangat mudah dijangkau.

Rute yang kedua, bisa lewat Sarijo.

Dari Masjid Al Furqon, turun terus ke bawah lewat Jalan Diponegoro, sekitar 200-300 meter, akan ada Simpang Teksas yang ada papan nama arah ke SMA 4 Bandar Lampung.

Dari simpang ini, kita ambil jalan belok kiri, lalu setelah jalan sekitar 200 meter akan ada gapura bertuliskan “Selamat Datang di Taman Wisata Hutan Kera“.

selamat datang taman wisata hutan kera
Gambar Gerbang Masuk Hutan Wisata Lampung

Dari gapura ini, masih terus jalan lurus, mengikuti jalan utama, sampai nanti di sebelah kiri kita jumpai tanah miring perbukitan dengan pepohonan rindang.

Di sinilah letak Taman Wisata Hutan Kera Bandar Lampung. Kalau sedang beruntung, kera akan turun ke tempat ini.

Di tempat ini kita juga akan menjumpai Goa Peninggalan Jepang, lalu ada sumber mata air yang tidak pernah kering, yang dimanfaatkan warga sekitar untuk mencuci atau mandi.

goa hutan kera
foto goa dari penjajahan Jepang di Taman Hutan Kera Bandar Lampung

Jika kera tidak turun ke tempat ini, karena biasanya main di atas pohon, kita bisa berkendara lagi ke atas melewati tanjakan, lalu setelah menemukan rumah yang mewah, ambil arah kiri, lalu ambil kiri lagi setelah ketemu belokan.

Di sini kita akan sampai ke tempat yang sama dengan lokasi yang kita tempuh lewat Jalan Kesehatan.

Aktirivas di Taman Wisata Hutan Kera Lampung, Ramai Pengunjung di Sore Hari

Waktu paling asyik untuk menikmati Taman Wisata Hutan Kera adalah di sore hari, apalagi di akhir pekan, karena banyak pengunjung yang berdatangan ke hutan kera ini.

Jika Anda ingin berkunjung ke Taman Hutan Kera, jangan lupa untuk membawa pisang, kacang, atau buah-buahan lain ya, untuk makan kera-kera di sini.

Saya sih kemarin bawa seiket rambutan, hasil oleh-oleh beli di jalan setelah wisata edukasi ke Lampung Horti Park di daerah Tanjung Bintang.

Jika kera-kera melihat makanan yang kita bawa, kera-kera akan ramai-ramai turun dari pohon dan menghampiri kita untuk meminta makanan.

Selain bermain bersama kera-kera, di taman hutan kera ini kita juga bisa menikmati keindahan Teluk Lampung dari ketinggian.

Terlihat dengan jelas hamparan laut Teluk Lampung dari lokasi di dekat Taman Hutan Kera.

Jika menggunakan kamera bagus, akan terekam dengan jelas betapa indahnya pemandangan di bawah Hutan Kera Bandar Lampung.

Sayangnya, saya cuma punya kamera hp yang jelek kalau digunakan untuk mengambil foto jarak jauh, sehingga saya tidak bisa menampilkan fotonya di sini.

Bagi yang hobi mancing, tidak jauh dari Taman Hutan Kera, juga ada tempat pemancingan yang selalu ramai pelanggan, dengan kerindangan pohon bambunya. Layak dicoba bagi pencinta mancing mania.

Jam Buka

Tempat wisata di Lampung ini buka 24 jam.

Gimana, penasaran pengin main ke Taman Hutan Kera Bandar Lampung? Gak jauh kok lokasinya. Taman Wisata Kera ini bisa dijadikan alternatif tempat wisata di Lampung yang bisa Anda kunjungi di akhir pekan bersama si kecil. Selamat berkunjung ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *