Sudirman Walk, Wisata Malam Kota Palembang Penuh Hiburan dan Kuliner

By | February 9, 2019

jumanto.com – Salah satu pilihan destinasi wisata malam di Palembang yang cukup ramai dikunjungi di akhir pekan adalah Sudirman Walk atau Citiwalk Sudirman Palembang, yang berada di salah satu sisi Jalan Sudirman Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Lokasinya yang begitu strategis, membuat kawasan ini menjadi salah satu tempat nongkrong anak-anak muda.

Jika kalian sedang mencari tempat wisata malam hari di Palembang, ada beberapa alternatif yang bisa dicoba, seperti foto-foto di Studio 3D G’Art Gramedia Palembang, D Matto Millenial Art, menikmati kuliner di Lorong Basah Culinary Night Festival, atau mengunjungi cafe-cafe terkenal di Palembang.

Baca: Foto-foto di G Art Studio Palembang.

Salah satu tujuan wisata malam di Palembang sejak tahun 2017 lalu (kalau gak salah) adalah Jalan Sudirman Palembang, yang memanjang dari Pasar 16 Ilir Sebelum Jembatan Ampera, hingga Pasar Cinde, dengan panjang pedestrian sekitar 1,5 km yang diperuntukkan untuk Citiwalk Sudirman Palembang.

Sudirman Walk, Wisata Malam Kota Palembang
Foto Sudirman Walk, Destinasi Wisata Malam Kota Palembang

Sudirman Walk Palembang Menempati Satu Sisi Jalan, Di Mana Jalan Sudirman Palembang Ditutup Satu Sisi Saat Malam Hari

Jika kalian jalan dari arah Jembatan Ampera, menuju Bandara Palembang, setelah Jembatan Ampera persis, kalian akan masuk ke Jalan Sudirman.

Kalian bisa lewat jalan ini di sisi kiri, namun sisi kanan Jalan Sudirman Palembang, saat malam hari, terutama di akhir pekan, akan ditutup.

Jadi hanya satu sisi jalan saja yang bisa dilewati, sedangkan sisi lain digunakan sebagai pagelaran Sudirman Night Walk.

Pedestrian atau jalur pejalan kaki di kedua sisi Jalan Sudirman sendiri cukup lebar, mungkin 3 meter atau lebih, saya tidak tahu pastinya.

Yang jelas, trotoar di jalan ini memang nyaman banget buat pejalan kaki, dibikin lebar, lalu di atasnya dikasih lampu hias warna-warni, dan sepanjang jalur pejalan kaki disediakan kursi dari besi, seperti kursi-kursi di sepanjang jalan Dago yang saya jumpai saat liburan di Bandung.

Adanya kursi-kursi di jalur pejalan kaki ini tentu membuat wisatawan yang ingin jalan-jalan malam hari di sepanjang jalan Sudirman kian nyaman.

Jika capek, bisa istirahat sambil nongkrong, atau ngobrol-ngobrol sejenak menghilangkan lelah

Terdapat sebuah mall juga, atau plaza (kalah gak salah internasional plaza) di Jalan Sudirman ini, untuk kalian yang mau menikmati kuliner yang ada di sana.

Kunjungi Juga: Wisata Alam Punti Kayu Palembang, Sejuk Dengan Hutan Pinusnya.

Sudirman Night Walk Dianggap Sebagai Malioboronya Palembang

keramaian pengunjung citiwalk sudirman palembang
keramaian pengunjung citiwalk sudirman palembang

Sejak awal keberadaan Citiwalk Sudirman, tempat wisata malam di Palembang ini sering dijuluki sebagai Malioboronya Palembang.

Malioboro sendiri merupakan sebuah jalan yang menjadi pusat wisata di Kota Jogja, dengan aktivitas utama wisata belanja.

Keberadaan Sudirman Walk Palembang sendiri sebenarnya tidak terlalu mirip dengan Malioboro, hanya saja panjang jalannya mungkin hampir sama dengan Malioboro Jogja.

Di sepanjang jalan Sudirman Palembang sendiri, tidak banyak ditemukan wisata belanja seperti yang ada di Malioboro Yogyakarta.

Tempat ini lebih cocok dijadikan tempat nongkrong di malam hari, sembari menikmati suasana kota Palembang yang cukup ramai, dan menikmati beberapa hiburan yang ada di sana.

Harga Tiket Masuk Gratis, Disediakan Tempat Parkir Khusus Untuk yang Membawa Kendaraan Pribadi

Wisatawan tidak dikenakan tiket masuk saat liburan ke Sudirman Night Walk Palembang. Semua orang bebas untuk jalan-jalan di sini.

Untuk kalian yang membawa kendaraan pribadi, kalian bisa memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan.

Ada petugas parkir yang mengatur parkir, dan jangan lupa bayar biaya parkir setelahnya 😀

Tempat parkir cukup padat terutama di hari Sabtu dan Minggu, dengan pengunjung yang mencapai puncaknya.

Kunjungi Juga: Kolam Renang Opi Waterpark yang Asyik Banget Buat Anak.

Aktivitas Di Sudirman Walk Palembang Saat Malam Hari

gambar tempat kuliner di sudirman night walk palembang
Foto Pusat Kuliner Sudirman Walk

Aktivitas pertama yang bisa kalian lakukan di sini adalah menikmati aneka kuliner yang ada di sana. Yang pasti, pempek bejibun di sini, dari pempek goreng hingga pempek basah yang dinikmati dengan kuah cuka khas Palembang yang enak banget.

Selain pempek, kalian juga bisa menikmati bakso, sate, sosis, jagung bakar, dan jajanan ala kaki lima lainnya di Sudirman Walk Palembang.

Selanjutnya, aneka hiburan digelar di Sudirman Night Walk Palembang, dari orang nyanyi, pertunjukan, musik jalanan, musik daerah, nonton bareng, atau pengamen.

Dan yang paling asyik tentu saja, nongkrong di sini, duduk-duduk di kursi yang disediakan, menikmati cemilan yang telah dibeli, di tengah keramaian orang-orang yang melakukan berbagai aktivitas di Jalan Sudirman.

Jika kalian sedang liburan di Palembang, jangan lewatkan Wisata Palembang yang satu ini buat hiburan di malam hari.

So, kapan mau ke Sudirman Walk Palembang? Kunjungi juga: 30 Rekomendasi Tempat Liburan di Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *