Pengalaman Dari Stasiun Lempuyangan Ke Malioboro Naik GoCar Jogja

jumanto.com – Saat warga Jakarta, Bandung, Purwokerto, dan kota lain mau mengunjungi Tempat Wisata di Jogja naik kereta, biasanya mereka turun di Stasiun Lempuyangan atau di Stasiun Tugu Yogyakarta. Dari Stasiun Lempuyangan ke Malioboro, jaraknya tidak jauh. Transportasi dari Stasiun Lempuyangan ke Malioboro tersedia dalam beberapa moda angkutan. Beberapa cara ke Malioboro dari Stasiun Lempuyangan akan kita bahas di artikel ini.

Saya sendiri sudah beberapa kali turun di Stasiun Lempuyangan, baik pesan tiket kereta via Traveloka, KAI Access atau situs reservasi lainnya. Selanjutnya, dari Stasiun Lempuyangan, wisatawan biasanya lanjut ke Malioboro, mencari penginapan murah di Jogja yang dekat Malioboro.

Alasan mengapa mencari hotel dekat Malioboro adalah karena ingin dekat dengan pusat kota Jogja, bisa menikmati suasana Malioboro saat malam hari dengan leluasa, dan tentu saja mengunjungi berbagai tempat wisata murah dekat Malioboro.

Untuk reservasi pemesanan hotel atau penginapan murah dekat malioboro, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, dan sekitarnya, wisatawan bisa memesannya via Agoda, Oyo Rooms, Airy Rooms, Red Doorz, Tiket, dan sebagainya.

Selama jalan-jalan wisata di Jogja, wisatawan juga bisa sewa motor di Jogja. Tempat sewa motor di Jogja banyak sekali terdapat di depan Stasiun Lempuyangan. Nah, dari Stasiun Lempuyangan ke Maliboro bakalan lebih gampang kalau kalian turun dari kereta langsung sewa motor di depan Stasiun Lempuyangan.

Selanjutnya, dari Stasiun Lempuyangan, wisatawan juga bisa lanjut ke Stasiun Solo Balapan naik kereta Prameks. Jalan-jalan ke kota Surakarta makin mudah lewat Stasiun Lempuyangan.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi berbagai tempat wisata dekat Stasiun Lempuyangan menggunakan berbagai moda transportasi yang ada di stasiun ini.

Baca juga: Pengalaman Liburan ke Borobudur dari Jogja.

Dari Stasiun Lempuyangan Ke Malioboro Naik Apa?

Saya punya pengalaman sewa motor di Jogja dengan lokasi pemilik sewa persis ada di depan Stasiun Lempuyangan. Namanya Anisa Rental Motor Jogja.

Karena waktu itu hari lebaran, lalu kata si pemilik, orang yang antar jemput motor sedang mudik alias pulang kampung, jadi motor yang saya sewa di Anisa Rental Motor Jogja harus saya ambil dan kembalikan sendiri.

Saat mengambil rental motor di Stasiun Lempuyangan, saya naik Gocar dari Hotel Airy Umbulharjo. Saat mengembalikan sepeda motor, saya juga naik Gocar.

Hari terakhir di Jogja saat liburan bareng keluarga setelah lebaran, kami belanja hordeng dan beberapa baju di Pasar Bringharjo Jogja, di kompleks Malioboro.

Istri dan orang tua saya (mama) langsung ke Pasar Bringharjo, sementara saya dan Bapak mengembalikan sepeda motor ke Anisa Rental depan Stasiun Lempuyangan.

Nah, dari Stasiun Lempuyangan, kami kemudian memesan GoCar menuju ke Jalan Malioboro, untuk menyusul mereka di Pasar Bringharjo.

Jarak Stasiun Lempuyangan ke Jl Malioboro Sekitar 3,5 km Saja Menggunakan GoCar

Sementara kalau jalan kaki, jaraknya cukup dekat, sekitar 1 km saja. Kalau naik mobil harus mutar soalnya sehingga hitungannya lebih jauh.

Jalan-jalan di Jogja di sekitaran Malioboro banyak yang overboden sehingga mesti memutar bagi pengendara sepeda motor dan mobil.

Oleh karena itu, jarak Stasiun Lempuyangan ke Jalan Malioboro Jogja yang sebenarnya deket, jadi nampak agak jauh.

Saat libur panjang akhir tahun, tahun baru, dan libur lebaran atau natal, jalan-jalan di sekitaran Malioboro banyak yang macet.

Oleh karena itu, biasanya sopir GoCar atau GrabCar biasanya agak enggan saat mengantarkan wisatawan ke Jalan Malioboro.

Dikarenakan kemacetan super parah, butuh waktu bisa berjam-jam untuk melewati Malioboro dan sekitarnya saat musim padat.

Tarif GoCar ke Maliboro Dari Stasiun Lempuyangan 20 Ribu Rupiah

Pengalaman Dari Stasiun Lempuyangan Ke Malioboro Naik GoCar Jogja
Salah satu Transportasi dari Stasiun Lempuyangan ke Malioboro

Ini adalah pengalaman saya saat naik GoCar dari Lempuyangan ke kompleks Benteng Vredeburg Malioboro Jogja.

Mungkin waktu itu lagi padet penumpang, atau lagi macet, sehingga tarifnya memang agak mahal, 20 ribu rupiah, padahal jaraknya cukup dekat.

Kalau jalan kaki, tentunya lebih hemat hehehe. Silakan buka peta Stasiun Lempuyangan di Google Maps ya kalau mau jalan kaki ke Malioboro.

Tempat Naik GoCar yang Aman di Stasiun Lempuyangan

Seperti bandara, stasiun, dan terminal di kota lain, di depan stasiun Lempuyangan pun kita bakal kena marah kalau naik taksi online dari depan stasiun persis.

Oleh karena itu, jangan naik lewat depan stasiun persis.

Biasanya driver akan mengarahkan kita mesti nunggu di mana yang aman.

Kalau saya, beberapa kali naik Gocar dari Stasiun Lempuyangan, tempat naik taksi dan ojek online yang aman di sana ada di simpang pertigaan yang ada tugunya, dari arah Maliboro, sebelum pintu masuk Lempuyangan.

Di situ ada pangkalan ojek online Grab dan Gojek, serta di situlah tempat kita menunggu taksi online datang.

Baca juga: HTM Candi Borobudur.

Cara ke Malioboro dari Stasiun Lempuyangan Menggunakan Moda Transportasi selain Taksi dan Ojek Online

Selain menggunakan Gocar, kalian juga bisa pesan Gojek atau Grab saat mau ke Malioboro dari Stasiun Lempuyangan.

Jika merasa ribet mau naik Gojek dan Grab, kalian bisa menggunakan transportasi lain saat mau ke Malioboro dari Lempuyangan:

1. Naik becak ke Malioboro dari Stasiun Lempuyangan

Begitu turun dari kereta lalu keluar dari stasiun, sudah banyak tukang becak yang ada di pintu keluar menawarkan jasa kepada kita.

Nah, kalau mau ke Malioboro, kita bisa naik becak dengan tarif sekitar 20ribu rupiah saja, atau tergantung hasil nego.

Keuntungan naik becak adalah, mereka ada 24 jam melayani kita. Becak juga merupakan salah satu moda transportasi resmi di Kota Jogja yang masih dipertahankan hingga sekarang.

2. Ojek konvensional atau ojek pangkalan ke Malioboro

Ojek pangkalan juga banyak berada di depan pintu keluar stasiun, menawarkan kepada para penumpang kereta yang keluar dari stasiun.

Jika ingin ke Maliboro, wisatawan bisa naik ojek pangkalan dengan tarif sekitar 10-20 ribu rupiah, sesuai hasil nego.

Jangan sampai kena tipu dengan tarif kemahalan ya.

3. Naik Trans Jogja dari Stasiun Lempuyangan menuju Maliboro

Kalau mau naik Trans Jogja, agak ribet memang karena harus transit. Rutenya: Naik Transjogja trayek 4B di Halte Hayam Wuruk, turun di Terminal Giwangan – Ganti trayek 3A turun di Halte Jalan Malioboro.

Tarif murah banget cuma 3.500, gak perlu bayar lagi saat transit di Terminal Giwangan.

4. Naik travel atau taksi plat hitam

Banyak tersedia travel atau taksi plat hitam di stasiun Lempuyangan. Tarif sudah ditentukan berdasarkan lokasi tujuan, seperti taksi-taksi plat hitam di bandara dan stasiun lain.

Tarif travel dari Lempuyangan ke Malioboro sekitar 25 ribu rupiah.

5. Naik taksi plat kuning di Stasiun Lempuyangan

Yang terakhir, ada banyak taksi plat kuning yang mangkal di stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Minimal tarif menggunakan taksi ini adalah 30 ribu rupiah, termasuk saat mau ke Malioboro.

Taksi menggunakan argo.

Stasiun Lempuyangan ke Malioboro Berapa Menit?

Dengan jarak yang begitu dekat, naik becak dari Maliboro paling cuma butuh waktu 5-10 menit. Jalan kaki juga cuma bentar, gak sampai setengah jam sudah sampai.

Saat naik GoCar dari Lempuyangan Ke Malioboro, saya butuh waktu 8 menit.

Kecuali naik taksi baik taksi online maupun taksi pangkalan, jika jalanan sedang macet, butuh waktu lumayan lama.

Bahkan naik ojek pun kalau lagi macet ikutan lama juga.

Enaknya naik becak, dia bisa menembus jalur overboden, gak ditilang, dan bisa nyempil nyempil hehehe.

Silakan putuskan mau naik apa. Kalau lagi lancar, naik taksi online atau ojek online bisa, dan naik becak pun punya sensasi tersendiri.

Kesimpulan

Ada banyak moda transportasi dari Stasiun Lempuyangan ke Maliboro Jogja mulai dari GoCar, taksi online, ojek online, becak, taksi pangkalan, ojek pangkalan, dan juga sewa motor hingga angkutan umum masal Trans Jogja yang murah banget.

Demikian pengalamansaya dari stasiun Lempuyangan ke Malioboro Naik Gocar serta moda transportasi lainnya. Baca juga: Transportasi Dari Stasiun Lempuyangan ke Borobudur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *