Cara Cepat Pasang Spion Motor Yang Lepas Gak Sampai 1 Menit Ke Tangkainya

jumanto.com – Kemarin saat pulang kerja, tahu-tahu dikasih tahu kalau spion motor lepas atau copot dan saya pun harus segera memasangnya kembali. Sebelum tahu cara memasang spion motor yang lepas dari tangkainya, saya kesulitan saat mencoba memasukkan spion yang copot tadi, karena ternyata setelah baut saya lepas pun masih sulit juga memasang kembali spion motor yang lepas dari bonggolnya ini.

Alhasil, saya pun cari-cari cara cepat pasang spion motor yang copot dari tangkainya beserta alat apa saja yang dibutuhkan.

Ternyata cara memperbaiki spion motor yang lepas sangat sederhana dan butuh waktu cuma beberapa detik saja, tidak sampai 1 menit. Bahkan setengah menit pun gak sampai, untuk memasang kembali spion motor yang terlepas dari bonggolnya.

Spion motor kemarin lepas karena motor jatuh, tapi kacanya masih utuh menempel, saat distandar sama mama. Dikiranya sudah pas, ternyata standarnya gak pas, sehingga roboh dan spion motor copot.

Mur spion motor gak ikut lepas, masih terpasang utuh di dalamnya, hanya saja spion motor terlempar dari bendolan besi yang menjadi penguncinya, atau mungkin biasa disebut bonggol.

Nah, jika kalian mengalami masalah sama dengan saya, spion motor lepas karena jatuh atau karena satu dan lain hal, tidak usah pusing memikirkan cara pasang spion motor yang lepas.

Tidak perlu membawa ke bengkel hanya untuk memasang spion motor yang lepas.

Penyebab Spion Motor Copot dari Bonggolnya

Cara Cepat Pasang Spion Motor Yang Lepas Gak Sampai 1 Menit Ke Tangkainya
Spion Sepeda Motor biasa lepas di bagian ini

Penyebab utama mengapa spion motor bisa copot atau lepas dari tempatnya biasanya karena jatuh. Jatunya motor lalu spion menabrak benda lain membuat spion terlempar dan terlepas dari wadahnya.

Jika spion cuma lepas, masih bisa dipasang. Tapi kalau sudah pecah, ya mau gak mau beli baru deh dan ganti dengan yang baru.

Motor saya dulu juga pernah jatuh, karena mau nabrak mobil, saya membelokkan motor dan motor saya kemudian malah terpeleset.

Motor jatuh, spion lepas dan gak bisa dipasang lagi, akhirnya beli spion baru.

Cara Pasang Spion Motor Yang Lepas Dari Tangkainya Dengan Cepat Gak Sampai 1 Menit

Sebelum kita memperbaiki spion motor yang copot, siapkan dulu alat-alat yang diperlukan:

Alat untuk memasang kembali spion motor yang copot:

  • obeng plus, karena biasanya baut spion berupa baut plus.
  • korek api, atau nyalakan api di lilin.
  • spion motor yang lepas.

Begini cara memperbaiki spion motor yang lepas dari bonggolnya:

  1. Ambil spion motor yang lepas, bawa ke dekat bonggol spion atau tangkai spion sepeda motor.
  2. kendurkan baut di spion motor yang lepas tadi, jangan dilepas, kendurkan saja. Kalau dilepas nanti murnya atau pasangan bautnya malah bisa lepas juga dan bisa hilang.
  3. setelah kendurkan baut, siapkan api di lilin atau ambil korek api.
  4. panaskan wadah bonggol spion motor (bagian lobang tempat besi bulat bonggol spion terpasang), sekitar 5 sampai 10 detik.
    memperbaiki spion motor yang copot
  5. jangan sampai meleleh ya.
  6. setelah itu, silakan dorong dan tekan spion di bagian wadah bonggol, ke bonggol atau tangkai spion, sampai bonggolnya terpasang dan benar-benar sudah masuk.
  7. jika masih susah masuk, panaskan lagi sebenar spionnya, lalu coba lagi masukkan dengan mendorong lagi, insya Allah masuk. Saya pun sampai memanaskannya 3 kali saat mencoba pertama kali.
  8. Setelah bonggol sudah benar-benar masuk, kencangkan baut spion.

Sangat cepat dan gak butuh waktu lama kalau mamu memasang spion motor yang terlepas dari tangkainya, gak perlu dibawa ke bengkel.

Yang agak lama mungkin saat kacanya yang terlepas dari spion, apalagi kalau sampai pecah, mau gak mau harus ganti spion baru hehehe, atau ganti kacanya doang jika ada kaca bekas.

Sedangkan untuk melepas kaca spion dari spionnya, butuh alat lagi, misalkan menggunakan hotgun untuk memanaskan pinggiran kaca spion lalu dicungkil kacanya.

Congkel kacanya bisa pakai spatula plastik atau spatula pipih.

Baca: Pengalaman Beli Motor Honda Cash

Melepas Batang Spion Motor dan Memasangnya Kembali

Selain permasalahan memasang spion motor yang lepas dari tangkai atau bonggolnya, terkadang juga kita ingin mencopot spion yang ada dan ingin menggantinya dengan spion yang baru.

Cara melepas tangkai spion memerlukan bantuan kunci untuk mengendurkan baut yang ada di batang spion.

Putar baut ke arah kiri agar kendur menggunakan kunci dengan nomor yang pas, lalu setelah kendur tinggal putar saja batangnya sampai terlepas ke arah yang pas.

Nah, kira-kira itu saja pengalaman saya saat memasang kembali spion yang copot dari bonggolnya. Mudah-mudahan tutorial panduan cara cepat memasang spion motor yang lepas dari tangkainya ini bermanfaat. Baca juga: Plat Motor yang Gak Kunjung Jadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *