Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah Dalam Bahasa Arab Dan Artinya

jumanto.com – Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya. Salah satu doa untuk orang menikah yang biasa kita ucapkan, saat ada kawan, kerabat, atau saudara kita yang menikah, adalah semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah, atau ada yang menyingkatnya dengan samawa atau samara.

Pernikahan sendiri merupakan salah satu sunnah nabi, yang sangat dianjurkan dilakukan, dengan berbagai tujuan dan manfaat yang ada di dalamnya.

Baca: Fadhilah Pernikahan yang Harus Kalian Tahu.

Bahkan sabda nabi, “Nikah adalah sunnahku. Barang siapa membenci/tidak mengikuti sunnahku, maka bukan bagian dari golonganku”.

Oleh karena itu, buat kalian yang masih jomblo nih, segera menikah ya, insya Allah rejeki juga akan dilancarkan oleh Allah, asal mau usaha tapi ya hehehe.

Jangan sampai sudah menikah eh di kamar aja, gak keluar nyari nafkah lahiriyah, cuma nafkah batiniyah saja yang dipikirkan 😀

Nah, setiap orang yang menikah, tentu punya tujuan untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah, adalah impian setiap orang yang normal, yang menjadikan pernikahan sebagai sarana ibadah mengikuti sunnah nabi, bukan semata-mata mengikuti hawa nafsu.

Asal Kata Sakinah Mawaddah Warahmah, Selamat Menempuh Hidup Baru Bagi Yang Menikah

Doa Untuk Saudara Sesama Muslim yang Menikah, Demi Membentuk Keluarga Samawa/Samara, Diambil Dari Surat Ar Rum 21 (Quran 30:21)

Doa minta keluarga bahagia yang selama ini sudah familiar di telinga kita pengucapannya, yaitu ucapan sakinah mawadah warohmah, merupakan sebuah harapan yang tertuang di dalam dalil Al Quran surat Ar Rum ayat 21.

Berikut ini salah satu dalil tujuan pernikahan dalam Al Quran Surat Ar Rum 21:

Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah Dalam Bahasa Arab

dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir“.

Di dalam ayat tersebut disebutkan tiga tujuan mengapa Allah menciptakan istri bagi kita, yaitu litaskunuu ilaiha, waja’ala bainakum mawaddatan warahmah.

Salah satu tujuan pernikahan adalah, menjadikan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Oleh karena itu sangat wajar jika doa ucapan pernikahan sakinah mawadah warohmah ini sering kita dengar dan doa ini tentu sangat bagus, dan saya sendiri akan mengaminkan setiap doa harapan untuk pernikahan yang baik ini.

Meskipun kadang singkatannya kurang tepat: semoga samawa, tapi mudah-mudahan Allah mengabulkan doa yang ada di dalamnya, mengabulkan isinya.

Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah Dalam Bahasa Arab Yang Benar

Tulisan Sakinah Mawadah Warahmah sendiri selama ini sudah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maupun english.

Namun, namanya terjemah, tentu tidak sebaik bahasa aslinya.

Seperti telah saya sebutkan di atas, asal kata dari Sakinah Mawaddah Warahmah diambil dari tujuan Allah menciptakan pasangan bagi kita, dan diambil kesimpulan ada 3 tujuan mulia di sana.

Sakinah, mawaddah, warahmah.

Adapun tulisan arab Sakinah Mawadah Warohmah adalah sebagai berikut:

tulisan arab sakinah mawaddah warohmah
tulisan arab sakinah mawaddah warohmah

Sedangkan jika kalian ingin copy paste tulisan arab sakinah mawaddah warohmah tersebut, ini tulisannya:

سكينة مودّة ورحمة

Kalian bisa copy dan kirimkan ke saudara atau teman yang mau menikah dan mendoakan:

“mudah-mudahan menjadi keluarga yang سكينة مودّة ورحمة.”

Mudah-mudahan doa minta keluarga bahagia di atas dikabulkan oleh Allah, dan bisa menjadi doa juga untuk rumah tangga yang sedang bermasalah, sehingga terbentuk keluarga yang samara.

Arti Sakinah Mawadah Warahmah Dalam Islam

Tulisan sakinah mawaddah warahmah terdiri atas tiga kata, yaitu sakinah, mawaddah, rohmah.

Sedangkan wa ( و ) merupakan huruf ‘athaf.

Arti sakinah dalam Islam sendiri kurang lebih:

tenteram, tenang.

Dengan demikian, pernikahan dan keluarga yang sakinah akan mampu menghadapi segala badai rintangan yang ada, tetap mampu berdiri dalam bahtera rumah tangga yang tegak, tanpa tergoyahkan oleh masalah yang datang.

Namanya berkeluarga, pasti ada saja masalah, tapi dengan doa menjadi keluarga sakinah, harapannya masalah tidak akan membuat pernikahan jadi bubar.

Ciri ciri keluarga sakinah adalah tidak menceritakan permasalahan dan keburukan pasangan ke orang lain, menjaga rahasia suami istri, bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam rumah tangga.

Arti Mawaddah, seperti yang disampaikan oleh Gus Yusuf, kurang lebih, perasaan saling mencintai.

Jadi, mawaddah ini merupakan doa, agar kedua belah pihak, baik suami maupun istri, sama-sama saling mencintai, cintanya tidak bertepuk sebelah tangan.

Jika ada rumah tangga, salah satu pihak sudah tidak ada perasaan cinta lagi, maka keluarga tersebut bisa tidak sakinah dalam menghadapi masalah.

Oleh karena itu, penting banget bagi keluarga rumah tangga, agar saling mencintai, yang dalam bahasa arabnya adalah mawaddah.

Sedangkan arti warohmah, kurang lebih “dan perasaan sayang”

Rahmah adalah kasing sayang, yang timbul di antara pasangan suami istri.

Keluarga yang tenang dan tenteram, lalu saling mencintai serta memiliki perasaan sayang, maka akan menjadi keluarga yang langgeng dan pernikahannya mudah-mudahan diberkahi juga dengan anak yang sholih dan sholihah.

Itulah kurang lebih arti dari doa pernikahan sakinah mawaddah warohmah.

Doa lain yang sering diucapkan adalah barokallahu lakuma wabaroka ‘alaikuma wajama’a bainakuma fi khoir.

Demikian artikel singkat tentang Tulisan Sakinah Mawadah Warohmah Dalam Bahasa Arab yang Benar dan Artinya, yang biasa disingkat samara. Baca juga: Tulisan Arab Barakallahu Fi Umrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *