Beranda ยป Wisata ยป Fasilitas, Jam Buka Tutup, Cottage Puncak Mas Lampung Sukadanaham

Fasilitas, Jam Buka Tutup, Cottage Puncak Mas Lampung Sukadanaham

foto wisata puncak mas lampung dengan beragam wahana

Jumanto.Com – Puncak Mas Lampung. Wisata Lampung makin lengkap dengan hadirnya spot foto dengan pemandangan laut dan perkotaan macam Puncak Emas, dan spot sejenis macam Muncak Teropong Laut, Bukit Sindy Lampung atau Teropong Kota Bandar Lampung, Bukit Sakura Kemiling, Villa Gardenia dan Munca Pas.

Eh, sudah pada tahu kan kalau di Bandar Lampung ini ada tempat wisata yang lagi ngehits? Tempat wisata kekinian di Lampung, Namanya Puncak Mas, bukan Puncak Emas ya hehehe.

Puncak Mas Di Bandar Lampung saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata ngehits dan tempat hunting foto yang digemari anak-anak muda.

Namun, Tempat wisata di Lampung ini sebenarnya gak cuma buat anak-anak muda lho, tempatnya cocok juga buat berbagai kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa.

Alamat dan Lokasi Puncak Mas Lampung

foto puncak mas lampung di kemiling sukadanaham
foto dengan background tulisan puncak mas

Masih ada yang bertanya Puncak Mas Dimana Sih?

Hmmm, mudah banget sih sebenarnya menemukan tempat wisata di Lampung yang satu ini.

Alamat Puncak Mas ini berada di Kelurahan Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Alamat lengkapnya: Jl. PB. Marga Sukadanaham, Kec. Tj. Karang Tim. Kota Bandar Lampung Lampung 35215

Lokasi Puncak Mas Bandar Lampung ini masih berdekatan dengan Alam Wawai Eco Park dan Summit Bistro, serta tidak jauh dari Lembah Hijau Lampung yang merupakan tempat wisata terkenal di Lampung.

Sejarah Awal ke Puncak Mas Sukadanaham

Terkadang orang menjudge sesuatu sebelum ia benar-benar tahu, sebelum ia melihat dengan kepala sendiri, merasakan sendiri dengan pengalamannya, dan datang langsung ke tempat atau lokasinya.

Termasuk saya, awalnya saya juga menjudge Puncak Mas ini terlalu mahal harga tiket masuknya untuk ukuran Bandar Lampung.

Saya pikir tempat wisata baru di Lampung ini isinya ya paling gitu-gitu aja .

Penilaian saya tentang Puncak Mas ini ternyata salah banget.

Setelah saya berkunjung ke objek wisata di Lampung ini hari Minggu kemarin, saya baru tahu kalau tempat ini memang kece, wajar saja kalau ramai pengunjung.

Sebanding lah antara harga yang harus kita bayar dengan suasana yang kita dapat.

Bukan cuma terpesona dengan keindahan suasana tempatnya yang mengena di hati, saya juga langsung klepek-klepek begitu menginjakan kaki di Puncak Mas.

Sejauh ini, sudah 4-5 kali saya nongkrong di Puncak Mas sekalian nemenin anak bermain-main di sana, dan nyicip kulinernya juga pastinya.

Kunjungi juga: Taman Asmoro Lampung.

Rute Jalan Menuju Puncak Mas Kemiling Lampung

Rute untuk menuju Puncak Mas Sukadanaham ini bisa kita tempuh lewat tiga cara:

  • Lewat Kemiling,
  • Lewat PDAM Way Rilau/Citraland Lampung, dan
  • Lewat Tanjung Karang/Jalan KH Agus Salim.

Rute Puncak Mas Lewat Kemiling

Kalau kita mau ke Puncak Mas Lampung lewat Kemiling, dari jalur dua Kemiling, kita masuk ke Palang Besi yang merupakan jalan alternatif menuju Teluk Betung. Dari Palang Besi ini kita jalan terus melewati Jalan Imba Kesuma, melewati Lembah Hijau dan Bukit Mas Lampung sampai ketemu Tugu Duren.

Dari Tugu Duren ini, kita ambil belok kanan, menanjak tajam, masuk ke Kelurahan Sukadanaham, jalan lurus terus mengikuti Papan Penunjuk Arah Puncak Mas. Gampang banget kok menemukan alamat Puncak Mas Bandar Lampung, tinggal ikuti penunjuk arah.

Rute lewat Teluk Betung

Buat kalian yang berada di Teluk Betung dan sekitarnya, kalau mau ke Puncak Mas, tinggal arahkan kendaraan menuju PDAM Way Rilau, lalu ambil jalan belakang lewat Lazuardi Haura dan Citraland Lampung, lurus terus sampai ketemu Tugu Duren.

Acuan kalau mau ke Puncak Mas ini memang Tugu Duren ini.

Kalau dari PDAM Way Rilau, di Tugu Duren ini kita ambil arah kiri masuk ke Kelurahan Sukadanaham, melewati tanjakan tajam, dan ikuti rute di atas untuk menuju Puncak Mas Sukadanaham.

Arah menuju Puncak Kemiling Lewat Tanjung Karang

Kalau dari Tanjung Karang, arahkan kendaraan ke Jalan H Agus Salim, lalu ambil jalan menuju Lembah Hijau, melewati tanjakan tajam banget, dan jalan lurus sampai ketemu Tugu Duren. Dari Tugu Duren, jalan lurus terus masuk Kelurahan Sukadanaham mengikuti rute di atas.

Kalau mau update lagi, tinggal buka Google Maps dan langsung ketemu deh rute menuju Puncak Mas Lampung.

Jika masih bingung dengan rute jalan menuju Puncak Mas Bandar Lampung, silakan lihat saja denah lokasi Puncak Mas di Google Maps, insya Allah gak akan bingung.

Kunjungi juga: Kolam Renang Citra Garden.

Harga Tiket Masuk Puncak Mas Bandar Lampung

Begitu sampai di Puncak Mas Lampung, saat kendaraan mau masuk, sudah ada petugas tiket yang langsung menghampiri setiap kendaraan yang mau masuk.

Harga tiket masuk Puncak Mas Bandar Lampung masih sama seperti tahun-tahun sebelumya, Rp20.000,- per orang.

Dulu awal-awal dibuka, harga tiket masuknya 10 ribu per orang, lalu gak lama kemudian naik jadi 20 ribu per orang, dan sampai kemarin saat saya dateng masih 20 ribu per orang.

Mudah-mudahan sih gak naik lagi :).

Oh iya, saya kemarin datang bertiga ke Puncak Mas Lampung, bersama mama dan Alya.

Alhamdulillah, petugasnya lagi baik hati kali ya, kami cuma dikenakan tiket masuk dua orang, jadi kami cuma bayar 40 ribu rupiah saja.

Yah, mungkin karena anak kecil juga kali ya, jadi gak dihitung tiket masuknya. Alya yang umurnya masih 4 tahun gak dikenakan tiket masuk ke Puncak Mas Lampung. Berbeda saat dateng ke Camp 91 Kedaung, Alya mesti bayar juga.

Kemudian untuk parkir motor, saya bayar lagi 5 ribu rupiah.

Biaya tiket masuk Puncak Mas lebih mahal dibandingkan harga masuk Teropong Kota Bandar Lampung, Muncak Tirtayasa, dan Bukit Sakura.

Kunjungi juga: Taman Cibiah Lampung.

Jam Buka dan Tutup Operasional

Puncak Mas Lampung buka dan tutup jam berapa?

Tempat wisata Puncak Mas di Bandar Lampung beroperasi setiap hari dari hari Senin hingga Minggu, 7 hari penuh tanpa ada libur.

Tempat wisata ini buka dari pagi, jam 8 pagi biasanya sudah buka.

Sementara untuk jam tutupnya, biasanya sampai jam 12 malam, atau kalian bisa menginap di cottage yang ada di sini.

Kunjungi juga: Taman Penangkaran Rusa Lampung.

Fasilitas Buat Hunting Foto dan Gambar

"wisata

Ada banyak banget rumah pohon di Puncak Mas.

Pengunjung dijamin puas ambil gambar Puncak Mas deh.

Rumah pohonnya berada di pohon-pohon duren yang merupakan salah satu komoditas buah-buahan di daerah ini.

Daerah Sukadanaham dan sekitarnya memang terkenal dengan keberadaan pohon durennya, termasuk di daerah Kedaung Bandar Lampung.

Di rumah-rumah pohon ini banyak pengunjung yang hunting foto, selfie, melihat pemandangan Bandar Lampung dari ketinggian, lalu berpindah-pindah dari satu rumah pohon ke rumah pohon yang lain.

gambar view puncak mas kemiling bandar lampung
melihat kota Bandar Lampung dari ketinggian

Rumah pohon di Puncak Mas Bandar Lampung ini semuanya terbuat dari kayu, berbeda dengan Rumah Pohon Taman Kupu-kupu Lampung yang terbuat dari bambu.

Kalau rumah pohon favorit saya adalah rumah pohon berbentuk rumah terbalik.

Rumah pohon ini didesain menyerupai rumah, berbentuk kotak, lalu atap berbentuk segitiga berada di bawah, sehingga bentuknya memang mirip rumah terbalik.

Kapasitas maksimal rumah terbalik di Puncak Mas Lampung ini 15 orang.

rumah pohon di puncak mas sukadanaham
rumah pohon di puncak mas sukadanaham

Dari sekian banyak rumah pohon yang ada di Puncak Mas, kami cuma naik satu rumah pohon ini.

Setelah itu main-main ke “altar” yang asyik banget buat nongkrong.

Ada ayunan kayunya juga, lalu menikmati kopi gratis dari salah satu penjual kopi yang mungkin lagi menggelar promo, dan menikmati alunan lagu-lagu keren di panggung live music.

Puncak Mas di Malam Hari

Suasana Puncak Mas di malam hari makin asyik, apalagi berkunjung di akhir pekan, aca live musicnya memang enak banget buat dinikmati.

Sambil ayunan, sambil menikmati kuliner di Puncak Mas, ngobrol bareng pasangan, apalagi pasangan yang resmi ๐Ÿ˜€

Suasananya romantis banget buat datang bersama pasangan, tak heran jika Puncak Mas Lampung ini menjadi salah satu tempat pacaran anak-anak muda Lampung.

gambar suasana nongkrong di puncak mas malam hari
gambar suasana nongkrong di puncak mas malam hari

Selain itu, buat saya, Puncak Mas Sukadanaham ini juga cocok banget buat dijadikan tempat nongkrong di Bandar Lampung.

Ada saung-saung yang berjejer-jejer, tempat duduk di altar dan di tamannya, serta dapat menikmati kuliner di Foodcourt Puncak Mas yang suasananya juga keren.

Wahana Puncak Mas: Alya Keasyikan Bermain di Area Permainan Anak

Namanya juga anak-anak, kalau sudah lihat mainan pasti ya ceria banget dan gak mau pindah. Begitu juga dengan Alya, begitu masuk ke Puncak Mas Lampung dan melihat ada arena permainan anak ya langsung itu yang dituju.

foto wahana permainan anak di puncak mas
foto wahana permainan anak di puncak mas

Salah satu hal yang membuat saya suka dengan Puncak Mas ini juga karena keberadaannya yang friendly banget buat anak-anak.

Pengelola Puncak Mas menyediakan satu space khusus buat wahana bermain anak.

Di wahana anak ini ada perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan rumah pohon ini yang bikin anak betah bermain-main di sini.

Penginapan di Puncak Mas

Fasilitas selanjutnya dari Puncak Mas, selain mushola rumah pohon, toilet, foodcourt, arena bermain anak, rumah pohon, altar, live music, sepeda gantung, balon, Puncak Mas juga menyediakan cottage bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Lokasinya ada di pojok, di samping Foodcourt paling ujung, tidak jauh dari kamar kecil pengunjung.

Harga penginapan di Puncak Mas Lampung saat kami tanya kemarin, tarifnya sekitar 500ribuan per malamnya.

Makin banyak pilihan cottage di Lampung, seperti cottage di Bukit Sakura Bandar Lampung, Lembah Hijau, Taman Wisata Bumi Kedaton, Villa Gardenia, Pulau Pahawang, dan Wira Garden.

Nah, dengan makin lengkapnya wahana dan fasilitas di tempat wisata ini, tentunya makin asyik dong main ke Lampung.

Pemilik Puncak Mas

Pemilik tempat wisata ini adalah orang yang punya tempat wisata Pulau Tegal Mas Lampung dan juga Bukit Mas, yaitu Mas Thomas.

Karena sudah pengalaman dalam dunia pariwisata, wajar kalau tempat ini digarap dengan serius.

Bisa menyulap bukit dan lembah menjadi tempat wisata hits dan kekinian anak muda yang instagramable dan cocok buat foto prewedding di Lampung.

Kelebihan Tempat Wisata Puncak Mas

Saya sudah sampai 5 kali datang ke sini, karena pengin nongkrong aja sih sekalian ngajakin saudara jalan-jalan di Lampung.

Beberapa kelebihan tempat wisata kekinian di Lampung ini:

Lokasi di pusat kota

Karena ada di kota Bandar Lampung, jadinya gak terlalu jauh dari rumah.

Bisa naik GoCar dengan tarif sekitar 50-70 ribu rupiah saja.

Dibandingan ke Pantai Mutun atau Pantai Sari Ringgung, tentu lebih jauh.

Fasilitas oke

Toilet cukup bersih, mushola juga nyaman.

Tempatnya enak deh buat nongkrong.

Ada tempat makan, live music kalau akhir pekan.

Beberapa spot foto dan tempat bermain anak.

Kekurangan Puncak Mas

Lahan tidak terlalu luas

Dibandingkan dengan Lembah Hijau atau Wira Garden, tentu sangat jauh.

Karena lahan tidak terlalu luas, mirip dengan Bukit Sakura, jadinya wahananya ya terbatas, gak begitu banyak.

Tidak ada angkutan umum menuju lokasi

Jika mau ke sini, harus bawa kendaraan pribadi atau naik taksi dan ojek online.

Saat ke sini membawa saudara, saya biasanya pesan GoCar dari rumah.

Pulang juga naik GoCar.

Tempat Wisata Dekat Puncak Mas

Tempat wisata di Bandar Lampung makin banyak pilihan.

Untuk wisata dari ketinggian, Lampung punya beberapa destinasi wisata menarik.

Tempat wisata yang sejenis Puncak Mas di antaranya ada:

Kesimpulan

Puncak Mas benar-benar cocok buat wisata keluarga, asyik buat tempat nongkrong sambil mendengarkan live music, menjadi tempat bermain anak, dan suasananya saya suka banget, bener-bener bikin klepek-klepek. Lebih Asyik dari Muncak Teropong Laut Tirtayasa.

Jangan lupa juga dengan kulinernya, gak kalah jauh kok sama Jumbo Seafood atau Aroma Seafood Lampung ๐Ÿ˜€

Sudah pernah main ke Puncak Mas Lampung? Baca Juga: Cerita Bendungan Batutegi Lampung, Bendungan Terbesar di Asia Tenggara.

Jika Ada Pertanyaan, Silakan Komen Di Bawah Ya