Beranda ยป Pemerintahan ยป Syarat Dan Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan Di Biro Jasa Lampung

Syarat Dan Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan Di Biro Jasa Lampung

persyaratan dan biaya perpanjang stnk ganti plat 5 tahunan
<

jumanto.com – Syarat Dan Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan Di Biro Jasa Lampung. Mengurus administrasi di Lampung itu gak sesimpel di Jawa, seperti pengalaman saya saat mengurus surat pindah di Disdukcapil. Termasuk ganti plat kendaraan bermotor 5 tahunan atau perpanjang STNK online, belum ada prosedur jelas.

Bahkan untuk bayar pajak motor online di Lampung pun sampai sekarang saya belum tahu kabar pastinya seperti apa.

Alhasil, saya masih bayar pajak motor lewat Biro Jasa, untuk motor Jupiter Z yang saya punya.

Konsewensinya, saya harus menanggung biaya yang lebih besar meskipun persyaratan yang saya bawa sudah lengkap.

Setidaknya, menghemat waktu saya, gak perlu ngantri dan nunggu hehehe.

Kenapa Perpanjang STNK Di Biro Jasa?

Dari awal saya beli motor Jupiter Z tahun 2010, saya belum pernah sekalipun membayar pajak sendiri di Samsat.

Beberapa alasannya:

1. Motor bukan atas nama saya

Pertama kali kerja di Lampung, saya butuh kendaraan.

Karena gak punya uang cukup, saya kredit motor di OTO Finance Lampung Tengah.

Syarat kredit motor: punya KTP setempat atau Surat Keterangan Domisili.

Dua-duanya saya gak punya.

Namanya juga baru pindah.

Akhirnya, saya beli motor atas nama kakak sepupu saya.

Dia memang tinggal di Trimurjo, Lampung Tengah.

Karena motor bukan atas nama saya, daripada ribet mau bayar pajak dan perpanjang STNK 5 tahunan, saya bayar saja via Biro Jasa.

2. Beda kota

Saya tinggal di Pesawaran, kerja di Bandar Lampung, dan motor plat Lampung Tengah.

Karena beda kota, jadinya saya dulu gak punya waktu kalau harus ke Samsat Gunungsugih Lamteng.

Akhirnya, jalan pintas saja.

Bayar di biro jasa.

Meskipun sekarang katanya sudah bisa bayar di Samsat mana saja di Lampung, saya tetap bayar via Biro Jasa.

3. Males ngurus surat kuasa

Salah satu syarat mengurus ganti plat dan bayar pajak motor adalah surat kuasa.

Jika yang mengurus bukan si pemilik kendaraan.

Denger-denger, surat kuasa harus ttd lurah atau kepala desa.

Duh, tambah ribet.

Males ah.

Mending biro jasa saja hehe.

4. Mau balik nama mahal

Mau ngurus balik nama, males ribet.

Biaya balik nama kendaraan beda kota di Biro Jasa mahal.

Saya pernah nanya, sampai 1,6 juta.

Udah lah, gak usah diurus hehe.

5. Males ngantri

Tinggal ongkang-ongkang di rumah aja, urusan selesai.

Meskipun nguras kantong haha.

Tapi orang kaya mah bebas (aamiin hehehe).

Sekali kali bergaya jadi orang kaya kan gapapa.

Ya gak gaes ๐Ÿ˜€

Baca juga: waktu terbaik ganti oli.

Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan Di Biro Jasa

Bayar pajak dan perpanjang plat motor itu bisa dilakukan 1 bulan sebelum jatuh tempo.

Karena sudah masuk bulan Desember, dan jatuh tempo saya 16 Desember, maka saya langsung saja ke Biro Jasa Princess Bandar Lampung.

Langganan saya saat bayar pajak motor.

Sesampai di lokasi, saya langsung masuk.

Antrian kosong.

Jadi saya langsung dipanggil.

Saya serahkan syarat-syarat ganti plat.

Si mba-nya langsung ketak ketik di komputer dan kalkulator.

Ketemulah biaya ganti plat motor 5 tahunan di Biro Jasa ini.

biaya ganti plat motor 5 tahunan di biro jasa lampung
biaya ganti plat motor 5 tahunan di biro jasa lampung

Yap, biayanya 884ribu gaes.

Rinciannya:

  • bayar pajak tahunan: 204.500.
  • biaya pengurusan: 680.000

Mahal banget ya hehehe.

Iya gaes, mahal.

Dulu, pas saya tanya, masih 600.

Agak kaget juga jadi 800.

Tapi namanya juga orang kaya, udah lah bayar aja hahaha.

800 lah enteng wkwkwk (padahal dalam hati ngeluh juga :D)

So, buat kalian yang mau bayar ganti plat motor di Biro Jasa, pikir-pikir lagi deh.

Kalau aku sih memang males ngurus yang ada kaitannya sama pejabat negara, biasa, mudah dibikin ribet.

Baca juga: service motor honda bisa ke rumah.

Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan

Syarat mengurus ganti plat motor di Biro Jasa:

  1. KTP pemilik kendaraan bermotor.
  2. BPKP Asli.
  3. STNK Asli.
  4. Bawa sepeda motornya gaes.

Gak jauh beda sama bayar pajak tahunan.

Kalau gak ada KTP pemilik kendaraan, biayanya nambah lagi, sekitar 50-100 ribuan.

Baca juga: Spion Lepas, Ini Cara Memasangnya.

Cek Fisik Kendaraan Bermotor Di Biro Jasa

Kenapa sepeda motor harus dibawa, ya karena buat cek fisik itu gaes.

Jadi, kalian harus bawa sepeda motornya ke biro jasa kalau mau lewat biro jasa.

Setelah deal harga, dan saya bayar uang muak muka 500 ribu, kita langsung cek fisik kendaraan.

Petugas dari biro jasa pun menyuruh saya buka jok motor.

Lalu dia ambil kertas khusus buat ambil nomor rangka mesin atau yang sejenisnya lah.

Cak cek, gak butuh waktu lama, selesai deh.

Baca juga: pengalaman ditilang polisi.

Lama Pengurusan Perpanjang STNK Di Biro Jasa

Meskipun lewat Biro Jasa, bukan berarti cepet gaes hehe.

Lama juga prosesnya.

STNK dijanjikan seminggu baru selesai.

Sedangkan plat motor baru dijanjikan 1 bulan baru keluar.

Surat jalan, baru bisa diambil esok harinya.

Nah, lama nian.

Tapi ya udah lah daripada saya harus antri di Samsat, mending di rumah aja bisa kumpul sama istri keluarga.

Apalagi di masa corona, saya adalah mantan pasien corona ๐Ÿ˜€

Akhir Kata

Ganti plat motor di Biro Jasa tidak saya rekomendasikan, biayanya mahal gaes.

hampir 900ribu.

Itu bisa buat beli 90 bungkus nasi uduk hehe.

Tapi buat kalian yang males kayak saya, dan memang sultan, ya gapapa sih, bagi bagi rejeki sama orang biro jasa hehe.

Itulah pengalaman syarat dan biaya mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan di Biro Jasa Lampung. Baca juga: Jam Kerja Kantor Pajak.