Beranda ยป Transportasi ยป Pengalaman Naik Kereta Api Taksaka Malam Interior Kursi Ekesekutif

Pengalaman Naik Kereta Api Taksaka Malam Interior Kursi Ekesekutif

gambar kereta api taksaka Jakarta Jogja, pengalaman pribadi

jumanto.com – Pengalaman Naik Kereta Api Taksaka Malam Jakarta Jogja dengan Kursi Ekesekutif Nyaman Nan Berkesan. Kereta api Taksaka merupakan salah satu kereta api Eksekutif yang memiliki rute perjalanan dari Jakarta – Yogyakarta. Ada dua kereta api Taksaka, Taksaka Pagi dan Taksaka Malam.

Saat masuk musim mudik, biasanya ada juga kereta api Taksaka Tambahan yang siap mengangkut pemudik yang tentu jumlahnya membludak.

Pengalaman Naik Kereta Api Taksaka Jakarta Jogja

Nah, saat mudik lebaran tanggal 14 Juni tahun 2018kami akhirnya mencicipi juga rasanya naik kereta eksekutif Taksaka Malam dari Stasiun Gambir Jakarta ke Stasiun Purwokerto Jawa Tengah.

Seperti biasa, beli tiket lebaran ternyata memang butuh perjuangan banget.

90 hari sebelum keberangkatan, tepat pukul 00.00 malam, saya bangun dan cek tiket kereta api lewat aplikasi KAI Acces, Traveloka, dan tiket.com.

Ketiga aplikasi saya buka untuk memesan tiket kereta api lebaran.

Setelah berusaha mendapatkan tiket dari ketiga aplikasi, akhirnya saya bisa dapat 3 buah tiket kereta api di Aplikasi KAI Access, sementara di aplikasi Traveloka dan tiket.com sudah kehabisan.

Itu saja, saya baru dapat tiket kereta api pukul 02.00 pagi, setelah 2 jam berebut tiket akhirnya ada yang cancel bookingannya dan akhirnya langsung saya ambil.

Saya dapat tiket kereta api dengan tarif paling mahal, kereta api Taksaka Malam Jakarta Jogja, dengan tarif per orangnya 415.000 dari Stasiun Gambir Jakarta ke Purwokerto.

Taksaka Malam dari Stasiun Gambir ke Stasiun Purwokerto

Setelah cetak tiket kereta api di mesin CIC mandiri Stasiun Gambir, kami kemudian check in di petugas check in, dengan menyerahkan KTP.

Belum pakai EKTP karena belum jadi, jadi masih pakai KTP manual, dan saat itu masih diterima check in kereta api menggunakan KTP manual.

Yang penting, nama dan nomor identitas sama.

Alya, yang belum punya KTP karena masih anak-anak, gak dimintai dokumen apa pun, baik akta kelahiran atau KK.

Setelah melewati pintu check in, kami langsung menuju lantai atas.

Kami tidak langsung ke tempat keberangkatan kereta, tapi duduk-duduk dulu di lantai 2 sambil istirahat.

Ternyata tepat banget duduk-duduk di lantai 2, karena di tempat keberangkatan kereta kursi duduknya sedikit banget dan banyakan yang berdiri ๐Ÿ˜€

Begitu waktu sudah menunjukkan pukul 08.30 malam, kami pun naik ke atas lagi, menuju tempat keberangkatan kereta Taksaka

pengalaman naik kereta taksaka jakarta jogja turun purwokerto

Sampai di atas, sudah tidak ada tempat duduk tersisi, jadi kami menunggu kereta datang sambil berdiri.

Begitu waktu mendekati pukul 08.45 malam, kereta api pun kemudian datang, lalu penumpang disuruh naik.

Kami naik kereta terakhir saja, karena tidak mau berdesak-desakan.

Kami meimilih tempat duduk di Gerbong 7, tidak terlalu jauh tempat kami menunggu kereta.

Inilah Interior Kereta Api Taksaka Malam

"foto

Kursi kereta taksaka berwana biru muda seperti warna bantal kamar Airy Rooms langsung membuat saya tertarik karena warnanya memang cantik.

Kursi kereta api Taksaka Malam memiliki jarak yang longgar antara kursi depan dan belakangnya, nyaman buat tidur.

Semua kursi juga menghadap ke depan, berbeda dengan kursi kereta api ekonomi macam kereta api Singasari, yang tempat duduknya berhadap-hadapan depan belakang.

Kursi keretanya 2 2, dengan lebar kursi yang pas buat badan saya, lalu di bagian depan ada tempat untuk sandaran kaki, seperti sandaran kaki di bus damri kelas royal.

Ternyata, memang nyaman banget naik kereta api eksekutif ya, beda dengan kereta api ekonomi atau bisnis hehehe.

Fasilitas kereta Taksaka Malam

fasilitas kursi kereta api taksaka yang kami naiki
fasilitas kursi kereta taksaka yang kami naiki

Setiap kursi di kereta Taksaka, dilengkapi dengan bantal dan selimut, meskipun saya tetap merasa kedinginan ๐Ÿ˜€

AC menurut saya terlalu dingin, maklum, di rumah gak pernah pakaiย  AC hehehe.

Ruang interior kereta api taksaka juga dilengkapi dengan tempat untuk menaruh barang di atas, lalu ada dua buah TV LCD kecil di setiap gerbong kereta.

Keresek tempat buang sampah disediakan.

Dan seperti biasa, ada tempat untuk charge hp atau laptop, yang sama juga ada di kereta api ekonomi dan bisnis.

Toiletnya berupa toilet duduk, sedikit lebih bersih dibandingkan kereta api Singasari, tapi gak bersih-bersih amat ๐Ÿ˜€

Overall, nyaman banget memang naik kereta Taksaka Malam

Berangkat tepat waktu dan sampai tujuan juga tepat waktu.

Kalau laper, bisa pesan makanan di sini, setiap beberapa waktu biasanya ada petugas kereta yang menawarkan siapa yang mau pesan makanan atau minuman.

Kalau mau yang anget-anget, ada kopi, teh, dan tentu saja popmie ๐Ÿ˜€

Jadwal Kereta Api Taksaka Pagi Jakarta – Yogyakarta dan Malam

Kereta api milik PT KAI ini melayani rute perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta.

Berikut ini informasi jadwal keberangkatan kereta Taksaka pagi dan Taksaka Malam:

• Jadwal Taksaka Pagi Jakarta – Purwokerto – Yogyakarta: berangkat dari Stasiun Gambir pukul 08.30, sampai di Purwokerto jam 13.37, dan sampai Jogja jam 16.25.
  • Jadwal kereta api Taksaka Malam Jakarta Purwokerto Jogja: berangkat dari Stasiun Gambir jam 20.45, sampai Purwokerto jam 01.43 pagi, dan sampai Jogja jam 04.15 pagi.
  • Taksaka Pagi dari Jogja berangkat pukul 08.00 sampai Jakarta pukul 15.42.
  • Taksaka Malam dari Jogja berangkat pukul 20.00 sampai Jakarta Pukul 03.45.

Jadwal kereta taksaka pagi Jakarta-Yogyakarta dan Taksaka Malam di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

Berdasarkan pengalaman naik kereta Taksaka, kereta api ini berangkat dan sampai tepat waktu.

Harga tiket kereta api Taksaka

Saat lebaran, harga tiket kereta api melambung tinggi, sehingga tarif tiket kereta Taksaka Jakarta – Purwokerto pun saya dapatkan dengan harga 415.000 per orang.

Harga tiket kereta Taksaka normal:

• Taksaka Jakarta Jogja: 260.000 – 320.000 ribu rupiah.
  • Taksaka Jakarta Purwokerto: 220.000 – 265.000 ribu rupiah.

Baca juga: beli tiket kereta di indomaret.

Cek dan Cari Tiket

Silakan buka saja aplikasi berikut ini untk cek dan cari tiketnya:

• KAI Access
  • Shopee
  • Traveloka
  • Tiket.com
  • JD.ID
  • Blibli

Baca juga: kirim motor via kereta api.

Restoran

KAI Access dapat memerpudah kita saat mau memesan makanan di restoran.

Namun, di kereta api manapun, selalu ada petugas KAI yang keliling menawarkan makanan dan minuman di dalam kereta.

Jadinya gak perlu repot-repot juga memesan.

Harga makanan di dalam kereta api biasanya berkisar 25-50ribu rupiah.

Untuk minuman kopi dan teh sekitar 15 ribu rupiah.

Menu makanan biasanya ayam.

Baca juga: beli tiket kereta api tanpa ktp.

Stasiun Pemberhentian

Kereta api ini tidak banyak berhenti.

Seingat saya, kereta ini berhenti di stasiun Cirebon, karena di sinilah kereta berhenti paling lama.

Kalau berangkat pagi, di sini bisa shalat jamak dan qoshor, karena waktu 15 menit cukup untuk sholat dengan arah yang tepat saat kereta tidak melajut.

Sedangkan stasiun sebelum Cirebon dan Setelahnya, saya kurang hafal.

Kesimpulan

Dengan harga tiket yang sedang, kereta api Jakarta Jogja ini sangat nyaman untuk dicoba.

Demikian cerita Pengalaman Naik Kereta Api Taksaka dengan Kursi Ekesekutif Nyaman Nan Berkesan saat mudik lebaran kemarin. Baca juga: Harga Tiket Kereta Api Jakarta Jogja.