Cerita Pengalaman Liburan ke Jogja Bersama Keluarga Kedua Kalinya

jumanto.com – Sudah setengah tahunan, akhirnya saya punya waktu dan mood juga untuk menuliskan pengalaman liburan ke Jogja bersama mantan pacar (istri maksudnya hehehe) untuk kedua kalinya. Biaya liburan ke Jogja bisa dihemat, dengan perencanaan yang pas, mencari penginapan murah, mengunjungi rute wisata jogja yang searah, sewa motor murah, dan tentu saja mencari tempat makan enak dan murah di Jogja, gak harus cafe resto hits kekinian yang harganya pasti lebih mahal.

Liburan ke Jogja sebenarnya paling enak naik kereta, selain biaya lebih hemat dibandingkan naik pesawat, naik kereta juga lebih nyaman dibandingkan dengan naik bus.

Namun, karena terlalu ribet, saat kami mau liburan ke Jogja dari Purbalingga jika naik kereta, maka kami memutuskan untuk pesan travel saja.

Sebenarnya pengin banget waktu itu naik kereta ke Jogja, sayangnya harga tiket lagi mahal-mahalnya, maklum lebaran, dan tiketnya juga sudah habis ludes terjual.

Untungnya Purbalingga Jogja gak terlalu jauh, sekitar 5-6 perjalanan darat saja saat normal, gak macet, dan banyak kendaraan umum dari Purbalingga ke Jogja yang bisa di pesan.

Jika mau lebih mudah lagi, sebenarnya bisa saja kita memesan paket wisata Purbalingga Jogja. Banyak agen tour and travel yang menyediakan layanan perjalanan wisata ke Jogja ini.

Ada paket wisata Jogja 1 hari dari Purbalingga yang banyak diambil tetangga saya di Pelumutan, Kemangkon, Purbalingga.

Namun, dengan pertimbangan kurang bebas kalau menggunakan paket wisata dari agen, dan biayanya pasti lebih mahal, mesti ngasih makan juga sopir plus rokok dan sebagainya, jadinya enakan backpacker aja deh buat wisata ke Jogja hehehe.

Kami berangkat ramai-ramai. Ada saya plus mama dan Alya, lalu Mama dan Bapak saya, dua adik saya plus suaminya masing-masing plus anaknya.

Total ada 11 orang, 3 anak kecil dan 8 orang dewasa.

cerita pengalaman liburan ke jogja bersama keluarga
foto cerita pengalaman liburan ke jogja bersama keluarga (Pantai Indrayanti atau Mulang Syawal)

Jalan Jalan ke Jogja ala Backpacker, Pesan Travel dari Purbalingga ke Jogja

Pengalaman backpacker ke Jogja jauh lebih seru dibandingkan dengan wisata ke Jogja menggunakan jasa tour n travel.

Saat liburan ke Jogja menggunakan paket wisata, kita kurang bebas mau ke mana saja, mau berhenti di mana, mau makan di mana, karena terikat dengan orang lain.

Beda dengan saat backpacker, bebas mau menentukan destinasi wisata di Jogja mana saja yang mau dikunjungi.

Selepas lebaran 2018 lalu, kami memutuskan untuk liburan ke Jogja, refreshing, sambil mengajak orang tua jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di Jogja dan sekitarnya, terutama Candi Borobudur, karena Bapak pengin banget main ke sini 😀

Dari Purbalingga, transport yang kami pilih adalah travel, yang alhamdulillah mau menjemput kami di rumah, di Desa Pelumutan, dengan biaya tambahan sebesar 50 ribu rupiah.

Tarif travel Purbalingga – Jogja sudah naik dari pertama kali tahu Travel Jogja dulu. Dulu, masih 60 ribu rupiah, sekarang sudah di atas 80 ribu rupiah, dan di saat lebaran di atas 100 ribu rupiah per orang.

Saya memesan travel di lampu merah Bancar, tidak jauh dari sekolah saya dulu, SMA Negeri 2 Purbalingga.

Baca selengkapnya: Pengalaman Pesan Travel Purbalingga Jogja.

Travel langsung mengantarkan kami ke tempat kami menginap, Airy Eco Umbulharjo Pramuka 30 Jogja.

Baca: Pengalaman Menginap di Airy Rooms Umbulharjo Jogja.

Pesan Penginapan Murah di Jogja Lewat Airy Rooms

Saat jalan-jalan liburan ke Jogja, kami memutuskan untuk memesan hotel lewat Airy Rooms, karena pengalaman saat liburan di Bandung sebelumnya cukup puas saat memesan hotel lewat Airy.

Tarif yang murah, kamar yang terbilang distandarkan oleh Airy, menjadi salah satu alasan, selain banyaknya promo menarik di sana.

Selepas lebaran, tarif hotel di Jogja naik dua kali lipat bahkan lebih, dibandingkan dengan tarif biasanya.

Untuk mengatasinya, saya pun hunting kode promo airy yang sedang berlangsung, dan dapatlah beberapa kode promo dari 25% hingga 15%.

Makin ke sini, promo kamar hotel di Airy Rooms memang makin jarang, beda saat November 2017, di mana kami dengan mudahnya menemukan promo untuk menginap di Bandung.

Secara ringkasnya, selama liburan di Jogja, kami menginap di 3 hotel:

  • Airy Rooms Umbulharjo Pramuka 33 Jogja.
  • Airy dekat Benteng, tidak jauh dari Alun-alun Kidul Jogja.
  • Airy Mergangsan Taman Siswa 91 Yogyakarta atau Prime Cailendra Hotel.

Dari ketiga penginapan murah di Jogja di atas, yang paling bagus adalah Airy Rooms Taman Siswa Jogja atau Prime Cailendra Hotel.

Selain tarif yang murah, kamar hotelnya juga lebih bagus.

foto tempat wisata kekinian di jogja tebing breksi
foto tempat wisata kekinian di jogja tebing breksi

Cerita Pengalaman Liburan ke Jogja, Mengunjungi Berbagai Tempat Wisata dari Malioboro, Pantai, Bukit, Candi, hingga Tebing Breksi

Saat mengunjungi Jogja, jalan jalan ke tempat wisata Jogja terbaru adalah hal yang wajib kalian lakukan.

Banyak tempat wisata kekinian di Jogja yang bisa kita kunjungi. Salah satu destinasi paling menarik di Jogja adalah daerah Gunung Kidul dengan puluhan pantai cantiknya yang bagus-bagus banget.

Gak nyesel deh dateng ke tempat wisata di Gunung Kidul Jogja.

gambar tempat wisata pantai di jogja, pantai baron gunungkidul
gambar tempat wisata pantai di jogja, pantai baron gunungkidul

Untuk yang di dalam kota Jogja sendiri, kalian bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja dekat Malioboro seperti Taman Pintar, Titik Nol Kilometer, Pasar Bringharjo, Keraton, dan sebagainya.

Dan yang paling terkenal dari Jogja, dari dulu hingga sekarang, adalah Pantai Parangtritis, rasanya kurang afdhal kalau belum ke sana hehehe.

Oleh karena itu, dalam perencanaan liburan ke Jogja, saya memasukkan Pantai Parangtritis (termasuk Pantai Parangkusumo) sebagai salah satu yang harus saya kunjungi.

obyek wisata terkenal di jogja pantai parangkusumo
obyek wisata terkenal di jogja pantai parangkusumo

Saat merencanakan destinasi wisata searah di Jogja, saya melihat peta wisata jogja dari Google Maps dan selama jalan-jalan menggunakan motor yang saya sewa, saya juga cuma mengandalkan petunjuk jalan dari Google Maps.

Berikut ini aneka tempat wisata di Jogja yang kami kunjungi selama libur lebaran:

Hari pertama: sampai hotel sudah siang, istirahat, lalu selepas ashar kami mengunjungi Malioboro Jogja hingga malam hari.

Baca: Maliboro Jogja Malam Hari Paling Gak Enak Dikunjungi.

Hari kedua liburan di Jogja, kami mengunjungi tempat wisata pantai dan tempat wisata alam di Yogyakarta:

Hari ketiga liburan di Jogja, kami mengunjungi Candi Borobudur, yang berada di Magelang, sudah keluar dari kota Jogja, naik motor juga. Jika naik gocar/taksi, tarif taxi dari malioboro ke borobudur sekitar 400-600 ribu (PP) dengan jarak sekitar 40 km.

destinasi bersejarah taman wisata candi borobudur
destinasi bersejarah taman wisata candi borobudur

Hari keempat liburan di Jogja, kami jalan-jalan ke Gunung Kidul, mengunjungi Pantai Baron, Pantai Indrayanti, dan Pantai Krakal. Sayang, karena dateng kesorean, jadinya kurang puas. Tips buat kalian yang mau liburan ke Gunungkidul Jogja, menginap saja di sana, atau datang ke sana pagi-pagi.

Hari kelima liburan di Jogja, hari terakhir, kami jalan-jalan ke Tebing Breksi, satu arah dengan Candi Prambanan, lalu belok kanan sebelum sampai Prambanan.

Tempat Kuliner di Jogja Tempat Kami Makan

Karena fokus kami ingin mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada, dan itu saja sudah cukup menguras uang juga, hehehe, makanya soal kuliner kami tidak banyak mencari tempat makan ala cafe dan resto.

Kami lebih banyak makan ala angkringan, menikmat nasi kucing, mie ayam, dan makanan biasa seperti nasi goreng atau mie goreng.

Pertama kali datang, kami makan ayam geprek di depan Hotel Tirta Sanita atau Airy Umbulharjo 30 Pramuka.

Malam harinya, makan malam di Kulineran Mbok Sum, tidak jauh dari hotel kami menginap.

Baca: Kuliner Mbok Sum Jogja.

Esok harinya, saya pesan nasi lodeh ala kaki lima. Sebelum ke Parangtritis, kami bawa nasi kucing, beli di jalan, dan makan di Parangtritis.

Siang menjelang sore hari, kami makan di Puncak Becici, menikmati bakso, mia ayam, nasi goreng, mie goreng, nasi, dan sebagainya, dengan harga yang cukup murah.

destinasi wisata alam di jogja puncak becici

Malam harinya sudah kekenyangen jadi gak makan lagi :D.

Saat ke Borobudur, kami sarapan nasi kucing yang murah banget, lalu bawa nasi kucing ke Borobudur, makan siang di sana, dan sorenya juga kami mampir ke warung nasi kucing di pertengahan perjalanan pulang.

Saat ke Pantai di Gunung Kidul kami juga beli nasi kucing, yang kami bawa ke pantai, makan di sana, dan pesan juga makanan dan minuman di Pantai Baron, mandi di sana.

Alhasil kami lebih banyak makan nasi kucing selama di Jogja, sudah kaya kucing aja ya hehehe.

Ada nasi kucing enak di Jogja, warung angkringan di pinggir jalan raya yang rasanya enak, dan mie ayam di sampingnya juga enak. Recommended banget buat dikunjungi, makanya kami langganan di situ selama liburan di Jogja.

Sewa Motor Murah di Jogja

Selama jalan-jalan di Jogja, kami menyewa motor dari Anisa Rental, yang lokasi dekat Stasiun Lempuyangan Jogja, atau persis di depan Stasiun Lempuyangan.

Kami mengambil sendiri motornya, dan mengantar sendiri juga, karena yang biasa antar jemput katanya sedang pulang kampung.

Review selengkapnya, insya Allah  akan saya tulis di lain kesempatan.

Biaya Liburan ke Jogja Pas Libur Lebaran

Biaya yang kami habiskan saat liburan ke Jogja ternyata lumayan juga :D. Untungnya pas sebelum pulang, gajian dari Adsense cair, sehingga aman buat pulang ke rumah.

Kapan-kapan saya rinci deh biaya yang kami habiskan selama liburan ke Jogja. Kayaknya, 10 juta habis selam 5 hari jalan-jalan ke Jogja bersama keluarga 😀

Nanti saya cek dulu berapa biaya untuk transport dan hotel, serta tiket masuk tempat wisata di Jogja.

Tempat yang Wajib Dikunjungi di Jogja

Dari sekian banyak tempat wisata di Jogja, saya paling merekomendasikan Gunung Kidul sebagai yang paling wajib buat dikunjungi.

Tiket masuk pantainya murah, puluhan pantai cantik ada di sana, dan daerahnya pun masih enak buat dijadikan tempat liburan.

Nyesel banget deh kalau ke Jogja gak mampir ke Gunung Kidul hehehe.

Tips Liburan ke Jogja bagi Pemula

  • Rencanakan liburan sedetil mungkin, cari destinasi wisata searah untuk menghemat anggaran.
  • Cari penginapan murah di Jogja. Bisa lihat di Airy Rooms, Zen Rooms, Nida Rooms, Red Doorz, atau Oyo Rooms. Selengkanya, baca: Situs Booking Hotel Murah dan Banyak Promo.
  • Gunakan Google Maps atau Waze sebagai penunjuk jalan.
  • Siapkan uang cukup dan cadangan.
  • Jika uang cekak, berhemat di kuliner. Nasi kucing bisa jadi pilihan pas untuk berhemat.
  • Jangan malu bertanya saat nyasar.
  • Jika ingin liburan ke Jogja bersama pacar, lebih baik dihalalkan dulu, abis itu honeymoon deh, lebih seru tuh jadinya 😀
  • Jangan ke Jogja pas high season, seperti libur lebaran atau tahun baru, dijamin penginapan dan sewa motor lagi mahal-mahalnya hehehe. 
  • Jika ingin hemat, bisa berkunjung ke wisata dalam kota saja, seperti mengunjungi tempat wisata dekat stasiun lempuyangan, malioboro, dan sekitarnya.
  • Jika ada paket wisata Jogja murah buat backpacker boleh juga tuh dicoba, misal ada open trip atau sejenisnya.
  • Banyak baca blog panduan wisata Jogja biar makin mantep destinasi apa saya yang mau dikunjungi dan tempat wisata kulinernya juga.
  • Untuk yang berasal dari Bandung atau Surabaya, mungkin naik kereta bisa jadi pilihan tepat.
  • Susun jadwal perjalanan dan anggaran biaya dengan tepat.

Nah, kiranya itu saja cerita liburan ke Jogja bersama keluarga yang kedua kalinya. Cerita liburan pertama, dapat kalian baca di: Trip Murah Lampung Jogja ala Saya.

Mudah-mudahan pengalaman liburan ke Jogja dari saya ini dapat sedikit memberikan gambaran buat kalian yang mau jalan-jalan ke Jogja. Baca juga: Taman Pintar Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *