Beranda » Agama » Bahasa Arab » Nahwu » Pembagian Kalimah Dalam Bahasa Arab Beserta Gambar Penjelasannya

Pembagian Kalimah Dalam Bahasa Arab Beserta Gambar Penjelasannya

pembagian kalimat dalam ilmu nahwu bahasa arab

jumanto.com – Pembagian Kalimat Dalam Bahasa Arab Ilmu Nahwu Beserta Gambar Penjelasannya. Mengutip perkataan Dr. H. Abdul Haris, M.Ag, bahwa kunci belajar bahasa Arab agar berhasil adalah harus sistematis. Terkadang para pembelajar seperti kita saat mau mempelajari nahwu dan shorof merasa kedua pelajaran ini begitu sulit dan susah dipahami, dikarenakan kita tidak belajar secara sistematis.

Pengertian sistematis sendiri menurut beliau:

  • Sebelum mempelajari I’rob, kita mesti belajar tuntas mengenai definisi, ciri-ciri, dan pembagian kalimah (kata).
  • materi prasyarat harus kita pelajari terlebih dahulu sebelum kita belajar materi inti.

Nah, dari definisi singkat sistematis di atas, maka mau gak mau kita harus belajar secara tuntas terlebih dahulu mengenal definisi apa itu kalimat, apa saja macam-macam kalimat dalam Bahasa Arab, apa ciri-ciri kalimat isim, fi’il, huruf, dan apa saja contoh dari masing-masing.

Sebelum mempelajari I’rob, pembagian i’rob, dan segala macamnya, kita harus tahu dulu pembagian isim dalam bahasa arab, contoh isim dalam Al Quran atau dalam kehidupan sehari-hari kita, pembagian fi’il dalam bahasa Arab, dan pembagian huruf dalam Bahasa Arab.

Menggali berbagai contoh kalimat dalam bahasa arab nantinya juga akan mempermudah kita saat belajar mengenal pembagian kalimah dalam Bahasa Arab, sebelum belajar pembagian jumlah dalam Bahasa Arab.

Pembagian Kalimat Dalam Ilmu Nahwu Bahasa Arab

Diagram untuk memudahkan pembagian kalimah dalam ilmu nahwu

Untuk Mempermudah Menghafal dan Memahami Jenis-jenis Kata Dalam Bahasa Arab, saya buatkan diagram pembagian kalimah ini.

Sebagaimana telah saya tuliskan pada artikel sebelumnya, bahwa kalimah sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia sama dengan kata.

Jadi jangan bingung dengan istilah kalimah, karena dalam mempelajari bahasa Arab kita akan selalu menggunakan istilah kalimah, yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai kata.

Kalimah (dalam bahasa arab) = kata (dalam bahasa indonesia)

Jumlah (dalam bahasa arab) = kalimat (dalam bahasa Indonesia)

Pembagian kalimah seperti telah saya singgung sebelumnya, dibedakan menjadi 3 yaitu kalimah isim, kalimah fi’il, dan kalimah huruf.

Jenis-jenis kalimah dalam Bahasa Arab nantinya akan dibreakdown lagi, menjadi lebih banyak.

Oleh karena itu, untuk mempermudah pembelajaran bahasa Arab secara sistematis, dimana kita harus belajar tuntas dulu mengenal Kalimah, saya telah membuatkan diagram untuk memudahkan kalian yang mau menghafalkan macam-macam kalimah dalam bahasa Arab dan pembagian detilnya.

Gambar macam-macam kalimat dalam bahasa arab:

Gambar Pembagian Kalimat Dalam Bahasa Arab
Gambar Pembagian Kalimat Dalam Bahasa Arab

Gimana, cukup banyak bukan pembagian kalimat dalam Bahasa Arab?

Nah, jika kita mau serius belajar bahasa Arab secara sistematis, jenis-jenis kalimah di atas harus kita hafalkan sebelum kita memahaminya.

Setelah hafal dan paham, insya Allah belajar Nahwu dan Shorof bakalan lebih mudah, mudah paham, dan lebih cepat dalam menguasainya.

Baca juga: contoh isim mutsanna.

Jenis-jenis Isim Dalam Bahasa Arab dan Penjelasan Singkat

tanda tanda kalimah isim
tanda tanda kalimah isim

Setidaknya, kalimah isim dalam Ilmu Nahwu dapat dibedakan menjadi 7 kelompok:

  1. Jenis kalimah isim berdasarkan bilangan: mufrod (tunggal), tatsniyah (dua), jamak (3 atau lebih).
  2. Jenis kalimah isim berdasarkan jenis kelamin: mudzakkar (laki-laki) dan muannats (perempuan).
  3. Jenis kalimah isim berdasarkan kejelasan: ma’rifat (khusus) dan nakiroh (umum).
  4. Jenis kalimah isim berdasarkan perubahan terhadap harokat akhirnya: mabni (tidak dapat berubah) dan mu’rob (berubah saat ada ‘amil).
  5. Jenis kalimah isim berdasarkan penerimaan terhadap tanwin: munshorif (menerima tanwin) dan ghoiru munshorif (tidak menerima tanwin).
  6. Jenis kalimah isim ( khusus isim mu’rob yang perubahan hurufnya secara taqdiri saat ada ‘amil) berdasarkan alif atau ya lazimah yang ada padanya: isim manqush (huruf akhir berupa ya lazimah dan harokat huruf sebelum akhir berupa kasroh) dan isim maqshur (huruf akhir berupa alif lazimah dan harokat hufur sebelum akhir berupa fathah)
  7. Jenis kalimah isim terakhir: Isim shifat, yaitu isim yang dipersiapkan untuk menjadi na’at (wajib dipelajari sebelum belajar na’at dan man’ut).

Baca juga: definisi kalam, kalim, kalimat, qaul dan lafadz.

Macam-macam Kalimat Fi’il dalam Bahasa Arab

Pengertian Kalimat Fi'il, Ciri-ciri, Pembagian Dan Contohnya Lengkap
Kalimat Fi’il

Dari diagram gambar pembagian kalimah dalam bahasa Arab di atas, macam-macam kalimah fi’il setidaknya bisa dibagi ke dalam 6 kelompok:

  1. Pembagian kalimah fi’il berdasarkan waktunya: madhi (lampau), mudhori‘ (sekarang dan akan datang), amr (perintah).
  2. Jenis kalimah fi’il berdasarkan ada tidaknya huruf tambahan: mujarrod (tidak menerima huruf tambahan) dan mazid fiih (menerima huruf tambahan).
  3. Macam kalmah fi’il berdasarkan jenis huruf yang membentuknya: shohih (tidak ada huruf ‘illat) dan mu’tal (ada huruf ‘illat).
  4. Jenis kalimah fi’il berdasarkan aktif atau pasifnya: ma’lum (aktif) dan majhul (pasif). Contohnya memukul dan dipukul.
  5. Jenis kalimah fi’il berdasarkan butuh atau tidaknya terhadap objek: Lazim (tidak membutuhkan objek) dan muta’addi (membutuhkan objek).
  6. Jenis kalimah fi’il berdasarkan perubahan hurufnya: mabni (harokat huruf terakhir tidak berubah) dan mu’rob (huruf akhir dapat berubah sesuai ‘amil yang masuk).

Baca juga: jenis tanwin dalam bahasa arab.

Jenis-jenis kalimah Huruf dalam ilmu Nahwu

Kalimah huruf dalam bahasa Arab dibedakan menjadi dua, yaitu huruf mabani dan huruf ma’ani. Huruf mabani sendiri yaitu huruf hijaiyah yang kita kenal selama ini, sedangkan huruf ma’ani nanti terbagi menjadi banyak sekali.

Adapun jensi kalimah huruf yang paling penting untuk kita kenal seperti ada di gambar di atas seperti:

  • huruf jer
  • huruf qosam
  • huruf nahi
  • huruf jawab
  • huruf tasir
  • huruf syarat
  • huruf tanbih
  • huruf mashdariyah
  • huruf taukid
  • huruf istiqbal
  • huruf istifham
  • huruf ‘athaf
  • huruf nida

Untuk mengartikan berbagai contoh kalimah dalam bahasa Arab, baik isim fi’il maupun huruf, kita bisa menggunakan bantuan kamus bahasa arab atau bertanya pada guru tentunya.

Kesimpulan

Pembagian kalimat dalam bahasa arab ada 3: isim, fi’il dan huruf.

Masing-masing mempunyai pembagian lagi sebagaimana diagram di atas.

Setelah menghafalkan berbagai jenis kalimah dalam bahasa Arab di atas, harapannya, kita bisa lebih paham tentang pengertian isim dan pembagiannya, pengertian fi’il dan pembagiannya, pengertian huruf dan pembagianya.

Kembali ke: Materi Nahwu Shorof Dasar.

Nah, itu saja tulisan singkat mengenai Gambar Diagram Pembagian Kalimah Dalam Bahasa Arab Ilmu Nahwu, silakan dishare jika artikel ini bermanfaat. Baca juga: Pengertian Kalimah dalam Bahasa Arab.

Jika Ada Pertanyaan, Silakan Komen Di Bawah Ya