Beranda » Wisata » Cantiknya Wisata Pantai Terbaya Kota Agung Tanggamus Lampung

Cantiknya Wisata Pantai Terbaya Kota Agung Tanggamus Lampung

foto pantai terbaya tanggamus lampung dengan pohon kelapanya

Jumanto.comPantai Terbaya Tanggamus Lampung. Pantai Terbaya merupakan salah satu wisata bahari yang ada di Kota Agung, Kabupaten Tanggamus. Jika anda berkunjung ke Lampung, salah satu Kabupaten di Lampung yang memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap adalah Kabupaten Tanggamus ini.

Saya bersama mama dan Alya berkunjung ke Pantai Terbaya ini pada hari Sabtu, 4 Juni 2016, menghabiskan sabtu sore di Pantai yang elok ini.

Sebelum berangkat ke Pantai, sebelumnya kami mampir ngadem dulu di Taman Kota Tanggamus dan numpang sholat di Masjid Islamic Center Tanggamus.

Selepas dari Islamic Center, kami mampir ke warung di jalur dua, membeli minuman untuk melepas dahaga.

Setelah itu, kami langsung menuju Pantai Terbaya, dan sampai di lokasi sekitar pukul 15.50.

Alamat dan Lokasi Pantai Terbaya Lampung

Pantai Terbaya terletak di Kota Agung, Kabupaten  Tanggamus, Lampung.

Pantai yang sangat terkenal di Tanggamus Lampung ini terletak persis di pinggir jalan raya sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Berada persis sebelum sampai ke ibu kota Kabupaten Tanggamus, di sebelah kiri jalan, ada gapura penanda untuk masuk ke pantai ini.

Rute Ke Pantai Terbaya

Rute menuju ke Pantai Terbaya sangat mudah dijangkau.

Dari kota Bandar Lampung, wisatawan bisa naik bus jurusan Rajabasa Kota Agung dan bilang saja turun di Pantai Terbaya.

Kenek dan sopir bus pasti tahu.

Turun dari bus, tinggal jalan kaki beberapa meter dan langsung sampai ke lokasi Pantai Terbaya Tanggamus Lampung.

Harga Tiket Masuk Pantai Terbaya Tanggamus Lampung

Sesampainya di Pantai Terbaya, seorang pengelola pantai langsung mengarahkan kami untuk memarkir motor.

Lalu petugas memberikan selembar tiket masuk kepada kami.

Kami harus membayar sebesar Rp20.000,- termasuk untuk parkir motor.

Rincian HTM pantai terbaya:

• biaya masuk per orang: 7.500
  • biaya parkir motor: 5 ribu
  • tarif parkir mobil: 10 ribu

Kami pun turun mengikuti jalan setapak yang sudah disemen.

Dari atas sudah terdengar kerasnya suara ombak yang bergemuruh.

Biasa main di pantai Teluk Lampung yang tidak berombak, tiba-tiba mendengar deburan suara ombak rasanya masih agak kaget juga.

Daya Tarik Pantai Terbaya Kota Agung Lampung

Menikmati Sunset dan Ombak

Ombak di Pantai Terbaya ini cukup tinggi juga.

Meskipun tentu saja tidak setinggi ombak di pantai selatan pulau jawa atau pantai di daerah Krui Pesisir Barat.

gambar ombak di pantai terbaya tanggamus lampung

Begitu sampai di bawah, awalnya agak takut-takut juga mandi di pantai ini, mengingat ombaknya saya lihat lebih besar dibandingkan dengan terakhir kali saat saya ke sini.

Tapi setelah agak lama berada di sini, ketakutan mulai hilang.

Pantai dengan bebatuan kecil di pinggiran

Pengunjung pantai di sore itu cukup sepi, terlihat cuma beberapa orang saja di pantai, dan beberapa sedang asyik bermain-main ombak di pinggiran pantai.

foto pengunjung pantai terbaya kota agung

Mungkin bukan waktunya liburan sehingga pengunjung kurang ramai.

Dan waktu sudah sore juga, sehingga sudah banyak pengunjung yang pulang.

Padahal, sebelum Ashar saya lihat ada beberapa mobil dan juga motor yang parkir di Pantai Terbaya ini.

Kunjungi juga: Bukit Idaman Gisting.

Aktivitas di Pantai Terbaya Kota Agung

Sebelum mandi di laut, kami lihat masih ada penjual makanan ringan di pinggiran pantai.

Mama pun membelikan kami cemilan untuk mengganjal perut kami yang mulai keroncongan.

Setelah makan kacang sukro, saya sempatkan jalan-jalan sebentar mengambil beberapa foto, dan setelah itu saya dan Alya pun langsung bergegas menuju hamparan batu-batuan kecil menantikan datangnya ombak.

foto mandi ombak di pantai terbaya

Kali ini Alya tidak takut lagi sama ombak.

Pertama kali diajak main ke laut dulu, di Tanggamus juga, Alya takut sama ombak, nangis teriak-teriak tidak mau berhenti.

Tapi Alya kini malah suka sekali sama pantai dan mandi bermain ombak.

Mengingat ombak yang cukup tinggi, saya tidak berani mambawa Alya ke tengah-tengah, karena Alya masih terlalu kecil dan belum bisa renang.

Jadilah saya dan Alya duduk-duduk di pinggiran pantai, di atas batu-batu kecil, menanti datangnya ombak menerjang kami.

gambar pantai terbaya lampung

Dan ombaknya benar-benar kuat saat menghantam kami, sampai saya pun jatuh tertidur tidak kuat menahan hantaman ombak.

foto dihantam ombak di pantai terbaya tanggamus lampung

Alya pun teriak-teriak kegirangan saat ombak datang dan menghempaskan kami.

Beberapa kali juga saya dan Alya kelelep saking tingginya ombak dan meminum asinnya air laut.

Tapi memang dasar Alya ini suka mandi di laut, tidak ada rasa kapok dan takut.

Kami pun masih tetap bertahan menantikan datangnya ombak menyeret kami.

Kunjungi juga: Air Terjun Gunung Batu.

Tempat Bilas

Setelah cukup lama kami asyik bermain, saya pun ingin segera mandi agak ke tengah dan menikmati sensasi ombaknya.

Alya pergi menuju Mama lalu kembali asyik memakan jajanan yang dibeli tadi. Dan mumpung Alya lagi sama mama, saya segera ke tengah, menantikan datangnya ombak.

Jika di pinggiran pantai isinya kerikil dan batu-batuan, jalan sedikit ke tengah ternyata kaki saya langsung menginjak pasir yang halus.

Enak sekali, mandi di sini, tanpa khawatir kaki terkena batu karang, karena memang dasarnya berupa pasir yang benar-benar halus.

Rasanya senang sekali menikmati ombak, setelah sekian lama hanya menikmati pantai tanpa ombak. Inilah ombak besar yang siap menghantam saya.

selamat datang ombak di terbaya lampung

Saya pun puas sekali berenang-renang di pantai ini, menikmati pasir halus yang sangat nyaman di kaki.

Melihat saya mandi, Alya kembali iri.

Alya kembali menghampiri saya, dan kami duduk-duduk kembali menantikan ombak menghampiri kami.

Sekitar pukul 16.45, kami putuskan sudahan, karena sepupu Alya sudah menunggu di rumah Mbah. Takut menunggu kelamaan, kami pun menuju kamar mandi di pinggiran pantai.

Airnya dingin benar dan segar, sampai Alya pun betah mandi di pancuran di kamar mandi ini.

Setelah selesai memandikan Alya, kemudian saya mandi dan ganti baju, kami segera berkemas. Terlihat beberapa pengunjung masih asyik mandi di pinggiran pantai.

Kemudian kami pun pulang ke tempat Mbah Alya. Sampai jumpa lagi Pantai Terbaya di lain waktu.

Kunjungi juga: Air Terjun Way Jelay.

Fasilitas dan Wahana Pantai Terbaya Lampung

Fasilitas yang tersedia memang cukup terbatas dibandingkan pantai di daerah Bandar Lampung dan Pesawaran.

Fasilitas yang disediakan di antaranya:

• tempat parkir.
  • warung tempat jualan jajanan dan minuman.
  • tempat kuliner rumah makan di pinggiran pantai.
  • tempat bilas dan ganti baju (seadanya).
  • pondokan sepanjang pinggir pantai.

Kunjungi juga: Pantai Karang Bolong.

Jam Buka Pantai Terbaya Tangggamus Lampung

Tempat wisata ini buka selama 24 jam.

Jika malam hari, bisa jadi anda gratis untuk datang ke sini.

Belum tersedia penginapan di pinggir pantai, namun ada hotel di hotel di Kota Agung.

Demikian informasi Tempat Wisata Pantai Terbaya Tanggamus Lampung. Kunjungi juga: Air Terjun Lamuran.