10 Daftar Minuman Dan Makanan Khas Gorontalo Berikut Penjelasannya

By | June 7, 2019

jumanto.com – Daftar Minuman dan Makanan Khas Gorontalo. Berwisata ke Pulau Sulawesi, salah satu destinasinya adalah Gorontalo, dengan aneka tarian, kerajinan, senjata, kain, oleh-oleh, jajanan, dan minuman serta makanan khas yang ada di sana. Kita bisa menyaksikan wisata sejarah, pantai, budaya, dan tentu saya wisata kuliner khas Gorontalo saat jalan-jalan ke Provinsi di Sulawesi bagian utara ini.

Makanan khas Gorontalo adalah sajian kuliner wajib saat kita liburan ke Gorontalo karena tanpa menikmati makanan khasnya, kurang lengkap traveling kita.

Gorontalo merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Gorontalo yang sering mendapat julukan kota Serambi Madinah.

Kota ini memang lebih dikenal dengan eksotis keindahan alam yang menawan.

Meskipun terkenal, namun masih cara wisatawan yang menyinggahinya. Sehingga keindahan alam di ibu kota Gorontalo ini masih terjaga secara natural.

Keindahan Gorontalo ternyata bukan hanya dari keindahan alamnya saja, kota ini juga menyimpan ragam kuliner khas yang lezat dan tak kalah menggoda dari daerah lainnya.

Gorontalo juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal kuliner yang tidak kalah lezat dan enak dari kuliner khas daerah lainnya di Indonesia.

Makanan khas Gorontalo memang cukup sulit untuk ditemukan di daerah lain selain di kota ini.

Jadi jangan sampai kalian lupa untuk berburu makanan khasnya jika sedang berlibur ke Gorontalo. Selalu ada khas apa saja ya? Yuk, simak

Macam-macam Kuliner Khas Gorontalo Yang Wajib Dicoba

Daftar Minuman Dan Makanan Khas Gorontalo Berikut Penjelasannya
Gambar makanan khas Gorontalo Ayam iloni

 

1. Ayam Iloni, makanan khas Gorontalo dengan rasa pedas menggoda

Bagi kalian yang menyukai makanan pedas, wajib untuk mencoba menu makanan khas Gorontalo yang satu ini.

Ayam iloni sekilas memang mirip dengan ayam bakar pada umumnya, namun memiliki cita rasa yang lebih khas.

Perbedaannya terletak dari bambu yang digunakan di mana bumbu ayam iloni sangat didominasi oleh rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan masih banyak lainnya.

Selain itu untuk memasak ayam iloni ini bukan dengan dibakar melainkan dipanggang. Sehingga Cita Rasa ayam iloni ini sedikit lebih berbeda dengan ayam bakar umumnya.

Pastikan kalian mencicipi kuliner khas Gorontalo ayam iloni ketika kalian berkunjung ke kota ini.

2. Makanan khas Gorontalo Binte Biluhuta, kuliner tradisional dengan bahan dasar jagung

Gorontalo dikenal menjadi salah satu daerah penghasil jagung yang terbesar di Indonesia. Sehingga tak heran jika di kota ini juga ditemukan beberapa makanan khas Gorontalo dengan bahan dasar jagung.

Binte biluhuta ini menjadi olahan jagung yang paling populer di Kota Gorontalo.

Sekilas makanan ini mirip dengan bubur manado, karena sama-sama merupakan makanan berkuah dengan suwiran ikan serta sayur-sayuran.

Hanya saja yang membedakan keduanya yaitu dari bahan dasar yang digunakan. Di mana bubur Manado menggunakan presto singkong sedangkan pada binte biluhuta ini menggunakan jagung.

Orang Gorontalo sendiri sering menyebut makanan ini sebagai milu siram.

Nama tersebut diambil dari jenis jagung putih yang sering digunakan sebagai bahan dasar makanan ini.

3. Ilabulo, makanan khas legendaris dari Gorontalo yang bersantan

Jika kalian mencari menu makanan yang tidak terlalu berat namun mengenyangkan, maka kalian harus mencoba menu makanan khas Gorontalo yang satu ini.

Ilabulo dibuat dari sagu dan ati ayam yang dimasak bersama santan.

Sekilas makanannya mirip seperti pepes, tapi jika sebelumnya kamu sudah pernah mencicipinya pasti tahu perbedaan antara ilabulo dan pepes pada umumnya.

4. Bilenthango, sajian kuliner khas Gorontalo dengan bahan dasar ikan

Kuliner khas Gorontalo yang ini juga tidak kalah menggoda dengan bahan dasarnya ikan mujair.

Cara memasak menu makanan ini cukup unik yaitu setelah digoreng dan setelah dipanggang. Sehingga hasil cita rasanya pun membuat kalian selalu mengingat menu makanan asli Gorontalo ini.

Untuk membuat bilenthango yaitu dengan membeli ikan menjadi 2 bagian kemudian digoreng lalu dipanggang di atas daun pisang yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak.

Apinya harus sangat kecil agar ikan tersebut bisa matang secara merata hingga ke dalam.

Setelah selesai dipanggang barulah ikan dibumbui dengan aneka rempah-rempah. Supaya bumbu bisa masuk hingga ke dalam, bumbunya disiram ke ikan sedikit demi sedikit.

5. Tili Aya, masakan khas Gorontalo untuk upacara adat

Tili Aya merupakan salah satu makanan khas Gorontalo yang hanya ditemukan pada acara-acara tertentu saja, seperti pada acara adat.

Biasanya menu makanan ini disajikan bersama nasi serta makanan pokok lainnya.

Sebenarnya cara membuat Tili Aya ini cukup mudah dengan bahan dasar gula merah. Gula merah tersebut dicampur dengan beberapa butir telur serta santan kemudian semuanya dicampur dalam satu adonan lalu dikukus hingga matang.

6. Sayur Putungo’, sayur khas Gorontalo yang terbuat dari jantung pisang

Makanan khas Gorontalo lainnya yaitu sayur putungo, yang mungkin makanan ini masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia yang bukan asli Gorontalo.

Sayur putungo dibuat dari bahan dasar menggunakan jantung pisang. Sehingga menu kuliner ini masih termasuk sajian tradisional khas Gorontalo.

Daerah lain mungkin suka ada yang mengolah jantung pisang, hanya saja mungkin memiliki cara penggunaan dan racikan rempah-rempah yang berbeda.

Di Pulau Jawa olahan jantung pisang mungkin lebih dikenal dengan nama ontong.

Namun untuk sayur putungo ini lebih diolah dengan beragam cara untuk menyesuaikan mana yang disandingkan dengan putungo.

Biasanya diolah dengan cara ditumis di santan atau hanya sebagai lalapan biasa.

Jika kalian penasaran dengan cita rasa sayur putungo, jangan lupa untuk mampir ke warung warung tradisional yang menjual menu makan satu ini ketika kalian berkunjung ke Gorontalo.

7. Kue Pia Saronde, kue khas Gorontalo yang bisa buat oleh-oleh khas

Kue khas Gorontlo ini diambil dari nama sebuah pulau yang ada di Provinsi Gorontalo dengan cita rasa gurih dan renyah dan cocok buat oleh-oleh kalian selama liburan di Gorontalo.

Kue Pia Saronde bisa didapatkan di pusat oleh-oleh khas Gorontalo, seperti di depan Mall Gorontalo di Jalan Sultan Botutihe Gorontalo.

Kue hasil produksi rumahan ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman buat dikonsumsi dan menjadi salah satu oleh-oleh wajib dari Gorontalo.

8. Es Brenebon, minuman khas Gorontalo Sulawesi Bagian Utara

Es kacang merah khas Gorontalo ini disebut dengan Es Brenebon. Brenebon sendiri merupakan bahasa Gorontalo yang berarti kacang merah.

Sajian es kacang merah atau es brenebon enak sekali dinikmati saat buka puasa atau saat cuaca sedang panas di siang hari.

Dengan campuran susu cokelat, es serut, dan juga sirup atau varin rasa lain jika ingin ditambahkan bahan lain, rasa manis dan segar dari minuman khas Gorontalo ini bakalan bikin kangen siapa saja yang pernah main ke Gorontalo.

9. Saraba, minukan khas kota Gorontalo yang penampakannya seperti kopi

Minuman hangat dengan bahan dasar jahe yang dicampur dengan gula aren ini dari luar tampak seperti kopi, padahal kalau dirasakan, sangat jauh rasanya dibandingkan dengan kopi.

Menikmati segelas saraba di saat cuaca dingin atau di malam hari dengan ditemani cemilan khas Gorontalo menjadi salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan.

Cara menyajikan minuman khas Gorontalo ini ada yang menggunakan telur ayam kampung dan ada juga yang pakai telur puyuh.

Ada juga yang tanpa telur, bagi yang gak suka bau amis macam saya hehehe.

Dengan uang 5 ribu sampai 15 ribu, kita sudah bisa menikmati segarnya minuman khas Saraba di Gorontalo.

10. Kue Popolulu, kue khas Gorontalo dengan bahan dasar ubi merah

Panganan khas Gorontalo yang disebut juga kue bola ubi di daerah lain ini merupakan kue tradisional yang menjadi cemilan khas masyarakat Gorontalo.

Kalau makan banyak-banyak, kenyang juga, karbohidrat soalnya hehehe.

Nah, itulah beberapa sajian kuliner khas Gorontalo. Selain minuman dan makanan khas Gorontalo di atas tentunya masih ada oleh-oleh khas dan juga makanan khas lainnya seperti Kue Kerawang dan Makan ringan lainnya.

Daftar beberapa minuman dan makanan khas Gorontalo di atas harus kalian coba jika berkesempatan berkunjung ke ibu kota provinsi Gorontalo ini. Dijamin cita rasanya tidak akan kalian temukan di daerah lain. Baca juga: makanan khas Ambon Maluku Yang Wajib Dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *