Pengalaman Cara Memesan Tiket Bus Damri Di Traveloka, Bisa Reschedule?

jumanto.com – Pesan Bus Damri Lampung dengan jurusan Jakarta, Bandung, Jogja (Yogyakarta), Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, dan rute lain kini makin mudah karena ada Traveloka. Seperti pernah saya tuliskan sebelumnya, membeli tiket bus Damri kini bisa secara online. Pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi pengalaman cara memesan tiket bus Damri Di Traveloka online serta ketentuan tentang reschedule tiket bus Traveloka.

Di situs atau aplikasi Traveloka, kita bisa pesan tiket bus Damri Bisnis dan Royal. Harga tiket bus Damri kelas bisnis tentu saja lebih murah dibandingkan dengan Bus Damri Royal.

Untuk Bus Damri Lampung Yogyakarta sendiri, tidak ada kelas Royalnya. Setahu saya cuma ada kelas eksekutif atau bisnis, silakan cek tiket Damri Online selengkapnya via Traveloka agar lebih jelasnya.

Sementara untuk Bus Damri Palembang Lampung, sampai saya menuliskan artikel ini, saya masih belum dapat info terbarunya.

Nah, gaes, seperti judul yang saya tulis, pesan tiket bus traveloka ini bukan tanpa kendala lho. Di awal keberadaannya, tiket bus Damri Lampung Jakarta dan Jakarta Lampung belum tersedia di Traveloka.

Yang ada, baru tiket bus Damri Bekasi Lampung, yang dari awal sudah bisa dipesan via Traveloka.

Beberapa hari yang lalu, saya kemudian mengupdate aplikasi Traveloka saya dan saya pun mencoba memesan tiket bus Damri di Traveloka, dan hasilnya ternyata sudah bisa booking tiket Damri Lampung Jakarta via Traveloka.

Saya pun kemudian memutuskan untuk pesan tiket bus Damri secepatnya sebelum kursi habis mengingat waktu berangkat tinggal satu hari lagi.

Ke depannya, saya yakin bus-bus lain akan bekerja sama juga dengan Traveloka. Pesan tiket bus putra remaja, trans jawa, harapan jaya, sinar jaya, lorena, dan perusahaan bus lain saya yakin akan bisa dipesan secara online juga lewat Traveloka.

Untuk kalian yang mau pesan tiket bus damri bandung lampung, pesan tiket bus damri gambir lampung, atau pesan tiket bus dari yogyakarta ke bekasi, silakan coba di aplikasi Traveloka, mudah banget kok cara memesannya.

Baca: Informasi Lengkap tentang Damri Lampung.

Pengalaman Pesan Tiket Bus Damri Via Traveloka

Karena ada penugasan mendadak ke Jakarta, sedangkan mau naik pesawat masih agak takut dengan kejadian terakhir saat naik pesawat, maka saya pun memutuskan untuk naik Damri dari Lampung ke Jakarta.

Naik Damri dari Bandar Lampung ke Jakarta bisa lewat Pool Damri Rajabasa, atau lewat Stasiun Tanjung Karang dan Pool Damri Pahoman.

Pengalaman Cara Memesan Tiket Bus Damri Di Traveloka, Bisa Reschedule kah
Bukti ETiket Bus Damri Traveloka dari Bandar Lampung ke Gambir Jakarta

Nah, saat saya memesan tiket bus Damri via Traveloka, tertulis di situ pilihan poolnya cuma Pool Damri Rajabasa (Kantor Damri Rajabasa) yang beralamat di Jalan Kapten Abdul Haq Nomor 32 Rajabasa Lampung.

Kelas bus Damri yang saya pesan adalah kelas Royal karena tinggal itu saja yang tersisa.

Pool tujuan di Jakarta adalah Pool Damri di Stasiun Gambir dengan alamat di Jalan Merdeka Timur Nomor 1 RT 2 RW 1 Gambir Jakarta.

Lokasi Pool Damri Gambir berada di dalam kompleks Stasiun Gambir di bagian yang mengarah ke Monas.

Harga tiket bus Damri di Traveloka lebih murah dibandingkan beli langsung di pool atau agen.

Normalnya, kalau saya beli tiket bus Damri di agen atau di pool, harga tiket Damri Bandar Lampung – Gambir Jakarta sekitar 235 ribu untuk kelas royal. Kadang harganya 250 ribu.

Nah, saat saya pesan tiket bus damri online di Traveloka kemarin, harganya cuma 225.600 rupiah saja, lalu dipotong angka unik 778 rupiah sehingga yang harus saya bayar adalah 224.822.

Karena saya memilih bayar Traveloka di Alfamart, maka saya kena biaya admin tambahan, sehingga total yang harus saya bayar di Alfamart sebesar 224.822 + 2.500.

Lumayan juga kan selisih harga antara beli tiket bus di Traveloka dengan beli di agen hehehe, meskipun cuma berapa ribu rupiah.

Yang jelas sih, memesan tiket bus lewat Traveloka lebih gampang dan bisa memilih kursi dengan lebih cepat, tanpa harus datang ke agen.

Persyaratan Membeli Tiket Bus Lewat Traveloka

Sebelum pesan tiket bus damri online di Traveloka atau pesan tiket bus dari traveloka lainnya, ada beberapa hal yang harus disiapkan dan dipenuhi.

Berikut ini tips dari saya saat membeli tiket bus lewat Traveloka agar mudah, cepat, murah tentunya:

  1. Download dan install, atau update aplikasi Traveloka terbaru di android kalian.
  2. Silakan registrasi dulu agar pembelian tiket bus di Traveloka lebih cepat.
  3. Untuk pembelian lebih cepat dan banyak kode promonya agar harga lebih murah, bayar menggunakan saldo Uangku bisa menjadi pilihan. Silakan isi ulang atau top up saldo uangku/Traveloka Pay kalau mau cepat dan murah.
  4. Sebelum membeli tiket bus di Traveloka, siapkan dokumen identitas seperti KTP atau SIM, karena nanti akan diminta untuk input nomor identitas saat booking tiket bus di Traveloka.
  5. Masukkan nomor hp yang aktif agar mendapatkan etiket bus Traveloka via sms dan mendapat pemberitahuan dari pihak penyedia jasa bus jika ada keterlambatan atau pembatalan perjalanan.
  6. Rajin melihat informasi promo tiket bus di Traveloka kalau mau dapat harga paling murah.
  7. Jangan lupa, etiket bus Traveloka nantinya ditukarkan dengan tiket kertas di loket bus.
  8. Jangan datang terlambat, sesuai dengan jadwal yang tertera, paling lambat setengah jam sebelum berangkat sudah sampai di lokasi.

Ketentuan Reschedule Tiket Bus Di Traveloka

Booking tiket damri online memang memudahkan banget, namun tetap masih ada kekurangannya. Belum semua tiket damri bisa dibeli secara online.

Misalkan saja saat mau pesan tiket bus damri bandara baik dari Jakarta maupun Pontianak, mungkin belum bisa secara online (untuk pastinya, cek langsung di aplikasi Traveloka, karena siapa tahu sudah bisa).

Kekurangan lain saat beli tiket bus di traveloka adalah persoalan Reschedule tiket bus Traveloka.

Saat saya mencoba beli tiket Damri di Traveloka, di situ langsung tertulis ketentuan reschedule tiket bus Traveloka:

Tiket bus tidak bisa direschedule dan tidak dapat dibatalkan

So, saat kita beli tiket damri traveloka, kita harus baca sedetil-detilnya mengenai persyaratan dan ketentuan sehingga kita tidak komplain di belakang nantinya.

Tiket bus yang sudah dibeli di Traveloka tidak dapat dijadwalkan ulang, atau ganti jadwal, dan juga tidak dapat dibatalkan.

Ketentuan ini sama seperti saat memesan tiket kereta api di Traveloka, kecuali kebijakannya sudah dirubah.

Mudah-mudahan sih, saat kalian membaca tulisan ini, ketentuan reschedule tiket bus di Traveloka sudah diupdate dan sudah bisa jadwal ulang di sana.

Cara Memesan Tiket Bus Damri Di Traveloka Secara Online

Di Traveloka sendiri, tidak hanya pesan bus Damri Lampung Jakarta atau Jakarta Lampung. Kita sebenarnya bisa juga pesan tiket Travel Lampung Jakarta atau Jakarta Lampung kalau mau naik travel.

Kalau saya sih enakan naik bus Damri, tempat duduknya lebih luas tentunya. Kalau naik travel, biasanya desak-desakan, kurang nyaman, dan pengemudinya juga ugal-ugalan dari pengalaman saya.

Cara memesan tiket bus di traveloka sebenarnya sudah pernah saya tuliskan. Namun, gak ada salahnya saya tulis kembali di sini.

Mudah-mudahan, saat buka aplikasi Traveloka, panduan ini bisa sedikit membantu kalian yang mau pesan tiket damri secara online.

Ini dia langkah-langkah memesan tiket bus Damri lewat Traveloka:

  1. Buka aplikasi Traveloka, Login menggunakan username dan password yang benar bila belum login.
  2. Pilih Menu “Tiket Bus&Travel”.
  3. Masukkan
    Asal Keberangkatan Dari Serta Tujuan mau Ke Mana.
  4. Isikan juga data penting lain dari: tanggal pergi, jumlah
    kursi.
  5. Akan
    muncul pilihan armada bus di Traveloka. Di situ ada info Jadwal, waktu keberangkatan, harga dan sebagainya.
  6. Jika mau naik bus Damri, pilih Bus Damri. Jika tidak ada bus Damri, berarti belum didukung oleh Traveloka.
  7. Pilih saja jadwal keberangkatan bus Damri mana yang mau kalian pilih. Contoh saat beli saya pilih Damri rute Rajabasa – Gambir.
  8. Klik Pilih.
  9. Isi data pemesan dari nama pemesan, nomor hp, alamat email, isi nama penumpang, tanda pengenal dan nomor tanda pengenal. Simpan.
  10. Lanjutkan.
  11. Pilih Nomor Kursi yang paling nyaman. Jika sudah Klik Selesai.
  12. Klik Lanjutkan. Saat muncul pop up, klik “Ya, lanjutkan”.
  13. Cek pesanan apakah sudah benar semua. Jika sudah ok, klik “Lanjut ke Pembayaran”.
  14. Pilih metode pembayaran Traveloka baik transfer, kartu kredit, hingga Alfamart (atau mungkin bisa juga ada pilihan Indomaret). Saya pilih Alfamart waktu itu.
  15. Klik Bayar Dengan Transfer/Kartu Kredit/Alfamart, tergantung metode yang dipilih.
  16. Muncul kode pembayaran. Silakan bayar pesanan tiket bus Damri di Traveloka sesuai metode pembayaran yang dipilih.
  17. Setelah pembayaran, dikonfirmasi, tiket damri pun terbit.
  18. Etiket Damri Traveloka akan dikirimkan ke alamat email, sms, serta ada juga di aplikasi Traveloka yang bisa didownload.
  19. Tukarkan etiket Damri Traveloka dengan tiket kertas di tempat keberangkatan.
  20. Selamat menikmati perjalanan dengan bus Damri.

Nah, kiranya itu saja Pengalaman Cara Memesan Tiket Bus Damri Di Traveloka serta informasi Reschedule Tiket Bus Traveloka, mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Informasi Bus Damri Bogor Lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *