Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Puncak Becici Jogja 2019 Di Dlingo Bantul

jumanto.com – Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Puncak Becici Jogja Di Dlingo Bantul. Tempat wisata di Jogja memang gak pernah habis, selalu muncul tempat wisata kekinian baru yang menarik banyak orang untuk datang liburan ke sana. Jogja adalah kota istimewa, dengan segudang tempat rekreasi, lengkap dari tempat liburan keluarga, hingga tempat romantis untuk liburan bersama pasangan.

Salah satu kabupaten dengan kekayaan wisata alam di dalamnya adalah Bantul yang selama ini mungkin lebih dikenal dengan Pantai Parangtritisnya.

Ngomongin soal tempat wisata di Bantul Jogja, gak cuma sekedar Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Gumuk Pasir, atau Goa Cerme dan Makam Raja-raja Imogiri.

Saat ini, kita sudah bisa menikmati banyak tempat wisata alam di kawasan Bantul Timur Jogja, dengan pemandangan utama daerah perbukitan yang dilengkapi dengan hutan pinus asri yang sejuk dan pemandangan yang cantik.

Setidaknya, di kawasan ini sudah ada kebun buah mangunan, hutan pinus mangunan, dan yang tentu saja Becici Peak atau Puncak Becici yang saya kunjungi saat liburan ke Jogja bersama keluarga selepas lebaran Juni 2018 lalu.

Puncak Becici adalah obyek wisata keempat yang kami kunjungi di hari itu, setelah Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Parangtritis Jogja.

Jika kalian sedang berkunjung ke Puncak Becici, kalian bisa sekalian mengunjungi Pinus Pengger Jogja, Gardu Pandang Mangunan, Air Terjun Banyunibo, Bukit Lintang Sewu, Bukit Panguk Kediwung, Hutan Pinus Asri, Air Terjun Lepo Dlingo, Air Terjun Randusari, Goa Gajah, Bukit Moko, Watu Mabur, Watu Lawang, Seribu Batu Songgo Langit, dan beberapa destinasi wisata di Jogja lainnya.

Baca: Pengalaman Liburan Ke Jogja Kedua Kalinya.

Alamat dan Lokasi Puncak Becici Dlingo Bantul Jogja

lokasi puncak becici jogja dlingo bantul

Alamat Puncak Becici Jogja berada di Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Dlingo, Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak dari Puncak Becici Jogja ke Malioboro sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, baik menggunakan motor maupun menggunakan mobil.

Lokasi Puncak Becici Jogja satu arah atau satu jalur dengan Kebun Buah Mangunan Jogja.

Puncak Becici berada di kawasan perbukitan, sehingga saat berkunjung ke sana, kalian mesti membawa kendaraan yang prima.

Pengalaman saya saat liburan ke Puncak Becici Jogja, jalannya menanjak dan menurun cukup curam, berkelok-kelok, oleh karena itu periksa dengan baik kondisi rem terutama, jangan sampai blong, dan jangan sampai kendaraan macet di jalan.

Kalau bawa motor sih masih enak, nah kalau bawa mobil terus macet, repot tuh, bisa bikin kemacetan panjang di jalan menuju Puncak Becici Dlingo Jogja.

Rute Jalan Menuju Puncak Becici Jogja

Saya bersama keluarga, menggunakan 4 motor, mengunjungi Puncak Becici Jogja dari Pantai Parangtritis, sekalian pulang sekalian mampir ke tempat wisata alam di Jogja ini.

Hanya bermodalkan peta dari Google Maps, saya set lokasi asal Parangtritis dan lokasi tujuan Puncak Becici, lalu kami ikuti saja arah yang diberikan oleh Google Maps.

Di pertengahan perjalanan kami ragu, benar gak ini rute menuju puncak becici, karena kami melewati perkampungan warga dan juga melewati tanjakan panjang yang sepi banget, gak ada tanda-tanda pengunjung mau ke Puncak Becici.

Di akhir tanjakan, kami ketemu dengan jalan yang ramai, lalu kami ambil arah belok kiri, sekitar 2 kilometer mungkin dari belokan ini, sampailah kami di pintu gerbang Puncak Becici Jogja.

Ternyata kami lewat jalan alternatif, bukan jalan utama menuju Puncak Becici.

Tips saja buat kalian yang mau ke Puncak Becici, terutama yang belum pernah ke sini, daerah ini sudah terbaca dengan baik oleh Google Maps, jadi silakan setting saja google maps kalian dan rute menuju Puncak Becici Jogja pun dengan mudah ditemukan.

Transportasi Menuju Puncak Becici Bantul Jogja

Tidak ada angkutan umum menuju Puncak Becici, sehingga kalau kalian mau ke sini harus membawa kendaraan pribadi.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, gak perlu khawatir, kalian bisa sewa motor di Jogja dengan tarif mulai dari 70 ribu rupiah per hari.

Atau bisa juga sewa mobil jika liburan bersama keluarga, dan jika pengin nyaman bisa sewa paket tour wisata Jogja.

Kalau saya pribadi, lebih nyaman sewa motor di Jogja, selain aman dari kemacetan, lebih bebas juga saat akan mengeksplore berbagai tempat wisata yang ada di Jogja.

Liburan pakai motor lebih asyik, kecuali pas musim hujan hehehe.

Lebih fleksibel aja kalau jalan-jalan pakai motor, lewat jalan sempit pun masih bisa 😀

Harga Tiket Masuk Puncak Becici Jogja Terbaru

harga tiket masuk puncak becici jogja di dlingo bantul
harga tiket masuk puncak becici jogja di dlingo bantul

Begitu sampai ke pintu gerbang Puncak Becici, kami ditanya berapa orang, lalu dikasih tiket masuk dan tiket parkir setelah membayar biaya masuk Puncak Becici Dlingo Jogja.

Kami ke sana di saat high season, liburan panjang selepas lebaran, dan harga tiket masuknya sedang naik.

Saat kami piknik ke Puncak Becici Jogja, Tiket Masuk Puncak Becici per orangnya 5 ribu rupiah.

Kemudian, kami juga harus membayar tiket parkir motor, masing-masing per motornya dua ribu rupiah.

Alya sama Fiqih (umur 5 dan 7 tahun) tidak dikenakan tiket masuk, sehingga lumayan menghemat pengeluaran kami hehehe.

Kalau saya baca keterangan resmi yang ada Puncak Becici, bahwa harga masuk sebenarnya sudah diatur dengan Peraturan Gubernur.

Harga tiket masuknya antara 2.000-2.500 rupiah per orang.

Mungkin karena lagi libur panjang kali ya, terus dinaikkan.

Sementara tarif parkir Puncak Becici sebagai berikut:

  • parkir Motor 2000
  • parkir Mobil 5000
  • parkir Bus 20.000

Bus Besar Bisa Masuk ke Puncak Becici?

Untuk rombongan pariwisata menggunakan bus besar, tidak perlu khawatir, karena bus bisa masuk ke kompleks parkir Puncak Becici.

Yang perlu diperhatikan adalah kondisi bus harus benar-benar prima karena tanjakan dan turunan yang tajam sehingga kendaraan yang tidak prima bisa saja tidak kuat menanjak atau rem blong saat turun.

So, jika kalian mau rombongan pakai bus besar ke Puncak Becici, silakan, yang penting hati-hati ya, benar-benar pastikan kendaraan dalam keadaan fit.

Aktivitas Yang Bisa Kita Lakukan di Puncak Becici Jogja: Dari Foto Ambil Gambar Cantik Hingga Wahana Tempat Bermain Anak

Setelah membayar tiket masuk, kami pun langsung menuju tempat parkir motor. Di samping tempat parkir, terdapat toilet umum, lalu ada gapura bertuliskan “Selamat Datang di Puncak Becici“.

gambar puncak becici jogja
gambar puncak becici jogja

Saya ambil foto di sini, meskipun hasilnya gak bagus blasss hehehe.

Setelah itu kami pun masuk ke dalam.

Karena perut sudah keroncongan, kami pun melihat-lihat menu makanan yang ada di warung-warung makan di Puncak Becici Jogja.

1. Menikmati Kuliner di Puncak Becici Jogja

aktivitas di puncak becici jogja
menikmati sajian kuliner di puncak becici

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di Puncak Becici Jogja adalah menikmati sajian kuliner yang ada di sana.

Kulinernya sebenarnya umum saja sih, ada nasi goreng, mie goreng, mie ayam, bakso, soto, nasi, dan sebagainya.

Saya memesan nasi goreng di sini, sementara yang lain ada yang pesan indomie, mie ayam, bakso, nasi ayam, dan menu lainnya.

Harga makanan di sini terbilang murah, jadinya gak khawatir deh mau makan apa saja. Harga makanan sudah tertera di depan warung dan di daftar menu.

2. Mengajak anak bermain hammock di Puncak Becici

wahana bermain anak di puncak becici dlingo bantul jogja
gambar hammock di bawah hutan pinus puncak becici jogja

Banyak hammock yang disewakan di Puncak Becici, dengan tarif sewa cukup 10 ribu rupiah saja per orang, sampai puas.

Alya sama Fiqih betah banget main hammock di sini.

Hammock-hammock diikat di bawah pohon pinus yang rindang, jadi sejuk banget.

3. Nongkrong di Puncak Becici sambil menikmati pemandangan alam.

nongkrong di puncak becici jogja
Foto Puncak Becici Jogja

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di puncak Becici adalah duduk-duduk santai di kursi-kursi yang disediakan oleh pengelola.

Asyik juga duduk-duduk di ayunan menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian.

4. Foto-foto selfie dan di gardu pandang

tempat foto di pucak becici jogja
tempat foto di pucak becici jogja

Yang gak boleh dilewatkan juga adalah foto-foto di lokasi spot foto yang disediakan. Ada rumah “susuh” burung, rumah pohon, dan spot foto lainnya.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah menyaksikan matahari terbit, sehingga datang setelah subuh pasti asyik.

Dari Parkiran Jauh Gak ke Puncak Becici?

Gak kok, deket banget. Parkiran kendaraan sudah masuk ke kompleks Puncak Becici. Cuma jalan beberapa langkah saja, sudah masuk ke lokasi wisata.

Tidak perlu jalan jauh untuk mengeksplore kawasan wisata ini karena lokasinya ternyata memang tidak terlalu besar.

Sepengamatan saya, masih lebih luas lahan wisata di Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang Bandung.

Wahana dan Fasilitas Puncak Becici Jogja

fasilitas puncak becici dlingo jogja
fasilitas puncak becici dlingo jogja

Fasilitas yang disediakan di antaranya ada:

  • tempat parkir luas.
  • toilet.
  • mushola.
  • warung-warung makan.

Wahana yang ada di Puncak Becici di antaranya:

  • Spot-spot foto kekinian.
  • hammock untuk bermain anak.
  • areal outbound.

Belum ada rumah hobbit di Puncak Becici Jogja.

Hotel dan Penginapan di Puncak Becici

Saya tidak melihat ada cottage, villa, atau penginapan di Puncak Becici Jogja. Mungkin ke depannya bisa saja dibangun penginapan di kawasan wisata Jogja ini.

Di sekitaran Puncak Becici juga terbilang tidak terlalu ramai penduduk, dan saya lihat belum ada penginapan.

Namun, jika bertanya kepada warga sekitar, mungkin kalian akan ditunjukkan lokasi homestay terdekat dari sana, dengan harga sewa yang murah.

Tips Wisata ke Puncak Becici Jogja

  • Berkunjung pada waktu yang tepat, kalau siang hari gak terlalu bagus dari pengalaman saya.
  • Bawa kamera terbaik.
  • Jika berkunjung di musim hujan, jangan lupa bawa payung.
  • Bawa kendaraan yang prima karena jalan menuju lokasi berupa tanjakan dan turunan curam.
  • Lebih enak bawa kendaraan pribadi atau sewa kendaraan di Jogja.
  • Gunakan peta Google Maps untuk menemukan lokasi.

Kiranya itu saja cerita pengalaman liburan di Jogja dari saya, saat mengunjungi lokasi Puncak Becici Jogja yang harga tiket masuknya terbilang murah. Baca juga: Asyiknya ke Candi Prambanan Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *