Beranda » Bisnis » Lama Pengiriman Paket Pos Biasa Berapa Hari? Ini Penjelasannya

Lama Pengiriman Paket Pos Biasa Berapa Hari? Ini Penjelasannya

Jumanto.Com – Tarif paket pos biasa lebih murah dibandingkan dengan tarif pos kilat khusus dan express. Jadi gak heran kalau lama pengiriman paket pos biasa tentunya lebih panjang dibandingkan dengan lama pengiriman paket pos kilat khusus dan express.

Seperti telah kita ketahui bersama, setidaknya ada 3 jenis layanan pengiriman paket dari Kantor Pos Indonesia yaitu Paket Pos Biasa (PaketPos), Paket Pos Kilat Khusus, dan Paket Pos Express.

Untuk lama pengiriman pos express, menurut penuturan dari pihak Pos Indonesia sendiri, katanya cuma satu hari saja barang sudah sampai di alamat penerima. Mereka mengusung moto Pos Express Next Day Service.

Realisasinya apakah benar satu hari atau lebih, bisa kalian baca di pengalaman para pengguna Pos Express.

Kemudian, lama pengiriman melalui pos kilat khusus dari Pos Indonesia lebih lama dibandingkan dengan Pos Express. Butuh waktu 2 s.d. 9 hari agar barang sampai ke alamat penerima.

Ada perbedaan antara pos kilat khusus dan express, terutama terkait tarif dan waktu barang sampai ke tujuan.

Baca juga: Perbedaan Kilat Khusus dan Pos Express.

Lalu, Berapa Lama Pengiriman Paket Pos Biasa untuk Sampai ke Rumah Tujuan/Alamat si Penerima?

Lama pengiriman paket pos standar atau biasa tentu lebih lama dibandingkan dengan paket kilat khusus dan ekspress.

Sayangnya, belum saya temukan data resmi lama pengiriman paket pos biasa yang dijelaskan oleh PT Pos Indonesia. Saat saya cek di aplikasi Pos pun, tidak muncul Paket Pos Biasa ini.

Yang jelas, waktu pengiriman Paket Pos Biasa atau Standar pasti lebih lama dibandingkan dengan Pos Kilat Khusus.

Jika pos kilat khusus saja bisa sampai 9 hari, maka paket pos biasa pun bakalan lebih dari 9 hari apalagi daerah terpencil yang susah dijangkau.

Kelebihan dari Pos Indonesia, menurut klaim dari PT Pos Indonesia, adalah mereka mampu menjangkau ke seluruh pelosok tanah air.

berapa lama pengiriman paket pos biasa
berapa lama pengiriman paket pos biasa

Lama pengiriman paket pos standar memang dipengaruhi oleh berbagai faktor, sehingga lama pengiriman tidak akan sama antara daerah satu dengan daerah lain.

Faktor utama yang membedakan waktu pengirimannya adalah soal jarak tempuh dan kemudahan akses.

Makin jauh lokasi pengiriman, makin lama waktu pengiriman paket melalui pos biasa, makin susah akses, makin lama juga barang sampai ke tujuan.

Baca juga: Cara Komplain Paket Pos Belum Sampai

Namun, Pos Indonesia kini sudah punya layanan Pos Trecking sehingga kalian bisa melacak barang kiriman sudah sampai di mana, Dengan menggunakan resi, kalian bisa cek paket bos biasa posisinya ada di mana.

Jika tertulis lama pengiriman barang adalah 10 hari, yang dimaksud adalah 10 hari kerja bukan 10 hari kalender. Hari kerja kantor pos silakan lihat: Jam kerja kantor pos terbaru.

Ketentuan Berat Minimal Paket Pos Biasa

Kalian bisa menggunakan layanan paket bos biasa untuk barang kiriman dengan berat minimal di atas 2 kg dan berat maksimal 50 kg.

Selain menggunakan ukuran berat, Paket juga dihitung menggunakan ukuran dimensi. Untuk paket berupa kotak/gulungan ukuran maksimal sebagai berikut:

Panjang + 2 (Lebar + Tinggi) = 400 cm, dimensi terpanjang maksimal 150 cm.

Tarif Ongkir Paket Pos Biasa

Tarif paket pos biasa ditentukan antara lain dari jarak pengiriman, ukuran paket, dan nilai barang yang dikirimkan.

Baca: Tarif Paket Pos Per Kg.

Untuk barang-barang yang memiliki nilai atau barang-barang berbahaya, ada tarif khusus, biasanya lebih mahal terkait risiko yang ditanggung oleh PT Pos Indonesia.

Untuk informasi Lama Pengiriman Paket Pos Biasa beserta Tarif Paket pastinya, silakan tanyakan ke petugas pos saat kalian mengirim barang di kantor pos. Baca Juga: Cara menulis alamat yang benar di surat/paket.

6 thoughts on “Lama Pengiriman Paket Pos Biasa Berapa Hari? Ini Penjelasannya”

    1. mohon maaf kak, saya belum bisa jawab, saya belum konfirmasi ke pos soalnya, mungkin kawan-kawan pembaca ada yang sudah tahu bisa sharing di sini, terima kasih.

    2. Paket pos biasa hanya dilayani di kantor pos besar kak, sekarang agen sudah tidak bisa melakukan pelayanan pos biasa lagi.. saya baru kemaren kirim lewat pos biasa di kantor besar, setelah sblmnya tanya di agen dan katanya begitu.

Jika Ada Pertanyaan, Silakan Komen Di Bawah Ya