Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com Untuk Ngeblog

jumanto.com – Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com Untuk Ngeblog – Coba bandingkan, familiar dan kerenan mana antara jumanto.com, jumanto.blogspot.com, jumanto.wordpress.com, jumanto.us, jumanto.top, atau jumanto.web.id?

Pasti jawaban Anda jumanto.com bukan?

Dan saya yakin, Anda akan merasa lebih aneh kalau melihat nama blog saya jumanto.biz.id, jumanto.asia, jumanto.hiphop, jumanto.sexy, jumanto.diet, jumanto.tatoo, jumanto.name, jumanto.black, atau jumanto.blue.

Sebenarnya, masih banyak sekali Top Level Domain (TLD) yang bisa kita pilih saat akan membeli domain, baik yang sudah familiar di telinga kita seperti .com, .net, sampai dengan yang asing buat kita seperti telah saya sebutkan di atas (.sexy, .blue, dan seterusnya).

Saya sendiri selama ini selalu membeli domain dotCom dibandingkan dengan domain lainnya. #DotComForBlogging lah pokoknya.

Jika domain dotCom ternyata tidak tersedia, selanjutnya saya akan memilih dotNet sebagai pilihan kedua saya.

Mengapa?

Keunggulan Menggunakan TLD, Top Level Domain .net/.com

Top Level Domain dotCom atau dotNet memang mempunyai kelebihan atau keunggulan dibandingkan dengan domain lainnya.

Berdasarkan pengalaman ngeblog saya selama ini serta informasi dari beberapa sumber, dua Top Level Domain di atas memiliki beberapa keunggulan, di antaranya sebagai berikut:

#1. Top Level Domain Paling Populer

keunggulan jumlah pengguna domain .com dan .net
Sumber data: www.verisign.com

Berdasarkan data di atas yang saya ambil dari infografis milik Domain Name Industry Brief (DNIB) di situs www.verisign.com, Per 30 Juni 2016, 10 Top Level Domain paling banyak digunakan di dunia adalah: .com, .tk, .cn, .de, .net, .org, .uk, .xyz, .ru, dan .nl.

Jumlah pengguna domain .com telah mencapai 127,5 juta nama dan pengguna domain .net telah mencapai 15,8 juta nama per 30 Juni 2016.

Jumlah pengguna domain .net hanya kalah dari 3 Country Code Top Level Domain (ccTLD) yaitu .tk (domain gratisan), .cn, dan .de.

Selanjutnya, dari sumber data yang sama, selama kuartal II tahun 2016, jumlah penambahan domain .com dan .net ada di kisaran angka 8,6 juta nama. Luar biasa bukan?.

Domain dotCom dan dotNet juga merupakan domain yang paling familiar bagi orang Indonesia. Lidah kita sudah terbiasa mengucapkan domain .com atau .net dibandingkan domain lainnya.

Karena sudah sangat familiar, maka saya pun memilih menggunakan domain dotCom atau dotNet untuk blog saya.

Tujuannya supaya nama blog saya mudah diingat oleh pengunjung sehingga jika mereka ingin mengunjungi blog saya lagi, mereka dapat mengunjunginya dengan mudah.

#2. Domain DotCom dan DotNet Sudah Diluncurkan Lebih dari 30 Tahun

Jika kita melihat sejarah dimunculkannya domain .com dan .net, kedua domain ini telah memiliki umur yang cukup lama, lebih dari 30 tahun.

Domain dotCom dan dotNet sendiri sama-sama diluncurkan pertama kali pada Januari 1985 silam. Jadi, di tahun 2016 ini, kedua domain sudah berulang tahun yang ke 31. Sudah cukup dewasa bukan?

Selain dotCom dan dotNet, ada 4 domain lainnya yang diluncurkan di Januari 1985 yaitu .edu, .gov, .mil, dan .org.

Umur domain yang sudah lama dengan pengguna yang sudah begitu banyak menandakan betapa dapat diandalkannya kedua domain tersebut (dotCom dan dotNet).

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika domain dotCom dan dotNet sering dianjurkan untuk dipilih saat kita mau ngeblog dibandingkan menggunakan domain lainnya.

#3. Harga Domain dotCom dan dotNet Cukup Murah

Bagi para blogger pemula mungkin ada yang bertanya, berapa sih harga sewa domain .com dan .net?

Tenang saja, tidak perlu khawatir, karena harga sewa domain .com dan .net cukup murah dibandingkan dengan TLD lain.

Serius?

Dua rius 🙂

Kalau Anda tidak percaya, langsung saja Anda cek di situs DotComForMe dan langsung saja klik “Beli Domain” dan masukkan nama domain yang akan Anda beli.

Contohnya, saya baru saja mengecek harga domain ngeblogasyik.com di DotComForMe dan harganya memang benar-benar murah. Berikut ini harga sewa domain .com per tahun:

harga domain .com
Harga sewa domain .com di DotComForMe

Saya juga mengecek nama domain yang lain, jika tadi menggunakan ngeblogasyik.com, kali ini saya coba ngeblogasyik.net dan berikut ini harga sewa per tahunnya:

harga sewa domain .net
Harga sewa domain .net di DotComForMe

Harga sewa domain .com dan .net sekitar 100 ribuan saja per tahunnya. Murah bukan?

Domain lain ada yang harganya 200 ribuan, ada juga yang 500 ribuan per tahun.

Manfaat Lain Menggunakan Domain .com atau .net

Ngeblog dengan menggunakan Top Level Domain (TLD) macam .com dan .net mempunyai banyak kelebihan dibandingkan kita ngeblog tapi masih numpang di domain lain seperti namablog.blogspot.com, namablog.wordpress.com, namablog.blogdetik.com, dan lain-lain.

Tinggal modal 100 ribuan saja per tahun, kita sudah bisa menggunakan nama domain kita yang lebih familiar. So, tidak ingin ngeblog dengan namaanda.com atau namaanda.net?

Buruan ambil domain nama Anda (seperti jumanto.com) sebelum domain nama Anda diambil oleh orang lain.

Kenapa sih harus menggunakan Top Level Domain dibandingkan dengan menumpang pada domain lain? Setidaknya berikut ini beberapa manfaatnya:

#1. Dengan domain .com atau .net, nama blog lebih mudah diingat dan ditulis

Alasan pertama menggunakan domain TLD terutama .com dan .net adalah agar nama blog kita lebih mudah diingat dan ditulis oleh pengunjung, karena namanya tentu lebih pendek dibanding menumpang pada domain lain.

Jika pengunjung dapat mengingat dengan mudah, sekali berkunjung saja sudah dapat mengingat namanya, maka suatu saat saya yakin dia akan berkunjung lagi ke blog kita saat ingin mencari informasi lain yang terkait dengan artikel yang pernah dia baca.

#2. Bagi Bisnis, domain .com dan .net lebih dipercaya pelanggan

Coba bayangkan, seandainya kita mempunyai toko online tapi menggunakan subdomain blogspot.com atau wordpress.com, tentunya kurang dipercaya oleh calon pembeli kita bukan?.

Berbeda jika kita menggunakan domain tokoonline.com atau tokoonline.net tentunya tingkat kepercayaan pembeli lebih mudah untuk kita dapatkan.

Lebih dapat dipercaya lagi, kalau kita tidak hanya menyewa domain .com atau .net saja, tetapi sekaligus sewa hosting berbayar, calon pembeli tentunya lebih dapat mempercayai kredibilitas toko online kita.

Menggunakan Top Level Domain untuk bisnis akan menunjukkan bahwa bisnis yang kita jalankan benar-benar lebih profesional dan akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

#3. Untuk blog pribadi, meningkatkan kepercayaan pihak yang mau bekerja sama

Bagi blog pribadi, blog yang sudah menggunakan TLD juga lebih dipercaya oleh pihak yang ingin bekerja sama, misalkan pihak yang mau memberikan content placement, job review, atau kerja sama yang lainnya.

Banyak agensi content placement atau job review yang hanya menerima blog dengan domain TLD saja, tidak menerima subdomain blogspot, wordpress, dan lainnya.

Perlakuan Google Adsense terhadap blog dengan domain TLD dibandingkan dengan blog yang masih menggunakan blogspot juga berbeda.

Jika kita mendaftar Google Adsense menggunakan domain TLD, akun adsense yang kita dapatkan merupakan akun nonhosted, sedangkan jika kita mendaftar menggunakan blogspot maka akun yang kita dapatkan adalah akun hosted.

Apa bedanya akun adsense nonhosted dan hosted?

Akun adsense nonhosted bisa dipasang di semua blog, baik itu blogspot maupun domain TLD macam .com, .net, .xyz, dan lain-lain.

Sedangkan akun adsense hosted hanya bisa dipasang di blogspot. Kita tidak bisa memasang iklan adsense di blog berdomain TLD.

Selain itu, berdasarkan pengalaman saya, saat membuat blog dengan domain TLD, blog saya juga lebih cepat terindeks di mesin pencarian google, sehingga traffik blog dari mesin pencari lebih mudah didapatkan.

Diterima Google Adsense Menggunakan Domain .com

Awal-awal saya mulai menekuni dunia blogging, awal tahun 2015, saya menggunakan subdomain blogspot.com.

Saya pun mulai mencoba-coba mendaftar Google Adsense menggunakan blogspot saya itu, dan hasilnya bikin saya putus asa.

Berkali-kali mendaftar Google Adsense dan berkali-kali pula ditolak.

Di pertengahan tahun 2015, blog saya sudah mulai menghasilkan uang, tapi bukan berasal dari Google Adsense, melainkan dari adsnetwork lain.

Karena blog sudah mulai menghasilkan uang, saya pun akhirnya memutuskan untuk sewa domain sendiri, dan pertengahan tahun 2015 adalah awal mula saya punya blog dengan domain .com.

Setelah mempunyai domain .com, saya mencoba mendaftar Google Adsense lagi, dan ternyata hasilnya masih sama, ditolak terus oleh Google.

Merasa putus asa, akhirnya lebih dari 6 bulan saya tidak pernah mendaftar Google Adsense lagi, dan lebih memilih untuk Joint Venture Google Adsense.

Setelah setengah tahun lebih JV Google Adsense, saya pikir-pikir sayang sekali kalau JV Google Adsense terus dan tidak mempunyai akun sendiri.

Di bulan Maret 2016, saya pun akhirnya memutuskan untuk membuat blog baru, dan langsung sewa domain .com.

Alhamdulillah, setelah membuat blog baru langsung dengan domain TLD, ternyata blog saya lebih mudah terindeks di Google dan lebih cepat mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencarian Google.

3 bulan kemudian, saya kembali mendaftar Google Adsense menggunakan blog .com baru tersebut.

Pendaftaran pertama, ditolak.

Lalu saya perbaiki lagi blog saya, kemudian sekitar 3 minggu kemudian saya daftarkan lagi blog saya ke Google Adsense.

Alhamdulillah Akun Adsense Nonhosted pun saya dapatkan.

Momen diterima menjadi Publisher Google Adsense adalah pengalaman ngeblog menggunakan domain .com paling membahagiakan bagi saya, setelah berjuang 1 tahun lebih untuk mendapatkan akun Google Adsense Nonhosted.

Baca: 3 Blogger Lampung Dengan Penghasilan Menggiurkan.

Asyiknya Ngeblog dengan Domain .com/.net

Ngeblog sudah menjadi salah satu profesi yang digemari banyak orang Indonesia, terutama para anak muda yang punya passion dalam dunia kepenulisan.

Ngeblog sudah menjadi salah satu gaya hidup masa kini.

Bagi Anda yang belum terjun dalam dunia blogging, segeralah bergabung karena dunia blogging ternyata begitu asyik.

Saya sendiri sudah kecanduan ngeblog, mengapa?

#1. Ngeblog: Bebas Berekspresi

Dengan memiliki blog, saya bebas untuk berekspresi mengenai apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, apa yang ingin saya lakukan, dan apa yang ingin saya bagikan.

Blog adalah diary pribadi saya, sekaligus tempat saya bisa berbagi kepada para pembaca blog saya. Saya juga jadi punya branded tersendiri dengan membuat blog menggunakan nama saya, jumanto.com.

Di dalam blog kita, kita bebas untuk menulis apa saja, dan tidak ada satu orang pun yang bisa melarang kita untuk menulis di blog kita.

Kita bebas berpendapat, bebas mengomentari keadaan-keadaan faktual, bebas mengungkapkan apa yang ingin kita ungkapkan.

Ngeblog adalah aktivitas bagi orang yang suka kebebasan seperti saya.

#2. Ngeblog: Bisa Menghasilkan Uang

Iya, jangan sepelekan dunia blogging. Sudah banyak lho orang yang kaya dari ngeblog. Ada banyak sekali cara menghasilkan uang dari blog yang bisa kita coba untuk memonetize blog kita.

Yah, berkah dari ngeblog ini, alhamdulillah saya sudah punya penghasilan tambahan selain penghasilan utama saya dari gaji sebagai seorang PNS.

Dari ngeblog ini, saya bisa membeli smartphone untuk saya dan istri saya, bisa mempunyai kelebihan rizki tiap bulannya yang bisa saya tabung untuk keperluan keluarga, bisa menyiapkan bekal untuk mudik ke Purbalingga, memenangkan lomba blog, dan hal lainnya.

Saya sudah bisa merasakan manisnya ngeblog, sehingga saya tidak ingin berhenti ngeblog. Memang sih, penghasilan saya dari blog belum seberapa dibandingkan dengan para master blogger. Namun, saya yakin, dengan belajar dan terus belajar, insya Alloh blog saya akan semakin lancar menambah penghasilan saya.

#3. Ngeblog: Nambah Ilmu dan Kenalan

Dengan ngeblog, otak kita terus bekerja dan dituntut untuk mencari ide-ide baru untuk dituliskan di blog kita. Dengan demikian, setiap saat kita selalu belajar menambah ilmu dan terus mengasah otak kita.

Tidak hanya menambah ilmu, ngeblog juga menambah kenalan buat kita, apalagi jika kita rajin blogwalking. Dari ngeblog, saya juga akhirnya kenal dengan para blogger lain, baik yang sudah sukses maupun yang masih sama-sama berjuang membangun blog.

Blogger juga biasanya membangun komunitas untuk mempererat persaudaraan di antara sesama blogger, dan di Lampung ini, saya ikut komunitas Tapis Blogger.

Baca: 15 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog.

Kesimpulan

Ngeblog mempunyai banyak manfaat, selain kita bebas mengungkapkan isi hati kita dalam bentuk tulisan, kita juga bisa menghasilkan uang dari blog dan bisa menambah ilmu dan kenalan.

Selanjutnya, supaya blog kita lebih profesional dan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan atau orang yang akan bekerja sama dengan blog kita, maka sewa Top Level Domain, terutama Domain dotCom dan dotNet sangat disarankan.

Kedua domain tersebut adalah domain yang paling populer di dunia, dengan pengguna yang sudah begitu banyak dan pengalaman selama lebih dari 30 tahun.

Jadi, buat apa menunda-nunda untuk menyewa domain dotCom dan  dotNet, karena biaya sewanya cukup murah, cuma 100 ribuan rupiah per tahunnya.

Dan akhirnya, karena berbagai Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com yang benar-benar dapat kita rasakan, kedua domain ini sangat direkomendasikan untuk digunakan saat kita ngeblog.

#DotComForBlogging. Happy Blogging semuanya. Demikian artikel Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/.com Untuk Ngeblog. Baca Juga: Blogger Indonesia dengan Penghasilan Milyaran Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *