Kenapa Bagasi Pesawat Bayar? Ini Beberapa Alasannya

By | January 28, 2019

jumanto.com – Kenapa Bagasi Pesawat Mesti Bayar Sekarang ini? Seperti telah diberitakan sebelumnya, sedang ramai tentang Maskapai Lion Air sebagai LCC atau Low Cost Carrier yang mengenakan biaya bagasi yang dibawa oleh penumpang, dan kemudian menyusul juga Citilink yang akan mengenakan prepaid bagasi sebagai biaya untuk penumpang pesawat yang membawa bagasi lebih dari 7 kg.

Berita tarif kelebihan bagasi Lion Air sendiri sudah ramai sejak awal tahun 2019 lalu, atau mungkin akhir tahun 2018, yang membuat tarif tiket pesawat jadi makin mahal jika membawa bagasi banyak melebihi kapasitas yang ditentukan.

Batasan barang yang bisa dibawa oleh penumpang jadi lebih kecil, dan Maskapai Lion Air pun mengenakan prepaid bagasi Lion Air untuk penumpang yang akan naik pesawat ini.

Penerbangan domestik pun dinilai jadi lebih mahal, sehingga banyak menimbulkan keluhan dari para pengguna layanan jasa pesawat terbang, terutama untuk bagasi domestik.

Yang terbaru, Februari 2019 Maskapai Citilink juga akan megenakan ketentuan bagasi berbayar bagi para penumpang, sehingga untuk kalian yang mau bepergian, mesti tahu dan menyiapkan trik agar barang bawaan tidak sampai berlebihan.

Untuk orang yang sudah sering mengikuti berita tentang pengenaan bagasi pesawat berbayar, mungkin sudah tahu alasan mengapa bagasi pesawat kini berbayar.

Namun, bagi sebagian orang yang jarang membaca berita, mengikuti berita di TV, mungkin masih bertanya-tanya, kenapa bagasi pesawat berbayar.

Alasan Kenapa Bagasi Pesawat Bayar
Maskapai Pesawat Lion Air yang Mengenakan Tarif Bagasi

Alasan Kenapa Bagasi Pesawat Bayar Saat Ini, Untuk Lion Air dan Citilink serta Maskapai Lain Yang Mungkin Menyusul

Berdasarkan pengamatan saya, berikut ini beberapa sebab mengapa bagasi pesawat bayar. Berikut ini uraiannya.

1. Bagasi pesawat bayar karena naiknya avtur sebagai bahan bakar utama pesawat

Jika harga BBM naik, harga angkutan umum juga biasanya akan naik. Nah, bahan bakar pesawat sendiri, avtur, kabarnya naik harganya, dan ini tentu membuat pihak maskapai harus memutar otak agar beban bahan bakar bisa diatasi agar tidak mengikis laba.

Jika kenaikan bahan bakar tidak disiasati, maskapai bisa mengalami kerugian.

Maskapai sendiri selama beberapa tahun terakhir tidak menaikkan tarif tiket penerbangan sehingga pendapatan dari maskapai bisa jadi tidak naik atau mungkin stagnan, sementara beban semakin naik.

Oleh karena itu, salah satu langkah yang ditempuh oleh pihak penyedia layanan jasa penerbangan adalah dengan mengenakan tarif bagasi pesawat yang harus bayar.

Dengan demikian, maskapai pun tetap bisa bertahan di Indonesia dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, tanpa harus tutup karena menanggung rugi.

2. Mengedukasi masyarakat agar membawa barang seperlunya

Salah satu sisi positifnya, adalah mengajari kita untuk lebih kreatif dalam menentukan barang apa saja yang harus dibawa pada saat bepergian, sehingga tidak perlu membawa barang berlebihan.

Jika masih menggunakan bagasi berbayar, penumpang mungkin akan membawa barang terlalu banyak yang sebenarnya barang tersebut tidak terlalu diperlukan di tempat tujuan.

3. Ketentuan bagasi berbayar tidak melanggar peraturan

Alasan selanjutnya kenapa bagasi pesawat berbayar juga didukung oleh peraturan yang ada, bahwa jika maskapai mengenakan biaya bagasi pesawat.

Oleh karena itu, pihak maskapai pun berani mengenakan tarif terhadap bagasi per 5kg (mungkin ada juga yang per kg), dan tarifnya juga mungkin berbeda untuk tujuan penerbangan yang berbeda.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa bagasi berbayar diberlakukan oleh maskapai LCC macam lion air dan citilink.

Tidak menutup kemudian, bisa jadi suatu saat Garuda Indonesia, Sriwijaya, Batik Air, Air Asia, dan sebagainya, pun akan memberlakukan ketentuan yang sama.

Pada intinya, maskapai mengenakan biaya bagasi tujuan utamanya sebenarnya untuk mengoptimalkan laba perusahaan dengan menekan biaya, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Demikian ulasan singkat kenapa bagasi pesawat berbayar berdasarkan pengamatan pribadi. Baca juga: Cara Menggunakan ETiket Traveloka Untuk Naik Pesawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *