Beranda » Wisata » Hari Pertama di Jogja: Keliling Keraton Sampai Alun-alun Kidul Jogja

Hari Pertama di Jogja: Keliling Keraton Sampai Alun-alun Kidul Jogja

Liburan Murah Ala Backpakcer, Keliling Keraton Hingga Alun-alun Kidul Jogja

jumanto.com – Cerita hari pertama liburan ke Jogja bersama keluarga ala backpacker, jalan-jalan keliling ke Keraton Yogyakarta sampai Alun-alun Kidul Jogja. Tidak ada Indomaret dan Alfamart.

Kami sampai di Pondok 71 Jogja pukul 3 sore kurang.

Setelah itu istirahat sebentar, makan sore, lalu jalan-jalan malam harinya.

Alasan kami menginap di sini tentu saja karena ingin liburan murah di Jogja ala backpacker sehingga pesan penginapan yang murah saja.

Waktu itu belum kenal sama aplikasi pemesanan hotel, jadinya pesan masih manual.

Kamar Pondok 71 Jogja Yang Penuh Nyamuk

Sebelum jalan-jalan, mengingat kamar yang kami dapat begitu banyak nyamuknya, maka terpaksa kami sibuk membasmi nyamuk.

Setelah itu, baru kami beres-beres dan mandi.

Segar sekali rasanya mandi setelah perjalanan yang cukup jauh.

Setidaknya mandi dapat membuat badan menjadi lebih segar.

Makan Di Kaki Lima Jogja

Pukul 5 sore, perut kami pun mulai keroncongan.

Sambil jalan-jalan sore menikmati Kota Jogja, kami jalan kaki ke arah timur, sambil mencari warung makan yang buka.

Belum jalan terlalu jauh, kami lihat ada tenda-tenda warung makan yang buka.

Kami menuju tenda seafood kaki lima yang terlihat sudah mulai buka.

Sebenarnya, kami datang kepagian, si penjual belum siap sepenuhnya melayani pembeli, karena masih menata dagangan dan tenda.

Berhubung perut sudah benar-benar lapar, kami pun bersedia menanti.

Eee, gak taunya ternyata lama juga nunggunya.

Lebih dari 10 menit menunggu, dan akhirnya datanglah makanan yang kami pesan.

Setelah perut kenyang, kami kembali ke penginapan.

Rasa capek belum sepenuhnya hilang.

Dan kami pun duduk-duduk istirahat sambil menunggu adzan Maghrib.

Nikmati juga: Makanan Khas Jogja.

Jalan Keliling Kompleks Keraton Hingga Alun-alun Kidul Jogja

Kami adalah orang asing, yang tidak tahu Jogja.

Ketidaktahuan inilah yang membuat kami agak malu juga kalau mengingat ingat kenangan hari pertama di Jogja bersama Mama dan Alya.

Jalan-jalan kayak orang hilang dari keraton sampai alun-alun kidul Jogja.

Jalan kaki

Selepas magrib, kami memutuskan untuk jalan-jalan.

Kami pun keluar dari penginapan, lalu menyeberang jalan, dan selanjutnya jalan ke kiri menuju Pojok Benteng Barat.

Sebelum Benteng, kami jumpai ada jalan ke kanan, yang ternyata jalan menuju komplek keraton.

Kami pun jalan kaki ke sana, berharap dapat menemukan Indomaret atau minimarket lainnya.

Suasana sepi

Ternyata jalanan di situ sangatlah sepi, tidak ada orang yang nongkrong di depan rumah.

Padahal rumah berderet-deret.

Tidak ada pula orang yang jalan kaki.

Jadilah kami adalah satu-satunya orang yang jalan kaki di daerah situ.

Sesuatu yang sangat ganjil.

Benar-benar tidak ada orang yang jalan kaki seperti kami.

Kami seperti orang aneh, yang malam-malam jalan kaki di daerah situ.

Namun, kami tetap jalan ke depan, melihat kanan kiri siapa tahu kami temukan minimarket.

Dan hasilnya nihil.

Sama sekali tidak ada.

Warung pun jarang kami jumpai.

Makan Di Warung Angkringan Keraton

Setelah jalan lumayan jauh, kami memutuskan untuk berhenti di warung angkringan.

Memesan jahe susu dan gorengan untuk menghangatkan badan.

Gak ada Indomaret dan Alfamart di Kompleks Keraton Jogja

pengembalian dana di shopee melalui indomaret
Indomaret, ilustrasi

Sambil medang, kami ngobrol ngobrol dengan pemilik warung.

“Bu, di sini kok gak ada Indomaret ya” Tanyaku membuka pembicaraan.

“Oiya mas, di daerah keraton ini memang gak boleh ada minimarket. Di sini cuma boleh ada warung-warung dan juga pasar, yang letaknya tidak jauh dari sini”.

Baru ngeh saya.

Mau jalan sejauh apa pun tidak akan saya jumpai Indomaret di sini.

Ini adalah daerah steril dari minimarket, dengan tujuan untuk melindungi pasar tradisional.

Biasanya, di tempat lain, beberapa meter saja sudah dijumpai banyak minimarket.

Jalan kaki = kurang kerjaan

Saya pun mengajukan pertanyaan lainnya.

“Kok gak ada orang jalan kaki di sini ya bu”

“Iya mas, gak ada. Kurang kerjaan amat kalau ada orang jalan-jalan di sini”.

Hahaha.

Saya pun benar benar malu.

Kami ini ternyata orang kurang kerjaan.

Selepas ngangetin badan, kami pun kembali berjalan, melewati pasar tradisional yang tadi disebutkan oleh ibu penjual warung, dan jalan lagi menuju arah Alun-alun Kidul.

Dan yah, memang benar-benar kurang kerjaan, jalan-jalan di daerah ini.

Kami betul betul satu-satunya orang yang jalan kaki. Duh, malu bener, kayak orang hilang.

Hmmm, gak lagi-lagi deh jalan kaki di daerah keraton ini.

Keramaian Alun-alun Kidul Jogja Di Malam Hari, Asyik Buat Bermain Anak

Sudah kepalang tanggung, dan kami sudah jalan jauh pula, kami pun terus melanjutkan perjalanan.

Sambil jalan, kami lihat papan penunjuk jalan, dan kami lihat ada penunjuk jalan menuju Alun-Alun Kidul, tertulis cuma beberapa ratus meter saja.

Akhirnya kami mengikuti penunjuk jalan itu, masih seperti orang aneh, berjalan sendirian, tanpa ada orang lain yang jalan kaki.

Sekitar beberapa menit, kami lihat ada keramaian.

Kami pun mendekat dan ternyata itu adalah Alun-alun kidul Jogja, yang sungguh ramai pengunjung.

Terlihat mobil-mobilan andong dengan lampu warna-warni yang disewakan untuk pengunjung.

Melihat sesuatu yang mencolok itu, Alya langsung minta naik.

Kami menyewa sebuah andong, kami gowes keliling Alun-alun.

Sepanjang perjalanan Alya terlihat ceria sekali sambil bernyanyi-nyanyi.

Kami berjalan mengelilingi alun-alun, yang ternyata cukup macet juga, mengingat banyak mobil dan motor yang melintas.

Kami kemudian jalan pelan-pelan sambil menikmati malam Kota Jogja.

Keramaian tidak hanya di pinggiran, di tengah lapangan pun terlihat para penjual dan pengunjung yang memadati alun-alun. Sesuatu yang belum pernah saya jumpai di Lampung.

Setelah cukup lama menikmati keramaian Alun-alun Jogja, kami memutuskan pulang.

Kami menyewa becak untuk mengantarkan kami menuju Pondok 71, dengan tarif cukup 15ribu saja.

Untuk jalan kaki, kami sudah tidak sanggup lagi.

Abang tukang becak mengantarkan kami melalui jalan yang bukan kami lalui tadi, dan sampailah kami di penginapan. Kami pun tertidur dalam kecapekan, mengumpulkan tenaga untuk jalan-jalan di hari kedua di Jogja, Keliling Malioboro, Candi Prambanan, dan Candi Sewu.