Ciri Jawaban Shalat Istikharah Jodoh Terbaik Setelah Mohon Petunjuk

By | March 29, 2019

jumanto.com – Salah satu alasan mengapa orang sering melakukan shalat istikharah adalah ingin mendapatkan kemantapan hati saat memilih jodoh. Seseorang berharap bisa mendapatkan jawaban shalat istikharah berupa jodoh terbaik dengan memohon petunjuk kepada Allah, atas ikhtiyar yang telah dilakukan. Memilih jodoh dengan shalat istikharah merupakan cara yang baik, karena jawaban istikharah cinta bisa jadi diberikan Allah lewat kemantapan hati setelah seseorang memilah-milah kebaikan calon pasangannya, dan pilihannya memang sesuai dengan syariat.

Di dalam melaksanakan shalat istikharah untuk mendapatkan jawaban jodoh terbaik dari Allah, tentu tidak serta merta seseorang hanya melakukan shalat tanpa berusaha memilah-milah calon jodohnya.

Di dalam Buku Seri Fiqih Kehidupan 3: Shalat, Ustadz Ahmad Sarwat mengungkapkan, bahwa seseorang sebelum melaksanakan shalat istikharah dianjurkan untuk melakukan istisyarah.

Hal ini sesuai dengan apa yang diuangkapkan oleh Imam Nawawi Rahimahullahu Ta’ala, bahwa istisyarah ini seharusnya lebih didahulukan sebelum melakukan shalat istikharah.

Istisyarah sendiri bisa diartikan sebagai konsultasi kita kepada seseorang mengenai perkara yang akan kita pilih, sebelum melakukan shalat istikharah.

Jadi, kita tidak semata-mata menyerahkan urusan jawaban perjodohan kita kepada Allah tanpa ada usaha sama sekali.

Sebelum shalat istikharah, kita dianjurkan untuk ikhtiyar, dianjurkan untuk istisyarah, bertanya kepada Kyai misalkan, mengenai jodoh yang baik, di antara beberapa pilihan jodoh yang sudah ada.

Selain itu, Rasul pun telah memberikan rambu-rambu dalam memilih jodoh yang terbaik sebelum kita melakukan shalat istikharah.

Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi Bersabda

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

seorang perempuan dinikahi karena empat perkara, yaitu karena hartanya, kedudukannya, kecantikannya, dan agamanya. Carilah yang mempunyai agama niscaya kamu beruntung”

Di dalam memilih jodoh, baik laki-laki maupun perempuan, hendaklah dasar pertimbangan utama seseorang dalam menentukan jodohnya adalah karena agama.

Misalkan, ada seorang perempuan, datang dua laki-laki kepadanya, untuk melamar. Kemudian dia bingung mau memilih yang mana.

Dalam hal ini, yang pertama kali dilakukan oleh perempuan tersebut adalah menyelediki dulu bagaimana kualitas agama mereka berdua.

Si perempuan bisa istisyarah, konsultasi kepada orang yang tahu perangai mereka berdua, sebelum melaksanakan shalat istikharah.

Setelah itu tentu akan ditemukan jawaban dari hasil dia istisyarah, mana yang baik sesuai dengan kriteria agama.

Ciri Jawaban Shalat Istikharah Jodoh Terbaik Dari Memohon Petunjuk Kepada Allah

Ciri Jawaban Shalat Istikharah Jodoh Terbaik Setelah Mohon Petunjuk
Mencari Jawaban Shalat Istikharah

Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang tujuannya untuk memohon petunjuk, memohon agar dipilihkan perkara terbaik sebelum memutuskan untuk memantapkan pilihan kepada perkara tersebut.

Shalat istikharah merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi. Tata cara pelaksanaan shalat istikharah cukup mudah, seperti shalat sunnah lain, dilakukan dua raka’at dan niat shalat istikharah pun tidak harus dilafadzkan, yang penting di dalam hati ada niat shalat istikharah bersamaan dengan takbiratul ihram.

Bacaan sholat istikharah tidak harus dengan Surat Al Kafirun di rakaat pertama dan Al Ikhlas di ayat kedua. Jika pun menggunakan surat lain, boleh-boleh saja. Hanya sebagian ulama memang menganjurkan untuk membaca dua surat ini di dalam raka’at shalat istikharah.

Setelah shalat, kita disunnahkan membaca doa sholat istikhoroh seperti yang telah disebutkan di dalam hadis.

Waktu shalat istikharah bisa dilakukan siang hari, malam hari, pagi hari bersamaan dengan shalat dhuha.

Jadi pelaksanaan shalat istikharah tidak harus di malam hari, namun lebih utama dilakukan di sepertiga malam terakhir.

Kita bisa sekalian melaksanakan shalat tahajud, shalat hajat, shalat witir, dan shalat lainnya di malam hari tersebut.

Selepas shalat, kita lanjutkan dengan doa istikharah, membaca doa untuk meminta jodoh yang terbaik, dan tentunya memohon agar Allah membimbing kita dalam menentukan pilihan terbaik.

Jawaban istikharah memilih jodoh sendiri tidak harus datang dalam bentuk mimpi

Ada banyak jawaban shalat istikharah yang bisa kita tafsirkan. Pada intinya, hasil dari shalat istikharah dapat kita rasakan dalam kemantapan hati kita terhadap pilihan yang ada.

Setelah shalat istikharah, kita akan mendapatkan kemantapan hati, mana jodoh yang akan kita pilih, tentu saja setelah mempertimbangkan kualitas agama calon pasangan.

Bisa jadi juga, setelah shalat istikharah, kita mendapatkan jawaban istikharah yang berbeda dengan dari yang selama ini menjadi pilihan kita, karena Allah Maha Kuasa dalam menuntun hambaNya.

Bisa saja Allah memantapkan hati seseorang kepada pilihan jodohnya lewat cara yang tidak disangka-sangka. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Yang jelas, setelah shalat istikharah, jangan menganggap mimpi adalah satu-satunya jawaban sehingga setiap bermimpi akan kita tafsirkan secara serampangan.

Dari pendapat para ulama, jawaban atas shalat istikharah adalah adanya kemantapan hati terhadap pilihan yang ada.

Mimpi setelah shalat istikharah, bisa jadi itu merupakan jawaban dari Allah, bisa jadi juga tidak terkait dengan pilihan jodoh bagi yang sedang galau memilih jodoh.

Shalat Istikharah: Jangan Memaksa Allah Untuk Memberikan Jawaban

Jangan menuntut kepada Allah, setelah kita melaksanakan sholat istikhoroh langsung dapat petunjuk. Kita diberikan akal oleh Allah untuk berpikir, menganalisa, bisa bertanya kepada yang ahli, konsultasi, dan usaha lainnya.

Jadi jangan langsung pasrah menyerahkan urusan kepada Allah tanpa ada usaha sama sekali, seolah olah dengan shalat istikharah saja jawabannya sudah ada.

Seseorang yang telah melaksanakan shalat istikharah, tetap diharuskan memilih, menggunakan akal yang dipunya digabungkan dengan petunjuk dari Allah yang bisa datang utamanya dalam bentuk kemantapan hati.

Jika seseorang memaksa Allah untuk memberikan jawaban setelah istikharah, bisa jadi dia akan menyalahkan Allah saat pilihan yang dia ambil ternyata tidak sesuai harapan.

Bisa jadi juga seseorang tidak mampu menerjemahkan petunjuk yang diberikan Allah setelah melaksanakan shalat istikharah.

Manusia tetap diwajibkan ikhtiyar, sebelum berdoa kepada Allah. Manusia diberikan akal untuk berpikir.

Jadi, manfaat shalat istikharah sebenarnya adalah untuk memantpkan hati, dan juga sebagai bentuk pengakuan bahwa seperti apa pun usaha yang telah kita lakukan, kita ini hamba yang lemah sehingga masih butuh petunjuk dari Allah, lewat shalat istikharah yang dilakukan, baik itu terkait jodoh, pekerjaan, dan hal lain.

Kesimpulan

Tidak ada dalil yang menunjukkan ciri-ciri jawaban dari shalat istikharah apakah itu dalam bentuk mimpi atau yang lainnya. Pada intinya kita tetap harus memilih sendiri berdasarkan akal yang kita punya dan berdasarkan hasil istisyarah.

Setelah shatal istikharah jika itu terkait dengan jodoh, maka kita harus memutuskan sendiri sesuai dengan keyakinan dan kemantapan hati kita, mana jodoh yang terbaik.

Perlu diketahui juga, shalat istikharah bukan shalat minta jodoh. Shalaat istikharah ini bisa dilakukan untuk semua perkara baik itu pekerjaan, sekolah, mau resign dari PNS atau tidak hehehe, atau hal lainnya. Jadi tidak mesti terkait percintaan saja.

Demikian uraian mengenai Ciri Jawaban Shalat Istikharah Jodoh Terbaik Setelah Mohon Petunjuk. Baca juga: Doa Sesudah Sholat Sesuai Ajaran Rasulullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *