Beranda » Agama » Tajwid – Berkenalan dengan Idzhar, Idgham, Iqlab dan Ikhfa Haqiqi

Tajwid – Berkenalan dengan Idzhar, Idgham, Iqlab dan Ikhfa Haqiqi

Jumanto.comPenjelasan lengkap Idzhar, Idgham, Iqlab dan Ikhfa dalam Ilmu Tajwid. Dalam pembahasan ilmu tajwid kali ini, kita akan membahas tentang hukum nun mati dan tanwin jika bertemu dengan huruf hijaiyah yang bejumlah 28 (tanpa hamzah dan lam alif).

Seperti pernah dituliskan di blog ini sebelumnya, ada 5 hukum nun mati atau tanwin bertemu huruf hijaiyah.

Untuk memperlancar pemahaman, mari kita bahas lebih lanjut materi tajwid idzhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, iqlab dan ikhfa berikut ini.

Tajwid - Berkenalan dengan Idzhar, Idgham, Iqlab dan Ikhfa Haqiqi
Tajwid – Berkenalan dengan Idzhar, Idgham, Iqlab dan Ikhfa Haqiqi

Baca Juga : Apa Itu Ilmu Tajwid?

Tajwid Nun Mati dan Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah

Dalam kitab hidayatusshibyan, tajwid yang menjelaskan tentang Nun mati dan Tanwin ada pada bab yang pertama kali diajarkan. Yaitu Bab “Hukum Nun Mati dan Tanwin bertemu dengan Huruf Hijaiyah”.

Menurut kitab tersebut, hukum bacaan nun mati bertemu dengan huruf hijaiyah sama halnya dengan hukum bacaan tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah.

Hukum Nun Mati dan Tanwin Berjumlah 5, yaitu : idzhar halqi, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, iqlab dan ikhfa haqiqi.

Tajwid Idzhar halqi atau biasa disebut dengan idzhar

Hukum nun mati dan tanwin jka bertemu dengan huruf hijaiyah yang pertama yaitu idzhar.

Pengertian

Idzhar sendiri dalam bahasa mempunyai arti yang berarti “jelas/terang”.

Dalam hukum nun mati dan tanwin, yang dinamakan idzhar adalah apabila terdapat nun mati / tanwin bertemu dengan salah satu huruf idzhar.

Huruf idzhar berjumlah 6 huruf yang terdiri dari ( ح)kha’, (خ)kho, (ع) ‘ain ( غ ) ghoin  ,( أ ) alif/hamzah , (ھ)ha’.

Apabila ada nun mati atau tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf yang 6 tersebut, maka nun mati/tanwin harus dibaca dengan jelas tanpa mendengung.

Contoh bacaan idzhar halqi

No Huruf Nun mati (نْ) Tanwin (ً ٍ ٌ )
1 ا مَنْ أمَنَ   رَسُوْلٌ اَمِيْنٌ
2 ح عَنْ حَرَامِكَ نَارٌ حَامٍيَةٌ
3

خ


مَنْ خَشِيَ


ذَرَّةٍ خَبٍيْرٌ
4

ع


مِنْ عِلْمٍ


سَمٍيْعٌ عَلٍيْمٌ
5

غ


مِنْ غِلٍّ


اَجْرٌ غَيْرُ
6

ھ


مِنْ هَادٍ


جُرُفٍ هَارٍ
Baca lengkapnya: 101 Contoh Idzhar Halqi.

Idgham Bighunnnah

Pengertian

Dalam bahasa Idgham sendiri artinya adalah Penggabungan/memasukkan, dan Bighunnah artinya Dengan Dengung.

Jadi, cara membaca Idgham Bighunnah adalah menggabungkan bunyi nun sukun atau tanwin ke huruf Idgham dengan didengungkan selama satu alif.

Huruf idgham bighunnah ada 4 huruf yang terkumpul dalam lafadz  ينمو  (yanmu) yaitu ي نم و (ya, nun, mim, dan wau)

Contoh Bacaan Idghom Bighunnah

Contoh idgham bighunnah dalam surat pendek

  • Dipenghujung Ayat 1 dan Pangkal Ayat 2 QS. An-Naba

ayat 1 dan 2 surat an-naba'

Pada ayat  tersebut ada tanwin yang bertemu dengan huruf wau

  • Pada Ayat 24 QS. An-Naba (Berita Besar)

Pada ayat ini juga terdapat tanwin yang bertemu dengan huruf wau.

  •   Pada Ayat 8 QS. An-Nzi’at (Malaikat Yang Mencabut Nyawa)2 Buah Pada Ayat 8 QS. An-Nzi'at (Malaikat Yang Mencabut Nyawa)

Terdapat dua buah bacaan idgham bighunnah pada ayat di atas. Yang pertama adalah tanwin yang bertemu dengan huruf ya’, dan yang kedua adalah tanwin bertemu dengan huruf wau.

Baca lengkapnya: 101 Contoh Idgham Bighunnah.

Idgham Bilaghunnah

Pengertian

Arti dari Idgham bilaghunnah adalah idgham berarti memasukkan, sedangkan bilaghunnah berarti dengan tidak mendengung / jelas.

Cara membacanya adalah seolah tidak ada nun mati atau tanwin dalam lafadz tersebut. Jadi nun mati dan tanwin tidak ikut disebutkan ketika membaca lafadz yang mengandung bacaan idgham bilaghunnah. Cara membacanya juga harus jelas tanpa adanya dengungan.

Adapun yang dimaksud idgham bilaghunnah adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idgham bilaghunnah yaitu lam dan ra (  ل , ر ).

Contoh Bacaan Idgham Bilaghunnah

  • اِنْ لَمْ تفْعَلْ  pada lafaz ini terdapat nun mati yang bertemu dengan huruf lam. Lafadz tersebut apabila dibaca, maka bunyinya adalah “illamtaf’al“, bukan inlamtaf’al. Karena nun mati bertemu dengan huruf lam merupakan bacaan idgham bilaghunnah.
  • مِنْ رَ بِكَ  pada lafadz ini juga mengandung bacaan idgham bilaghunnah, yaitu karena ada nun mati yang bertemu dengan huruf ro’ yang merupakan salah satu huruf idgham bilaghunnah. Jika dibaca, lafadz tersebut akan berbunyi “mirrobbika” bikan minrobbika
Baca lengkapnya: Contoh Idgham Bilaghunnah.

Iqlab

Pengertian

Menurut bahasa, Iqlab artinya mengganti.

Dalam ilmu tajwid bacaan iqlab artinya mengganti bunyi bacaan nun mati atau tanwin menjadi huruf  mim apabila bertemu dengan huruf iqlab yaitu ba’ (ب)

Huruf iqlab hanya ada 1 saja yaitu ba’.

Contoh Bacaan Iqlab

  • لَنَسْفَعًا بِا لنَا صَيةِ Pada lafadz tersebut terdapat tanwin yang bertemu dengan huruf ba’. Jika di baca maka akan berbunyi  “lanashfa‘ammbinnashiyah” bukan lanasfa’anbinnashiyah.
  • لَيُنْبَذَ نَّ Dalam lafadz ini juga mengandung bacaan iqlab, dikarenakan ada nun mati yang bertemu dengan huruf ba’. Jika dibaca maka akan berbunyi “layummbadzanna” bukan layunbadzanna.
Baca lengkapnya: 50 Contoh Iqlab.

Ikhfa’ Haqiqi

Pengertian

Ikhfa’ merupakan hukum bacaan tanwin dan nun mati yang kelima.

Ikhfa artinya  menyamarkan atau menyembunyikan .

Pengertian ikhfa adalah  jika ada Nun mati نْ atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah, selain huruf-huruf idzhar halqi, huruf-huruf idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah dan huruf huruf iqlab,yaitu ada 15 huruf.

huruf ikhfa
huruf ikhfa

Adapun Cara membacanya adalah suara Nun  atau  Tanwin  masih tetap terdengar  tetapi samar antara idzhar dan idgham, lagi pula terus bersambung dengan makhroj huruf berikutnya, sehingga kedengaranya berbunyi seperti “ NG “ jika bertemu dengan   (ك ق ف ظ ز ) dan ada kalanya mirip suara “NY dan NG” jia bertemu dengan  ( ش س ذ ث) ada kalanya seperti “NY” jika bertemu dengan (ج) dan ada kalanya tetap berbunyi  huruf nun ketika bertemu dengan huruf-huruf (ط ض د ت).

Contoh Bacaan Ikhfa’

  • يُنْفِقُوْنَ   Lafadz ini termasuk dalam bacaan ikhfa’ haqiqi, karena terdapat nun mati yang bertemu dengan huruf fa’, dimana huruf fa’ termasuk salah satu huruf ikhfa.
  • ءَاَنْذَرْتَهُمْ  Dalam lafadz ini juga mengandung bacaan ikhfa khaqiqi, yaitu adanya nun mati yang bertemu dengan huruf dzal.
  • شَيْئٍقَدِيْرٌ  Ikhfa haqiqi disebabkan oleh tanwin yang bertemu dengan huruf qof yang merupakan salah satu huruf ikhfa.
  • كُنْتُمْ  Dalam lafadz ini terdapat nun mati yang bertemu dengan huruf ta, dan huruf ta juga termasuk dalam huruf ikhfa.

Jika ditulis secara ringkas, maka hukum nun mati dan tanwin jika bertemu dengan huruf hijaiyah ada lima, yaitu idzhar halqi, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, iqlab, ikhfa’ haqiqi. Baca juga: Pengertian Mad Jaiz Munfashil.