Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 40 Beserta Alasannya Lengkap

jumanto.com –  Hukum tajwid surat yunus ayat 40. Pada kesempatan kali ini, kita akan kembali menerapkan ilmu tajwid yang telah kita pelajari dari idzhar halqi sampai macam-macam mad dan kita analisis surat Yunus Ayat 40 untuk kita lihat hukum tajwid apa saja yang ada di sana beserta alasannya, dan kita bahas juga arti kata per kata.

Surat Yunus sendiri merupakan surat ke 10 di dalam Al Quran, dan Yunus sendiri merupakan salah satu nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui oleh umat Islam.

Mari kita mulai pembahasan hukum bacaan tajwid di surat Yunus 40 dengan bunyi ayat, arti kata perkata, isi kandungan dan juga analisis tajwidnya.

Baca juga: macam-macam idzhar dalam ilmu tajwid.

Bunyi Ayat 40 Surat Yunus di Dalam Al Quran

QS Yunus Ayat 40 terbilang ayat yang sedang, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, bahkan malah cenderung terhitung sebagai ayat pendek.

Karena ayat pendek, maka tidak terlalu susah untuk dihafal oleh anak SD, SMP, hingga SMA.

Kosa kata Bahasa Arab yang menyusunnya juga tergolong kosakata familiar sehingga isi kandungan ayat ini juga mudah dipahami.

Inilah bunyi surat Yunus ayat 40 dan arti terjemahannya:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan“.

Arti Kata Per Kata

Berikut ini arti kata per kata dari Surah Yunus Ayat 40:

  • وَمِنْهُمْ artinya dan di antara mereka
  • مَّنْ artinya orang
  • يُّؤْمِنُ artinya beriman
  • بِهٖ artinya dengannya (Al Quran)
  • وَمِنْهُمْ artinya dan di antara mereka
  • مَّنْ artinya orang
  • لَّا يُؤْمِنُ artinya tidak beriman
  • بِهٖۗ artinya dengannya
  • وَرَبُّكَ artinya dan Tuhanmu
  • اَعْلَمُ artinya lebih mengetahui.
  • بِالْمُفْسِدِيْنَ artinya dengan orang-orang yang berbuat kerusakan.

Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 40 Beserta Alasannya

Berikut ini hukum bacaan tajwid yang ada di surah yunus 40:

Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 40 Beserta Alasannya dan Arti Per Kata
Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 40 Beserta Alasannya
  1. bacaan idzhar halqi, di kata وَمِنْهُمْ, alasannya ada nun mati bertemu dengan huruf ha’. cara bacanya, nun mati dibaca jelas tanpa berdengung sedikitpun.
  2. bacaan idgham mimi, di kata وَمِنْهُمْ مَّنْ. alasannya ada mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara bacanya: mim mati dimasukkan ke huruf mim dan dibaca berdengung.
  3. bacaan idgham bighunnah, di kata مَّنْ يُّؤْمِنُ, alasannya ada nun mati bertemu dengan huruf ya tidak dalam satu kalimah. cara bacanya, nun mati dimasukkan ke huruf ya dan dibaca berdengung.
  4. bacaan mad shilah qashirah, di kata بِهِ, alasannya ada ha dhamir didahului huruf berharakat dan setelahnya tidak bertemu dengan hamzah, cara bacanya dibaca panjang 2 harakat.
  5. bacaan idzhar halqi, di kata وَمِنْهُمْ seperti pada poin 1.
  6. bacaan idgham mimi, di kata وَمِنْهُمْ مَّنْ. seperti pada poin 2.
  7. bacaan idgham bilaghunnah, di kata مَّنْ لَّا,alasannya ada nun mati bertemu dengan huruf lam. cara bacanya nun mati dimasukkan ke huruf lam dan dibaca tidak berdengung.
  8. bacaan mad thabi’i, di kata لَّا, alasannya karena ada fathah ketemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, tasydid dan waqaf. cara bacanya dibaca panjang dua harakat.
  9. bacaan mad shilah qashirah, di kata بِهِ, jika tidak dibaca waqaf karena ada tanda waqaf di situ. alasannya seperti poin nomor 4.
  10. bacaan tafkhim وَرَبُّكَ, karena ada huruf ra’ berharakat fathah, dibaca tebal.
  11. bacaan idzhar qamariyah, di kata بِالْمُفْسِدِيْنَ, karena ada alif lam bertemu dengan huruf mim.
  12. bacaan mad ‘aridh lissukun, di kata بِالْمُفْسِدِيْنَ, karena ada kasrah bertemu ya mati (mad thabi’i) di akhir ayat/tempat waqaf. dibaca panjang 2-6 harakat.

Itulah hukum bacaan tajwid di dalam surat yunus ayat 40 selengkapnya.

Jika ada kesalahan, mohon dikoreksi.

Isi Kandungan Ayat

Ayat 40 ini menjelaskan keterangan ayat 39 dari Surat Yunus, yang menyatakan bahwa secara umum orang musryrik mekkah menolak kebenaran dari Al Quran.

Bahkan Nabi dituduh telah membuat-buat Al Quran.

Di ayat 40 ini disebutkan bahwa dari sebagian orang-orang musyrik itu ternyata ada yang beriman kepada Al Quran dan sebagian lainnya tidak beriman.

Sebagian dari mereka, mengakui kebenaran Al Quran di dalam hatinya, meskipun mereka tidak mengucapkannya, dikarenakan berbagai sebab.

Sesungguhnya Allah lebih tahu tentang orang-orang yang berbuat kerusakan, yaitu mereka yang mengikuti perbuatan batil dan menolak kebenaran Tuhan.

Demikian tadi uraian hukum bacaan tajwid surat yunus ayat 40 berikut alasannya, arti kata per kata, dan isi kandungan. Baca juga: Tajwid Surat Annisa ayat 136.