Cara, Biaya, dan Persyaratan Ganti Plat Motor 2019 5 Tahunan

jumanto.com – Orang yang tidak pernah mengurus sendiri penggantian STNK dan plat motor 5 tahunan, biasanya beranggapan, cara ganti plat motor terlalu ribet. Biaya penggantian plat motor yang di biro jasa tentu lebih mahal, namun karena gak mau ribet dengan persyaratan ganti plat motor dan juga waktu yang diperlukan untuk antri saat mengurus penggantian STNK, TNKB, atau ganti kaleng, maka sebagian orang memilih lewat biro jasa saja untuk mengurus ganti plat motor luar daerah dan dalam daerah.

Biaya ganti plat nomor motor 2019, 2020, dan seterusnya, sudah diatur di dalam peraturan yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Permasalahan ganti plat motor dan mobil akan muncul 5 tahun sekali karena kewajiban ganti tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau yang lebih dikenal dengan plat motor memang dilakukan 5 tahun sekali, sekaligus penggantian STNK.

Di beberapa daerah, ada pemberlakukan nomor mobil ganjil genap, dan mungkin kebijakan penggantian plat mobil di daerah tersebut sedikit berbeda dengan daerah lainnya.

Saat seseorang mengganti plat motor dan STNK 5 tahunan, sebenarnya biaya yang harus dibayarkan bukan hanya biasa penggantian plat motor saja.

Di situ juga ada biaya cek fisik kendaraan bermotor, biaya pencetakan STNK baru, biaya SWDKLJJ, Pajak Progresif (jika memiliki kendaraan lebih dari satu), Balik Nama (jika sekaligus balik nama), mutasi kendaraan, dan denda jika telat membayar pajak kendaraan dan ganti plat.

Ganti Plat Motor Sebelum Jatuh Tempo Agar Tidak Kena Denda

Jika ingin mengurus penggantian TNKB sepeda motor, sebaiknya memang dilakukan sebelum jatuh tempo atau persis pada tanggal jatuh tempo.

Jika mengurus setelah jatuh tempo maka akan dikenakan denda sehingga menambah beban atau biaya yang harus kita bayar.

Satu bulan sebelum jatuh tempo, pembayaran pajak, ganti STNK dan TNKB biasanya sudah bisa dilakukan baik lewat biro jasa maupun mengurus langsung di Samsat.

So, perhatikan betul jatuh tempo yang tertera di STNK agar tidak sampai telat bayar pajak, ganti plat, dan juga STNK 5 tahunan.

Tempat Mengurus Penggantian Plat Motor Dimana dan Berapa Tahun Sekali?

Kalian mempunyai motor merk apa pun, baik Merk Yamaha Jupiter, Vega, Mio, Vixion, Byson, atau Honda Vario, Beat, Supra, Revo, dan sebagainya, setiap 5 tahunan ada siklus penggantian Nomor TNKB, atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (akrab disebut Plat Motor).

Tidak hanya ganti plat, setiap 5 tahun sekali juga STNK diganti.

Lalu, ganti plat motor dimana?

Untuk mengurus penggantian plat motor dan plat mobil, kita bisa datang ke kantor Samsat yang merupakan singkata dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap.

Di kantor Samsat di masing-masing kabupaten/kota ini lah kita mengurus pembuatan plat motor baru, dicetak di sana, lalu kita dapatkan plat motor baru setelah membayar sejumlah biaya dan membawa persyaratan yang diperlukan.

Jika ingin mengurus penggantian plat motor 5 tahunan, kita harus datang pagi-pagi karena kalau datang kesiangan maka kita akan mendapatkan antrian yang panjang.

Meskipun mungkin sudah ada sistem ganti plat motor secara online, namun untuk pengecekan fisik nomor mesin kendaraan bermotor, sepertinya masih tetap harus antri.

Oleh karena itu, antri dengan datang pagi-pagi tentu jadi pilihan paling tepat agar tidak terlalu lama dalam mengurus penggantian nomor TNKB.

Persyaratan Ganti Plat Motor Terbaru yang Harus Dibawa

Saat akan mengurus ganti nomor plat, jangan lupa untuk membawa persyaratan lengkap, karena kalau gak lengkap gak akan diterima.

Daripada bolak-balik, mending tanya-tanya dulu berkas atau dokumen apa saja yang harus dibawa saat mau mengganti plat motor baru 5 tahunan.

Kita bisa bertanya kepada tetangga yang pernah mengurusnya, atau bisa baca-baca artikel pengalaman ganti plat motor dan STNK.

Saat mau mengurus plat motor baru, berikut ini dokumen dan persyaratan yang biasanya diminta:

  • BPKB asli dan fotokopinya 1 lembar (mau bawa lebih juga gak apa apa)
  • STNK asli dan fotokopinya 1 lembar
  • KTP Asli pemilik motor dan fotokopinya.
  • sepeda motor yang mau diganti plat dan STNKnya.

Kita perlu membawa fotokopi berkas tersebut, biar gak perlu repot-repot fotokopi saat ada di samsat. Di samsat sendiri biasanya ada tempat fotokopi, tapi untuk menghemat waktu mending siapkan dari rumah saja.

Jika ada orang yang ganti plat motor tanpa KTP pemilik dan tanpa BPKB asli tetap diterima oleh petugas, biasanya ada uang tambahan yang diminta oleh petugas.

Normalnya, sesuai peraturan, jika berkas tidak lengkap, proses ganti TNKB tidak diproses, menunggu berkas lengkap.

Biaya Ganti Plat Motor dan STNK

Buat kita yang mau mengganti TNKB sepeda motor kita, sebelum datang ke samsat, selain membawa persyaratan ganti TNKB yang diminta, perlu juga menyiapkan uang cukup.

Dari pengalaman saya bayar penggantian STNK dan plat nomor sepeda motor lewat biro jasa, saya menghabiskan uang sekitar 600ribu.

Untuk biaya ganti plat sepeda motor dan STNKnya langsung di Samsat, jauh lebih murah karena tidak ada fee untuk si calo.

Berikut ini komponen biaya penggantian plat nomor sepeda motor dan STNK yang harus kita tahu:

  • biaya penggantian plat nomor sepeda motor: 60 ribu
  • biaya penggantian cetak STNK baru; 100 ribu
  • Total: 160 ribu.

Sementara untuk ganti plat mobil dikenakan biaya kurang lebih:

  • ganti plat nomor mobil: 100 ribu
  • ganti STNK mobil baru: 200 ribu
  • Total: 300 ribu.

Jika ada biaya lain yang diminta, yang resmi dikenakan hanya biaya SWDKLJJ, PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor, kecuali untuk mutasi, balik nama, atau denda.

Jika ada biaya lain, biasanya “biaya seikhlasnya” atau “pungli” dalam bahasa halus menggunakan kata seikhlasnya.

Cara Mengurus Ganti Plat Motor dan STNK Saat Jatuh Tempo 5 Tahunan

Secara umum, berikut ini langkah-langkah dan tahapan cara ganti plat sepeda motor dan STNK yang harus kita lewati:

1. Datang ke Samsat Kabupaten/Kota Tempat Sepeda Motor Terdaftar

Jika sepeda motor terdaftar di Bandar Lampung, datang ke Bandar Lampung, atau terdaftar di Jakarta, datang ke Samsat Jakarta sesuai dengan lokasi terdaftar.

2. Daftar gesek nomor rangka dan mesin motor

Sesampai di Samsat, langsung ke tempat pendaftaran cek fisik sepeda motor. Daftar dulu ambil nomor antrian, dapatkan lembar gesek nomor rangka dan mesin motor di sini.

3. Cek mesin sepeda motor

Setelah itu, langsung saja ke lokasi cek fisik mesin kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil.

cara mengurus sendiri ganti plat motor dan stnk

Nanti ada petunjuk arah, di mana cek fisik motor dan cek fisik nomor mesin mobil.

Antri lama biasanya di bagian cek fisik nomor rangka dan mesin ini, satu motor bisa menghabiskan waktu sekitar 5 menit, jika ada 50 motor bisa dibayangkan sendiri.

Makanya sebisa mungkin datang pagi hari.

Biaya cek fisik nomor rangka sepeda motor seharusnya gratis, tapi mungkin ada yang meminta uang seikhlasnya atau kalian punya inisiatif sendiri untuk memberi.

4. Mengisi formulir perpanjangan STNK

Setelah cek fisik selesai, dan telah divalidasi, antri lagi untuk mengambil formulir perpanjangan STNK motor.

Setelah dapat formulir, isi sesuai dengan data yang diminta. Jangan malu bertanya jika ada yang gak tahu, karena yang harus diisi cukup banyak.

5. Serahkan berkas dan formulir ke bagian penerimaan berkas

Setelah selesai mengisi, serahkan kembali formulir pendaftaran STNK yang telah diisi tadi.

Formulir yang diserahkan tadi dilengkapi dengan fotokopi berkas yang diminta sebagai persyaratan perpanjangan plat motor dan STNK 5 tahunan.

Untuk jaga-jaga, kita juga bisa membasa KK asli dan fotokopinya siapa tahu diminta.

Oh ya jangan lupa bawa Map sendiri dari rumah ya untuk memudahkan, atau beli di tempat.

Jadi berkas yang harus diserahkan di sini adalah: formulir gesek no rangka dan no mesin sepeda motor + formulir perpanjangan STNK + fotokopi berkas-berkas syarat yang diminta.

Siapkan juga berkas aslinya untuk nanti ditunjukkan ke bagian penerimaan berkas.

Berkas asli tidak diminta, hanya ditunjukkan, jadi jangan sampai ketinggalan di sini. Jangan sampai BPKB asli kita tertinggal.

Cara, Biaya, dan Persyaratan Ganti Plat Motor 5 Tahunan terbaru
Antri bayar pajak di Samsat Kotabumi Lampung Utara by @hery_wanabun

6. Bayar pajak motor dan biaya perpanjangan plat motor serta STNK di loket bank

Setelah menyerahkan berkas perpanjangan TNKB motor dan STNK, selanjutnya kita akan mendapatkan informasi biaya yang harus dibayarkan.

Di sini kita akan mendapatkan struk beserta nominal yang harus dibayar.

Biaya yang harus dibayarkan adalah:

  • biaya cetak TNKB baru
  • biaya perpanjangan STNK
  • biaya pajak kendaraan bermotor
  • iuran SWDKLJJ

Untuk motor jenis Jupiter, Vega, Revo, Honda Beat, Vario, dan sejenisnya, biaya perpanjangan plat motor + STNK dan pajak kendaraan yang harus dibayar kurang lebih 350ribu s.d. 400ribuan, tergantung harga motornya juga.

Pembayaran sendiri dilakukan di loket bank, tidak dilakukan secara tunai kepada petugas di situ.

Bisa di bank BRI, atau bank daerah seperti Bank DKI, dan sebagainya.

Di samsat lain mungkin ada dua loket pembayaran, pertama loket pembayaran perpanjangan plat nomor dan STNK sedangkan loket satu lagi untuk loket pembayaran pajak kendaraan bermotor.

7. Ambil STNK baru di loket pengambilan STNK

Sesuai dengan jadwal yang dikasih, atau seselesainya pencetakan STNK, kita bisa mengambil STNK yang telah diperpanjang.

Harusnya sih dengan kemajuan teknologi, gak lama setelah bayar sudah bisa diambil STNK barunya.

Bawa struk pembayaran untuk mengambil STNK yang telah diperpanjang.

8. Ambil plat motor baru di loket pencetakan TNKB

Setelah mengambil STNK, langkah selanjutnya adalah mengambil TNKB baru, yang ada di loket terpisah dari pengambilan STNK.

Jika plat motor tersedia, hari itu juga harusnya bisa langsung diambil Plat Motor Baru yang telah diperpanjang.

Namun, jika plat motor habis atau kosong, bisa menunggu berbulan-bulan baru bisa diambil.
 

Langkah-langkah Prosedur Perpanjangan STNK dan TNKB Mungkin Berbeda di Tiap Kota

Langkah-langkah cara mempernjang STNK dan TNKB 5 tahunan di atas mungkin berbeda antara Samsat satu dengan samsat lain terkait sarana dan prasarana gedung yang ada dan pembagian loket, ada yang digabung dan ada yang jadi satu loket.

Namun, secara umum, langkah yang harus dilewati adalah:

  • cek fisik
  • isi formulir
  • serahkan formulir dilengkapi fotokopi berkas dan menunjukkan aslinya
  • bayar biaya perpanjangan STNK, plat nomor kendaraan, dan pajak serta SWDKLJJ
  • ambil STNK dan plat motor baru

Untuk biaya balik nama motor, tentu lebih mahal lagi.

Demikian informasi cara, biaya, dan syarat ganti plat motor baru serta STNK 5 tahunan yang harus kita tahu. Silakan baca pengalaman perpanjang STNK dan TNKB dari tulisan lain juga. Kunjungi juga: Cara Pasang Spion yang Copot dengan Cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *