8 Fungsi Dan Manfaat Kartu Identitas Anak (KIA) Yang Diperlukan

jumanto.com – Perlukah kartu identitas anak? Apa fungsi dan manfaat kartu identitas anak atau yang biasa disebut sebagai KIA ini? Nah, pada kesempatan ini, akan kita bahasa manfaat dari Kartu Identitas Anak yang harus kalian ketahui. Setelah mengetahui manfaat membuat kartu identitas anak, mungkin kalian akan segera mengurus KTP anak atau KIA ini.

Fungsi KIA sendiri, sesuai dengan tujuan yang disebutkan dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016, berguna untuk memberikan perlindungan dan pelayanan publik serta sebaga upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Pembuatan KIA, bagi negara, juga berfungsi untuk meningkatkan pendataan penduduk, sehingga data kependudukan pun makin akurat.

Kartu Identitas Anak atau KIA sendiri mulai diterbitkan di 50 kabupaten/kota percontohan di Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Satu tahun setelah permendagri terbit, baru 50 kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi program percontohan penerbitan KIA.

Selanjutnya, di tahun 2018, pemerintah telah membuka pembuatan kartu identitas anak di seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Jadi, mulai tahun 2018, setiap Disdukcapil di kota kalian harusnya sudah melayani penerbitan KIA bagi warga yang mengajukan, utamanya bagi anak yang baru lahir, sekalian diterbitkan berbarengan dengan akte kelahiran anak.

KIA sendiri diterbitkan dalam dua bentuk yaitu KIA untuk anak usia di bawah 5 tahun yang diterbitkan tanpa foto dan KIA anak 5 tahun ke atas sampai 17 tahun kurang 1 hari yang diterbitkan dengan foto yang tertera di sana.

KIA memiliki masa berlaku sampai si anak wajib membuat EKTP.

Fungsi Kartu Identitas Anak (KIA)

Sesuai dengan namanya, KIA ini berfungsi sebagai kartu identitas bagi si anak. Selama ini anak tidak mempunyai identitas kependudukan yang simpel.

Anak hanya punya akta kelahiran dan KK yang dicetak dalam kertas ukuran A4 atau F4 sehingga susah dibawa kemana-mana.

Jika orang tua punya identitas kependudukan berupa KTP, anak kecil saat ini tidak memiliki.

Oleh karena itu, berfungsi sebagai KTP anak, KIA pun kemudian diterbitkan oleh pemerintah sebaga identitas anak yang bermanfaat untuk berbagai urusan kependudukan, perbankan, pendidikan, dan sebagainya.

Isi data yang ada di KIA pun mirip dengan data KTP, ada NIK, Nama, alamat, agama, dan sebagainya.

fungsi dan manfaat kartu identitas anak kia
Contoh KIA

Inilah 8 Manfaat Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP Anak

Jika ada yang bertanya perlukah kartu identias anak, jawabnya tentu saja perlu. Di awal-awal pemberlakuan KIA ini, mungkin orang masih merasa gak perlu untuk membuat KIA.

Namun, ke depannya, semakin banyak diterbitkannya KIA, bisa jadi menjadi wajib bagi setiap orang untuk membuatkan KIA bagi anaknya.

Sebagai gambaran, dulu selain masih menggunakan EKTP, kita masih bisa menggunakan KTP sementara atau KTP manual.

Sekarang, sudah mulai banyak yang mensyaratkan wajib EKTP.

Nah, KIA pun bisa jadi bakalan begitu ke depannya.

Oleh karena itu, silakan melakukan pendaftaran kartu identitas anak baik online maupun offline. Jika tersedia online, tentu lebih baik.

Nah, untuk kalian yang tinggal di manapun, mau di Bandung, Surabaya, DKI Jakarta, Lampung, dan sebagainya, KIA ini tentu juga nantinya bakalan menjadi barang yang penting banget.

So, silakan simak beberapa manfaat KIA di bawah ini:

1. Manfaat Kartu Identitas Anak sebagai tanda pengenal atau bukti diri si anak

Manfaat KIA yang pertama bagi si anak adalah sebagai tanda pengenal yang mudah dibawa, atau sebagai bukti diri dari si anak.

Saat ada masalah, misalnya kecelakaan (mudah-mudahan tidak terjadi), atau kejadian lain, orang yang mendapatinya akan langsung tahu identitasnya.

Karena KIA ini mudah dibawa kemana-mana, layaknya EKTP, maka rasanya bermanfaat banget kartu identitas anak yang satu ini.

2. KIA bermanfaat sebagai salah satu syarat pendaftaran sekolah anak

Beberapa sekolah juga sudah memulai menerapkan KIA sebagai syarat pendaftaran. Ke depannya, bukan tidak mustahil kalau KIA ini menjadi syarat wajib mendaftar anak ke sekolah.

Data kependudukan di KIA tentu berguna untuk data pokok anak di sekolahan.

3. Manfaat KIA di dunia perbankan serta lembaga keuangan lainnya

Setiap bank punya program tabungan anak, di mana si anak bisa membuat rekening tabungan sendiri di luar tabungan orang tuanya.

Nah, salah satu syarat pembuatan rekening tabungan di bank ke depannya juga barangkali KIA ini menjadi keharusan.

Kalau saat ini, masih bisa menggunakan kartu pelajar sebagai pilihan jika belum punya KIA.

4. KIA berguna saat akan naik pesawat, kereta api, atau transportasi lainnya

Sebagai persyaratan check in pesawat atau kereta api, dokuman KIA ini bisa menjadi identitas yang sangat berguna.

Jika anak sudah memiliki KIA, anak bisa check in pakai KIA, jadi gak perlu repot bawa KK lagi.

Saat mau naik kereta api pun demikian juga.

5. Kartu Identitas Anak bermanfaat untuk perlindungan anak dari perdagangan anak

Dengan adanya KIA, anak hilang menjadi lebih mudah dideteksi dan memperbesar peluang anak untuk ditemukan.

Dengan demikian, perdagangan anak pun bisa diminimalisir dengan keberadaan KIA.

Jika setiap moda transportasi membutuhkan syarat KIA, maka setiap anak bergerak, bisa terdeteksi. Selain itu, bisa membatasi ruang gerak penculik anak juga.

6. KIA berguna untuk mengurus klaim santunan kematian

Jika ada santunan kematian dari mana saja, keberadaan KIA ini bisa menjadi salah satu bukti penguat bahwa yang bersangkutan merupakan ahli waris dari yang meninggal sehingga bisa diberikan santunan kematian.

7. KIA bisa digunakan untuk syarat pembuatan dokumen keimigrasian

Saat mau mengurus paspor, KIA ini bisa menjadi salah satu syarat yang diminta, atau sebagai bukti penguat.

8. Kartu Identitas Anak untuk memperlancar anak mendapatkan layanan kesehatan

Meskipun sudah ada KK dan kartu BPJS anak, dengan adanya KIA tentu memperlancar si anak saat harus mendapatkan perawatan baik di Puskesmas maupun di rumah sakit.

Nah, kiranya itu saja fungsi dan manfaat dari Kartu Identitas Anak atau KIA atau KTP anak yang harus kalian tahu. Baca juga: Syarat dan Cara Membuat KIA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *