Doa Menghadapi Kesulitan Keuangan Dari Nabi, Dengan Bantuan Allah

jumanto.com – Hidup selalu berputar, seperti roda, kadang di bawah kadang di atas. Saat seseorang sedang terpuruk, Rasul pun mengajarkan sebuah doa menghadapi kesulitan keuangan agar kita senantiasa diberikan kemudahan dengan bantuan Allah Subhanahu Wata’ala. Doa dalam menghadapi kesulitan keuangan dan hidup dari hadis Nabi ini bisa menjadi salah satu amalan kita, dalam rangka memohon agar kesulitan keuangan dan kesempitan rezeki bisa teratasi dan kita bisa segera keluar dari permasalahan ini.

Doa adalah ibadah. Hamba yang mau berdoa disukai oleh Allah, karena artinya dia mengakui kebesaran Allah dan mengakui bahwa dirinya lemah. Berdoa saat menghadapi kesulitan keuangan, kesempitan rejeki, dan kesulitan membayar hutang pun juga merupakan ibadah yang akan dinilai sebagai ibadah oleh Allah.

Hanya saja, dalam berdoa, semestinya tidak hanya saat sedang susah saja kita merasa butuh dengan bantuan Allah, sementara saat sedang senang, kita lupa sama Allah, Yang Maha Memberi Rizki dan Yang Maha Pemurah.

Kebiasaan manusia saat ia diberi nikmat maka ia lupa siapa yang memberi nikmat. Sementara jika ia ditimpa kesusahan, barulah ia mengeluh dan teringat kepada yang selama ini memberikan nikmat.

Oleh karena itu, hendaknya jadilah hamba yang bersyukur. Jika mendapatkan rizki, perlu diingat bahwa sebagian dari rizki itu ada hak fakir miskin. Dari sebagian rizki itu ada yang harus diinfaqkan di jalan Allah.

Termasuk salah satu infaq terbaik, shodaqoh terbaik, adalah memberikan nafkah, serta membantu keluarga terdekat, dari orang tua, mertua, saudara, dan sebagainya.

Saat ini banyak anak yang lupa sama orang tuanya. Banyak pula anak yang sudah besar masih menyusahkan orang tua, padahal sudah berkeluarga, tapi uang masih minta orang tua, boro-boro ngasih uang buat orang tua.

Sebagai orang Islam, mari kita menjadi orang yang rajin bekerja, demi mengatasi kesulitan keuangan, jangan menjadi orang yang bermalas-malasan dalam menjemput rizki.

Tidak cukup berdoa saat menghadapi kesulitan keuangan, kita pun diwajibkan untuk berikhtiar, semua itu dilakukan dalam rangka beribadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Bekerja pun adalah ibadah, jika diniatkan ibadah.

Bacaan Doa Saat Menghadapi Kesulitan Keuangan atau Kesulitan Hidup Kesempitan Rezeki

Di dalam surat Al Ikhlas ayat 2, disebutkan bahwa “Allah adalah tempat bergantung”. Hanya kepada Allahlah semestinya kita bergantung dan memohon pertolongan.

Tidak tepat rasanya kita bergantung kepada orang, padahal orang tersebut juga bergantung kepada yang lain, yaitu Allah.

Bagaimana mungkin kita bergantung kepada orang yang bergantung kepada yang lain?

Bergantunglah kepada Dzat yang tidak bergantung kepada yang lain.

Di saat kita mengalami kesulitan keuangan, kesempitan rezeki, kita perlu melunasi hutang dengan bantuan Allah, maka Allahlah tempat bergantung yang terbaik.

Allah akan memberikan jalan keluar kepada hamba-Nya yang bertaqwa sesuai dengan janji-Nya.

Tidak mustahil bagi Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, hutang lunas dalam 1 hari karena doa kita dijawab Tuhan, dan ktia diberikan jalan untuk melunasi hutang.

Oleh karena itu, jangan pernah menyandarkan penyelesaian permasalahan kita bisa diselesaikan hanya dengan usaha dan ikhtiar kita.

Ikhtiar wajib, tapi doa juga iya, karena ikhtiar tanpa doa bisa menyebabkan seseorang sombong dan merasa bahwa atas usahanya lah ia keluar dari kesulitan, bukan atas pertolongan Allah.

Doa juga bisa menjadi penolong saat ikhtiar seseorang yang sudah maksimal, masih belum menujukan hasil.

gambar Doa Menghadapi Kesulitan Keuangan Dari Nabi, Dengan Bantuan Allah
Lafadz Doa Menghadapi Kesulitan Hidup dari Hadis Nabi

Salah satu doa untuk menghadapi kesulitan hidup yang diajarkan nabi adalah bacaan dalam hadis berikut:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ
هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ عَنْ
ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كَانَ يَدْعُو عِنْدَ الْكَرْبِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْحَلِيمُ
الْحَكِيمُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمُ لَا
إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ
الْكَرِيمُ.
(رواه الترمذي)

Arti terjemahannya kurang lebih:

Dari
Ibnu Abbas (w. 68 H) bahwasannya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berdoa ketika sedang kesusahan
dengan ucapan: “LAA ILAAHA ILLALLAAHUL HALIIMUL HAKIIM, LAA ILAAHA
ILLALLAAHU RABBUL ‘ARSYIL ‘AZHIIM, LAA ILAAHA ILLALLAAHU RABBUS
SAMAAWAATI WAL ARDHI WA RABBUL ‘ARSYIL KARIIM” (Tidak ada Tuhan yang
berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Lembut, Maha Bijaksana, tidak
ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan Pemilik ‘arsy yang
agung, tidak ada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Allah, Tuhan
Pemilik langit dan bumi dan Tuhan Pemilik ‘arsy yang mulia). H.R. Tirmidzi (w. 279 H)

Doa di atas pada intinya mengakui bahwa hanya Allahlah Tuhan yang pantas disembah. Kita mengakui kebesaran Allah.

Allah yang memiliki benda-benda yang besarnya tidak dapat kita ukur seperti langit dan bumi, serta ‘arsy yang agung.

Di saat kita mengalami kesulitan keuangan atau kesulitan hidup, selain berusaha mencari jalan keluar dengan ikhtiar, kita juga dianjurkan mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi, yaitu dengan berdoa agar diberi kemudahan.

Saat mengikuti pengajian Ustadz Yusuf Mansur, kita mungkin sering diajarkan juga agar banyak bershodaqoh, di mana itu juga bisa menjadi salah satu agar hidup kita senantiasa jauh dari kesulitan.

Doa menghadapi kesusahan dari Nabi di atas bisa menjadi amalan kalian yang ingin melunasi hutang dengan bantuan Allah, sedang bingung besok harus bayar hutang, atau permasalahan hidup lain yang tidak terkait dengan keuangan, misalkan agar terhindar dari masalah hukum .

Hidup tentu tidak tenang karena hutang, dan doa bisa menjadi obat penenang. Dan juga lupa, kata Allah “ala bidzikrillahi tathmainnul qulub”. Dengan dzikir hati akan jadi tenang. Doa pun termasuk cara untuk senantiasa ingat Allah, dan hati pun akan tenang.

Apakah doa keluar dari kesulitan keuangan yang kita panjatkan itu dijawab oleh Tuhan atau tidak, kita serahkan kepadaNya.

Allah pasti akan memberikan jalan keluar bagi orang yang mau berusaha. Sesungguhnya bersama dengan kesulitan itu ada kemudahan.

Dengan membaca doa dalam kesulitan keuangan, bisa jadi kita bakalan melihat jalan terang menuju kemudahan yang dijanjikan Allah kepada kita.

Akan selalu ada hikmah di balik cobaan kesempitan rezeki. Kita bisa semakin dekat dengan Allah, kita bisa menjadi semakin taat, rajin berdoa, dan bertaubat atas segala maksiat yang selama ini kita lakukan.

Kesimpulan

Doa dalam menghadapi masalah hidup di atas adalah salah satu di antara banyak doa lainnya yang diajarkan Nabi.

Saat dilanda kesusahan, seseorang tetap diwajibkan ikhtiar mencari usaha jalan keluar, selain berdoa. Jadi tidak dibenarkan hanya berpangku tangan saja.

Doa juga bisa menjadi tips agar manusia tidak sombong, merasa hanya usahanya yang bisa menolongnya, padahal hanya Allahlah tempat bergantung.

Itulah bacaan doa menghadapi kesulitan keuangan atau kesulitan hidup lainnya dari Nabi, mudah-mudahan dengan bantuan Allah semua kesulitan dimudahkan. Baca juga: Bacaan Niat Shalat Mayit atau Jenazah Laki-laki dan Perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *