Transportasi Dari Stasiun Lempuyangan Ke Borobudur Naik Bus

jumanto.com – Untuk para backpacker yang sedang liburan di Jogja, biasanya ingin sekalian piknik ke tempat wisata Candi Borobudur Magelang. Jarak Stasiun Lempuyangan Jogja ke Candi Borobudur sendiri kurang lebih 40 km. Lalu, mode transportasi apa yang tersedia dari Stasiun Lempuyangan ke Borobudur? Bisakah dari stasiun Lempuyangan Jogja ke Candi Borobudur naik Bus Umum? Atau adakah taksi dari Stasiun Lempuyangan ke Candi Borobudur?

Beberapa wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Borobudur dan beberapa tempat wisata di Jogja, mungkin memutuskan untuk naik kereta api ekonomi dan turun di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Dari Stasiun Lempuyangan, ada yang memutuskan langsung ke Candi Borobudur Magelang.

Jika lihat peta stasiun Lempuyangan dihubungkan dengan Taman Wisata Candi Borobudur, jarak di antara keduanya membentang cukup jauh, sehingga butuh waktu perjalanan agak lama untuk menempuh di antara kedua lokasi tersebut.

Jika backpacker ingin berkunjung ke Borobudur dari Jakarta naik kereta, akan lebih bagus jika turun di Stasiun Kutoarjo, lalu naik bus jurusan Magelang, dan kemudian ke Candi Borobudur.

Jika langsung ke Stasiun Lempuyangan, lalu ke Candi Borobudur, maka terlalu jauh jarak tempuhnya sehingga butuh waktu perjalanan lumayan lama.

Stasiun Lempuyangan sendiri merupakan salah satu dari beberapa Stasiun Kereta yang ada di Provinsi Yogyakarta.

Kalau di kota Jogja sendiri, ada dua stasiun yang cukup terkenal yaitu Stasiun Tugu atau Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan.

Jarak dari Stasiun Tugu ke Jl Malioboro lebih dekat dibandingkan dengan jarak stasiun Lempuyangan ke Jl Malioboro.

Jadi, para backpacer yang mau begitu sampai di Jogja mau langsung ke Malioboro, turun saja di Stasiun Tugu dan tinggal jalan kaki sebentar sudah sampai.

Selain Malioboro, tempat wisata di Jogja lainnya yang terkenal memang Candi Borobudur ini, yang sebenarnya terletak di Magelang bukan di Jogja.

Untuk dapat masuk ke kompleks candi, wisatawan harus membeli tiket masuk borobudur terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk mengunjungi rute wisata Jogja yang searah jika mau ke Borobudur dari Jogja.

Pilihan menginap di hotel dekat Candi Borobudur menjadi pilihan tepat jika kalian ingin menikmati sunset di Borobudur atau sunrise di Borobudur, hunting foto bagus di sana.

Baca: Biaya tiket masuk Borobudur terbaru.

Transportasi Dari Stasiun Lempuyangan ke Borobudur Naik Bus Umum atau Bus Damri

Transportasi dari Jogja ke Candi Borobudur sendiri setidaknya terdiri atas beberapa pilihan;

  • Transportasi dari Bandara Jogja ke Candi Borobudur: Naik Bus Damri langsung ke Shutlle Bus Borobudur.
  • Transportasi dari Terminal Giwangan ke Candi Borobudur: Naik Bus Umum.
  • Transportasi dari Terminal Jombor ke Candi Borobudur: Naik Bus Umum yang sama dengan Bus dari Terminal Giwangan.
  • Transportasi dari Stasiun Tugu ke Candi Borobudur: Naik Bus Damri Stasiun Yogyakarta – Magelang, turun di Pertigaan Palbapang. Dari sini naik shuttle bus Damri, gak perlu bayar lagi.

Tidak ada transportasi khusus dari Malioboro Jogja ke Candi Borobudur Magelang.

Transportasi Dari Stasiun Lempuyangan Ke Borobudur Naik Bus
Gambar Rute Jalan dari Stasiun Lempuyangan Ke Borobudur

Begitu juga dengan bus dari Stasiun Lempuyangan ke Candi Borobudur, tidak ada yang langsung

Jika ingin ke Candi Borobudur dari Stasiun Lempuyangan, kalian para wisatawan atau backpacker harus menggunakan salah satu dari 4 transportasi dari Jogja ke Borobudur di atas.

Kalian tinggal pilih mau menggunakan Bus Damri Jogja ke Borobudur, Naik Bus Kendaraan Umum dari Terminal Jombor dan Giwangan, atau naik Bus Damri dari Stasiun Tugu ke Magelang lalu naik shuttle bus.

Jika ingin menggunakan jarak yang paling dekat, lebih enak kalau dari Stasiun Lempuyangan naik taksi ke Stasiun Tugu.

Jarak kedua stasiun ini cukup dekat, dengan waktu perjalanan sekitar 5-10 menit saja. Kalau naik taksi online paling 20 ribu rupiah, bisa juga kurang.

Dari Stasiun Yogyakarta, lanjutkan menggunakan rute transportasi seperti di atas.

Rute paling mudah dari Stasiun Lempuyangan ke Candi Borobudur: dari stasiun Lempuyangan ke stasiun Yogyakarta, lanjut Damri ke Magelang, turun di Pertigaan Palbapang, Lanjut Naik Shuttle Bus turun di Borobudur.

Pilihan angkutan umum lainnya, kalian bisa ke Stasiun Jombor untuk kemudian naik bus umum dengan tarik sekitar 15-20 ribu rupiah, waktu tempuh bisa 2-3 jam.

Untuk waktu tempuh dari Stasiun Lempuyangan ke Borobudur lewat Stasiun Tugu, naik Damri sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan, karena tidak berhenti di sembarangan tempat, beda dengan bus umum.

Kesimpulan

Selain naik taksi dari Stasiun Lempuyangan Jogja ke Candi Borobudur Magelang, backpacker bisa naik bus Damri dengan harga tiket sekitar 75 ribu, atau naik bus umum dengan harga lebih murah.

Tidak ada transportasi langsung dari Lempuyangan ke Borobudur. Jika ingin jalan jalan ke Jogja ala backpacker, silakan manfaatkan transportasi umum yang ada di kota Jogja.

Demikian informasi cara Dari Stasiun Lempuyangan Ke Borobudur Naik Bus. Baca juga: Pengalaman ke Borobudur dari Jogja Naik Motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *