Beranda » Bisnis » 25 Contoh Kalimat Huruf Jar Ila Dalam Al Quran Dan Artinya

25 Contoh Kalimat Huruf Jar Ila Dalam Al Quran Dan Artinya

contoh kalimat huruf jer ila dalam al quran beserta surat ayat dan artinya
<

jumanto.com – Contoh Kalimat Huruf Jar Ila Dalam Al Quran Dan Artinya. Ila ( اِلَى) merupakan salah satu khuruf khafadh, atau huruf jer, banyak kita gunakan, selain 5 huruf jar lain seperti min, ‘an, fi, ba, dan lam.

Dalam bahasa Indonesia, ila bisa diartikan dengan ke.

Contohnya:

Aku mau berangkat ke sekolah, Ayah sedang pergi ke sawah, Ibu sedang belanja ke pasar, dan sebagainya.

Nah, jika kita hendak mengekspresikan tujuan ke mana, kita menggunakan kata ila (اِلَى) dalam Bahasa Arab.

Baca juga: Huruf Mudhoroah.

Arti Huruf Jar Ila

Secara umum, kata ila diartikan “ke-“.

Namun, dalam penerjemahannya, tidak harus diartikan dengan ke.

Ila bisa memiliki beberapa makna sebagai berikut:

  • batas akhir dari sesuatu, seperti waktu atau tempat, misalnya firman Allah dalam surat Al Isra’ سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا yang artinya Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.
  • bermakna مَعَ (bersama, beserta), seperti di surat As-Saf ayat 14 مَنْ اَنْصَارِيْٓ اِلَى اللّٰهِ yang artinya siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku beserta Allah, atau ayat lainnya وَلَا تأكلوا أموالهم إلى أموالكم dan janganlah kalian memakan harta mereka serta harta kalian.
  • bermakna penjelas dan pembeda, contohnya dalam surat Yusuf ayat 33 رَبِّ السِّجْنُ اَحَبُّ اِلَيَّ مِمَّا يَدْعُوْنَنِيْٓ اِلَيْهِ yang artinya “Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka“.
  • Bermakna lam (ikhtishosh), contohnya di lafadz وَّالْاَمْرُ اِلَيْكِ فَانْظُرِيْ مَاذَا تَأْمُرِيْنَ, tetapi keputusan berada di tanganmu; maka pertimbangkanlah apa yang akan engkau perintahkan (an-naml 33).

Baca juga: Contoh huruf jar rubba dalam Al Quran.

Contoh Kalimat Huruf Jar Ila Dalam Al Quran Dan Artinya

Berikut ini contoh kalimat yang menggunakan huruf jar ila di dalam Al Quran beserta surat dan ayatnya lengkap.

  1. Surat Al Baqarah ayat 14: وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْٓا اِنَّا مَعَكُمْ ۙاِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ, Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.
  2. Surat Al Baqarah ayat 29: هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ لَكُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ثُمَّ اسْتَوٰٓى اِلَى السَّمَاۤءِ, Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit.
  3. Surat Al Baqarah ayat 36: وَلَكُمْ فِى الْاَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَّمَتَاعٌ اِلٰى حِيْنٍ, Dan bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditentukan.
  4. Surat Al Baqarah ayat 54: فَتُوْبُوْٓا اِلٰى بَارِىِٕكُمْ, Maka bertaubatlah kalian kepada Pencipta kalian.
  5. Surat Al Baqoroh ayat 76: وَاِذَا خَلَا بَعْضُهُمْ اِلٰى بَعْضٍ قَالُوْٓا اَتُحَدِّثُوْنَهُمْ بِمَا فَتَحَ اللّٰهُ عَلَيْكُمْ لِيُحَاۤجُّوْكُمْ بِهٖ عِنْدَ رَبِّكُمْ, Tetapi apabila kembali kepada sesamanya, mereka bertanya, “Apakah akan kamu ceritakan kepada mereka apa yang telah diterangkan Allah kepadamu, sehingga mereka dapat menyanggah kamu di hadapan Tuhanmu?”
  6. Surat Al Baqoroh ayat 85: وَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يُرَدُّوْنَ اِلٰٓى اَشَدِّ الْعَذَابِۗ, dan pada hari Kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat.
  7. Surat Al Baqoroh ayat 125: وَعَهِدْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ, Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail.
  8. Surat Al Baqoroh ayat 126: ثُمَّ اَضْطَرُّهٗٓ اِلٰى عَذَابِ النَّارِ, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka .
  9. Surat Al Baqoroh ayat 136: قُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَآ اُنْزِلَ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَمَآ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَآ اُوْتِيَ النَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْۚ, Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka.
  10. Surat Al Baqoroh ayat 142: يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ , Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.
  11. Surat Al Baqoroh ayat 187: اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ, Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu.
  12. Surat Al Baqoroh ayat 188: وَتُدْلُوْا بِهَآ اِلَى الْحُكَّامِ , dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim.
  13. Surat Al Baqoroh ayat 195: وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri.
  14. Surat Al Baqoroh ayat 196: فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ, maka barangsiapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat.
  15. Surat al Baqoroh ayat 210: وَاِلَى اللّٰهِ تُرْجَعُ الْاُمُوْرُ, Dan kepada Allah-lah segala perkara dikembalikan.
  16. Surat Al Baqoroh ayat 213: وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ, Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.
  17. Surat Al Baqarah ayat 221: اُولٰۤىِٕكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ, Mereka mengajak ke neraka.
  18. Surat Al Baqarah ayat 240: وَالَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَيَذَرُوْنَ اَزْوَاجًاۖ وَّصِيَّةً لِّاَزْوَاجِهِمْ مَّتَاعًا اِلَى الْحَوْلِ غَيْرَ اِخْرَاجٍ, Dan orang-orang yang akan mati di antara kamu dan meninggalkan istri-istri, hendaklah membuat wasiat untuk istri-istrinya, (yaitu) nafkah sampai setahun tanpa mengeluarkannya (dari rumah).
  19. Surat Al Baqarah ayat 243: اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ خَرَجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ وَهُمْ اُلُوْفٌ حَذَرَ الْمَوْتِۖ, Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang keluar dari kampung halamannya, sedang jumlahnya ribuan karena takut mati?
  20. Surat Al Baqarah ayat 246: اَلَمْ تَرَ اِلَى الْمَلَاِ مِنْۢ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ مِنْۢ بَعْدِ مُوْسٰىۘ, Tidakkah kamu perhatikan para pemuka Bani Israil setelah Musa wafat.
  21. Surat Al Baqarah ayat 257: اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ, Allah pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman).
  22. Surat Al Baqarah ayat 259: فَانْظُرْ اِلٰى طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ , Lihatlah makanan dan minumanmu.
  23. Surat Al Baqarah ayat 275: وَاَمْرُهٗٓ اِلَى اللّٰهِ, dan urusannya (terserah) kepada Allah.
  24. Surat Al Baqarah ayat 280: وَاِنْ كَانَ ذُوْ عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ اِلٰى مَيْسَرَةٍ, Dan jika (orang berutang itu) dalam kesulitan, maka berilah tenggang waktu sampai dia memperoleh kelapangan.
  25. Surat Al Baqarah ayat 281: وَاتَّقُوْا يَوْمًا تُرْجَعُوْنَ فِيْهِ اِلَى اللّٰهِ, Dan takutlah pada hari (ketika) kamu semua dikembalikan kepada Allah.

Baca juga: Huruf Hijaiyah Yang Tidak Bisa Disambung.

Itulah kumpulan contoh kalimat huruf jar ila di dalam Al Quran beserta surat, ayat dan artinya.

Di kesempatan lain, insya Allah akan saya tuliskan contoh huruf jar kaf dalam ayat Al Quran, contoh isim majrur, contoh amil nawasikh, contoh huruf jar lam, beserta contoh huruf khafadh lain dan artinya.

Mudah-mudahan artikel Contoh Kalimat Huruf Jar Ila Dalam Al Quran Dan Artinya ini bermanfaat. Baca juga: Apa Itu Huruf dalam Bahasa Arab?