Beranda » Pendidikan » 5 Cara Bekerja Sama Saat Melaksanakan Tugas Piket Membersihkan Kelas

5 Cara Bekerja Sama Saat Melaksanakan Tugas Piket Membersihkan Kelas

Cara Bekerja Sama Saat Melaksanakan Tugas Piket Membersihkan Kelas
<

jumanto.com – Jelaskan Cara Bekerja Sama Saat Melaksanakan Tugas Piket Membersihkan Kelas! Piket kelas adalah salah satu contoh kerja sama di sekolah yang banyak diterapkan mulai dari tingkat SD kelas 1 hingga kelas 6, SMP kelas 7 8 9, dan SMA kelas 10 11 12.

Piket membersihkan kelas memiliki banyak manfaat, baik itu bagi kebersihan lingkungan maupun bagi orang-orang yang berada di lingkungan kelas.

Jika kelas bersih dan rapi, maka kita akan betah saat belajar di kelas, merasa nyaman, dan tentunya menjadi sehat.

Lingkungan kelas bersih bagus buat kesehatan sehingga warga kelas tidak mudah terkena penyakit.

Kelas yang bersih dan nyaman juga akan memudahkan siswa untuk fokus terhadap pelajaran sehingga apa yang diajarkan guru lebih mudah masuk.

Dan tentu saja, manfaat lain bekerja sama saat melaksanakan tugas piket membersihkan kelas akan melatih siswa untuk berbagi tanggung jawab dan saling peduli satu sama lainnya.

Cara Kerja Sama Saat Tugas Piket Membersihkan Kelas

Tugas membersihkan kelas adalah tugas bersama, bukan hanya tugas ketua kelas, atau seksi kebersihan, atau penjaga kebersihan sekolah.

Tata cara bekerja sama untuk membersihkan ruang kelas pada saat piket bisa dilakukan dengan banyak cara seperti:

1. Membuat jadwal piket kelas

Langkah pertama yang harus dilakukan saat siswa akan bekerja sama membersihkan kelas adalah, membuat jadwal piket kelas.

Jadwal piket bisa dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Word, Excel, Power Point, atau aplikasi desain grafis seperti Adobe Ilustrator, Photoshop, dan Corel Draw.

Untuk kemudahan sih gunakan saja aplikasi yang mudah dan sering digunakan yaitu Microsoft Word, kecuali kalian sudah mahir Photoshop dan lainnya.

Setelah jadwal piket diatur, maka tugas-tugas untuk membersihkan kelas dari hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat hingga Sabtu pun jadi jelas.

2. Membuat pembagian tugas di antara tim-tim piket

Jadwal piket akan membagi penugasan piket ke dalam 6 tim atau 5 tim jika sekolah sampai Jumat.

Masing-masing tim piket sesuai dengan jadwal harinya, bisa merinci lagi pembagian tugas masing-masing anggota piketnya.

Bisa menunjuk ketua tim piket untuk mengaturnya, atau natural saja secara diskusi.

Pembagian tugas akan menentukan Si A harus apa, si B harus apa, si C harus apa dan seterusnya.

Misalkan, ada yang menyapu, ada yang mengepel, ada yang mengelap jendela, ada yang membersihkan meja, membersihkan papan tulis, dan sebagainya.

3. Rolling pembagian tugas

Agar penugasan merata dan tidak bosan, tugas masing-masing orang juga bisa dirolling.

Misalkan si A mingu ini menyapu, minggu depan membersihkan kaca, minggu depannya lagi membersihkan meja, dan sebagainya.

Demikian juga dengan anggota lainnya.

Atau bisa juga jadwal piketnya diputar, dari hari ke hari digilir.

4. Membuat jadwal piket bersama-sama

Cara bekerja sama saat melaksanakan tugas piket membersihkan kelas selanjutnya bisa dengan membuat jadwal piket bersama sebulan sekali atau 3 bulan sekali.

Jadi, siswa satu kelas bekerja sama semua membersihkan ruangan kelas dan lingkungannya tanpa terikat jadwal piket mingguan.

Kegunaanya, salah satunya untuk menciptakan kebersamaan semua siswa.

Bisa juga melibatkan wali kelas agar lebih merasa satu keluarga.

5. Membuat sanksi bagi yang tidak melaksanakan piket

Di dalam satu kelas, bisa saja ada siswa yang malas, tidak mau membersihkan kelas, padahal sudah diberikan jadwal piket.

Untuk mengatasinya, ketua kelas bisa memimpin musyawarah untuk membuat peraturan tentang piket kelas.

Jika ada yang tidak mau melakukan kerja sama piket di kelas, bisa dikenakan sanksi, misalkan harus membersihkan kelas sendirian di hari tertentu, atau sanksi lainnya.

Akhir Kata

Ada cukup banyak cara untuk melaksanakan tugas piket membersihkan ruangan kelas yang bisa dilakukan, silakan berdiskusi dengan teman-teman di kelas.

Jika ada yang ingin kalian tanyakan, bisa sampaikan di kolom komentar. Demikian artikel tentang 5 Cara Bekerja Sama Saat Melaksanakan Tugas Piket Membersihkan Kelas mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Arti Kata Well Done Dalam Bahasa Indonesia.