Beli Tiket Kereta Tanpa KTP, Penggantinya Kartu Identitas Apa?

jumanto.com – Dari pengalaman saya mengurus pembuatan EKTP, terkesan Disdukcapil kurang welcome jika kita mengurus sendiri tidak lewat calo atau lewat jalur belakang. Oleh karena itu wajar jika banyak orang belum punya EKTP, dan saat mau pesan tiket kereta api via Traveloka, KAI Access, JD.ID, atau marketplace lain, bertanya bisakah beli tiket kereta tanpa KTP?

Jika kita bisa beli tiket kereta api tanpa KTP, lalu dokumen apa yang harus kita bawa saat kita memesan tiket kereta dan saat boarding pass di stasiun?

Apakah memungkinkan bagi seseorang untuk beli tiket kereta tanpa identitas sama sekali semisal SIM, kartu pelajar, kartu pegawai, kartu taspen, kartu pensiun, dan identitas lainnya?

Lalu bisakah naik kereta api menggunakan fotokopi KTP saat ditunjukkan ke petugas di stasiun keberangkatan?

KTP sendiri merupakan dokumen pokok kependudukan yang akan selalu dipakai di mana saja kita berada.

Saat mau berobat menggunakan BPJS Kesehatan, petugas Puskesmas atau Rumah Sakit akan meminta kartu KTP juga.

Saat mau naik pesawat, petugas boarding akan meminta KTP sebagai dokumen kelengkapan.

Saat mau membuka rekening tabungan di bank, mengurus kartu ATM yang hilang, mengurus buku tabungan yang hilang, mengurus internet banking dan sms banking di CS bank, semuanya membutuhkan dokumen EKTP.

Oleh karena itu, setiap penduduk Indonesia memang harus memiliki EKTP, yang sayangnya pemerintah dalam melayani pembuatan EKTP justru terkesan setengah-setengah.

Seandainya Disdukcapil di seluruh Indonesia buka di hari Sabtu dan Minggu, tentu akan lebih mudah bagi siapa saja mengurus pembuatan EKTP dan dokumen kependudukan lainnya, seperti KK, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.

Layanan jemput bola dalam pembuatan EKTP juga sudah semestinya diterapkan di Disdukcapil, terutama Disdukcapil Pesawaran, tempat saya tinggal hehehe.

Beli Tiket Kereta Api Tanpa KTP Asli

Beli Tiket Kereta Tanpa KTP, Penggantinya Kartu Identitas Apa
Beli Tiket Kereta Tanpa KTP Asli

Booking tiket kereta api kini makin mudah karena tempat beli kereta api makin banyak, bisa secara online maupun secara offline.

Selain membeli tiket kereta api langsung di stasiun, kita sekarang bisa pesan tiket kereta api online di Indomaret, Alfamart, dan juga lewat marketplace macam Shopee, Blibli, JD.ID, KAI Access, Traveloka, Tiket.com, dan situs pemesanan tiket kereta api lainnya.

Baca: Cara Beli Tiket Kereta Api Lewat Indomaret.

Nah, pada saat memesan tiket kereta api online, di situ kita diharuskan untuk mengisi form mulai dari nama, NIK, atau nomor kartu identitas, alamat email, hp, alamat, dan sebagainya.

Pada saat mengisi form tersebut, kita tidak peduli apakah menggunakan KTP asli atau Fotokopi KTP. Yang penting adalah nomor kartu identitas.

Jadi, pada saat membeli tiket kereta api, meskipun tanpa KTP asli atau menggunakan fotokopi KTP, tidak ada masalah sama sekali, yang penting nomor kartu identitas benar, nama yang tertulis sesuai dengan identitas.

Kalau cuma pesan tiket saja, beli tiket kereta tanpa ktp bisa banget dilakukan sama sekali gak ada masalah.

Yang biasanya jadi masalah justru pada saat boarding di stasiun jika tidak membawa KTP

Sama seperti ketika kita naik pesawat, saat naik kereta api pun setelah mencetak tiket boarding, lalu akan masuk ke stasiun, tiket kereta kita akan dicek oleh petugas PT KAI.

Saat mengecek itu, petugas akan meminta KTP juga.

Nah, pada saat pesan tadi, tidak masalah menggunakan Fotokopi EKTP.

Tapi, pada saat boarding, mau masuk ke stasiun, EKTP asli harus kalian tunjukan ke petugas.

Jika menggunakan fotokopi EKTP, bisa jadi akan ditolak oleh petugas. Kecuali dapat petugas yang baik hati, mungkin tetap tidak ada masalah.

Sebagai alternatifnya, jika EKTP hilang dan kalian tidak bisa menunjukkan KTP ke petugas saat mau naik kereta api, silakan tunjukan identitas lainnya, bisa SIM, Akta Kelahiran, KK, dan pengganti KTP lainnya untuk naik kereta.

Yang paling penting, antara nama dan kartu identitas harus nyambung, jangan sampai nama di tiket Joni, tapi nama di kartu Identitas Putri, pasti bakal ditolak mentah-mentah sama pegawai KAI hehehe.

Cara Beli Tiket Kereta Api Tanpa KTP

Jika kalian tidak memiliki EKTP, lalu ingin memesan tiket kereta api tanpa KTP, saran saya gunakan kartu identitas yang ada foto dan nomornya, seperti SIM.

Pada saat memesan tiket kereta, masukkan nama sesuai dengan nama di SIM tadi, persis, kalau ada gelar ya kasih gelar, biar gak masalah di kemudian hari.

Setelah itu, saat disuruh memasukkan nomor kartu identitas, masukkan Nomor SIM tadi.

Jangan lupa isi alamat email dan nomor HP yang aktif dan benar, karena keduanya digunakan jika ada pembatalan, keterlambatan, atau informasi lain seputar perjalanan menggunakan kereta kalian.

Nah, pada saat mau masuk stasiun, setelah cetak tiket di mesin counter check in, silakan bawa tiket dan tunjukkan SIM tadi sebagai pengganti KTP untuk naik kereta api.

Jika antara nama, nomor identitas, dicocokkan dengan kartu idenitas yang dibawa cocok, maka saya yakin tidak akan ada masalah.

Atau bisa juga menggunakan passpor sebagai pengganti KTP saat membeli tiket kereta api.

Dengan menggunakan kartu identitas pengganti KTP, tidak membawa KTP di stasiun pun tidak masalah karena kalian sudah membawa pengganti KTP untuk naik kereta.

Dokumen identitas juga bermanfaat saat kalian naik kereta lupa bawa KTP, biasanya dengan menggunakan SIM atau sejenisnya, kalian masih bisa naik ke kereta juga. Dibandingkan fotokopi KTP, SIM Asli tentu lebih valid datanya.

Sedangkan untuk anak kecil, pesan tiket kereta api untuk anak tentu saja tanpa KTP karena mereka belum punya.

Jika punya KIA, kalian bisa memakai KIA tadi. Jika tidak punya, nomor identitas di pemesanan tiket kereta bisa diisi dengan tanggal lahir lengkap.

Jadi cara pesan tiket kereta api untuk anak dibawah 17 tahun sama saja dengan dewasa, hanya saja nomor identitas diisi saja tanggal lahir.

Kecuali sudah punya KIA tadi.

Boarding kereta api untuk anak pun tentu saja tanpa KTP. Dari pengalaman saya boarding tiket kereta, kalau anak tidak diminta identitas, yang penting identitas orang tua sudah cocok.

Nah, dengan demikian, jika dompet kalian hilang di KRL sehingga KTP hilang, atau hilang di tempat lain, kalian bisa menggunakan dokumen pengganti KTP.

Perlu diketahui juga tiket kereta tidak bisa diganti orang lain karena namanya pasti beda.

Mudah-mudahan informasi Beli Tiket Kereta Tanpa KTP Beserta Dokumen Penggantinya ini membantu. Baca juga: Harga Tiket Kerata Api Jakarta Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *