Asyhadualla Ilaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah Arab dan Artinya

By | March 26, 2019

jumanto.com – Mari mengenal tulisan arab Asyhadualla Ilaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah dan Artinya. Kalimat ini sering disebut dengan dua kalimat syahadat atau syahadatain. Terdiri atas syahadat tauhid dan syahadat rasul. Kalimat tauhid ada di dalam tulisan ashadualla ilahailallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah arab. Kalimat ini juga sering diucapkan dalam redaksi lain yaitu: asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.

Bacaan dua kalimat syahadat juga terkadang diucapkan dengan versi lain yang lebih lengkap yaitu asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh. Doa ini biasanya kita ucapkan setelah kita berwudhu.

Ashadualla ilahailallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah dalam tulisan arab sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Saat kita belajar doa tahiyyat awal atau tasyahud akhir, di situ kita akan mempelajari juga dua kalimat syahadat yang termaktub di dalam bacaan tasyahud awal dan akhir.

Orang yang setiap harinya minimal menjalankan 5 shalat waktu, di luar shalat sunnah yang dilakukan, maka minimal mengucapkan 9 kali dua kalimat syahadat:

  • dua kali kalimat syahadat saat shalat dzuhur
  • dua kali kalimat syahadat saat shalat ashar
  • dua kali kalimat syahadat saat shalat maghrib
  • dua kali kalimat syahadat saat shalat isya
  • satu kali syahadat dalam shalat subuh

Namun jika orang Islam tidak pernah melakukan shalat wajib, maka mungkin tidak pernah mengucapkan ashhadu alla ilaha illallah, wa ashhadu anna muhammad rasulullah dalam kesehariannya.

Lafadz ashhadu alla ilaha illallah muhammad rasulullah ini berisi persaksian dan pengakuan kita bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang wajib disembah dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah rasul Allah.

Tulisan Arab Asyhadualla Ilaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah dan Artinya

Kalimat di atas dalam keislaman biasa disebut dengan dua kalimat syahadat. Makna syahadat artinya persaksian. Kurang lebih, jika diterjemahkan, dua kalimat syahadat adalah dua kalimat persaksian, yaitu persaksian dari umat Islam tentang Tuhan dan RasulNya.

Dalam transliterasi, kita menggunakan huruf sy untuk menuliskan huruf hijaiyah ش, sedangkan dalam bahasa Inggris menggunakan transliterasi sh untuk huruf  ش.

Makanya di sini kita menuliskannya dalam huruf latin menggunakan asyhadu. Jika dalam bahasa Inggris, biasa dituliskan ashhadu an la ilaha illallah atau ashhadu alla ilaha illallah.

Sama halnya tulisan latin insya Allah, di mana kita menggunakan sya, sementara orang luar sana menggunakan sha.

Adapun lafadz syahadat (asyhadu an laa ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah) dalam tulisan arab adalah sebagai berikut:

اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Gambar bacaan tulisan dua kalimat syahadat lengkap:

gambar tulisan arab Asyhadualla Ilaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah dan Artinya
Gambar Tulisan Syahadatain

Macam-macam syahadat: syahadat tauhid dan syahadat rasul, ini arti syahadat yang sebenarnya

Seperti telah disebutkan di awal tulisan, bahwa kalimat dua syahadat ini terdiri atas dua macam, yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul.

Syahadat tauhid artinya persaksian mengEsakan Allah, sementara syahadat rasul adalah persaksian atas utusan Allah, yaitu Nabi Muhammad. 

Dua kalimat syahadat juga biasa disebut dengan syahadatain.

Syahadat tauhid yaitu Asyhadu Alla Ilaha Illallah

Atau jika dituliskan dalam tulisan arab yaitu: اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ dengan makna:

  • اَشْهَدُ  artinya aku bersaksi
  •  اَنْ artinya bahwasannya
  •  لَا artinya Tiada
  •  اِلٰهَ artinya Tuhan
  •  اِلَّا artinya Kecuali
  •  اللهُ Allah

Jadi jika diterjemahkan, kalimat syahadat tauhid di atas kurang lebih artinya “Aku bersaksi bahwa Tiada Tuhan Kecuali Allah.

Sedangkan syahadat rasul adalah waasyhadu anna muhammadar rasulullah

syahadat rasul وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ yang diterjemahkan sebagai berikut:

  • وَاَشْهَدُ  artinya dan aku bersaksi
  • اَنَّ  artinya bahwa sesungguhnya
  • مُحَمَّدًا  artinya Muhammad
  • رَسُوْلُ اللهِ artinya utusan Allah

“Dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah utusan Allah”

Kesimpulan

Dua kalimat syahadat atau syahadatain terdiri atas syahadat tauhid dan syahadat rasul. Asyhadu alla ilaha illallah adalah syahadat rasul, wa asyhadu anna muhammadar rasulullah adalah syahadat rasul.

Arti dari dua kalimat syahadat kurang lebih “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah

Syahadatain adalah syarat seseorang untuk masuk Islam. Orang yang mau masuk Islam harus mengucapkan dua kalimat syahadat.

Demikian Tulisan Arab Asyhadu  alla Ilaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah dan Artinya. Baca juga: Tulisan Arab Astaghfirullah dan Artinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *