Alamat Stasiun Lempuyangan Jogja, Dekat Hotel Dan Tempat Wisata

jumanto.com – Alamat Stasiun Lempuyangan. Banyak wisatawan terutama backpakcer yang turun di Stasiun Lempuyangan Jogja saat mau mengeksplore berbagai obyek wisata yang ada di Jogja. Alamat Stasiun Lempuyangan Jogja yang dekat dengan Malioboro, serta berbagai penginapan murah di sana, menjadi salah satu alasannya, selain alasan kereta ekonomi Jakarta Jogja yang turun di Stasiun ini.

Lokasi Stasiun Lempuyangan Jogja sendiri cukup strategis, masih terbilang ada di pusat kota Jogja, dekat dengan tempat wisata.

Dari Stasiun Lempuyangan ke Malioboro, tersedia berbagai moda transportasi, dari ojek, becak, taksi online dan taksi konvensional, travel, hingga bus Trans Jogja.

Baca: Waktu Tempuh dari Lempuyangan ke Malioboro.

Sejarah Stasiun Lempuyangan Yang Dekat Hotel dan Tempat Wisata

Lokasi Stasiun Lempuyangan Jogja juga tidak jauh dari Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu, sekitar 3 km saja.

Kedua stasiun ini merupakan dua stasiun utama di dalam kota Yogyakarta.

Stasiun Lempuyangan sendiri dikenal sebagai stasiun kereta api ekonomi, berbeda dengan stasiun Yogya yang merupakan tempat pemberhentian kereta bisnis dan eksekutif juga.

Saya sendiri sudah beberapa kali berhenti di Stasiun Lempuyangan dari Jakarta.

Pernah naik kereta Gajah Wong, lalu kereta api ekonomi yang dulu harga tiketnya cuma 40 ribu dari Jakarta ke Jogja (kalau gak salah Kereta Bengawan), dan beberapa perjalanan kereta api ekonomi Jakarta Jogja lainnya.

Stasiun Lempuyangan Jogja berdasarkan daerah operasinya masuk ke dalam wilayah DAOP VI Yogyakarta.

Menurut sejarahnya, Stasiun Lempuyangan Jogja didirikan pada tahun 1872, itu artinya sudah hampir 150 tahun stasiun ini berdiri di kota Yogyakarta.

Jadwal Stasiun Lempuyangan didominasi oleh jadwal kereta api lokal, kereta api commuter, serta kereta api ekonomi AC dan ekonomi dengan tujuan dari dan ke Jakarta, Bandung, Solo, Kediri, dan Surabaya.

Stasiun Lempuyangan Jogja sendiri saat ini memiliki 11 jalur, cukup banyak bukan fasilitas yang dimiliki oleh Stasiun Lempuyangan ini.

Baca juga: Dari Lempuyangan Ke Borobudur.

Alamat Stasiun Lempuyangan Jogja Berada Di Jalan Lempuyangan, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55211

Di depan pintu keluar Stasiun Lempuyangan, merupakan jalan satu arah sehingga jika membawa kendaraan sendiri harus berhati-hati agar tidak terkena overboden.

Begitu keluar dari pintu keluar Stasiun Lempuyangan, arah kendaraan adalah ke arah kiri. Kalau jalan kaki, bisa ke arah kanan.

Nah, untuk kalian yang mau naik taksi dan ojek online dari Stasiun Lempuyangan, kalian mesti jalan kaki ke tempat yang aman buat naik Gojek, Grab, GoCar dari Stasiun Lempuyangan.

Sebagai panduan: begitu keluar dari Stasiun Lempuyangan, kalian menyeberang jalan lalu jalan kaki ke arah kanan, atau langsung jalan kaki ke arah kanan, sekitar 100 meteran.

Nanti di situ akan ada persimpangan jalan, dengan Tugu Lilin Orange di sana.

Di sinilah lokasi aman naik taksi dan ojek online dari Stasiun Lempuyangan yang biasa direkomendasikan oleh driver.

Ada pangkalan Gojek dan Grab di sini. Silakan lihat peta map lokasi tempat naik gojek dan grab yang aman di Stasiun Lempuyangan di bawah ini:

Alamat Stasiun Lempuyangan Jogja, Dekat Hotel Dan Tempat Wisata
Alamat Stasiun Lempuyangan Dan Tempat Naik Ojek Online yang Aman

Fasilitas stasiun lempuyangan sendiri cukup lengkap: ada mushola, tempat duduk ruang tunggu kereta, dan tentu saja dilengkapi fasilitas transportasi dari Stasiun Lempuyangan ke berbagai tujuan di kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Jika mau membeli tiket kereta langsung di stasiun, silakan ke loket penjualan tiket.

Untuk fasilitas penginapan sendiri, banyak hotel dekat stasiun lempuyangan yang pas di kantong para backpakcer.

Silakan cari penginapan kalian menggunakan: 5 Aplikasi Pemesanan Hotel Termurah dan Terbaik.

Kalian bisa menemukan banyak hostel backpacker di sana.

Beberapa tempat wisata dekat stasiun lempuyangan di antaranya ada Tamansari, Tugu Nol Kilometer, kawasan wisata belanja Malioboro, Keraton Jogja, Alun-alun Kidul dan Alun-alun Utara, dan beberapa obyek wisata menarik lainnya.

Jika ingin ke Bandara Jogja dari Stasiun Lempuyangan, wisatawan bisa memanfaatkan moda transportasi Trans Jogja yang murah meriah.

Demikian informasi Alamat Stasiun Lempuyangan Jogja yang Dekat Hotel Dan Tempat Wisata. Baca juga: Wisata Malam Hari di Malioboro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *