Beranda » Agama » Bahasa Arab » Nahwu » Belajar Kitab Jurumiyah Bab Alamat I’rob (Ma’rifat Alamatil I’rob)

Belajar Kitab Jurumiyah Bab Alamat I’rob (Ma’rifat Alamatil I’rob)

Belajar Kitab Jurumiyah Bab Alamat I'rob (Ma'rifat Alamatil I'rob)
<

jumanto.com – Belajar kitab jurumiyah bab alamat i’rob. Pada materi-materi sebelumnya kita telah belajar pengertian kalam, pembagiannya, beserta tanda-tandanya. Lalu di bab selanjutnya, kita telah membahas apa itu i’rob dan macam-macamnya.

Untuk membuka materi kali ini, akan saya ulas sedikit mengenai i’rab.

I’rob adalah perubahan akhir kata dalam Bahasa Arab, baik secara lafadz maupun taqdiri, disebabkan karena ada perbedaan ‘amil yang masuk padanya.

Fokusnya adalah ke perubahan akhir kata.

I’rob terbagi menjadi 4 yaitu rofa’, nashob, jer / khofadh, dan jazm.

I’rob jer hanya masuk pada kalimat isim dan i’rob jazm hanya masuk pada kalimat fi’il.

Sedangkan rofa’ dan nashob bisa masuk kepada keduanya.

Matan Kitab Jurumiyah Bab Alamat I’rob

Berikut ini teks matan kitab jurumiyah bab ma rifat alamatil i rob.

بَابُ مَعْرِفَةِ عَلَامَاتِ اَلْإِعْرَابِ

لِلرَّفْعِ أَرْبَعُ عَلَامَاتٍ : الضمة ، والواو وَالْأَلِفُ, وَالنُّونُ

فَأَمَّا اَلضَّمَّةُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي أَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ فِي اَلِاسْمِ اَلْمُفْرَدِ, وَجَمْعِ اَلتَّكْسِيرِ, وَجَمْعِ اَلْمُؤَنَّثِ اَلسَّالِمِ, وَالْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ اَلَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ

وَأَمَّا اَلْوَاوُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي مَوْضِعَيْنِ فِي جَمْعِ اَلْمُذَكَّرِ اَلسَّالِمِ, وَفِي اَلْأَسْمَاءِ اَلْخَمْسَةِ, وَهِيَ أَبُوكَ, وَأَخُوكَ, وَحَمُوكَ, وَفُوكَ, وَذُو مَالٍ

وَأَمَّا اَلْأَلِفُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي تَثْنِيَةِ اَلْأَسْمَاءِ خَاصَّةً

وَأَمَّا اَلنُّونُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي اَلْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ, إِذَا اِتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ تَثْنِيَةٍ, أَوْ ضَمِيرُ جَمْعٍ, أَوْ ضَمِيرُ اَلْمُؤَنَّثَةِ اَلْمُخَاطَبَةِ.

وَلِلنَّصْبِ خَمْسُ عَلَامَاتٍ: الْفَتْحَةُ، وَالْأَلِفُ، وَالْكَسْرَةُ، وَاليَاءُ، وَحَذْفُ النُّونِ.

فَأَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُونُ عَلَامةً لِلنَّصْبِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ، وَجَمْعِ التَّكْسِيرِ، وَالْفِعْلِ الْمُضَارِعِ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ وَلَمْ يَتَّصِلْ بِآَخِرِهِ شَيْءٌ.

وَأَمَّا الْأَلِفُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ، نَحْوَ: “رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ” وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ.

وَأَمَّا الْكَسْرَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ.

وَأَمَّا الْيَاءُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصبِ فِي التَّثْنِيَةِ وَالْجَمْعِ.

وَأَمَّا حَذْفُ النُّونِ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ.

وَلِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ الْكَسْرَةُ، وَالْيَاءُ، وَالْفَتْحَةُ

فَأَمَّا الْكَسْرَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ الْمُنْصَرِفِ، وَجَمْعِ التَّكْسِيرِ الْمُنْصَرِفِ، وَفِي جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ.

وَأَمَّا الْيَاءُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ، وَفِي التَّثْنِيَةِ، وَالْجَمْعِ.

وَأَمَّا الْفَتْحَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِي لَا يَنْصَرِفُ.

وَلِلْجَزْمِ عَلَامَتَانِ: السُّكُونُ، وَالْحَذْفُ.

فَأَمَّا السُّكُونُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الصَّحِيحِ الْآَخِرِ.

وَأَمَّا الْحَذْفُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الْمُعْتَلِّ الْآَخِرِ، وَفِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ

alamat i'rob rofa nashob jer jazm
gambar diagram alamat i’rob rofa nashob jer jazm

Alamat I’rob Rofa

لِلرَّفْعِ أَرْبَعُ عَلَامَاتٍ : الضمة ، والواو وَالْأَلِفُ, وَالنُّونُ

I’rob rofa’ memiliki 4 tanda:

  • Dhommah.
  • Wawu.
  • Alif.
  • Nun.

1. Dhommah

Dhommah adalah alamat paling pokok dari i’rob rofa.

Atau ulama nahwu mengatakan sebagai tanda asli.

فَأَمَّا اَلضَّمَّةُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي أَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ فِي اَلِاسْمِ اَلْمُفْرَدِ, وَجَمْعِ اَلتَّكْسِيرِ, وَجَمْعِ اَلْمُؤَنَّثِ اَلسَّالِمِ, وَالْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ اَلَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ

Adapun dhommah, dia menjadi tanda bagi rofa’ dalam 4 tempat:

  • Isim mufrod. Contohnya: جَاءَ مُسْلِمٌ, telah datang seorang Muslim.
  • Jamak taksir. Contohnya: جَاءَ رِجَالٌ. Para lelaki telah datang.
  • Jamak muannats salim. Contohnya: جَاءَ مُسْلِمَاتٌ. Para muslimah telah datang.
  • Fi’il mudhori’ yang akhirnya tidak bertemu dengan sesuatu. Contohnya: يَنْصُرُ, dia telah menolong.

Mayoritas, i’rob rofa menggunakan dhommah sehingga disebut alamat asli i’rab rofa’.

2. Wawu

وَأَمَّا اَلْوَاوُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي مَوْضِعَيْنِ فِي جَمْعِ اَلْمُذَكَّرِ اَلسَّالِمِ, وَفِي اَلْأَسْمَاءِ اَلْخَمْسَةِ, وَهِيَ أَبُوكَ, وَأَخُوكَ, وَحَمُوكَ, وَفُوكَ, وَذُو مَالٍ

Wawu menjadi alamat bagi rofa’ ada di dua tempat:

  • Pada jamak mudzakkar salim. Contohnya: جَاءَ الْمُسْلِمُوْنَ, para lelaki muslim telah datang.
  • Asmaul khomsah (isim yang lima), yaitu abuuka, akhuuka, hamuuka, fuuka dan dzuu maalin. Contohnya:
    • جَاءَ اَبُوْكَ, Ayahmu telah datang.
    • جَاءَ أَخُوْكَ, Saudara lelakimu telah datang.
    • جَاءَ حَمُوْكَ, Iparmu telah datang.
    • فُتِحَ فُوْكَ, mulutmu terbuka.
    • اللهُ ذُوْ الجَلَالِ. Allah adalah Dzat Yang Memiliki Keagungan.

3. Alif

وَأَمَّا اَلْأَلِفُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي تَثْنِيَةِ اَلْأَسْمَاءِ خَاصَّةً

Adapun alif dia menjadi tanda dari i’rab rofa khusus pada isim tatsniyah.

Isim tatsinyah adalah isim yang menunjukkan makna dua.

Contohnya:

جَاءَ رَجُلَانِ

Dua orang laki-laki telah datang.

4. Nun

وَأَمَّا اَلنُّونُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي اَلْفِعْلِ اَلْمُضَارِعِ, إِذَا اِتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ تَثْنِيَةٍ, أَوْ ضَمِيرُ جَمْعٍ, أَوْ ضَمِيرُ اَلْمُؤَنَّثَةِ اَلْمُخَاطَبَةِ

Adapun nun dia menjadi alamat i’rob rofa’ pada fi’il mudhari’ jika dia bersambung dengan dhomir tatsniyah, dhomir jamak, atau dhomir muannats mukhothobah.

Contohnya:

  • fi’il mudhori’ dengan dhomir tatsniyah: يَنْصُرَانِ، تَنْصُرَانِ.
  • fi’il mudhori’ dengan dhomir jamak: يَنْصُرُوْنَ، تَنْصُرُوْنَ.
  • fi’il mudhori’ dengan dhomir muannats mukhothobah, contohnya: تَنْصُرِيْنَ.

Akan lebih mudah memahaminya jika kita sudah hafal tashrif fi’il mudhari.

Fi’il mudhori’ di atas disebut dengan af’alul khomsah (fi’il yang lima).

Alamat I’rob Nashob

Alamat i’rob nashob sebagai berikut:

وَلِلنَّصْبِ خَمْسُ عَلَامَاتٍ: الْفَتْحَةُ، وَالْأَلِفُ، وَالْكَسْرَةُ، وَاليَاءُ، وَحَذْفُ النُّونِ.

I’rab nashob memiliki 5 tanda: fathah, alif, kasrah, ya dan membuang nun (hadzfun nun).

1.Fathah

Tanda asli i’rab nashob adalah fathah.

فَأَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُونُ عَلَامةً لِلنَّصْبِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ، وَجَمْعِ التَّكْسِيرِ، وَالْفِعْلِ الْمُضَارِعِ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ وَلَمْ يَتَّصِلْ بِآَخِرِهِ شَيْءٌ.

Maka adapun fathah dia menjadi tanda i’rob nashob pada 3 tempat: isim mufrod, jamak taksir, dan fi’il mudhari’ yang akhirnya tidak bertemu sesuatu jika masuk padanya ‘amil nawashib (amil yang menashobkan).

Amil nawashib di antaranya ada اَنْ، لَنْ  dan saudara-saudaranya.

Contohnya:

  • isim mufrad: رَأَيْتُ الْمُسْلِمَ. Aku telah melihat seorang Muslim.
  • jamak taksir: رَأَيْتُ النِّسَاءَ. Aku telah melihat para wanita.
  • fi’il mudhari’ yang akhirnya tidak bertemu sesuatu: اَنْ يَنْصُرَ.

2. Alif

وَأَمَّا الْأَلِفُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ، نَحْوَ: “رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ” وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ

Adapun alif dia menjadi alamat i’rob nashob pada asmaul khomsah seperti رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ dan yang serupa dengan itu.

Jadi alif hanya pada tempat: asmaul khomsah.

3. Kasroh

وَأَمَّا الْكَسْرَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ

Adapun kasroh dia menjadi alamat i’rob nashob pada jamak muannats salim.

Contohnya:

رَأَيْتُ الْمُسْلِمَاتِ

Aku telah melihat para muslimah.

4. Ya

وَأَمَّا الْيَاءُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصبِ فِي التَّثْنِيَةِ وَالْجَمْعِ

Adapun ya dia menjadi tanda i’rob nashob pada isim tatsniyah dan jamak mudzakkar salim.

Contohnya:

  • isim tatsniyah: رَأَيْتُ الْمُسْلِمَيْنِ, aku telah melihat dua orang muslim. رَأَيْتُ الْمُسْلِمَتَيْنِ, aku telah melihat dua orang muslimah.
  • jamak mudzakkar salim: رَأَيْتُ الْمُسْلِمِيْنَ, aku telah melihat para lelaki muslim.

5. Hadzfun nun (membuang nun)

وَأَمَّا حَذْفُ النُّونِ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ

Adapun pembuangan nun menjadi tanda i’rob nashob pada af’alul khomsah yang rofa’nya dengan tetapnya nun.

Contohnya:

لَنْ يَنْصُرَا، لَنْ تَنْصُرَا، لَنْ يَنْصُرُوْ، لَنْ تَنْصُرُوْ، لَنْ تَنْصُرِيْ

Alamat I’rob Jer (Khofad)

وَلِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ الْكَسْرَةُ، وَالْيَاءُ، وَالْفَتْحَةُ

I’rob khofad memiliki 3 tanda yaitu: kasrah, ya dan fathah

1. Kasrah

Tanda asli i’rob jer adalah kasrah.

فَأَمَّا الْكَسْرَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ الْمُنْصَرِفِ، وَجَمْعِ التَّكْسِيرِ الْمُنْصَرِفِ، وَفِي جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ.

Adapun kasroh dia menjadi tanda i’rob khofad dalam tiga tempat: isim mufrad munsharif, jamak taksir munshorif, dan jamak muannats salim.

Contohnya:

  • isim mufrad munshorif (kata benda tunggal yang menerima tanwin): مَرَرْتُ بِمُحَمَّدٍ.
  • jamak taksir munshorif: مَرَرْتُ بِالرِّجَالِ.
  • jamak muannats salim: مَرَرْتُ بِالْمُسْلِمَاتِ.

2. Ya

وَأَمَّا الْيَاءُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْأَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ، وَفِي التَّثْنِيَةِ، وَالْجَمْعِ.

Adapun ya maka dia menjadi tanda dari ‘irob jer pada 3 tempat: asmaul khomsah, isim tatsniyah dan jamak mudzakkar salim.

Contohnya:

  • asmaul khomsah: مَرَرْتُ بِاَبِيْكَ وَاَخِيْكَ وَحَمِيْكَ وَذِيْ مَالٍ.
  • isim tatsniyah: مَرَرْتُ بِالْمُسْلِمَيْنِ وَالْمُسْلِمَتَيْنِ.
  • jamak mudzakkar salim: مَرَرْتُ بِالْمُسْلِمِيْنَ.

3. Fathah

وَأَمَّا الْفَتْحَةُ: فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِي لَا يَنْصَرِفُ

Adapun fathah dia menjadi tanda i’rab jer pada isim yang tidak menerima tanwin (isim ghairu munsharif).

Contohnya:

مَرَرْتُ بِاَحْمَدَ وَفَاطِمَةَ

Alamat I’rob Jazm

وَلِلْجَزْمِ عَلَامَتَانِ: السُّكُونُ، وَالْحَذْفُ.

I’rob jazm memiliki dua tanda: sukun dan hadzf (pembuangan)

1. Sukun

 

فَأَمَّا السُّكُونُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الصَّحِيحِ الْآَخِرِ

Adapun sukun menjadi tanda bagi i’rab jazm pada fi’il mudhari’ yang shahih akhir.

Fi’il mudhari’ shahih akhir adalah fi’il mudhari yang akhirnya bukan berupa huruf ‘illat (ا، ي، و).

Contohnya:

لَمْ يَنْصُرْ

2. Hadzf (pembuangan)

وَأَمَّا الْحَذْفُ فَيَكُونُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الْمُعْتَلِّ الْآَخِرِ، وَفِي الْأَفْعَالِ الْخَمْسَةِ الْتِي رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّونِ

Adapun pembuangan menjadi alamat i’rob jazm pada fi’il mudhari mu’tal akhir dan af’alul khomsah yang rofa’nya dengan tetapnya nun.

Fi’il mudhari mu’tal akhir adalah fiil mudhari yang akhirnya berupa huruf illat, contohnya: يَخْشَى.

Contohnya hadzf:

  • membuang nun pada af’alul khomsah: لَمْ يَنْصُرَا.
  • membuang huruf illat pada Fi’il mudhari mu’tal akhir, contohnya لَمْ يَخْشَ.

Itulah materi lengkap kitab jurumiyah bab alamat i’rob.

Baca juga: pembagian isim.

Kesimpulan Alamat I’rob

  • Tanda asli i’rob rofa’ adalah dhommah.
  • Tanda asli i’rob nashob adalah fathah.
  • Tanda asli i’rob jer adalah kasroh.

Itu adalah tanda yang paling banyak digunakan dalam Bahasa Arab.

Demikian penjelasan lengkap tentang Kitab Jurumiyah Bab Alamat I’rob (Ma’rifat Alamatil I’rob). Baca juga: materi nahwu shorof dasar.