Friday, June 7, 2019

author photo
jumanto.com - Minuman dan Makanan Khas Garut. Dodol Garut adalah oleh-oleh khas Garut yang paling terkenal, selain souvenir batik khas Garut dan kerajinan atau souvenir khas Garut lainnya yang bisa didapatkan di pusat oleh-oleh Khas Garut. Namun, berbicara soal kuliner, minuman dan makanan khas Garut ternyata masih banyak yang mungkin belum kita ketahui padahal banyak makanan khas Jawa Barat atau sunda yang enak untuk dinikmati.

Tak cuma kaya dengan berbagai tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan, Garut juga punya sajian masakan khas yang menggoyang lidah, tempat makan yang lagi hits, tempat nongkrong asyik di malam hari, dan cemilan khas buat oleh-oleh dibawa pulang.

Yang khas dari Garut tentu saja tidak boleh lupa untuk dibawa pulang, buat bagi-bagi ke tetangga atau ke teman sehingga meraka pun ikut merasakana jajanan khas Garut yang kalian bawa.

Tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia kaya akan ragam budayanya, termasuk makanan tradisional setiap daerah yang beragam pula.

Keragaman Indonesia ini menghadirkan keunikan di setiap daerahnya, termasuk di Garut yang memiliki beberapa makanan khas Garut yang dapat menggugah selera kalian.

Mungkin sebagian besar dari kita hanya mengenal dodol sebagai makanan khas Garut dan rekomendasi oleh-oleh dari Garut, tapi ternyata salah satu kota di Jawa Barat ini juga memiliki deretan sajian kuliner lainnya yang gak boleh dilewatkan.

Jadi jika kalian berkunjung ke Garut, tidak ada salahnya mencicipi ragam makanan khas Garut berikut ini.

Macam-macam Aneka Kuliner Khas Garut Jawa Barat Yang Enak Untuk Dinikmati

Selain Dodol, 15 Minuman Dan Makanan Khas Garut Ini Wajib Dicoba Buat Kulineran Dan Oleh-oleh
Gambar makanan khas Garut Buroyat

1. Burayot makanan khas Garut yang wajib dicoba


Kuliner yang wajib kalian coba yang pertama adalah burayot khas Garut.

Makanan khas Garut burayot yang diambil dari bahasa Sunda dengan bentuk yang unik.

Burayot ini merupakan sejenis kue yang terdiri dari campuran gula merah yang dipadukan dengan tepung beras serta kacang tanah.

Proses pembuatan bubur ayam dimasak dengan minyak kelapa.

Untuk membuat 1 kue ini tidak memerlukan waktu lama.

Untuk menemukan camilan khas Garut yang satu ini juga tidak sulit karena biasanya ditemukan di setiap tokoh-tokoh produksi rumahan.

Sebagai contoh di Cangkuang Leles yang menjadi basis produksi budaya.

Cita rasanya sangat gurih dan enak, cocok dijadikan sebagai buah tangan.

2. Dorokdot dan Kerupuk Kulit, cemilan khas Garut dengan rasa gurih enak


Bagi kalian yang menyukai makanan gurih dan tidak terlalu manis, dorokdot dan kerupuk kulit ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh maupun camilan sendiri.

Dorokdot adalah makanan khas Garut yang dibuat dari kulit sapi dan diolah menggunakan rempah-rempah serta tidak menggunakan bahan pengawet apapun.

Sedangkan untuk varian kerupuk kulit dibuat dari kulit kerbau.

Kedua makanan ini memang memiliki proses pembuatan yang cukup lama. Karena biasanya masyarakat membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 7 hari untuk membuat dorokdot dan kerupuk kulit.

Proses yang lama tersebut karena mengolah kulit mentahnya yang tidak bisa sebentar. Kulitnya harus melalui beberapa proses yaitu di rebus, dijemur kemudian digoreng.

Saat ini sudah banyak dorokdok dan kerupuk kulit yang dibuat dengan berbagai varian rasa, mulai dari yang original hingga pedas sehingga bisa disesuaikan dengan selera kalian.

3. Makanan khas garut Endog Lewo atau Emplod, jajanan tradisional yang harus dicoba


Pernah mendengar makanan khas Garut yang satu ini? Emplod juga memiliki nama lain Endog Lewo yang artinya telur yang terbuat dari daerah Kampung Lewo.

Bahan dasar pembuatan upload ini yaitu singkong yang telah digiling dan diperas. Kemudian didiamkan selama 24 jam yang kemudian singkong tersebut dicampur dengan parutan kelapa serta berbagi bumbu.

Pembuatan emplod ini biasanya dibentuk bulatan bulatan kecil. Biasanya kalian bisa menemukan camilan khas dari yang satu ini di toko toko pusat oleh-oleh.

4. Opak, makanan ringan khas Garut dari tepung beras


Ada makanan khas Garut lainnya yang bisa kalian jadikan sebagai oleh-oleh yaitu opak.

Makanan yang dibuat dari tepung beras serta campuran bumbu-bumbu ini menjadi ciri khas suku Sunda.

Campuran antara bumbu-bumbu dan tepung beras tersebut kemudian dibuat lembaran tipis dan dijemur hingga kering dan dibakar diatas karang.

Cita rasa serta tekstur dari obat cocok dijadikan sebagai teman makan siang kalian.

5. Ladu, kue khas Garut selain Dodol Garut


Ladu juga menjadi makanan khas Garut lainnya yang tidak boleh kalian lewatkan.

Teksturnya memang mirip seperti dodol, namun tentunya lebih kasar dan lebih keras.

Ladu ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang berwarna putih yang kemudian dicampur dengan gula aren serta parutan kelapa.

Perpaduan tersebut membuat ladu memiliki cita rasa yang manis namun tidak terlalu dominan yang membedakannya dengan dodol.

Di Garut, makanan ladu ini juga memiliki nama lain Malangbong yang biasanya ditemukan di toko toko Pusat oleh-oleh.

Baca juga: Makanan Khas Ciamis yang Bikin Ngiler.

6. Rengginang, makanan khas Garut dari tepung ketan dengan varian rasa


Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengenal makanan yang bernama rengginang ini.

Rengginang ternyata menjadi makanan khas Garut loh yang terbuat dari beras ketan yang dikukus.

Dalam proses pengukusan ini dibumbui dan dibentuk bulat lalu dijemur dalam beberapa hari hingga benar-benar kering. Barulah rengginang digoreng dan dikemas sehingga bisa dijadikan sebagai buah tangan yang awet.

Rengginang memiliki tekstur yang termanis dan garing sehingga cocok dijadikan sebagai pelengkap makan siang sarapan.

Saat ini sudah banyak inovasi dari makan rengginang dengan bermunculannya aneka rasa rengginang yang tidak hanya original saja.

7. Kuliner Khas Garut Nasi Liwet Instan yang bisa buat oleh-oleh ke rumah


Nasi liwet instan menjadi sebuah makanan yang berkembang dan sebagai ciri khas kota Garut. Nasi liwet instan ini menjadi inovasi dari nasi liwet yang populer di kota Garut. Sehingga dapat dijadikan sebagai buah tangan yang cocok untuk kalian ketika berkunjung ke Garut.

Kalian bisa membelinya di toko oleh-oleh yang telah menyediakan varian nasi liwet instan dengan harga yang sangat terjangkau.

8. Moring Garutan, oleh-oleh khas Garut dari keripik cimol


Ada makanan khas Garut yang terkenal populer lainnya yaitu moring Garutan. Makanan khas Garut ini merupakan cemilan yang yang berupa keripik dan terbuat dari cimol.

Kata moring sendiri berasal dari 2 kata yaitu cimol dan kering yang dibuat dari tepung kanji yang telah dibumbui. Cimol diiris tipis-tipis dan digoreng hingga kering. Saat ini sudah banyak varian rasa dari moring Garutan mulai dari keju, pedas hingga BBQ.

9. Makanan khas garut Chocodot yang rasanya enak


Olahan makanan khas Garut ini terbuat dari kombinasi berbagai jenis coklat dengan bahan-bahan asli Garut seperti dodol, cabai, kacang, dan berbagai buah-buahan sehingga rasanya manis enak gurih pedas sesuai dengan varian rasanya.

Kuliner modern dari Garut ini cocok menjadi oleh-oleh setelah jalan-jalan ke Garut dan kalian pun bisa menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatannya.

10. Lada Hitam Negeri Mas, minuman khas Garut hangat dan menyegarkan badan


Minuman khas Garut satu ini merupakan minuman menyehatkan dengan bahan herbal dan memiliki rasa pedas serta hangat saat dikonsumsi.

Bahan utama untuk membuat lada hitam negeri mas adalah rempah-rempah, wajar jika ada rasa pedas dan hangatnya yang cocok dikonsumsi saat cuaca dingin atau malam hari.

Minuman khas Garut ini juga bisa menjadi oleh-oleh untuk kalian bawa pulang.

11. Sambal khas Garut, Sambal Cibiuk



Untuk kalian yang hobi makanan pedas, saat menikmati kuliner di rumah makan atau resto yang ada di Garut, bisa memesan sambal khas Garut ini.

Sambal Cibiuk ini banyak dijumpai di daerah Cibiuk, makanya terkenal dengan sebutan sambal Cibiuk.

Menurut mitos yang berkembang, sambal ini disebutkan berasal dari Arab sana, dan kebenarannya mungkin masih perlu diteliti lebih lanjut.

Untuk membuat sambal cibiuk ini, bahan-bahan yang digunakan biasanya terdiri atas cabai hijau, serawung, tomat hijua, dan bumbu khas lainnya.

12. Es Goyobod, minuman khas Garut yang segar dinikmati saat siang hari


Minuman khas Garut lainnya selain lada hitam adalah es boyobod, yang memiliki rasa segar dan enak banget dinikmati saat cuaca panas.

Es goyobod ini sebenarnya masih satu jenis dengan kuliner es campur hanya saja komposisinya ditambah dengan tepung kanji. Penasaran pengin coba?

13. Awug, kue tradisional Garut yang bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional


Kue tradisional Garut dari tepung beras ini dikonsumsi dengan isian gula merah sehingga rasanya manis alami, lebih enak dibandingkan menggunakan gula pasir.

Waktu paling tepat untuk menikmati kue ini adalah saat masih panas sehingga lebih terasa sedapnya.

Siapakan juga secangkir kopi atau teh sebagai teman makan hehehehe.

14. Soto Ayam Garut yang terkenal



Sajian kuliner khas Garut yang harus dicoba saat rekreasi ke Garut adalah Soto ayam Garut yang sudah cukup terkenal di kalangan traveler.

Rasanya yang nikmat dan menggoda tentu saja menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Soto ayam Garut ini juga menggunakan campuran santan kuning pekat, dicambur dengan bumbu serta rempah khas, sehingga terasa lebih gurih.

Dengan taburan kacang kedelai serta daun bawang, gurihnya jadi lebih kerasa. Mantap bukan?

15. Nasi liwet khas sunda


Kuliner khas Garut yang terakhir adalah nasi liwet khas Sunda yang memang selalu kita jumpai di Jawa Barat baik di Bandung,  Ciamis, Cirebon, dan juga daerah sunda lainnya.

Nasi liwet adalah kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat kita mampir ke warung makan atau resto yang ada di Kabupaten Garut Jawa Barat.

Nah itulah 15 makanan khas Garut yang bisa kalian cicipi ketika berkunjung ke salah satu kota di provinsi Jawa Barat ini. Makan makanan tersebut cocok dijadikan sebagai rekomendasi buah tangan yang tahan lama. Jadi pastikan kalian untuk membeli makannan-makanan khas garut tersebut ketika kalian ke kota ini. Baca juga: 10 Makanan Khas Bandung dan Penjelasannya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post