11 Minuman Dan Makanan Khas Kebumen Beserta Penjelasannya [Lengkap]

jumanto.com - Bikin Kangen, Ini Minuman dan Makanan Khas Kebumen yang Tiada Duanya. Masih ingat nggak tentang legenda Lutung Kasarung? Katanya, salah satu gua di kebumen merupakan tempat persembunyian tokoh utama legenda tersebut.

Nama tersebut adalah Goa Jatijajar yang kini ramai dikunjungi para wisatawan.

Di dalam goa tersebut terdapat beberapa patung putih yang mengisahkan lutung kasarung.

Nah, buat kalian yang berencana mengunjungi goa terpopuler di kebumen ini harus menyempatkan mencicipi makanan khas kebumen yang tiada duanya berikut ini.

Rekomendasi Makanan dan Minuman Khas Kebumen yang Bikin Lapar Mata Beserta Penjelasannya

11 Minuman Dan Makanan Khas Kebumen Beserta Penjelasannya [Lengkap]
Gambar Foto Makana Khas Kebumen Sate Ambal by akun @wijayamochi

1. Sate Ambal Kebumen, kuliner khas dengan sambal dari tempe bukan kacang


Sate adalah salah satu makanan khas di Indonesia yang banyak dijumpai di berbagai daerah.

Bumbu kacang yang lezat dan menyerap ke dalam daging membuat banyak orang menyukainya.

Selain sate Madura atau sate Padang, salah satu sate yang wajib dicoba yaitu sate ambal khas Kebumen.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan bumbu kacang, sate ambal disiram dengan sambal tempe.

Sambal tempe tersebut diolah dengan bumbu rempah yang khas dan dijamin bikin ketagihan.

Sebelum dibakar, sate ambal dimasak terlebih dahulu sehingga lebih lembut. Sampai saat ini, sate ambal menjadi menu paling dicari oleh wisatawan.

2. Soto Tamanwinangun kuliner Kebumen yang terkenal


Di Jawa Tengah, selain soto Kudus ada salah satu soto legendaris yang wajib untuk dicicipi kesegarannya.

Nama soto tersebut adalah soto tamanwinangun.

Soto ini merupakan soto khas asal Kebumen.

Kalau pada umumnya soto menggunakan daging ayam atau sapi sebagai isinya, soto tamanwinangun

Kebumen ini menggunakan daging entok (itik). Suwiran daging entok dengan kombinasi rempah-rempah pada kuah soto akan membuat makanan ini semakin gurih dan menyegarkan.

Soto tamanwinangun cocok untuk menemani dinginnya Kebumen di malam hari.

3. Yutuk Goreng yang khas banget di Kebumen


Yutuk goreng merupakan makanan khas Kebumen yang sulit ditemui di tempat lain.

Oleh karena itu, pastikan kalian mencicipinya saat bermain ke Kebumen meskipun hanya sekali.

Yutuk merupakan hewan yang hidup di pesisir laut.

Hewan ini bentuknya mirip dengan undur-undur tetapi ukurannya lebih besar dan memiliki cangkang.

Nah, Yutuk ini banyak ditemukan di pesisi pantai daerah Kebumen, tepatnya pantai Petanahan.

Yutuk biasanya digoreng biasa atau dijadikan sebagai rempeyek.

Olahan yutuk ini sangat gurih. Bahkan, masyarakat Kebumen bilang rasanya mirip rempeyek udang.

4. Nasi Penggel khas Kebumen yang harus dicicipi rasanya


Selain sate ambal, makanan khas Kebumen yang selalu menjadi incaran wisatawan adalah nasi penggel.

Nasi penggel adalah nasi campur ala Kebumen yang merakyat.

Nasi penggel ini disajikan dengan sayur gori.

Lauk pendamping yang digunakan berupa kikil atau jeroan sapi.

Dalam penyajiannya, nasi penggel ini dikepal menyerupai bola.

Nasi penggel ini dimakan di atas daun pisang sehingga lebih sedap dengan rasa yang khas.

Nasi penggel biasanya dikonsumsi di pagi hari.

Bahkan, di Kebumen nasi ini juga hanya dijumpai saat pagi hari.

5. Soto Ayam Petanahan, kuliner khas Kebumen yang enak banget


Selain soto tamanwinangun, Kebumen juga memiliki soto khas lainnya yang wajib dicoba yaitu soto ayam petanahan.

Soto petanah tidak menggunakan nasi sebagai sumber karbohidrat, melainkan menggunakan ketupat.

Soto ini memiliki kuah yang gurih dan kental dengan rasa rempah yang khas.

Pada soto ini, kalian tidak akan menjumpai soun ataupun kubis.

Soto ini hanya berisi ketupat, taoge dan suwiran ayam dengan taburan bawang goreng di atasnya.

6. Jipang Kacang, jajanan khas Kebumen dengan rasa manis


Selain makanan berat, Kebumen juga menyuguhkan makanan ringan khas yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satu cemilan yang bisa dijadikan oleh-oleh yaitu jipang kacang.

Jipang kacang ini mirip dengan jipang pada umumnya.

Hanya saja, bahan utama yang digunakan adalah kacang.

Jadi, selain bisa mendapatkan rasa manis juga akan merasakan gurih dari kacang yang digunakan.

Menariknya, makanan khas Kebumen ini masih menggunakan cara pembuatan yang tradisional untuk mempertahankan cita rasa orientalnya.

7. Lanting, cemilan khas Kebumen dengan rasa gurih enak


Lanting merupakan cemilan khas Kebumen yang cocok untuk dijadikan teman begadang selama perjalanan.

Lanting ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dibentuk bulat atau menyerupai angka 8 dan digoreng hingga matang.

Lanting ini sangat gurih dan renyah sehingga tidak perlu khawatir sakit gigi saat makan berlebihan.

Lanting tersedia dalam berbagai varian, mulai dari rasa original, bawang goreng, balado, pedas manis, keju hingga jagung bakar.

8. Sale Pisang Kebumen, oleh-oleh khas Kebumen yang tidak boleh dilewatkan


Sale pisang merupakan jajanan khas di beberapa daerah, namun tentunya setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri tak terkecuali di Kebumen.

Sale pisang Kebumen ini pengeringannya masih dilakukan secara alami sehingga lebih tahan lama. Sale pisang ini memiliki rasa legit dan manis tetapi tidak membosankan.

9. Makanan khas Kebumen Kethek, kuliner legendaris yang sudah mulai langka


Meskipun namanya terksan "jorok", tapi soal rasa gak seperti namanya kok, tenang saja.

Cara mengkonsumsi makanan khas Kebumen ini dengan dimakan bareng nasi hangat serta tempe goreng.

Bisa juga dikonsumsi bareng getuk.

Bahan dasar dari Kethek adalah blondo, yaitu perasan ambas sisa dari pembuatan minyak kelapa.

Bahan tersebut dikukus, dicampur dengan bumbu khas, dan dibungkus daun pisang.

Bumbu yang digunakan biasanya garam, cabe, kencur, gula, bawang putih dan merah, lengkuas serta daun salam.

Bisa juga ditambah pete cina.

10. Makanan khas Kebumen Golak yang mirip kuliner khas Cilacap


Sama-sama terbuat dari bahan dasar singkong, jajanan khas tradisional kebumen ini mirip dengan Gembus Cilacap.

Dibentuk menyerupai donat lalu digoreng, tentu kalian sudah bisa membayangkan rasanya.

Saat ada pertunjukan hiburan seperti wayang kulit dan kuda lumping kalian akan menjumpai orang berjualan golak ini.

Digoreng saat kalian pesan, enak banget dimakan saat baru matang.

11. Minuman khas Kebumen Es Kopyor


Es Kopyor merupakan minuman khas Kebumen yang banyak disukai masyarakat karena rasanya yang segar.

Bahan-bahannya terdiri atas agar-agar bubuk, es serut, sirup, susu kental manis, santan serta es batu.

Tentunya kalian sudah sering dong mencicipi es kopyor ini.

Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Saat Liburan ke Kebumen


Oleh oleh khas kebumen baik itu souvenir, jajanan, cemilan, dan makanan harus kalian bawa pulang setelah jalan-jalan menikmati berbagai destinasi wisata di kebumen.

Nikmati juga sajian makanan di berbagai resto dan cafe atau pondok santap, untuk mencicipi makanan khas Kebumen di sana.

Nah, itulah tadi rekomendasi makanan khas Kebumen beserta penjelasannya yang memanjakan lidah dan bisa dicicipi saat berkunjung ke kota Walet. Kira-kira mana nih yang menjadi favorit kalian? Baca juga: Makanan khas Cilacap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel