Review Pengalaman Naik Batik Air, Dapat Makan Dan Ada Hiburan?

jumanto.com - Review Pengalaman Naik Batik Air Lampung Jakarta. Bandara Lampung yang kini sudah menjadi bandara internasional melayani rute penerbangan yang makin banyak dan jadwal penerbangan bandara Lampung pun makin padat. Salah satu rute penerbangan ke Jakarta adalah dari Bandara Radin Inten II ke Bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan Batik Air. Nah, saya mau cerita, apakah naik Batik Air dapat makan? Apakah Batik Air tidak ada hiburan TV lagi?

Saya punya beberapa kali pengalaman naik Batik Air dari Lampung ke Jakarta, karena rute penerbangannya ke Bandara Halim yang dekat dengan kantor pusat BPKP.

Oleh karena itu, dibandingkan naik pesawat Lampung ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, saya lebih suka naik pesawat dari Radin Inten II Airport ke Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur.

Dari bandara Halim ke kantor pusat, tinggal naik taksi online sebentar saja, gak selama dari Cengkareng.

Untuk rute penerbangan Lampung - Halim Perdana Kusuma sendiri, sekarang sudah ada pesawat Batik Air VS Citilink.

Sebelumnya, hanya Batik Air saja, namun kini sudah ada Citilink dan tidak menutup kemungkinan ke depannya ada Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Nam Air, dan maskapai lainnya.

Apakah Pesawat Batik Air Tidak Ada Hiburan TV Lagi?


Dari beberapa kali pengalaman naik pesawat Batik Air Lampung Jakarta dan Jakarta Lampung, saya mendapatkan beberapa jenis pesawat yang berbeda.

Beberapa pesawat yang saya dapatkan, tersedia hiburan berupa tv kecil di kursi depan kita, sehingga selama perjalanan kita bisa nonton video, film, musik, pengajian, dan sebagainya di TV yang ada di kursi pesawat Batik Air.

tv hiburan di maskapai batik air
tv hiburan di maskapai batik air

Namun, karena lama perjalanan dari Lampung ke Jakarta atau Jakarta ke Lampung menggunakan pesawat sekitar 50 menit saja, maka gak bakalan puas nonton hiburan yang ada di TV Batik Air, apalagi kalau nonton film, gak bakal sampai selesai.

Kalau Jakarta Makassar, barulah bisa nonton film sampai selesai hehehe.

Nah, di kesempatan lain, saya justru mendapati pesawat Batik Air Lampung Jakarta dan Jakarta Lampung yang tidak ada hiburan TVnya.

Hal ini persis dengan pengalaman saya naik Garuda Indonesia.

Terkadang, ada pesawat yang menyediakan hiburan tv mini di setiap kursi, biasanya pesawat besar. Tapi kalau pesawat kecil, biasanya gak ada hiburannya.

So, kenapa batik air tidak ada tv lagi? Menurut saya, itu situasional banget sih, terkadang ada yang ada tivinya, dan terkadang gak ada, untung-untungan.

Review: Apakah Batik Air Dapat Makan?


Dari pengalaman saya naik pesawat, maskapai biasanya memberikan makanan berat saat lama penerbangan kita 2 jam atau lebih.

Terkadang, penerbangan 1,5 jam pun dapat makan berat berupa nasi.

Namun, untuk penerbangan singkat dengan durasi penerbangan di bawah 1 jam, biasanya tidak ada nasi kotak atau makanan di pesawat.

Untuk penerbangan singkat, makanan yang diberikan di dalam pesawat biasanya berupa makanan ringan, snack, atau roti dan air mineral.

Sama seperti pengalaman saya naik Batik Air dari Lampung Jakarta dan Jakarta Lampung, makanan yang diberikan berupa roti dan air mineral.

menu makanan di pesawat batik air
foto menu makanan di pesawat batik air

Kalau Lion Air, sama sekali gak dapat apa-apa, gak dapat snack dan minum.

Kalau membandingkan Batik Air VS Lion Air, tentu Batik Air lebih nyaman, untuk kelas yang sama, sama-sama kelas ekonomi dan sama-sama kelas business.

Pengalaman Naik Batik Air Lampung Jakarta dan Jakarta Lampung


Jadwal penerbangan dari Lampung ke Halim Perdana Kusuma dan dari Halim Perdana Kusuma ke Lampung hanya ada satu penerbangan.

Kalau dari Lampung, pesawat Batik Air berangkat jam 6 sore. Sementara kalau dari Halim Perdana Kusuma Jakarta, pesawat Batik Air berangkat sekitar pukul 4 atau setengah 5 (lupa saya jadwalnya).

Lama penerbangan Batik Air Jakarta Lampung kurang lebih 50 menit.

Review Pengalaman Naik Batik Air, Dapat Makan Dan Ada Hiburan
Review Pengalaman Naik Pesawat Batik Air

Saya selama ini selalu naik Batik Air kelas ekonomi, belum pernah naik kelas bisnis.

Fasilitas Batik Air kelas ekonomi sudah cukup bagus kok, tempat duduk yang lumayan nyaman, ada TV jika beruntung, dan kelengkapan safety masih berjalan dengan baik.

Toilet sudah pasti ada di setiap pesawat jadi gak perlu khawatir.

Pengalaman terakhir naik pesawat Batik Air, saya ketakutan dengan kejadian saat itu


Naik Batik Air sendiri sebenarnya cukup nyaman. Namun, karena ada kejadian kecelakaan Lion Air yang mana masih satu Grup dengan Batik Air, saya jadi agak ketakutan gitu saat naik pesawat.

Terakhir kali naik Batik Air, kondisi di Lampung gerimis, dan saat naik pesawat pun di udara masih hujan.

Karena penerbangan Lampung Jakarta dekat, biasanya pesawat terbang di bawah awan, sehingga kalau hujan pasti kepengaruh banget.

Nah, waktu itu, saat naik pesawat, karena alasan cuaca buruk, tiba-tiba pesawat turun seperti mau jatuh pada saat pramugari sedang mengumumkan pesawat sebentar lagi akan mendarat.

Pesawat turun beberapa kali membuat dada terasa deg deg ser seperti mau terjun bebas dan mau mati saja sehingga membuat ketakutan para penumpang.

Pramugari yang sedang mengumumkan penerbangan akan sampai pun langsung berhenti bicara dan suasana langsung sunyi.

Untungnya di samping kanan depan dan belakang saya, penumpang tidak ada yang teriak sehingga menenangkan diri saya.

Nah, dari pengalaman terakhir naik Batik Air saat cuaca buruk, keadaan sedang hujan, dan tiba-tiba pesawat turun beberapa kali, dengan bayangan kecelakaan Lion Air, dari situ saya takut kalau naik pesawat.

Saat ada penugasan ke Jakarta, saya lebih memilih naik Damri dan bisa pesan tiket Damri di Traveloka.

Saya tentu selalu berharap, agar tidak ada kecelakaan Batik Air di mana pun mereka terbang, dan tentu saja mudah-mudahan seluruh penerbangan di Indonesia makin memperhatikan safety.

Promo tiket Lion Air harus tetap memperhatikan keselamatan.

Kelebihan dan Kekurangan Maskapai Batik Air 


Kelebihan dari Batik Air:

  • dapat makanan dan minuman, bisa snack atau makanan berat tergantung lama penerbangan.
  • ada rute Lampung - Halim Perdana Kusuma sehingga lebih dekat ke Jakarta
  • penerbangan lebih nyaman dibandingkan Lion Air atau Sriwijaya Air

Kekurangan Batik Air

  • harga tiket pesawat Batik Air mendekati Garuda, bahkan bisa lebih mahal
  • masih satu grup dengan Lion Air sehingga masih dibayangi kecelakaan Lion Air

Kesimpulan


Naik Batik Air sebenarnya cukup nyaman. Jika dibandingkan, Batik Air Vs Garuda, gak terlalu jauh perbedaannya.

Namun, karena kejadian pesawat Batik Air yang seperti mau jatuh, saya jadi takut naik pesawat hingga kini.

Ditambah lagi dengan kecelakaan Lion Air beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan training pramugari lion air, pilot, dan petugas teknisnya lebih baik lagi dalam mengantisipasi kejadian serupa.

Nah, itu saja cerita Review Pengalaman Naik Batik Air Lampung Jakarta Dapat Makan Dan Ada Hiburan. Baca juga: Cara Menggunakan Etiket Traveloka Untuk Naik Pesawat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel