Wednesday, May 8, 2019

author photo
Membatalkan Pesanan Di Shopee - Pernah punya pengalaman membatalkan pesanan di shopee? Saya sudah beberapa kali melakukan proses pembatan di shopee baik itu dengan persetujuan seller maupun pembatalan otomatis oleh shopee. Bagi pemula yang belum pernah belanja di shopee mungkin ada pertanyaan, membatalkan pesanan di shopee apakah uang akan kembali?

Lalu, pembatalan pesanan di shopee uangnya kemana? Apakah masuk ke rekening kita? Lalu jika pembayaran lewat Indomaret, pembatalan pesanan di shopee uangnya akan ditransfer ke Indomaret atau ke mana?

Baca: Pengembalian Dana Shopee Bayar Lewat Indomaret.

Dari pengalaman saya membatalkan pesanan di shopee yang sudah bayar, alhamdulillah semua berjalan lancar meskipun terkadang memang butuh waktu lama pencairan dananya setelah kita mengajukan proses pembatalan pesanan.

Untuk membatalkan pesanan, tidak dibatasi metode pembayarannya. Baik kita beli produk di shopee dengan sistem COD, atau bayar lewat transfer, Indomaret, Alfamart, kartu kredit, kredit Kredivo, dan sebagainya, semuanya tetap bisa dibatalkan jika memenuhi syarat dan ketentuan.

Apalagi kalau kalian menjumpai penipuan dari seller di shopee, langsung saja si seller ke shopee dan kemudian segera ajukan pembatalan pesanan agar uang kalian tidak hilang.

Baca: Pengalaman Penipuan Di Shopee.

Kenapa Saya Harus Membatalkan Pesanan Di Shopee?


Membeli barang di shopee tidak selamanya lancar, terkadang tetap ada permasalahan juga baik itu akibat sistem dari shopee atau memang ada masalah dengan si seller.

Yang jelas, saat ada pembatalan pesanan di shopee, kita tidak perlu khawatir, karena uang kita akan kembali setelah proses pembatalan disetujui.

Jadi tidak perlu khawatir, meskipun uang sudah ditransfer, uang itu nanti akan dikembalikan kepada kita oleh shopee.

Lalu, kenapa sih kita harus membatalkan pesanan produk kita di shopee? Ini beberapa alasannya:

Pengalaman Membatalkan Pesanan Di Shopee Karena Paket Data Tidak Masuk
Pengalaman Membatalkan Pesanan Di Shopee Karena Paket Data Tidak Masuk

1. Barang yang kita pesan di shopee sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak sampai ke alamat kita


Jika barang pesanan kita di shopee tidak sampai juga sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh shopee, maka kita harus segera mengajukan pembatalan pesanan.

Sebelum membatalkan pesanan, kita bisa melakukan perpanjangan garansi. Jika saat masa garansi mau habis, barang tidak kunjung sampai, maka ajukan saja pengembalian dana dan pembatalan pesanan.

Kenapa barang di shopee tidak sampai ke alamat?

Bisa karena sellernya memang penipu sehingga sama sekali tidak mengirimkan barangnya, atau bisa juga karena seller mungkin salah mengirim, atau bisa jadi juga kita salah memasukkan alamat.

2. Pembatalan pesanan otomatis oleh shopee


Saya punya beberapa kali permasalahan pembatalan otomatis oleh shopee. Waktu itu saya beli pulsa di shopee tapi pulsa tidak masuk.

Anehnya, setelah saya membayar pesanan pulsa saya, saya bayar pakai mandiri online dan pakai koin shopee juga, setelah itu tiba-tiba pesanan saya dibatalkan otomatis oleh shopee.

Setelah dibatalkan otomatis, uang pun dikembalikan ke akun shopeepay saya, dan koin shopee yang saya gunakan untuk belanja juga dikembalikan.

3. Penipuan oleh seller shopee


Jika kalian mendapati seller itu seorang penipu, langsung laporkan si seller ke shopee dan setelah itu lakukan pembatalan pesanan.

Hal ini yang saya lakukan saat saya beli token listrik di shopee lalu mendapatkan seller penipu, maka saya langsung melaporkan si seller dan membatalkan pesanan saya.

4. Seller minta transfer uang lagi selain lewat shopee


Semua pembayaran di shopee menggunakan no rekening dan no virtual account resmi di shopee. Jika penjual meminta transfer di luar itu, maka jangan dituruti dan langsung saja ajukan pengembalian dana.

Ini juga pengalaman pertama saya belanja di shopee dulu, dan saat itu saya pun mengajukan cancel pesanan, kemudian uang dikembalikan ke dompet shopee saya.

Pengalaman Membatalkan Pesanan Di Shopee Karena Paket Data Yang Saya Pesan Tidak Masuk


Beberapa waktu yang lalu saya membeli paket data Mix Combo Tri, paket internet bulanan dari Tri sebesar 32 GB yang harganya 60 ribu rupiah di shopee.

Saya bayar pakai shopeepay, dan saya gunakan juga koin shopee saya agar harganya jadi lebih murah.

Setelah saya bayar, seperti biasa, pembayaran saya langsung dikonfirmasi otomatis oleh sistem shopee.

Saya tidak perlu konfirmasi pembayaran secara manual.

Namun, yang aneh, setelah saya tunggu bermenit-menit, lalu berjam-jam, dan hingga beberapa hari, status pesanan saya masih juga dalam proses.

Paket data yang saya beli di shopee tidak masuk ke nomor hp saya, dan statusnya masih sama, dalam proses.

Selain itu, tidak ada menu pembatalan pesanan saat saya beli paket data di shopee


Biasanya saat membeli barang di shopee, ada tombol "Batalkan Pesanan" di bagian bawah.

Namun, untuk pesanan produk digital di shopee, terutama  paket data, tidak ada tombol "Batalkan Pesanan" tersebut.

Oleh karena itu saya kemudian memutuskan untuk menghubungi CS Shopee via Live Chat.

Namun yang keluar, saya dapat antrian ratusan, dan muncul juga form pengisian pengaduan.

Karena live chat di shopee terlalu susah sekarang ini, saya pun isi form pengaduan dan isi bukti pesanan saya lewat form yang muncul saat saya klik Live Chat Shopee tadi.

Saya sampaikan keluhan saya mengenali beli paket data di shopee yang tidak masuk.

Pengaduan paket data di shopee tidak masuk saya lakukan pada tanggal 24 April 2019


Pengaduan paket data di shopee tidak masuk lewat email
Jawaban email pengaduan di shopee karena paket internet tidak masuk

Hampir satu minggu kemudian, tepatnya pada tanggal 30 April, saya baru dapat email dari shopee mengenai pengaduan saya. Ada dua email masuk dari dengan permasalahan yang sama.

Saya disuruh untuk melampirkan bukti pembayaran menggunakan Shopeepay saya.

Saya pun menurutinya dengan mengirimkan bukti pembayaran, dengan screenshoot history transaksi akun shopeepay saya.

Kemudian dapat balasan email lagi dari shopee pada tanggal 30 April 2019 untuk menunggu penyelesaian dari tim terkait.

Ini jawaban dari Tim Shopee terkait pengaduan paket data yang tidak terproses di shopee:

Hi Kak jumantodiary,

Terima kasih untuk data yang kamu berikan. Saya Lysa, yang membantu terkait pengecekan pada pesanan 2019042318203555989. Mohon maaf atas ketidaknyamanan kamu. Untuk proses pengecekan mohon menunggu 3-5 hari kerja ke depan.

Apabila setelah 5 hari kerja belum ada konfirmasi, kamu dapat menghubungi Shopee kembali untuk dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Kami menghargai kesediaan kamu untuk menunggu.

Salam Hangat,
Lysa

Saya balas, saya tunggu secepatnya pembatalan pesanan saya.

Dari awal saya bilang, saya minta pembatalan pesanan saja, saya tidak minta paket data saya dikirimkan, karena saya sudah membeli paket data yang saya di tempat lain.

Akhirnya, selang beberapa waktu, uang saya pun dikembalikan ke akun shopeepay saya, dan koin shopee yang saya gunakan pun dikembalikan juga.

Tanggal 30 April juga, uang saya sudah masuk ke akun shopeepay saya.

berapa lama dana masuk shopeepay pengembalian uang
Uang masuk ke shopeepay saya

Jadi, lama pengembalian dana di shopee tergantung juga dari respon Tim Shopee


Proses pengaduan dan jawaban dari shopee serta jawaban dari kita menentukan berapa lama pengembalian dana di shopee akan kita terima.

Mungkin karena CS shopee menangani terlalu banyak pelanggan, jadinya dalam membalas email dan permasalahan pun agak lama.

Terutama dari awal pengaduan sampai respon untuk melampirkan bukti pembayaran.

Nah, untuk kalian yang mengalami permasalahan sama dengan saya, misalkan pulsa di shopee tidak masuk atau bayar BPJS di shopee tidak terkonfirmasi, kalian bisa melakukan pembatalan pesanan shopee dengan kirim email.

Cara batalkan pesanan shopee gak susah, hanya harus sabar menunggu saja.

Uang pun akan kembali, koin shopee juga kembali.

Berapa hari pengembalian dana di shopee dan berapa lama dana masuk ke shopeepay, tidak sama untuk setiap kasus dan setiap orang pasti punya pengalaman yang berbeda.

Jangan sungkan untuk menghubungi customer service shopee jika ada masalah.

Itulah pengalaman pengembalian dana shopee dari pengalaman belanja di shopee memesan paket data yang gagal. Mudah-mudahan Pengalaman Membatalkan Pesanan Di Shopee Karena Paket Data Tidak Masuk ini bermanfaat. Baca juga: Cara Komplain Ke Shopee.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post