Monday, May 20, 2019

author photo
jumanto.com - Sebagian masyarakat Cilacap tentunya sudah khas banget dengan yang namanya masakan Brekecek. Nah, ternyata, makanan khas Cilacap masih banyak juga lho selain masakan tadi. Secara umum, karena Cilacap dulu masuk ke dalam wilayah Karesidenan Banyumas, maka makanan khas Cilacap tidak jauh-jauh dengan Makanan Khas Banyumas atau Purwokerto. Adapun daftar makanan, snack, cemilan, masakan, dan oleh-oleh khas Cilacap dapat kalian baca selengkapnya di bawah ini.

Cilacap merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yang memiliki berbagai destinasi wisata menarik dan juga tempat kuliner serta toko oleh-oleh makanan khas dan souvenir cantik.

Mengunjungi berbagai destinasi wisata di Cilacap kurang lengkap jika tidak mencicipi masakan khas di sana, lalu pulang bawa jajanan khas yang tidak ada di daerah lain.

Cilacap sebagai kabupaten yang membentang lebar dari perbatasan dengan Jawa Barat, punya garis pantai yang panjang sehingga banyak destinasi wisata pantai di Kabupaten Cilacap yang bisa kalian kunjungi.

Selain wisata pantai, Cilacap juga punya wisata sejarah dan juga wisata alam, seperti berbagai gua menakjubkan dan terkenal sampai ke daerah lain.

Saat saya masih SD dulu, saya ikut liburan sekolah ke Pantai Ayah, Goa Petruk, dan Goa Jatijajar yang sampai sekarang masih cukup berkesan, karena itu pertama kalinya saya piknik ke luar kota Purbalingga.

Kini, muncul berbagai destinasi wisata hits dan kekinian di Cilacap yang terlalu sayang untuk dilewatkan, plus muncul juga cafe resto yang cocok buat nongkrong anak muda.

Dan tentu saja, makanan khas Cilacap tetap menjadi pilihan warga hingga saat ini.
Baca juga: 7+ Makanan Khas Purwokerto Yang Menggoda.

Daftar Masakan, Jajajan, Cemilan, Snack, Kuliner, dan Makanan Khas Cilacap Untuk Wisata Kuliner Dan Oleh-oleh Pulang Ke Rumah


Bagi warga Cilacap yang merantau, baik itu merantau tetap atau sementara, misalkan karena harus Transmigrasi ke Lampung, tentunya merasa kangen dengan berbagai makanan khas Cilacap.

Kalau warga Cilacap yang Transmigrasi ke daerah lain, biasanya mereka membawa masakan khas mereka ke daerah baru dan memperkenalkan masakan tersebut ke penduduk setempat.

Makanya gak heran kalau di Lampung pun dapat dengan mudah saya jumpai beberapa makanan khas Banyumas dan sekitarnya, kecuali sroto.

Pada momen-momen lebaran di mana orang-orang berkumpul, warga masyarakat Cilacap juga tentunya menyajikan hidangan lebaran berupa jajanan khas Cilacap, untuk cemilan dan snack saat lebaran.

Baca: 15 Hidangan Lebaran Yang Khas dan Wajib Ada.

Nah, untuk bernostalgia dan juga untuk referensi kalian yang mau nyari oleh-oleh khas Cilacap, berikut ini daftar makanan khas Cilacap selengkapnya:

1. Makanan khas Cilacap brekecek


15 Makanan Khas Cilacap Untuk Oleh-oleh dan Kulineran (Snack, Jajanan, Masakan)
Brekecek khas Cilacap

Brekecek adalah masakan khas Cilacap dengan bahan dasar ikan yang rasanya enak dan cocok banget menjadi destinasi wisata kuliner kalian selama berada di Cilacap Banyumas.

Salah satu jenis brekecek yang paling populer adalah brekecek pathak jahan atau dalam Bahasa Indonesianya brekecek kepala ikan jahan.

Mendengar namanya, rasanya memang bukan nama Indonesia, tapi nama daerah. Makanya wajar jika sebagian orang Indonesia ada yang belum pernah mendengar nama kuliner khas Cilacap Brekecek ini.

Brekecek ini sendiri merurut beberapa sumber berasal dari kata Brek yang artinya meletakkan dan Kecek yang artinya bumbunya dikecek-kecek.

Nah, untuk kalian yang tertarik pengin mencoba masakan khas Cilacap Brekecek, kalian bisa datang ke resto dan rumah makan yang ada di daerah ini.

Kalian bisa menikmatinya saat makan malam, atau bisa juga makan siang bersama keluarga.

2. Sroto, makanan enak di Cilacap khas daerah Banyumas


sroto makanan khas cilacap banyumas
Foto Sroto, salah satu kuliner khas Cilacap

Jika kalian berasal dari Banyumas, tentu gak akan asing dengan yang namanya Sroto, yang lebih dikenal dengan "merk" Soto Sokaraja.

Padahal, sroto bukan sekedar Soto Sokaraja saja, karena soto khas Banyumas ini tersebar di berbagai wilayah eks Karesidenan Banyumas.

Salah satunya adalah Cilacap.

Sroto pun menjadi salah satu kuliner khas Cilacap yang dapat dengan mudah kalian jumpai di sana, hanya saja memang tidak bisa menjadi oleh-oleh karena sroto memang hanya tahan setengah atau satu hari.

Kalau mau ya paling bawa bumbu srotonya saja, sementara bahan-bahan lainnya dibuat sendiri di rumah.

Sroto adalah makanan favorit saya yang sayangnya di Lampung belum ada sroto seenak di Purbalingga.
Baca: 10 Makanan Khas Purbalingga yang Bikin Ngiler.

3. Rempeyek Yutuk, snack jajanan khas Cilacap hasil dari laut


Cilacap sendiri seperti telah saya sebutkan di atas, memiliki garis pantai yang panjang sehingga wajar banyak olahan makanan laut yang bisa kita temui di daerah Cilacap.

Salah satu jajanan khas Cilacap dengan bahan dasar makanan laut adalah Rempeyek Yutuk.

Yutuk sendiri merupakan hewan laut yang disebutkan mirip kepiting atau udang. Nah, sudah kebayang dong rasanya kayak apa kalau dibuat peyek.

Orang Banyumas biasa menyebut Peyek dengan Rempeyek, jadi jangan heran.

Tak cuma buat cemilan, menurut saya, peyek Yutuk ini cocok juga buat teman makan nasi plus sayuran juga tentunya.

4.  Mendoan, makanan khas Purwokerto, Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara


mendoan khas cilacap
salah satu kuliner khas cilacap

Selain sroto, makanan yang selalu bikin kangen tentu saja adalah mendoan. Saya teringat betul, dulu suka makan mendoan di malam hari dekat Terminal Purbalingga di warung jaesu.

Makan malam lontong dengan lauk mendoan dan minumnya jae susu, di makan saat baru masak, apalagi pas lagi musim dingin, duh nikmat banget deh.

Nah, mendoan pun termasuk salah satu ciri khas dari daerah Cilacap dan di daerah ini kalian bisa menemukan mendoan dengan mudahnya.

5.  Thempleng, sebutan khas rempeyek untuk masyarakat Cilacap


Thempleng merupakan sebutan bagi masyarakat Cilacap untuk peyek atau rempeyek. Nah, untuk oleh-oleh khas Cilacap, tentunya kalian bisa membawa Thempleng ini selain peyek yutuk.

Thempleng terbuat dari tepung beras yang diolah bersama bumbu-bumbu peyek lainnya, lalu digoreng dengan isi bisa berupa kacang, kedelai, kacang ijo, rebon, atau teri.

Cocok buat cemilan di kantor, sambil belajar, nonton tivi, atau dibawa saat sedang piknik jalan-jalan ke destinasi wisata di Cilacap.

6. Gembus Cilacap, makanan khas dari bahan dasar singkong


Makanan yang terbuat dari singkong lalu dibentuk seperti donat, bolong di tengah, kemudian digoreng, merupakan makanan khas masih tetap eksis hingga saat ini.

Jika dulu gembus banyak dijumpai saat ada hiburan di kampung, seperti wayang kulit, lengger, dan sejenisnya, kini gembus bisa dengan mudah dijumpai di Cilacap.

Kalau ke pasar tradisional, biasanya ada juga yang menjual gembus.

Cocok dan enak dimakan saat baru dimasak, masih hangat, didampingi wedang teh atau kopi.

7. Tempe Dages khas Cilacap


Tempe dages adalah makanan khas yang terbuat dari dari ampas tahu, jadi jelas rasanya beda dengan tempe pada umumnya.

Tempat dages memiliki warna abu-abu dengan bentuk kotak dan padat.

Cara memasak tempe dages paling enak adalah seperti memasak mendoan, digoreng dengan dibaluri tepung.

Biasanya teme dages dijual di warung-warung bersamaan dengan mendoan, tahu brontak, pisang goreng, dan aneka gorengan lainnya.

Enak dimakan pas baru matang, dengan sambal pecel, cabe, atau saos pun tak mengapa.

Gembus ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Cilacap yang bisa kalian bawa pulang, dan bisa kalian beli juga secara online di shopee.

8. Krupuk tengiri dari Cilacap


Oleh-oleh khas Cilacap lainnya berupa jajanan atau snack adalah kerupuk tenggiri yang dapat dengan mudah dijumpai di toko-toko oleh-oleh dan souvenir Cilacap.

Dengan rasanya yang gurih, serta tahan lama, kerupuk tengiri Cilacap pun wajib kalian beli saat liburan ke Cilacap.

Kunjungi saja toko oleh-oleh Cilacap dan kalian bisa menjumpai snack khas ini dengan mudah.

9. Karedok, kuliner khas Cilacap sejenis pecel dan gado gado betawi


Dikarenakan berbatasan dengan Jawa Barat, wajar jika kuliner khas Cilacap pun ada yang terpengaruh dari cita rasa masyarakat Jawa Barat, seperti karedok ini, yang diadposi dari wilayah Banjarsari Jawa Barat.

Kalian pun tentunya sudah akrab dengan karedok ini dan biasanya dijual di tempat-tempat wisata yang ada di Cilacap.

Cocok buat makan siang saat lagi laper selepas jalan-jalan ke tempat wisata.

Yang paling enak menurut saya adalah sambal kacangnya. Seenak-enaknya karedok dan sejenisnya, yang paling menentukan adalah rasa bumbu kacangnya atau sambal kacangnya.

10. Tahu masak khas Cilacap


Tahu masak ini adalah makanan khas banget dari Cilacap yang memang tidak saya jumpai di Purbalingga.

Keberadaan tahu masak ini mungkin mirip dengan ketoptrak Cirebon, sama-sama menggunakan bumbu kacang.

Tahu masak khas Cilacap terbuat dari tahu kotak putih yang digoreng, kemudian dipotong kotak-kotak.

Setelah itu, di atasnya di kasih irisan kubis, kerupuk dan kecambah. Bedanya dengan ketoprak, lebih lengkap lagi isi ketoprak.

Setelah itu, bumbu kacang pun ditaruh di atasnya, bisa juga ditambah dengan ketupat atau lontong biar kenyang.

Kebayang enaknya kan hehehe.

11. Kripik dan Stik Sukun Khas Cilacap untuk oleh-oleh


Sukun merupakan buah berbentuk bulat, seukuran buah kelapa, yang di dalamnya bisa diolah menjadi berbagai bentuk oleh-oleh.

Salah satu olahan sukun yang cukup terkenal adalah keripik sukun, dan ada juga stik sukun dari Cilacap.

Nah, rasa gurihnya jajanan khas Cilacap ini cocok banget buat oleh-oleh ke rumah jika kalian sedang liburan ke Cilacap.

12. Cenil, jajanan pasar khas Cilacap


Makanan yang terbuat dari singkong ini bisa dijumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisional. Berbentuk bulat kecil dengan warna merah kuning dan hijau ini menjadi jajanan enak saat pagi hari.

Agar rasanya manis dan gurih, cenil disajikan dengan parutan kelapa plus gula pasir.

Bisa juga menggunakan gula jawa atau gula merah.

13. Lopis, kue khas Cilacap


Makanan yang terbuat dari beras ketan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang setelah itu dikukus sampai matang.

Disajikan dengan saus gula merah dan juga parutan kelapa, makanan ini cocok untuk sarapan ringan di pagi hari.

Kalau makan banyak, kenyang juga, karbohidrat soalnya hehehe.

Di pasar-pasar tradisional dapat dengan mudah kita jumpai lupis dari Cilacap.

Di Lampung pun, sangat mudah menemukan kue lupis di pasar.

14. Lepet, makanan khas sejenis ketupat tapi dari beras ketan


Di acara-acara lebaran ketupat atau acara tujuh bulanan kehamilan atau acara selamatan lain, lepet biasa disajikan.

Lepet ini berukuran kecil, dibungkus menggunakan janur kuning yang dililit-lilit, lalu didalamnya diisi beras ketan yang kemudian dimasak sampai matang.

15. Lanthing khas Cilacap


Makanan khas Cilacap yang terakhir adalah lanting, yang berbahan dasar dari singkong juga.

Lanthing atau kelanting merupakan jajajan yang sudah dikenal luas dan sudah banyak dijual online juga.

Salah satu pusat pembuatan lanthing di Cilacap adalah daerah Adipala.

Nah, kiranya itulah beberapa makanan khas Cilacap yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh, cemilan, snack, jajanan, atau sebagai destinasi wisata kuliner selama wisata di Cilacap. Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post