Kuliner Rumah Bakso Lampung, Enak dan Nyaman Tempatnya

jumanto.com - Berbagai jenis bakso enak di Lampung kini makin bermacam-macam, ada yang berbentuk bakso kotak,bakso lava, bakso mercon, bakso beranak, bakso kingkong, hingga bakso setan. Berbicara kuliner bakso di Lampung, Bakso Sony adalah yang paling terkenal. Namun, tahukah kalian kalau ada kuliner nikmat lain selain Son Haji Sony ini? Yap, namanya adalah Rumah Bakso Lampung.

Saya belum lama mengenal tempat kuliner Rumah Bakso Lampung ini. Rumah Bakso di Bandar Lampung saya jumpai secara tidak sengaja.

Saat itu saya sedang mengajak keluarga makan sekaligus main di Resto Rumah Kayu Lampung, setelah main-main ke Transmart Lampung.

Nah, di pertengahan perjalanan, saat sudah dekat ke Resto Rumah Kayu, saya melihat ada sebuah tempat kuliner yang ramai sama pengunjung, dan suasana tempatnya pun cukup asyik buat dikunjungi.

Tempat kuliner di Bandar Lampung tersebut adalah Rumah Bakso.

Karena penasaran dengan apa yang ada di sana, menu apa saja yang disajikan di Rumah Bakso Lampung, serta penasaran dengan suasana tempatnya, saya pun merencakan untuk makan bakso di sana suatu saat.

Akhir April 2019, akhirnya kesampaian juga kami mampir ke Rumah Bakso Bandar Lampung dan kami pun memesan menu utama dari kuliner bakso enak di Lampung ini.

Alamat dan Lokasi Rumah Bakso Lampung


Rumah Bakso beralamat di Jalan Arif Rahman Hakim, Jagabaya III, Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung, Indonesia 35122.

Lokasi Rumah Bakso berada di sebelah kanan persis setelah lampu merah, dari arah Transmart Lampung, Oops Pujasera, dan Cafe Babe, ke arah Rumah Kayu Lampung dan Ikan Bakar Jingkrak.

Persis setelah lampu merah, di sebelah kanan, ada sebuah rumah makan, menjorok ke dalam, parkir cukup luas, dan tempat makan berupa rumah panggung dari kayu, keren deh tempatnya, cakep buat tempat kuliner.

warung rumah bakso way halim lampung
warung rumah bakso way halim lampung dari Lantai 2

Jarang-jarang ada kuliner bakso di Lampung menggunakan tempat sekece ini, biasanya tempatnya standar saja.

Bakso Sony di Lampung saja tempat makannya biasa saja, mungkin yang paling bagus dekorasinya, Bakso Sony Pringsewu.

Enaknya Kulineran Di Rumah Bakso Bandar Lampung


Setelah keliling-keliling mencari tempat makan enak di Bandar Lampung, akhirnya kami memutuskan untuk makan sore menjelang malam di Rumah Bakso Way Halim Bandar Lampung.

Awalnya, kami mau makan di Rumah Makan Cikwo Resto. Namun, saat sampai depan lokasi, terlihat rumah makannya sepi dan ditutup gitu pintunya, meskipun tulisannya Open, kami pun gak jadi mampir ke tempat kuliner khas Lampung ini.

Akhirnya kami keliling mencari tempat makan lainnya, dan sampailah kami ke tempat kuliner bakso di Way Halim ini.

Begitu sampai, tukang parkir langsung mengarahkan kami menuju lokasi parkir motor.

Alya yang dari sepanjang jalan merengek-rengek minta ke Moka, gak mau turun. Dengan bujukan, akhirnya mau juga Alya masuk ke tempat makan dan memesan mie ayam.

Lokasi tempat memasak bakso sebenarnya standar saja, namun lokasi makannya yang enak dan nyaman.


Secara umum, ada tiga lokasi tempat makan bakso di Rumah Bakso Way Halim Lampung. Satu lokasi persis di samping tempat masak, satu lokasi di lantai 1 rumah panggung, dan yang lainnya ada di lantai dua dari rumah panggung.

salah satu tempat makan keluarga di lampung
salah satu tempat makan keluarga di lampung

Terlihat bangunan rumah panggung sedang diperluas untuk menampung pengunjung yang lebih banyak.

Di samping rumah panggung, terdapat pohon kelapa dan pohon lain yang membuat suasana tempat makan cukup rindang, meskipun berada di perkotaan.

Terasa sejuk saat makan di Rumah Bakso Lampung, nyaman tempatnya, dan cocok buat tempat makan keluarga.

Setelah jalan sebentar, kami pun memutuskan untuk makan di lantai dua saja, menikmati pemandangan dari atas, duduk di kursi kayu bagian ujung sebelah kiri, menghadap jendela.

Karena hari sudah mulai sore, ruangan pun tidak terlalu terang, karena lampu juga tidak dinyalakan, sehingga saat saya memfoto bakso dan mie ayam yang saya pesan pakai kamera hp Xiaomi saya, hasilnya kurang bagus.

Ditambah lagi saya memang bukan fotografer hehehe.

Kesimpulannya, saya suka dengan tempat makannya, menggambarkan suasana tradisional dari rumah panggung dari kayu, cakep deh tempat makannya, saya suka saya suka (seperti kata Memei di Ipin Upin hehehe).

Rumah Bakso Cocok Buat Tempat Makan Keluarga Di Lampung


Kursi-kursi tempat makan di Rumah Bakso terbuat dari kayu yang kuat dan berjejer memanjang sehingga cocok buat makan bareng keluarga.

Tak heran kalau banyak yang datang ke sini naik mobil ramai-ramai bareng anak dan istri atau keluarga besar.

Menggelar acara bersama di sini juga cocok banget, semisal buka bersama, arisan, atau acara kumpul dan nongkrong bareng temen.

Dengan lokasi yang mudah dijangkau, dan tempat makan yang nyaman, membawa keluarga makan di sini gak akan mengecewakan.

Harga dan Menu Rumah Bakso Lampung


Sesuai dengan namanya, Rumah Bakso, menu makanan utama di destinasi wisata kuliner Lampung ini adalah bakso dan mie ayam, seperti warung-warung bakso lainnya.

Kuliner Rumah Bakso Lampung, Enak dan Nyaman Tempatnya
Kuliner Rumah Bakso Lampung, Mie Ayam Bakso Enak yang Saya Pesan

Saat makan di sini, kalian bisa memesan menu:
  • bakso biasa
  • bakso besar
  • mie ayam
  • mie ayam bakso
  • mie ayam bakso spesial
  • otak otak bakar ikan tenggiri
  • kerupuk pangsit
  • kemplang udang

Sedangkan untuk minumnya, ada Teh Botol Sosro, es teh manis, jeruk panas, es jeruk, serta aneka macam jus buah.

Ini harga makanan yang saya pesan di Rumah Bakso:

harga rumah bakso bandar lampung dan menu
harga rumah bakso bandar lampung dan menu

  • bakso biaya 15 k
  • es teh manis 4 k
  • jus jeruk 10 k
  • mie ayam 13 k
  • mie ayam bakso 16 k
  • teh botol 5 k
Harga tersebut di atas belum termasuk pajak 10%.

Harga bakso dan mie ayam di Rumah Bakso gak jauh bedanya dengan harga bakso Sony, Bakso Wahyu Kemiling, atau bakso lainnya yang pernah saya coba.

Rumah Bakso, Salah Satu Tempat Kuliner Bakso yang Enak di Lampung


Saat kalian sedang berburu kuliner bakso enak di Bandar Lampung, salah satu rekomendasi saya adalah Rumah Bakso Lampung ini.

Soal rasa, gak kalah deh dengan bakso enak di Metro Lampung atau bakso terkenal di Lampung lainnya.

Yang paling saya suka dari Rumah Bakso sebenarnya Mie Ayamnya, dengan kekenyalan mie yang pas, kuah yang lezat dan ayamnya yang dimasak dengan takaran bumbu yang pas.

Sama sekali gak nyesel saya memesan mie ayam bakso di Rumah Bakso Way Halim.

Dari sendokan pertama, kuah yang saya padukan dengan sambal dan kecap langsung terasa nikmat di lidah.

Untuk baksonya, saya bilang rasanya sebenarnya standar, gak tahu kalau bakso besarnya. Mama memesan bakso kecil, dan rasanya memang masih enak bakso Wahyu Kemiling.

Oleh karena itu, rekomendasi pertama saya sih kalau ke sini, pesan mie ayam baksonya, yang dari pengalaman saya, enak rasanya, nendang di lidah.

Kekurangannya: sambal di Rumah Bakso sama sekali gak pedes. Saya ambil sekitar 5 sendok sambal, tapi sama sekali gak krasa pedesnya.

Kalah jauh pedesnya dengan bakso mercon hehehe.

Fasilitas Rumah Bakso Lampung


  • tempat parkir luas
  • tempat makan yang nyaman dan tradisionalis
  • mushola
  • wc atau toilet
  • asyik buat nongkrong di malam hari

No Telp Rumah Bakso Lampung


Jika kalian ingin memesan tempat atau reservasi, semisal acara arisan atau kumpul keluarga, kalian bisa hubungi nomor telepon Rumah Bakso Lampung di: 0721 70798.

Nah, itu saja cerita Kuliner Rumah Bakso Lampung yang Enak dan Nyaman Tempatnya. Baca juga: Makan di Bakso Oren Kemiling Lampung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel