Tuesday, April 23, 2019

author photo
jumanto.com - Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal perbedaan pos kilat khusus dan express beserta review singkat dari saya yang merupakan pendapat pribadi. Dua produk dari Pos Indonesia ini merupakan produk pengiriman paket cepat. Oleh karena itu akan kita bandingkan lama pengiriman paket pos kilat khusus, paket pos express, tarif pos express, dan sebagainya untuk membedakan antara pos express dan paket kilat khusus.

Setiap jasa pengiriman atau jasa expedisi pasti punya paket unggulan di mana lama pengirimanya yang paling cepat. Nah, PT Pos Indonesia punya Paket Pos Express dan Kilat Khusus.

Jika di JNE, ada paket YES yang menjanjikan dalam satu hari barang bisa sampai ke alamat. Lalu, di Lion Parcel ada paket OnePack, dan di JNT serta SiCepat juga pastinya ada paket serupa.

Untuk paket pos Kilat Khusus, mungkin selama ini kita sudah sering mendengarnya sehingga sudah tidak asing lagi dengan paket pos yang satu ini.

Sedangkan untuk paket pos Express Next Day Service, bisa jadi belum semua orang tahu.

Meskipun jika orang ditanya, kenal kantor pos gak? Kebanyakan dari mereka pasti jawabannya tahu, tapi jika ditanya, apa saja produk dari Pos Indonesia, banyak orang yang gak tahu.

PT Pos Indonesia memang sekarang punya saingan yang banyak banget sehingga wajar makin berkurang orang yang menggunakan layanan Pos Indonesia, tidak seperti dulu lagi yang dimonopoli oleh kantor Pos.

Meskipun punya saingan super ketat, faktanya kantor pos masih tetap eksis hingga kini dan tak ada salahnya untuk mengenal produk dari Kantor Pos.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan kita ulas mengenai apa itu paket Pos Express Next Day Service? Apa itu paket pos Kilat Khusus? Apa perbedaan pos kilat khusus dengan Express? Lebih mahal mana tarif Pos Express dengan Kilat Khusus?

Perbedaan Antara Pos Kilat Khusus Dengan Pos Express Plus Review


Untuk seseorang yang memerlukan dokumen harus cepat sampai ke alamat penerima paket, maka layanan Pos Express dan Pos Kilat Khusus menjadi dua pilihan utama dibandingkan menggunakan layanan pos biasa.

Kecepatan pengiriman menjadi daya jual dari Pos Express dan Pos kilat khusus.

Lalu, apa perbedaan antara pos express dan pos kilat khusus?

1. Perbedaan lama pengiriman antara Paket Pos Express dan Kilat Khusus


Perbedaan pertama antara pos express dengan pos kilat khusus adalam mengenai lamanya pengiriman.

Di antara kalian tentu penasaran pos kilat khusus berapa hari sampainya? Berapa lama waktu pengiriman pos kilat khusus dibandingkan pos biasa?

Lalu, berapa lama paket pos Ekspress bisa sampai ke alamat?

Sesuai dengan keterangan resmi PT Pos Indonesia, lama waktu pengiriman paket pos express dan kilat khusus adalah sebagai berikut:
  • Lama paket pos express sampai ke alamat penerima adalah satu hari. Jika barang dikirim hari ini, maka barang sampai esok harinya. Paket Pos Express merupakan paket kilat 1 hari sampai (H+1) sehingga disebut juga dengan pos next day.
  • Lama paket pos kilat khusus adalah 2 hari sampai dengan 9 hari (H+2 sampai dengan H+9), sesuai dengan jarak pengiriman barang.

Nah, dari keterangan tersebut, kini kita sudah tahu pos express berapa hari sampai dan jangka waktu pengiriman pos kilat khusus berapa lama.
Paket Pos Express seharusnya jauh lebih cepat sampainya dibandingkan dengan paket pos kilat khusus.

Perbedaan Pos Kilat Khusus Dan Express Beserta Review Singkat
Perbedaan Pos Kilat Khusus Dan Express Beserta Review Singkat

2. Perbedaan tarif paket Pos Express dan Kilat Khusus


Perbedaan pos kilat khusus dan express yang kedua adalah soal tarif atau biaya ongkos kirim yang dikenakan kepada pelanggan.

Biaya ongkos kirim pos express jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya ongkir paket kilat khusus Pos Indonesia.

Sebagai contoh, bisa dilihat dari gambar di atas, tarif pos kilat khusus sebesar 17 ribu sementara tarif pos express sebesar 28 ribu rupiah dari Bandar Lampung ke Jakarta.

Perbedaan tarif ini merupakan konsekwensi dari lamanya pengiriman yang berbeda antara paket express dan kilat khusus.

Oleh karena itu, tarif yang dikenakan pun berbeda.

Nah, dari hasil di atas, dapat kita lihat, pilihan mau menggunakan pos express atau kilat khusus tentu tergantung dari tujuan kita.

Jika berbelanja di shopee, pilihannya biasanya adalah pos kilat khusus. Sementara, kalau kita harus menyampaikan dokumen yang harus diterima paling lambat keesokan harinya, maka paket pos express adalah pilihan terbaik.

Review Pos Kilat Khusus dari Pengalaman saya mengirimkan paket ke Purbalingga, memang butuh beberapa hari untuk sampai ke alamat penerima. Kurang lebih satu minggu atau kurang.
Baca juga: Tarif Pos Indonesia per KG.

Persamaan Antara Pos Kilat Khusus dan Pos Express


Beberapa persamaan antara Pos kilat khusus dan Pos Express di antaranya:

  • berat maksimal barang yang dikirim adalah 50 kg.
  • Maksimal ukuran paket berbentuk kotak, gulungan panjang maupun yang tidak beraturan adalah 2(lebar + tinggi) = 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm.
  • Cara cek resi pos kilat khusus dan pos express bisa lewat aplikasi atau lewat website, atau dengan cara menghubungi call center Pos Indonesia di Halopos 161.
  • Tersedia di semua cabang Pos di seluruh Indonesia.
  • Ada asuransi atau jaminan berupa jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan pemberian ganti rugi.
  • Untuk pelanggan khusus, paket bisa diambil oleh petugas pos atau kurir pos.
  • Penghitungan tarif menggunakan berat aktual kiriman atau menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000.
  • kiriman paket bisa diantar ke alamat penerima atau diambil sendiri di kantor pos terdekat.

Nah, kurang lebih itulah persamaan dan perbedaan pos kilat khusus dan Pos Express. Baca juga: Perbandingan Tarif JNE dan Lion Parcel.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post