Tuesday, April 30, 2019

author photo
jumanto.com -  Cod Shopee. Pernah punya pengalaman belanja COD di Shopee? Nah kalau belum, saya mau berbagi cerita pengalaman saya belanja COD shopee J&T. Kebetulan Area COD Shopee menjangkau juga daerah Bandar Lampung sehingga saya bisa belanja di shopee bayar di tempat menggunakan jasa pengiriman J&T. Syarat COD Shopee sendiri gak ribet, tidak menuntut banyak ketentuan. Review COS Shopee selengkapnya silakan baca artikel ini sampai selesai.

COD shopee adalah metode pembayaran terbaru dari Shopee yang memungkinkan pembeli untuk membayar pesanan di shopee setelah barang datang ke rumah.

Jika kita sering menyaksikan iklan Shopee di TV, tentu kita pernah melihat iklan COD Shopee yang menawarkan kemudahan pembayaran saat kita berbelanja online di Shopee Indonesia.

Bagi sebagian orang, belanja di shopee bayar di rumah merupakan metode pembayaran shopee yang paling mudah dibandingkan pembayaran shopee di Indomaret, Alfamart, atau lewat ATM.

Gak heran sih kalau banyak juga yang memilih metode pembayaran COD di Shopee, terutama karena pengin belanja dulu, barang sampai ke rumah, dan setelah memastikan barang sampai ke rumah, baru pesanan dibayar.

Bagi pelanggan shopee yang tidak memiliki kartu kredit atau tidak memiliki rekening tabungan, belanja COD di Shopee juga menjadi solusi paling mudah.

Sedangkan COD Shopee bagi penjual, menurut saya tidak merugikan juga, karena pembayaran pun tetap akan tersampaikan ke penjual setelah pembeli mengkonfirmasi pesanan sudah diterima, sama seperti belanja bayar lewat ATM, internet banking, atau metode pembayaran lainnya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan COD Di Shopee Bagi Pembeli?


Tidak ada tips khusus untuk mengaktifkan COD Di Shopee bagi pelanggan shopee yang mau berbelania online di Shopee.

Syarat COD Shopee cukup simpel: Pilih saja toko yang mendukung pembayaran COD di Shopee dan areal kalian terjangkau oleh COD Shopee.

Area mana saja yang bisa COD di Shopee bisa kalian baca di situs resmi Shopee Indonesia.

Untuk wilayah Jabodetabek, sudah pasti masuk ke areal COD Shopee, dan metode pengirimannya pun jauh lebih beragam, ada Gojek Same Day Delivery, hingga Shopee Express dengan waktu pengiriman satu hari sampai.

Areal Jawa pun pastinya sudah masuk ke area COD Shopee. Dan untuk Indonesia Timur dari Maluku, Papua, NTT, NTB, Sulawesi, dan sekitarnya, silakan baca selengkpanya di situs resmi Shopee Indonesia.

Adapun cara mengetahui barang yang mendukung COD di Shopee, cukup lihat keterangan barang atau gunakan tools filter di shopee.


Setelah kita mencari barang yang akan kita beli di shopee, secara otomatis akan muncul keterangan kalau barang tersebut mendukung COD atau tidak.

Jika barang yang akan kita beli di shopee mendukung COD, maka akan ada logo COD Bayar di Tempat di bawah gambar barang sebelum rincian produk.

Silakan lihat keterangan COD di Shopee pada gambar di bawah ini.

Pengalaman Belanja COD Di Shopee (Bayar Di Tempat atau Di Rumah)
Pengalaman Belanja COD Di Shopee

Jika tidak, kita juga bisa menemukan barang apa saja yang mendukung COD di Shopee dengan mengklik tools Filter di Shopee.

Di sebelah kanan atas, klik Filter lalu pilih COD.

Maka akan keluar semua produk di Shopee yang mendukung pemabayaran produk bayar di rumah atau COD.

Pengalaman Belanja COD Di Shopee, Bayar Produk Saat Sudah Sampai Di Tempat


Dibandingkan pembayaran shopee lewat ATM BRI, kali ini saya memilih metode pembayaran COD di shopee karena saya pengin mencoba sekalian Review pembayaran COD di Shopee.

Sistem COD Shopee sebenarnya bukan hal yang baru-baru amat, karena tahun lalu pun shopee sudah bisa bayar menggunakan sistem COD.

Namun, karena selama ini saya selalu bayar shopee lewat Mandiri Online, jadinya saya masih enggan mencoba COD di Shopee.

Selain itu, karena pesanan shopee saya selalu saya kirim ke alamat kantor, khawatirnya saat barang sampai ke kantor, saya gak lagi di kantor, makanya saya agak enggan mencoba COD di shopee.

Beberapa waktu yang lalu, saya berniat membeli buku Fiqh Sirah Nabawiyah Al Buthi, dan kebetulan di Shopee ada, maka saya pun memutuskan untuk membeli di shopee.

Setelah saya cek, ternyata buku tersebut mendukung pembayaran via COD.

Maka saya pun akhirnya mencoba bayar pakai COD di Shopee.

Kali ini, COD Di Shopee hanya bisa untuk jasa pengiriman J&T


Di awal keberadaan COD di Shopee, jasa pengiriman yang mendukung adalah JNE. Namun, saat saya membeli COD di Shopee, jasa pengiriman yang mendukung adalah J&T.

COD J&T ini adalah cara bayar di shopee, di mana kita membayar pesanan di shopee kepada kurir JNE.

Jadi, saat barang dikirim oleh kurir JNE, dan sampai di alamat, pada saat itu juga kita membayar ke Kurir JNE.

Sistem COD J&T ini tidak jauh berbeda dengan COD JNE. Bagi pemula yang baru belanja di Shopee pun, saya yakin gak akan kesulitan saat mau menggunakan cash on delivery di shopee.

Selain bayar di tempat, masih tetap dapat gratis ongkir juga


Waktu saya membeli buku di shopee lagi ada promo belanja minimal 50 ribu dapat gratis ongkir. Jadi, karena harga buku 82 ribu, di atas 50 ribu, maka saya gunakan voucher gratis ongkir shopee yang saya miliki.

Dengan menggunakan voucher gratis ongkir shopee, saya pun kemudian dapat fasilitas free ongkir di shopee dari Depok ke Bandar Lampung.

Selain itu, saya juga menggunakan koin shopee yang saya punya, sehingga rincian harga pesanan saya di shopee sebagai berikut:

  • harga buku: 82 k
  • tarif ongkos kirim J&T Depok - Bandar Lampung: 19 k
  • subsidi ongkos kirim dari Shopee: 19 k
  • koin shopee yang saya gunakan: 20.500
  • yang harus saya bayar ke kurir J&T saat COD: 61.500

Review COD Shopee: Lama Pengiriman Hingga Barang Sampai ke Alamat


Berdasarkan pengalaman COD di shopee, kali ini saya ingin mengulas sedikit, memberikan review COD di Shopee setelah membeli buku gratis ongkir dan bayar di tempat dari Shopee.

Berikut ini riwayat pembelian COD saya di Shopee:


  • Produk saya pesan di shopee pada tanggal 31 Maret 2019
  • Barang baru dikirim oleh seller pada tanggal 2 April 2019
  • Barang sampai ke alamat kantor saya pada tanggal 4 April 2019.
review cod shopee
review cod shopee

Dari riwayat pemesanan COD saya di Shopee, ternyata yang lama adalah waktu antara pemesanan barang dengan pengiriman barang.

Saya sengaja tidak menghubungi penjual setelah saya memesan barang di shopee.

Saya pengin tahu saja, berapa lama penjual akan mengirim pesanan saya via COD.

Ternyata setelah menunggu 3 hari, barulah barang dikirimkan oleh seller Shopee.

Untungnya, barang cepat sampainya setelah diantar oleh kurir J&T. Hanya butuh waktu 2 hari dan barang pun sudah saya terima.

Setelah barang saya terima, saya kemudian membayarkan pesanan shopee sesuai dengan yang harus saya bayar.

Nah, gimana, mudah banget kan sebenarnya COD di Shopee.

Baca selengkapnya: Cara Belanja Di Shopee Bayar Di Tempat.

Setelah mencoba COD di Shopee Indonesia, ke depannya saya berharap bisa mencoba COD Bukalapak, COD Tokopedia, dan COD JD.ID.

Kalau COD Lazada, saya sudah beberapa kali mencoba.

Demikian cerita Pengalaman Belanja COD Di Shopee (Bayar Di Tempat atau Di Rumah). Baca juga: Live Chat Shopee Yang Makin Mengecewakan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post