Friday, April 12, 2019

author photo
jumanto.com - Dimana letak Candi Borobudur? Apakah lokasi Candi Borobudur berada di Jogja? Selama ini banyak orang yang salah membaca deskripsi Candi Borobudur sehingga menganggap dan menyebutnya sebagai Candi Borobudur Jogja. Padahal, Candi Borobudur terletak di Provinsi Jawa Tengah, bukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY.

Informasi letak candi borobudur di wikipedia pun sudah menyebutkan, bahwa Candi Borobudur terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Jika orang selama ini salah menyangka kalau Candi Borobudur berada di Provinsi Jogja, sebenarnya cukup wajar sih, karena lokasi Candi Borobudur berdekatan dengan kota Jogja dan biasanya kalau kegiatan study tour ke Jogja pasti mampir ke Borobudur.

Sama halnya dengan orang yang salah sangka kalau Candi Prambanan terletak di Provinsi Yogyakarta, padahal Candi Prambanan masuk ke Wilayah Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, karena lokasinya di daerah perbatasan Jogja Klaten.

Membaca sejarah singkat Candi Borobudur memang perlu dari sumber yang tepat agar tidak salah dalam mendeskripsikan alamat Candi Borobudur, sebagai candi peninggalan dinasti Syailendra.

Candi yang memiliki corak agama Budha ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang harus dijaga, selain Candi Prambanan dan benda-benda peninggalan sejarah lainnya.

Melihat latar belakang Candi Borobudur, dari pembangunan sampai dengan pemugaran kembali, lalu ditetapkan sebagai situs warisan dunia, kita seharusnya bangga memiliki Candi Borobudur.

Fungsi Candi Borobudur sendiri, selain sebagai salah satu obyek wisata di daerah Magelang Jawa Tengah, juga merupakan tempat menggelar acara keagamaan, terutama di hari raya agama Budha.

Pagelaran seni juga menjadi agenda, yang ditampilkan dalam jadwal candi borobudur acara mendatang di situs resminya.

Borobudur Temple, demikian dikenal dalam Bahasa Inggris oleh para turis asing, wisata Magelang ini telah memberikan devisa cukup banyak kepada negeri kita tercinta.

Berbagai gambar candi borobudur dipamerkan oleh mereka yang pernah datang ke sini, lewat media sosial instagram, facebook, dan sebagainya.

Dan tidak jauh dari lokasi Candi Borobudur, terdapat juga Candi Mendut yang sayang untuk dilewatkan, sebelum wisatawan mengunjungi kota Jogja, wisata ke Pantai Parangtritis, Candi Sewu, Pantai Indrayanti Gunung Kidul, dan sebagainya.

Adapun Alamat Lengkap Candi Borobudur Terletak Di Jalan Badrawati, Komplek Wisata Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia

Candi Borobudur Terletak Di Provinsi Jawa Tengah, Bukan Yogyakarta Atau Jogja
Candi Borobudur Terletak Di Provinsi Jawa Tengah

Jarak dari Candi Borobudur ke Malioboro Jogja sekitar 40 km dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Kita bisa naik bus dari Malioboro ke Jogja. Dari Malioboro caranya bisa ke Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu dulu, lalu naik Bus Damri jurusan Magelang, lalu lanjut naik shuttle bus ke Borobudur.

Atau bisa juga naik bus umum jurusan Terminal Jombor - Candi Borobudur.

Baca: Cara Ke Borobudur dari Stasiun Lempuyangan.

Jika kalian mau mengunjungi tempat wisata candi borobudur dari Jakarta, bisa naik kereta Jakarta Jogja turun di Stasiun Kutoarjo.


Atau bisa juga naik bus jurusan Magelang, lalu naik bus ke Borobudur.

Jika mau lewat Semarang naik kereta, lama perjalanan dari Semarang ke Borobudur sekitar 2-3 jam perjalanan.

Tiket masuk Candi Borobudur bisa dibeli secara online maupun beli offline di loket tiket masuk. Tiket dibedakan menjadi tiga: tiket reguler, tiket sunset, dan tiket sunrise.

Baca: Harga tiket masuk Candi Borobudur terbaru.

Jam buka Candi Borobudur ketiga jenis tiket tersebut juga berbeda.

Nah, setelah membaca artikel ini, diharapkan tidak keliru lagi saat ditanya tentang lokasi Candi Borobudur.

Candi Borobudur Terletak Di Provinsi Jawa Tengah, Bukan Yogyakarta Atau Jogja. Baca juga: Pengalaman Liburan ke Borobudur.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post