Tuesday, April 2, 2019

author photo
jumanto.com - Sebagian dari kalian mungkin butuh tulisan arab assalamu'alaikum yang benar untuk berkirim pesan di WA atau SMS, karena belum bisa menulis arab di HP android. Penulisan arab assalamualaikum yang benar baik di surat, pesan, atau di undangan, akan menjaga arti maknanya tidak berubah, karena salah panjang pendek dan salah huruf bisa merubah isi kandungan darinya. Oleh karena itu, penulisan arab assalamu'alaikum dan jawabannya yang tepat merupakan hal penting dalam kita memberikan salam kepada orang lain.

Dalam menuliskan salam, akan lebih bagus kalau kita menuliskan lengkap tulisan arab assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, karena ucapan salam ini mengandung doa lebih lengkap dan lebih sempurna.

Mendoakan orang lain termasuk pahala, sehingga mengucapkan salam pun termasuk hal yang disunnahkan. Sedangkan bagi yang mendapat salam, menjawab salam hukumnya wajib, jika tidak menjawab salam maka berdosa.

Selengkapnya, baca: Adab Tata Cara Mengucapkan Salam dalam Islam.

Jika ingin menuliskan salam dalam huruf latinnya, akan lebih baik memang jika tidak menyingkat salam tersebut. Tulisan latin salam yang bagus: assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, jangan disingkat assalamu'alaikum wr wb.

Kalimat assalamualaikum merupakan kata-kata dalam bahasa arab yang memiliki makna berupa doa keselamatan bagi orang yang diberikan salam.

Oleh karena itu, jika ada orang diucapkan salam kepadanya, tapi tidak mau menjawabnya, betapa sombongnya dia, sudah didoakan tapi tidak mau mendoakan balik.

Hadits tentang Keutamaan Mengucapkan Salam



Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلَامَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الْأَرْحَامَ وَصَلُّوا وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ
“Hai manusia sebarkan perdamaian (salam), berilah makan dan sambunglah silaturahim, dan shalatlah tatkala manusia sedang tidur, maka kamu akan masuk surga dengan selamat (HR at-Tirmidzi)

Mengucapkan salam termasuk salah satu perintah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shollallahu 'Alaihi Wasallam.

Termasuk salah satu fadhilah dari mengucapkan salam sesuai dengan hadits di atas adalah, kita akan masuk ke surga dalam keadaan selamat.

So, jika seseorang ingin masuk surga, maka mengucapkan salam kepada saudaranya termasuk hal yang disunnahkan.

Hadits lain terkait dengan manfaat mengucapkan salam:


أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Amalan Islam apa yang paling baik?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenali dan kepada orang yang tidak kamu kenali.” (HR Bukhari)
Di dalam hadits manfaat salam di atas adalah, mengucapkan salam termasuk dari salah satu amalan di dalam agama Islam yang paling baik.

Kita dianjurkan untuk memberikan salam baik kepada orang yang kita kenal maupun orang yang tidak kenal.

Namun, salam sendiri seharusnya tidak hanya sekadar menjadi basa-basi pertemuan dengan kawan. Lebih jauh dari itu, semestinya kita merenungkan arti dari Assalamu'alaikum yang lebih dalam dari sekedar sapaan.

Di dalam lafadz assalamu'alaikum terkandung pesan dan doa perdamaian. Di dalam doa tahiyyat pun, kita mengucapkan salam yang merupakan salah satu dari rukun shalat.

Bahkan, Allah pun menyampaikan salam seperti disebutkan di dalam surat Yasin Ayat 58:


سَلَامٌ قَوْلًا مِنْ رَبٍّ رَحِيمٍ
“(Kepada mereka dikatakan): "Salam", sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.”
Mudah-mudahan kita menjadi penghuni surga yang mendapatkan salam dari Tuhan Yang Maha Penyayang dan mendapatkan rahmatNya yang begitu luas. Aamiin.

Tulisan Arab Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuhu Yang Benar


Tulisan Assalamu'alaikum dalam bahasa arab mungkin sudah banyak dijumpai baik di pintu-pintu rumah, di motor, mobil, surat undangan pernikahan, atau mungkin di kaligrafi tulisan assalamualaikum yang cantik penuh dengan ornamen.

Tulisan assalamu'alaikum arab merupakan gabungan dari tiga kalimah, yaitu assalamu, yang merupakan kalimah isim, 'alaa yang merupakan kalimah huruf (huruf jer), dan kum yang merupakan isim dhamir.

gambar Tulisan Arab Assalamu'alaikum Yang Benar, Arti dan Jawabannya
gambar Tulisan Arab Assalamu'alaikum Yang Benar

Berikut ini penulisan assalamu'alaikum lengkap dalam bahasa arab:


السِّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kalimat salam di atas merupakan kalimat salam yang paling lengkap yang paling utama diucapkan oleh seseorang.

Sedangkan jika ingin mengucapkan salam dengan yang lebih pendek, maka gunakan lafadz:

السِّلَامُ عَلَيْكُمْ
Di sini dhamir yang digunakan adalah dhamir kum, yang berarti kamu semua (kamu lebih dari dua orang).

Terkadang, ada yang mengucapkan salam dengan menggunakan dhamir كَ (kamu satu laki-laki) atau كِ (kamu satu perempuan).

Contohnya di dalam doa tasyahud digunakan lafadz salam sebagai berikut:


السِّلَامُ عَلَيْكَ اَيُّهَاالنَّبِيُّ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Yang artinya "semoga salam senantiasa atasmu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barokahNya".

Doa salam ini merupakan doa yang disampaikan oleh Allah di saat Nabi Muhammad Shollalahu 'Alaihi Wasallam Mi'raj, bertemu Allah dan diperintahkan untuk melaksanakan shalat lima waktu.

Salam ini lah yang menjadi salah satu doa di dalam tasyahud ketika shalat.

Arti Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Kata salam sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya kurang lebih selamat, terlepas dari marabayaha, kedamaian, kesejahteraan, dan juga sentosa.

Artinya senada dengan kata salamah di dalam Bahasa Arab.

Kata salam memiliki akar kata yang sama dengan Islam, yang bisa diartikan dengan sikap damai atau pasrah diri. Jadi agama Islam sejatinya agama yang damai.

Kata salam yang sering kita ucapkan, merupakan salah satu satu syariat dalam Islam, terutama salam yang dibaca dalam tahiyyat akhir.

Seseorang setidaknya harus membaca salam 5 kali dalam sehari, jika dia melaksanakan shalat lima waktu.

Jadi, hukum mengucapkan salam sendiri ada yang wajib, yaitu saat shalat di tahiyyat akhir.

Sedangkan mengucapkan salam kepada orang yang kita jumpai hukumnya sunnah.

Berikut ini terjemahan kata salam selengkapnya:


  • السِّلَامُ    artinya keselamatan.
  • عَلَيْكُمْ    artinya atas kalian (kamu lebih dari 2 orang)
  • وَرَحْمَةُ اللهِ   artinya dan kasih sayang Allah.
  • وَبَرَكَاتُهُ   artinya dan keberhakanNya.
Jadi, jika diterjemahkan, arti assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh adalah"semoga keselamatan, kasih sayang, dan keberkahan dari Allah tercurah kepada kalian".

Sedangkan arti assalamualaikum dalam bahasa inggris kurang lebih "peace be upon you".

Keselamatan merupakan salah satu nikmat Allah yang paling berharga. Orang kaya jika dia sakit-sakitan, rasa-rasanya tidak akan bisa menikmati kekayaannya.

Pun demikian, jika kaya tapi tidak ada rasa kasih sayang, hidupnya hampa.

Dan jika kaya tapi kekayaannya tidak membawa keberkahan, maka hanya menjadikan hidupnya jauh dari kedekatan kepada Allah Subhanahu Wata'ala.

Jawaban Assalamualaikum Yang Benar


Saat ada orang mengucapkan salam kepada kita, maka wajib bagi kita menjawab salam tersebut. Kecuali yang mengucapkan salam adalah orang non Islam.

Jawaban dari Assalamu'alaikum yang tepat adalah menggunakan lafadz wa'alaikumussalam (وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ), bukan wa'alaikum salam (وَعَلَيْكُمْ سَلاَم).

Lafadz salam yang digunakan adalah isim ma'rifat (السَّلاَمُ) menggunakan ال sebagaimana lafadz salam yang diberikan kepada kita pun menggunakan lafadz isim ma'rifat (السِّلَامُ عَلَيْكُمْ), bukan isim nakirah (سَلاَم).

Karena yang mengucapkan salam menggunakan isim ma'rifat, kita yang menjawab harus menjawab yang setara dengannya atau yang lebih mulia darinya.

Oleh karena itu jika ada yang mengucakan salam assalamu'alaikum, disunnahkan untuk menjawabnya dengan lebih baik yaitu wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuhu.

Sedangkan penggunaan wassalamualaikum biasanya digunakan saat seseorang menutup pembicaraan, menutup pidato, ceramah, dan sebagainya. Ada huruf wa di depannya. Wassalamu'alaikum.

Insya Allah setelah membaca artikel ini kita jadi lebih paham mengenai bacaan salam dalam bahasa arab beserta jawaban wassalamualaikum, penulisan waalaikumussalam yang benar.

Demikian uraian tentang Tulisan Arab Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Yang Benar Beserta Arti dan Jawabannya. Baca juga: Tulisan Arab Innalillahi Yang Benar.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post