Friday, March 22, 2019

author photo
jumanto.com - Di dalam surah ArRahman, terdapat ayat dengan bunyi yang sama dan diulang sampai 31 kali, yaitu ayat yang berbunyi fabiayyi ala i robbikuma tukadzdziban. Tulisan arab fabiayi ala irobikuma tukadziban tentu yang paling pas untuk menuliskan ayat ini, karena tulisan latin fabiayyi alaa 'iraabikumaa tukadzdzibaann bisa menggunakan transliterasi bermacam-macam.

Ada yang menuliskannya dengan fabiayyi ala irobbikuma tukadziban, ada yang menuliskannya dengan fabiayyi ala i rabbikuma tukadziban, fabiayyi ala i robbikuma tukazziban, dan sebagainya.

Saat mengaji kitab Fathul Mu'in, di kitab ini di sebutkan, bahwa sebenarnya menuliskan Al Quran dengan salain tulisan Arab itu hukumnya haram.

Karena tulisan arab sendiri tidak bisa diwakili dengan tulisan selain arab, terutama soal pengucapannya nanti bagaimana dibandingkan dengan tulisan transliterasinya.

Meskipun demikian, dengan alasan untuk tujuan belajar, banyak yang menuliskan ayat Al Quran dengan tulisan latinnya, seperti yang ada di buku buku Yasin yang dihiasi dengan tulisan latin dari ayat Al Quran yang ada di sana.

Surat ArRahman sendiri termasuk salah satu surat yang unik dengan irama akhir ayat yang sangat berirama dan tentunya memiliki keindahan dan nilai seni tersendiri, karya Allah yang Maha Agung.

Penyair paling hebat pun tidak akan bisa menyaingi irama dari Al Quran, dan tak cuma irama saja, tetapi kata-kata yang dipilih pun mengandung makna yang sangat dalam dan melahirkan puluhan, mungkin ratusan, atau ribuan kitab tafsir yang menjelaskan kata-kata yang ada di dalam Al Quran.

Hanya Kitab suci Al Quran saja yang bisa ditafsirkan dalam beribu-ribu jilid buku tafsir para ulama, sedangkan kitab suci agama lain tidak ada yang memiliki kitab tafsir sebanyak Al Quran.

Itulah salah satu keistimewaan Al Quran, yang jika dituliskan ayatnya, hanya berupa satu buku dengan halaman sekitar ratusan, tapi kalau ditafsirkan bisa menjadi ribuan jilid buku.

Tak heran jika di masa Rasul masih hidup dulu, kaum kafir ditantang untuk mendatangkan satu ayat saja yang setara dengan ayat Al Quran, tapi isinya sama sekali tidak berbobot meskipun menggunakan irama yang enak didengar.

Al Quran memang tiada duanya, dan menuliskan ayat al Quran dalam tulisan arab adalah cara terbaik untuk menjaga keutuhan Al Quran sehingga pelafalannya pun sama di semua negara karena menggunakan satu bahasa dan tulisan, bahasa dan tulisan Arab.

Tulisan Arab Fabiayyi Ala I Robbikuma Tukadzdziban dan Artinya

Surat Ar Rohman merupakan surat yang terbilang sedang, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Surat Ar Rohman memiliki ayat sebanyak 78, dan sebagian dari ayat yang ada merupakan pengulangan ayat dengan bunyi yang sama.

Saat kita mendengarkan murottal surah ArRahman, tentu kita akan mendengarkan bunyi di setiap ayat yang cukup merdu, padu padan di setiap akhir ayatnya, dan sangat enak untuk dinikmati.

Ditambah lagi pengulangan ayat fabiayyi ala i robbikuma tukaddziban di setelah beberapa ayat yang menyebutkan berbagai nikmat yang telah Allah berikan.

Mendengarkan imam shalat sambil membaca surah Ar Rahman, atau sambil santai mendengarkan murattal Ar Rahman, terasa begitu enak.

Lalu, Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban ada di ayat berapa saja?


Di dalam surah Ar Rahaman, ayat tersebut berada di ayat 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77.

Tak heran karena sering diulang-ulang dan didengarkan akhirnya kita pun jadi hafal dan tahu arti terjemahannya.

Kata-kata yang menjadi salah satu kata mutiara Islami ini telah diterjemahkan juga dalam berbagai bahasa seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia tentunya.

Tak jarang juga ayat yang paling banyak diulang dalam surah Ar Rohman ini dibuatkan kaligrafi dan dijadikan hiasan rumah.

Kalian pun mungkin bisa membeli kaligrafi fabiayyi ala irobbikuma tukadziban secara online lewat berbagai marketplace yang ada di Indonesia.

gambar Tulisan Arab Fabiayyi Ala i Robbikuma Tukadzdziban Dan Artinya
Gambar ayat yang diulang dalam surah Ar Rahman

Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban dalam bahasa arab dituliskan kurang lebih sebagai berikut:


فَبِأَيِّ ءَالَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ


Ada yang juga yang menuliskannya dalam bahasa Arab sebagai berikut:

فَبِأَيِّ اٰلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ


Arti terjemahan dari ayat ini kurang lebih "Maka nikmat Tuhan Kamu Berdua yang manakah yang kamu dustakan".


Atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris (English) kurang lebih: "So which of the favors of your Lord would you deny?"
Di ayat ini, digunakan dhomir atau kata ganti كُمَا yang artinya adalah kamu berdua. Lalu siapa yang dimaksudkan kamu berdua di sini?

Yap, kamu berdua yang dimaksud di sini adalah manusia dan jin.

Ayat ini selalu muncul setelah Allah menyebutkan nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada manusia dan jin.

Oleh karena itu, Allah pun mengingatkan bahwa nikmat Allah itu sangat banyak, dan sudah sepantasnya kita untuk mensyukuri nikmat Allah, jangan sampai mendustakan dan mengingkarinya.

Terkadang kita tidak pernah merasa semua yang ada di tubuh kita adalah nikmat Allah yang luar biasa.

Jika kita menghitung nikmat yang Allah berikan niscaya kita tidak akan sanggup menghitungnya.

Mata kita kelilipan saja sudah cukup menyengsarakan, dan sehatnya mata itu adalah salah satu nikmat yang jarang kita syukuri.

Oleh karena itu dalam ayat ini Allah hendak mengingatkan kepada manusia agar senantiasa mensyukuri nikmat yang Allah berikan begitu banyaknya.

Kesimpulan


Setelah mengetahui tulisan arab dari ayat ini, dan tahu artinya, tentu tidak hanya sebatas tahu. Yang paling penting adalah mengamalkan isi dari Al Quran.

So, mari kita perbanyak syukur, bil qolbi, billisan, dan bil af'al.

Mudah-mudahan kita menjadi orang yang semakin baik setiap harinya.

Demikian Tulisan Arab Fabiayyi Ala i Robbikuma Tukadzdziban Dan Artinya mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Tulisan Arab Man Jadda Wajada Yang Benar.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post