4 Cara Mendapatkan EFIN Tanpa Datang Ke Kantor Pajak Terbaru

jumanto.com - Bagaimana cara mendapatkan EFIN tanpa datang ke Kantor Pajak? Pertanyaan ini mungkin sering diajukan oleh kalian wajib pajak yang mau melaporkan SPT Tahunan secara online lewat efiling Pajak Online, namun lupa password, lupa email, atau lupa dua-duanya, dan EFINnya pun lupa juga. Untuk mendapatkan EFIN tanpa datang ke kantor pajak, kalian mesti mempersiapkan beberapa data, dan setelah itu, kalian pun bisa memperoleh EFIN tanpa datang ke kantor pajak terdekat sehingga menghemat biaya transport serta waktu.

Mengajukan EFIN tanpa datang ke Kantor Pelayanan Pajak kini sudah bisa dilakukan oleh wajib pajak yang mengalami kesulitan saat mengisi Efiling saat melaporkan SPT Tahunan secara online.

Di saat wajib pajak akan login ke akun DJP Online untuk pengisian SPT Tahunan, wajib pajak diminta untuk memasukkan username, password, dan captcha sebagai pengaman.

Nah, yang jadi masalah adalah jika wajib pajak lupa password serta lupa email yang digunakan untuk login ke DJP Online.

Salah satu manfaat dari E-FIN Pajak ini adalah sebagai kode khusus yang harus digunakan untuk membuat password kembali dan mendaftarkan email baru ke akun DPJ Online saat wajib pajak lupa password, email, atau dua-duanya.

Cara mendapatkan EFIN pribadi tanpa datang ke Kantor Pajak ini berlaku bagi wajib pajak yang sebelumnya sudah punye EFIN tapi lupa EFINnya ke mana.

Sementara untuk mendapatkan EFIN pertama kali, wajib pajak harus mengisi Formulir Aktivasi EFIN untuk diisi dan kemudian disampaikan ke KPP atau Kantor Pelayanan Pajak.

Setelah mendapatkan EFIN, wajib pajak pun bisa registrasi ke DJP Online kemudian aktivasi sehingga kemudian bisa mengisi SPT Tahunan secara online.

Adapun dokumen yang diperlukan untuk memperoleh EFIN pertama kalinya di antaranya adalah:
  • KTP
  • NPWP 
  • Email aktif
  • Nomor HP

Cara mendapatkan efin badan sendiri hampir sama dengan EFIN Perorangan, dengan mengis formulir EFIN terlebih dahulu, hanya beda sedikit di persyaratan yang harus dilengkapi.
Baca juga: Cara Menghitung Biaya Pajak Sepeda Motor Kalian.

Tutorial Cara Mendapatkan EFIN Tanpa Datang Ke Kantor Pajak Secara Online


EFIN merupakan singkatan dari Electronic Filing Identification Number, yang merubahan sebuah angka unik bagi masing-masing wajib pajak yang akan digunakan saat registrasi DJP Online.

Selain berguna saat registrasi, EFIN ini juga berlaku seumur hidup, terutama saat wajib pajak lupa password atau lupa email yang terdaftar di DJP Online.

Oleh karena itu, sebisa mungkin EFIN ini jangan sampai hilang.

Cara menjaga EFIN, bisa dengan memfotonya lalu simpan secara online di email misalkan, atau simpan berkas EFIN asli di penyimpanan berkas yang aman, dan bisa juga catat nomor EFIN di HP, buku, dan sebagainya.

Jika wajib pajak sampai lupa EFIN dan tidak ada dokumen pengingat sama sekali, maka mau gak mau wajib pajak harus meminta ulang EFIN yang telah diterimanya.

Cara Mendapatkan EFIN Tanpa Datang Ke Kantor Pajak Terbaru
Cara Mendapatkan EFIN Tanpa Datang Ke Kantor Pajak Terbaru

Ada banyak cara meminta ulang EFIN tanpa harus datang ke Kantor Pajak. Beberapa cara mendapatkan electronic filing identification number (EFIN) secara online yaitu:
 

1. Cara memperoleh EFIN kembali yang lupa lewat email saat mendaftar EFIN dulu


Cara pertama mendapatkan EFIN yang paling mudah dikarenakan lupa EFIN yang dulu pernah didapat adalah dengan membuka file email inbox kalian,

Syarat utamanya, kalian harus ingat alamat email yang digunakan untuk pendaftaran EFIN pertama kali dulu.

Setelah itu, buka email tersebut, cek inbox, dan search EFIN.

EFIN yang didapat biasanya dikirimkan ke alamat email tersebut dan jika belum dihapus maka masih tersimpan di inbox.

Jika lupa alamat email yang didaftarkan, kalian bisa mencoba cara kedua.

2. Cara mendapatkan EFIN tanpa datang ke kantor pelayanan pajak lewat live chating


Untuk kalian yang lupa EFIN dan ingin mendapatkan kembali EFIN kalian tanpa harus datang ke KPP, berikut ini langkah-langkahnya:
  • buka website pengaduan.pajak.go.id
    cara mengatasi lupa efin pajak tanpa datang ke kantor pajak
    cara mengatasi lupa efin pajak tanpa datang ke kantor pajak
  • di pojok kanan bawah ada bulatan simbol live chat, klik di sini  untuk memulai live chat.
  • silakan sampaikan di isi pesan, bahwa kalian ingin meminta ulang EFIN yang lupa.
  • siapkan data-data berikut untuk konfirmasi: NPWP, Nama Lengkap, Alamat Terdaftar Saat Mengisi Formulir EFIN dulu, Alamat Email atau Nomor HP Saat Daftar EFIN dulu, Tahun Pajak SPT Terakhir.
  • Silakan ikuti apa yang diminta sampai kalian mendapatkan kembali Nomor EFIN tanpa harus datang ke kantor pajak.

3. Mendapatkan EFIN kembali tanpa harus ke kantor pajak melalui akun twitter


Hampir sama dengan cara pertama, hanya saja kali ini kalian cukup membuat twit di akun twitter dan mention akun twitter @kring_pajak.

Sampaikan pengajuan kembali permintaan EFIN kalian dengan menyampaikan data-data atas dari NPWP hingga tahun pajak SPT terakhir.

Mudah-mudahan dengan kedua cara di atas kalian sudah bisa mendapatkan kembali EFIN yang lupa tanpa harus datang ke kantor pajak terdekat.

4. Telepon Kring Pajak untuk meminta ulang E-FIN tanpa harus pergi ke kantor pajak


Langkah selanjutnya yang bisa kalian coba, jika cara di atas terlalu lama, kalian bisa menghubungi KRING Pajak di Nomor Telepon 1500200.

Sebelum menelepon, siapkan dulu data-data untuk konfirmasi mulai dari NPWP, KTP, dan sebagainya sebagaimana telah disebutkan di atas.

Cara Lain Mengatasi Lupa EFIN Tanpa Harus Ke Kantor Pajak Secara Manual


Selain menggunakan cara online mendapatkan kembali EFIN di atas, cara manual juga mungkin masih berhasil.

Silakan bongkar berkas-berkas terkait dengan perpajakan kalian, siapa tahu selembar EFIN dari Kantor Pajak masih tersimpan di situ.

Jika kalian terbiasa menyimpan berkas secara rapi, bisa jadi berkas EFIN dari KPP masih ada dan bisa kalian lihat kembali nomornya.

Saran saya, setelah mendapatkan EFIN, simpan baik-baik Nomor EFIN tersebut dan simpan juga salinannya baik dalam bentuk foto atau simpan nomornya saja secara online.

Dan jika masih kesulitan juga, karena kesulitan sinyal internet dan sinyal telepon serta berkas hilang semua, langkah terakhir silakan datang ke Kantor Pelayanan Pajak lalu minta ulang EFIN kalian.

Nah, kurang lebih itulah tutorial panduan cara mendapatkan EFIN tanpa datang ke Kantor Pajak baik secara online maupun offline, untuk kalian yang lupa EFIN Pajak. Baca juga: Hari dan Jam Kerja Kantor Pajak Terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel