Monday, March 25, 2019

author photo
jumanto.com - Di dalam dalil hadis, disebutkan rahasia sholat isya dan subuh yang dilakukan secara berjamaah, itulah mengapa kedua shalat ini sangat dianjurkan untuk didirikan secara berjamaah. Keajaiban sholat subuh berjamaah mungkin selama ini sering kita dengar, tapi karena alasan ngantuk akhirnya kita malas bangun dan subuh pun kesiangan, kalau sholat. Dengan mengetahui manfaat dan keutamaan Shalat Isya dan Subuh Berjamaah yang begitu dahsyat ini, mudah-mudahan kita jadi makin terpacu untuk rajin berjamaah di masjid.

Keutamaan shalat isya dan subuh berjamaah memang disebutkan secara jelas di dalam hadis nabi, sehingga membuat kedua shalat ini memang terbilang khusus.

Apalagi shalat shubuh berjamaah dengan pahalanya yang begitu besar. Dahsyatnya pahala shalat subuh berjamaah terkadang tidak membuat orang Islam terpacu, lebih tergoda dengan tidurnya, tidak mempedulikan adzan subuh yang berkumandang.

Sangat disayangkan tentunya jika kita tidak mau shalat subuh berjamaah di masjid.

Oleh karena itu, sebagai ghirah, penyemangat kita dalam beribadah, membaca berbagai keutamaan dari ibadah dan pahalanya bisa menjadi tips agar kemalasan kita dalam beribadah bisa dikurangi atau dihilangkan.

Salah satu cara menghilangkan kemalasan adalah menanamkan motivasi beribadah yang tinggi, yaitu dengan membaca berbagai keutamaan atau fadhilah ibadah.

Saat kita malas shalat dhuha, dengan membaca dan merenungi berbagai keutamaan sholat dhuha, bisa jadi keesokan harinya kita jadi rajin shalat dhuha.

Saat kita malas bershodaqoh atau terasa berat mau mengeluarkan uang untuk berinfaq, dengan membacah fadhilah sedekah, bisa jadi keesokan harinya kita tidak pernah perhitungan dengan harta yang kita belanjakan di jalan Allah.

Dengan membaca berbagai keutamaan sholat subuh berjamaah, yang biasanya kita malas bangun, bisa jadi keesokan harinya kita jadi yang paling rajin datang ke masjid untuk shalat subuh berjamaah.

Dalam memotivasi diri kita untuk beribadah, tentu kita yang paling tahu mana yang paling bisa membangkitkan semangat ibadah kita.

Namun demikian, dengan memepelajari berbagai keutamaan shalat isya dan subuh berjamaah serta fadhilah ibadah lainnya, niat ibadah kita pun harus benar.

Tidak dibenarkan jika ibadah shalat kita diniatkan karena ingin mendapatkan harta, atau ingin cepat kaya.

Semua ibadah yang lakukan harus ikhlas karena Allah Ta'ala, karena salah satu syarat diterimanya amal adalah ikhlas.

Inilah Rahasia Keutamaan Shalat Isya dan Subuh Berjamaah Yang Dahsyat


Shalat berjamaah bukanlah hal yang sulit, dan shalat berjamaah pun tidak memerlukan banyak syarat. Cara sholat subuh berjamaah, cukup dengan imam dan satu makmum pun sudah dihitung shalat berjamaah yang mendapatkan pahala 27 derajat dibandingkan shalat sendirian.

Namun demikian, semakin banyak jumlah jamaah tentu semakin baik. Oleh karena itu sangat dianjurkan agar kita semua berbondong-bondong datang ke masjid melakukan shalat berjamaah.

Hikmah shalat berjamaah sendiri cukup banyak. Selain mendapatkan pahala yang luar biasa, kita juga bisa mendapatkan pahala silaturrahim jika diniatkan silaturrahim.

Yang jelas, memakmurkan masjid adalah salah satu amalan orang beriman sehingga kita pun sudah sepatutnya meramaikan masjid-masjid kita.

Rahasia Dahsyatnya Keutamaan Shalat Isya dan Subuh Berjamaah

Salah satu dalil tentang keutamaan shalat Isya dan Subuh berjamaah adalah hadis yang diriwayatkan oleh imam Muslim berikut ini:



حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا الْمُغِيرَةُ بْنُ سَلَمَةَ الْمَخْزُومِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ وَهُوَ ابْنُ زِيَادٍ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ حَكِيمٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي عَمْرَةَ قَالَ دَخَلَ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ الْمَسْجِدَ بَعْدَ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ فَقَعَدَ وَحْدَهُ فَقَعَدْتُ إِلَيْهِ، فَقَالَ يَا ابْنَ أَخِي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ.
رواه مسلم.

Artinya kurang lebih:
Dari Abdurrahman bin Abu 'Amrah ia berkata: Usman bin Affan (w. 35 H) memasuki masjid setelah shalat Maghrib, ia lalu duduk seorang diri, maka aku pun duduk menyertainya. Maka Ia (Usman bin Affan) berkata; "Wahai keponakanku, aku mendengar Rasulullah Shollalahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "Barangsiapa shalat Isya berjama'ah, seolah-olah ia shalat malam selama separuh malam, dan barangsiapa shalat Subuh berjamaah, seolah-olah ia telah shalat seluruh malamnya."
H.R. Muslim (w. 261 H)

Dari hadis di atas, dapat kita ambil dua kunci fadhilah shalat berjamaah untuk dua shalat yang sangat utama yaitu:
  • keutamaan shalat Isya berjamaah, seperti shalat malam selama setengah malam tanpa putus.
  • keutamaan shalat Subuh berjamaah seperti kita melaksanakan shalat malam selama full satu malam tanpa putus.

Jangankan shalat selama separuh malam, shalat malam dua raka'at saja rasa-rasanya cukup malas, apalagi shalat malam selama separuh malam?

Nah, jika kita ingin mendapatkan pahala keutamaan yang begitu agung, maka shalat Isya dan Subuh berjamaah adalah salah satu yang bisa kita lakukan.

Manfaat dan keutamaan shalat subuh lebih agung dibandingkan shalat Isya jika melihat isi hadis di atas, hal ini dikarenakan shalat Subuh berjamaah memang lebih berat untuk dilaksanakan.

Jadi, jika kita shalat Isya dan Subuh berjamaah, maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

Selain mendapatkan keutamaan pahala 27 derajat, kita juga mendapatkan pahala seperti shalat sunnah separuh malam suntuk untuk Isya berjamaah, dan seperti shalat sunnah satu malam suntuk untuk subuh berjamaah.

Sholat isya berapa rakaat? Cuma 4 rakaat. Tapi jika dilakukan berjamaah, bisa setara dengan ratusan atau mungkin ribuan shalat sunnah yang dilakukan selama setengah malam.

Sholat subuh berapa rakaat? Cuma 2 rakaat, tapi keutamaanya lebih banyak jiika dilakuikan berjamaah dibandingkan shalat isya berjamaah.

Bagi wanita yang tukang dandan, atau suka memakai wewangian berlebihan, maka dimakruhkan shalat berjamaah di Masjid.

Jika ingin shalat berjamaah di masjid, maka tutup aurat dari rumah, jangan berlebihan dalam berdandan dan memakai wewangian serta jangan berpenampilan yang dapat menimbulkan fitnah.
Baca juga: 27 Keutamaan Shalat Berjamaah yang Luar Biasa.

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Lainnya


Salah satu amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah shollalahu 'alaihi wasallam adalah shalat berjamaah. Shalat secara berjamaah adalah hal yang selalu dilakukan Rasulullah shollalahu 'alaihi wasallam.

Tatkala ada kejadian di luar kebiasaan, yaitu saat Beliau dan para sahabat tertidur pulas hingga bangun kesiangan, dan melewatkan shalat subuh pun, Beliau dan para sahabat meng-qadha shalat subuh tersebut dan pelaksanaannya pun dilaksanakan secara berjamaah.

Di antara shalat 5 waktu yang sangat penting untuk dilakukan secara berjamaah adalah shalat subuh dan dalam berbagai riwayat disebutkan banyak sekali keistimewaannya.

Ustadz Arifin Ilham pun pernah menyampaikan beberama kelebihan dan keajabian dari sholat subuh berjamaah.

Beberapa keistimewaan shalat subuh berjamaah yang disebutkan oleh Nabi:


  • "Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya." (HR.Muslim)
  •  "Siapa yang melaksanakan dua shalat bardain (ashar dan subuh) berjamaah dia masuk surga."
  • Pernah suatu ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam shalat Subuh. Begitu selesai, beliau pun kembali ke rumah dan mendapati puterinya Fathimah radhiyallahu 'anha sedang tidur. Maka Beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kaki, kemudian mengatakan kepadanya, "Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rizki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara shalat Subuh dan terbitnya matahari."
  • shalat subuh berjamaah membedakan antara orang mu'min dan orang munafiq.
    "Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya' dan Shubuh berjamaah di mesjid. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak." (HR Ahmad).
  • Dua roka'at shalat fajar lebih utama daripada dunia seisinya, apalagi pahala shalat subuhnya? 
  • “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).
  • “Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim, dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu).
  • “Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Itulah beberapa hadis keutamaan shalat subuh yang bisa menjadi penyemangat kita dalam beribadah. Dengan mengetahui keutamaan shalat Isya dan Subuh berjamaah, bukan berarti lantas shalat dzuhur, ashar dan maghrib kita tidak perlu berjamaah.

Shalat 5 waktu tetap diusahakan agar dilakukan secara berjamaah demi mendapatkan pahala yang besar dan ridha Allah Subhanahu Wata'ala.

Kesimpulan


Dari hadis solat subuh dan isyak berjemaah, dapat kita ketahui pahala shubuh berjamaah lebih agung dari Isya berjamaah.

Kedua shalat ini termasuk yang paling penting untuk dilakukan secara berjamaah.

Masih banyak lagi rahasia sholat Isya dan subuh yang disebutkan di dalam hadis nabi. Keistimewaan shalat isya tidak hanya yang tertulis di atas saja.

Demikian artikel Rahasia Dahsyatnya Keutamaan Shalat Isya dan Subuh Berjamaah kali ini mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Keutamaan Menikah Dalam Islam.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post