Hari & Jam Kerja Kantor Pajak 2019, Apakah Buka Hari Sabtu Juga?

jumanto.com - Sebagai warga negara yang baik, taat pajak, perlu informasi mengenai hari dan jam kerja kantor pajak terbaru, mungkin ingin konsultasi mengenai NPWP, EFIN yang hilang buat lapor SPT Tahunan, dan keperluan lain. Jika ada kantor pajak yang buka hari Sabtu, akan mempermudah pelayanan kepada wajib pajak. Hari & Jam Kerja Kantor Pajak sendiri telah diatur oleh pemerintah, sehingga jam kerja KPP atau Kantor Pajak tentunya disesuaikan dengan aturan yang ada.

Hari kerja kantor pajak, sebagai kantor pelayanan, memang diharapkan bisa buka di hari Sabtu atau Minggu. Dengan dibukanya layanan KPP Pratama dan juga kantor pajak lainnya di akhir pekan, akan lebih memudahkan masyarakat yang memang baru sempat meluangkan waktunya di hari libur.

Meskipun jam kerja kantor pajak mungkin ada yang menganggap perlu ditambah di hari Sabtu dan Minggu, sebenarnya Direktorat Jenderal Pajak pun juga sudah membuat inovasi dengan layanan kelilingnya untuk menjemput bola dalam melayani wajib pajak.

Beberapa Kantor Pajak atau KPP di Indonesia melakukan inovasi dengan memberikan layanan pajak di luar kantor sehingga membantu wajib pajak yang belum sempat ke kantor pajak.

Disediakan fasilitas mobil pajak, seperti halnya SIM keliling yang selama ini kita lihat, yang akan memberikan pelayanan kepada masyarakat, di luar kantor pajak.

Adapun layanan yang diberikan di dalam layanan pajak di luar kantor ini di antaranya ada:
  • Penerimaan SPT Tahunan
  • Pendaftaran NPWP
  • Cetak Ulang Kartu NPWP
  • Aktivasi Efin
  • Konsultasi Perpajakan
  • Penerimaan SPT Masa
  • Penyuluhan dan Edukasi Perpajakan
  • Penerimaan permohonan perubahan data dan penghapusan NPWP
  • Pembuatan e-Billing
  • ATM mini
  • Pengaduan masyarakat tentang masalah Perpajakan
  • dan layanan pajak lainnya

Layanan pajak di luar kantor ini memang belum dilaksanakan di semua KPP, hanya KPP di kota-kota tertentu yang jadwalnya telah ditentukan dan diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Silakan cek informasi mengenai jadwal layanan pajak di luar kantor di website resmi kantor pajak atau ikuti akun instagram dan media sosial kantor pajak lainnya.

Informasi Hari dan Jam Kerja Kantor Pajak Terbaru, Jam Buka dan Jam Tutup


Hari & Jam Kerja Kantor Pajak 2019, Apakah Buka Hari Sabtu Juga
Hari dan Jam Kerja Kantor Pajak Terbaru

Meskipun sudah ada layanan pajak online di mana kita bisa bertanya konsultasi pajak secara online lewat kring pajak, atau bertanya lewat chat di media sosial kantor pajak, namun terkadang wajib pajak harus datang langsung ke kantor pajak untuk mengurus satu dan lain hal.

Saat ini, hampir semua layanan pajak sebenarnya bisa dilakukan secara online.

Untuk membuat NPWP, pembuatan NPWP secara online sudah bisa dilakukan.

Layanan permintaan EFIN untuk lapor SPT Tahunan secara online pun bisa dimintakan secara online juga.

Untuk wajib pajak yang mau berkunjung ke Kantor Pelayanan Pajak, datanglah setelah jam buka kantor pajak dan sebelum jam tutup kantor pajak.

Berikut ini jam buka dan jam tutup kantor pajak di Indonesia:

  • Hari kerja kantor pajak adalah dari Hari Senin sampai dengan Jumat
  • Hari Sabtu dan Minggu serta tanggal merah/hari libur nasional, kantor pajak tutup tidak membuka layanan
  • Jam buka kantor pajak pukul 08.00 pagi waktu setempat (WIB/WITA/WIT)
  • jam tutup kantor pajak pada pukul 16.00 atau jam 4 sore waktu setempat.
  • jam istirahat kantor pajak biasanya pukul 12.00 siang sampai 13.00 siang, kecuali kantor yang memakai shift seperti bank sehingga tidak ada jam istirahat.

Jam operasional kantor pajak sebenarnya cukup lama, dibandingkan dengan jam operasional kantor pos dan jam kerja kantor catatan sipil di berbagai kota.

Ketentuan hari dan jam operasional kantor pos sebenarnya berlaku secara nasional di seluruh Indonesia karena aturannya memang terbit dari Ditjen Pajak Pusat.

Namun, terkadang kantor pajak di masing-masing daerah punya kebijakan khusus dengan menambah hari kerja di hari Sabtu atau Minggu atau tanggal merah, sesuai dengan kebutuhan.
Baca juga: Cara Menghitung Biaya Pajak Motor.

Kantor Pajak Buka Hari Sabtu Dalam Keadaan Tertentu


Seperti telah disebutkan di atas, kantor pajak pada hari Sabtu dan Minggu tidak buka, tutup, tidak memberikan pelayanan.

Namun demikian dalam keadaan tertentu, bisa saja kantor pajak menentukan memperpanjang hari kerjanya sampai hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, terutama saat ada layanan yang butuh ketepatan waktu, seperti layanan tax amnesty dan pelaporan SPT Tahunan.

Lalu Kantor pajak yang buka hari sabtu mana saja?


Biasanya sih kalau mendekati deadline pelaporan SPT, misalkan di minggu terakhir bulan Maret sebagai batas akhir pelaporan SPT Tahunan, kantor pajak buka hari Sabtu juga, kantor pajak mana saja biasanya buka di hari itu.

Namun, untuk memastikan, maka wajib pajak harus menanyakan langsung ke kantor pajak yang bersangkutan.

Jika kantor pajak buka hari Sabtu, layanan yang diberikan pun biasanya terbatas, tidak semua layanan bisa dilakukan.

Untuk layanan lengkap, kunjungi hari kerja dan jam kerja kantor pajak dari hari Senin sampai hari Jumat.

Kalau cuma mau nanya cara pembuatan NPWP Online, Syarat Membuat NPWP, Lupa Email dan Password DJP Online atau EFIN hilang, gak perlu lah datang ke kantor pajak.

Cukup tanyakan ke pajak online lewat media sosial, atau tanya Kring Pajak. Tidak perlu mengunjungi kantor pajak terdekat.

Kiranya itu saja informasi hari dan jam kerja kantor pajak terbaru, apakah kantor pajak buka hari sabtu dan hari libur nasional, serta jam buka, tutup dan istirahatnya. Baca juga: Persyaratan Ganti Plat Motor 5 Tahunan Yang Harus Dibawa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel