Tulisan Arab Jazakallah Khairan Katsiiraa Beserta Arti dan Jawabannya

jumanto.com -Tulisan Arab Jazakallah Khairan Katsiiraa Beserta Arti dan Jawabannya baik laki-laki maupun perempuan. Di saat seseorang ada yang membantu kita, kita bisa mengucapkan terima kasih, dengan mengucapkan Syukron, yang berarti terima kasih. Kita juga bisa menambahkan sebuah doa, jazakumullah khairan katsiran jika yang membantu banyak, atau jazakallah khairan katsiran jika yang membantu laki-laki, jazakillah khairan katsiran jika yang membantu perempuan.

Ucapan doa agar Allah memberikan balasan yang sebaik-baiknya kepada orang yang menolong kita ini tentu sangat baik, karena mendoakan kebaikan sendiri merupakan ibadah.

Allah memang begitu sayangnya kepada hamba-Nya, bahkan hingga doa yang berarti permohonan seorang hamba pun dihitung sebagai ibadah yang menambah pahala.

Orang yang tidak mau berdoa adalah orang yang sombong, tidak mengakui bahwa dirinya lemah tidak dapat berbuat apa-apa, sementar Allah lah yang punya Kuasa atas segala sesuatu, yang bisa memberikan segala sesuatu yang diminta hamba-Nya.

Allah sangat mencintai orang yang mau merengek-rengek di hadapan-Nya, memohon dengan sepenuh hati, menggantungkan segala urusan kepada-Nya, bukan kepada makhluk.

Dan salah satu doa yang dihitung pahala juga adalah mendoakan kebaikan untuk orang yang telah membantu atau menolong kita, semisal dengan mengucapkan doa jazakumullah khairan katsiran.

Dalil Anjuran Mengucapkan Jazakallah Khairan


Hadis yang biasa dijadikan dalil tentang pengucapan jazakallah khairan katsiiraa adalah hadis yang
diriwayatkan dari Usamah bin Zaid r.a, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'Aalaihi Wasallam bersabda :

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى
الثَّنَاءِ

"Dari Usamah bin Zaid berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian." (HR Tirmidzi).

Meskipun dalam hadis di atas hanya disebutkan jazakallah khairan, bukan berarti tidak boleh menambahkannya dengan lafadz katsiran.

Lafadz doa sendiri tidak dibatasi, sepanjang itu baik maka tidak masalah untuk ditambahkan.

Oleh karena itu, jika kita mendoakan jazakallahu khairan katsiran tentu bagus karena kita mengharapkan balasan Allah yang baik dan sebanyak-banyaknya kebaikan yang ada.

Ada juga yang menambahkan dengan lafadz hamdalah di depannya: alhamdulillah jazakumullohu khoiro, dan ini juga bagus.

Tulisan Arab Jazakallah Khairan Katsiiraa Yang Benar


Secara umum ada tiga ucapan yang sering kita dengar untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang menolong kita: jazakallahu khairan, jazakillah khairan, jazakumullah khairan.

Untuk orang yang sudah pernah belajar bahasa arab dan belajar bab dhamir, tentu tidak akan kesulitan memahami perbedaannya di antaranya.

Untuk mengucapkan terima kasih kepada laki-laki yang telah membantu kita, kita mengucapkan jazakallah khairan katsiran.

Jika ingin mengucapkan terima kasih kepada perempuan yang telah membantu kita, kita ucapkan lafadz jazakillah khairan katsiran.

Sementara jika ingin mengucakan terima kasih kepada oran banyak (lebih dari dua) yang telah membantu kita, bisa kita ucapkan jazakumullah khairan katsiran.

Adapun tulisan jazakallah/jazakillah/jazakumullah khairan katsiran dalam bahasa arab sebagai berikut:

gambar tulisan arab jazakallah khairan katsiran
gambar tulisan arab jazakallah khairan katsiran

  • tulisan arab jazakallahu khairan katsiran (untuk laki-laki): جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا
  • tulisan arab jazakillah khairan katsiran (untuk perempuan): جَزَاكِ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا.
  • tulisan arab jazakumullah khairan katsiran (untuk orang banyak): جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا.

Sedangkan jika ingin mengucapkan terima kasih kepada dua orang pria atau dua orang wanita bisa mengucapkan جَزَاكُمَا اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا.

Jawaban dari jazakumullah khairan, bisa dengan mengucapkan Waiyyakum ( وَاِيَّاكُمْ )


Untuk jawaban dari jazakillah khaira: waiyyaki ( وَاِيَّاكِ )

Dan Jawaban untuk jazakallah khairan: waiyyaka ( وَاِيَّاكَ  )

Arti Jazakallah Khairan Katsiran dan Jawabannya


Arti dari Jaza' kurang lebih mudah-mudahan membalas.

Arti dari ka kurang lebih anda (laki-laki), sedangkan ki artinya anda (perempuan), kum artinya anda semua (lebih dari dua), dan kuma artinya anda berdua.

Allahu berarti Allah.

khairan artinya kebaikan.

katsiran artinya banyak.

Dengan demikian jika digabungkan, jazakallah khairan katsiiraa artinya kurang lebih "Semoga Allah membalas kamu/anda dengan kebaikan yang banyak".

Jika kita cuma mengucapkan jazakallah, mungkin kurang jelas membalas dengan apa.

Tapi dengan menambahkan khairan, artinya jadi jelas, menambahkan kebaikan.

Mudah-mudahan doa kita tersebut dikabulkan dan Allah memberikan barakah serta kebaikan yang banyak kepada orang-orang yang telah menolong kita.

Jika kita belum sempat mengucapkan terima kasih di depannya, mari kita doakan جَزَاهُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا. Mudah-mudahan Allah membalas kebaikan yang banyak kepadanya.

Demikian ucapan terima kasih dalam bahasa arab berupa doa kebaikan, tulisan arab Jazakallah Khairan Katsiiraa Beserta Arti dan Jawabannya, mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Tulisan Arab Sakinah Mawaddah Warahmah yang Benar dan Artinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel